Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

1 min read

0
()

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk.


Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk


Seperti yang kita ketahui bahwa nyamuk tertarik pada aroma tertentu yaitu seperti yang terkandung dalam keringat di tubuh manusia yaitu asam laktat. Nyamuk menggunakan indera penciumannya yang sangat baik untuk mencium keberadaan manusia pada jarak yang jauh melalui aroma panas tubuh pada manusia dan juga karbon dioksida yang kita hembuskan.

Nyamuk tertarik pada aroma tertentu saja Dan ada beberapa aroma yang sangat dihindari oleh nyamuk, yaitu aroma ini berasal dari beberapa tanaman. Beberapa tanaman tersebut adalah tanaman yang memiliki aroma yang sangat kuat dan tidak disukai oleh nyamuk. Dan ini bisa membuat bau manusia tersamarkan oleh aroma tanaman tersebut. Apa saja tanamannya? Berikut jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk.


Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

Lavender (Lavandula)

Lavender ini merupakan jenis tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk dan juga serangga lainnya seperti lalat dan ngengat.

Lavender memiliki aroma yang dapat menenangkan dan juga membuat rileks untuk siapa saja yang mencium aroma tersebut. Dan berbeda dengan nyamuk, aroma dari tanaman lavender ini sangat tidak disukai oleh nyamuk karena dapat menghambat kemampuan nyamuk untuk dapat mencium bau tubuh manusia.

Marigold (Tagetes)

Marigold ini merupakan jenis tanaman yang cantik dan juga dapat megusir nyamuk. Tanaman ini mudah tumbuh di berbagai kondisi dan jenis tanah.

Baca Juga :  Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan Dan Mengenal Morfologinya

Banyak yang berpendapat bahwa tanaman marigold mengandung senyawa alami yang bisa berguna melindungi rumah atau juga taman dari gangguan-gangguan nyamuk dank utu daun yang bisa menyerang jenis-jenis tanaman yang ada di taman.

Serai Wangi (Cymbopogon nardus)

Serai wangi ini merupakan salah satu tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini juga terkadang ditemukan pada bahan atau komponen utama dari berbagai macam produk pengusir nyamuk.

Tanaman serai wangi memiliki aroma yang sangat kuat  yang bisa menutupi beberapa hal yang dijadikan atrakan nyamuk untuk menggigit manusia, seperti karbon dioksida.

Rosemary (Salvia rosmarinus)

Rosemary ini merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini dapat memancarkan aroma kayu yang kuat dan aroma inilah yang tidak disukai oleh nyamuk.

Untuk menggunakan tanaman ini kalian cukup membakar beberapa tanaman rosemary untuk dijadikan pengusir nyamuk yang alami, setelah kalian bakar maka akan keluar asap, nah asap yang dikeluarkan itulah yang akan menjadi pengusir nyamuk.

Catnip (Napeta cataria)

Catnip ini merupakan tumbuhan berjenis mint yang mengandung zat kimia yang bisa disebut nepetalactone. Zat yang terkandung pada tanaman ini dayakini 10 kali lipat lebih efektif jika dibandingkan dengan bahan aktif atau DEET yang sering digunakan di berbagai jenis produk anti nyamuk yang berada dipasaran.

Bunga Geranium

Untuk bunga pengusir nyamuk geranium ini sebenarnya memiliki berbagai varian yang fungsinya sama yaitu dapat mengusir nyamur secara alami.

Bunga geranium juga dikenal dengan sebutan tapak dara ini juga mengandung zat geraniol dan sitronelol yang mempunyai aroma sangat dibenci oleh nyamuk.

Bunga ini juga bisa kalian gunakan untuk tanaman hias indoor maupun tanaman hias outdoor yang memiliki banyak kegunaan.

Baca Juga :  Budidaya Jagung : Persiapan, Penamanan, Pemupukan, Perawatan Dan Masa Panen

Dan manfaat lainnya dari aroma bunga pengusir nyamuk geranium ini juga dapat dijadikan obat relaksasi dan juga obat stress yang alami.

Nah itulah tadi Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk dari tanam.co.idSemoga bermanfaat.

 

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5