Jenis Jenis Ikan Lele dan Ragam Namanya Yang Perlu di Ketahui

5 min read

Jenis Jenis Ikan Lele dan Ragam Namanya Yang Perlu di Ketahui
0
()

Jenis Jenis Ikan Lele dan Ragam Namanya Yang Perlu di Ketahui – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Jenis Ikan Lele .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Jenis Jenis Ikan Lele dan Ragam Namanya Yang Perlu di Ketahui


Lele ataupun ikan keli, merupakan sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele gampang dikenali sebab badannya yang licin, agak pipih memanjang, dan mempunyai” kumis” yang panjang, yang mencuat dari dekat bagian mulutnya.


Nama Nama Lele

Lele, secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila lele memiliki banyak nama wilayah.

Antara lain: ikan limbek( Sumatera Barat), ikan kalang( Sumatra Selatan), ikan maut( Gayo), ikan seungko( Aceh), ikan sibakut( Karo), ikan pintet( Kalimantan Selatan), ikan keling( Makassar), ikan cepi( Sulawesi Selatan),.

ikan lele ataupun lindi( Jawa Tengah) ataupun ikan keli( Malaysia), ikan keli buat lele yang tidak berpatil sebaliknya diucap penang buat yang mempunyai patil( Kalimantan Timur).

Di negeri lain diketahui dengan nama mali( Afrika), plamond( Thailand), gura magura( Srilangka), serta 鲇形目( Cina). Dalam bahasa Inggris diucap pula catfish, siluroid, mudfish serta walking catfish.

Nama ilmiahnya, Clarias, berasal dari bahasa Yunani chlaros, yang berarti‘ lincah’,‘ kokoh’, merujuk pada kemampuannya buat senantiasa hidup serta bergerak di luar air.

Ikan- ikan marga Clarias dikenali dari badannya yang licin memanjang tidak bersisik, dengan sirip punggung serta sirip anus yang pula panjang, yang kadang- kadang menyatu dengan sirip ekor .

Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil serta mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan 4 pasang sungut peraba( barbels) yang amat bermanfaat buat bergerak di air yang hitam.

Lele pula mempunyai perlengkapan respirasi bonus berbentuk modifikasi dari busur insangnya. Ada sejoli patil, ialah jarum tulang yang tajam, pada sirip- sirip dadanya.

Terdapat yang berkata, kalau patil ini tidak cuma tajam namun pula beracun serta menyebabkan panas besar bila orang tidak terencana terserang patil tersebut.

Ikan lele ialah salah satu ikan yang tercantum dalam ordo Siluriformes. Lele mempunyai ikatan dengan carp, characins, serta minnows( ordo Cypriniformes).


Jenis Jenis Lele dan Kelebihannya

Ikan lele pula mempunyai banyak spesies. Diantaranya adalah :

  • Lokal

Lele lokal merupakan tipe ikan lele yang sangat banyak diketahui oleh warga di Indonesia. Para petani di Indonesia telah membudayakan tipe ikan lele ini saat sebelum kehadiran tipe lain, contohnya lele dumbo.

Baca Juga :  Tanaman Kenikir : Manfaat & Khasiatnya untuk Kesehatan

Sebab dikira tidak begitu membagikan banyak keuntungan, lele lokal saat ini terus menjadi kurang diminati oleh para peternak.

Tingkatan pakan yang di cerna ataupun diketahui pula dengan Food Convertion Rasio ataupun FCR dari ikan lokal nyatanya sangat besar. Sayangnya, tingkatan perkembangan lele ini sangat lelet.

Tidak pelak ini jadi sangat merugikan untuk para peternak. Dimensi lele lokal yang dengan usia satu tahun besarnya masih kalah dengan dimensi lele dumbo yang baru berusia 2 bulan.

Di Indonesia, lele lokal dipecah jadi 3 tipe, ialah lele putih, lele hitam, serta lele merah. Buat lele putih serta merah biasanya tidak disantap tetapi dijadikan bagaikan ikan hias.

Tipe lele yang dibudidayakan serta disantap merupakan lele hitam.

Senjata ikan lele lokal merupakan patil yang beracun serta beresiko. Orang yang kena patil lele, bagian badan itu bengkak. Pada hewan lain, patil akan menewaskan.

  • Dumbo

Tipe lele ini bukan ialah lele asli dari Indonesia. Awal kali tiba pada tahun 1985, ikan lele ini dibawa dari Taiwan.

Lekas sehabis kemunculannya, lele dumbo jadi kesukaan di golongan para peternak sebab lele ini dapat berkembang lebih kilat serta tubuhnya besar alias bongsor. Habitat asli lele ini di perairan Kenya, Afrika.

Sebagian berkata kalau lele dumbo ialah hasi persilangan antara ikan lele yang berasal dari Taiwan, ialah Clarias Fuscus, dengan tipe lele yang berasal dari Afrika, ialah Clarius Mosambicus.

Lele ini dapat dikenali dari karakteristik fisiknya yang mempunyai kulit dengan corak gelap kehijauan. Dibanding lele lokal, patil ikan lele dumbo tidak sebegitu beresiko.

Kulit lele dumbo dapat berganti jadi bintik- bintik putih ataupun gelap dikala lele hadapi tekanan pikiran. Corak ini hendak berganti ke corak aslinya dikala tekanan pikiran lenyap.

Sebab lele dumbo tidak biasa membuat lubang, hingga lele ini hendak lebih baik dibudidayakan di kolam tanah. Walaupun dimensi lele dumbo lebih besar dibanding lele lokal, tetapi rasa lele lokal jauh lebih lezat.

  • Sangkuriang

Namanya mirip dengan salah satu legenda dari Jawa Barat, tipe lele ini ialah hasil dari persilangan antara lele dumbo jantan f6 serta lele betina dumbo F2.

Pernikahan silang ini menciptakan sifat- sifat unggul untuk lele Sangkuriang, di antara lain mempunyai keahlian bertelur yang besar. Lele ini dapat bertelur hingga 40- 60 butir masing- masing satu kali pemijahan.

Baca Juga :  16 Manfaat Daun Jambu Monyet Untuk Kesehatan, Dari Atasi Demam Hingga Sakit Gigi

Kelebihan lain dari lele Sangkuriang merupakan mereka tahan terhadap penyakit. Tidak hanya itu, lele ini pula dapat dipelihara di tempat dengan air yang sedikit.

Mutu daging lele Sangkuriang pula lebih baik. Fisiknya tidak beda jauh dari lele dumbo.

Perbedaannya terletak pada mulutnya yang berupa lebih lonjong, dimensi matannya yang lebih kecil, tubuhnya yang mempunyai wujud lebih bundar, dan corak abu- abunya.

Lele Sangkuriang pula menciptakan telur yang lebih banyak dan energi tetasnya yang besar. Sedangkan buat dimensi benih lumayan menyeluruh.

Badannya mempunyai dimensi yang lebih besar dibanding dengan ikan lele phyton ataupun lele dumbo. Sayangnya, lele ini tidak dapat dibenihkan dari indukannya sebab hendak terjalin penyusutan pada kualitasnya.

  • Phyton

Penemu ikan lele phyton merupakan para peternak lele yang berasal dari Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada tahun 2004.

Tipe lele ini merupakan hasil persilangan dari induk betina dari lele eks Thailand F2 serta induk jantan dari lele lokal ataupun ikan lele dumbo F6.

Lele phyton dapat tahan dengan cuaca dingin. Di samping itu, lele ini pula mempunyai tingkatan kelangsungan hidup yang lebih dari 90%.

Semacam namanya, lele ini memiliki wujud kepala yang mirip dengan ular phyton, ialah berupa pipih serta memanjang.

Dimensi mulutnya kecil dan corak kulitnya pula semacam ular phyton. Mereka pula tahan terhadap penyakit serta pertumbuhannya pula kilat.

Seluruh kelebihan lele Sangkuriang serta dumbo dimiliki oleh lele phyton. Cuma saja bobotnya tidak seberat keduanya sebab wujudnya yang ramping.

  • Mutiara

Bersamaan dengan berkurangnya atensi terhadap lele dumbo yang sepanjang sebagian waktu jadi kesukaan warga, para periset juga melaksanakan riset pula persilangan lele biar menciptakan lele tipe baru yang jauh lebih unggul.

Hasil dari riset serta persilangan itu merupakan lele mutiara. Lele ini ialah hasil persilangan gabungan antara starin lele Mesir, dumbo, Sangkuriang serta phyton.

Energi tahan badan dari ikan lele mutiara relatif lebih besar. Tidak hanya itu, masa pemeliharaannya lebih pendek.

Waktu panen lele mutiara bisa dicoba sepanjang 40- 50 hari. Sebab tingkatan pertumbuhannya yang besar, lele mutiara terus menjadi banyak dibudidayakan.

  • Masamo

PT Mahari Sakti yang terletak di Mojokerto, Provinsi Jawa Timur ialah pengembang Lele Masamo. Lele ini memiliki sebagian keunggulan dibanding dengan lele lain.

contohnya makannya lebih banyak tetapi senantiasa efektif, badannya lebih besar, tidak gampang tekanan pikiran. tingkatan keseragamannya besar, watak kanibal yang rendah pula lebih kokoh terhadap penyakit.

Lele ini ialah hasil pernikahan dari bermacam tipe lele karenanya lele masamo memiliki banyak keunggulan bila dibanding dengan lele lain. Cuma saja lele ini masih dikembangbiakkan di daerah industri saja.

  • Limbat

Nama latin dari lele limbat merupakan Clarias Nieuhofii. Ikan lele ini ialah lele liar yang tersebar luas di Asia Tenggara. Habitat lele ini merupakan sungai kecil serta rawa.

Baca Juga :  11 Manfaat Kelapa Sawit Serta Mengenal Karakteristik Morfologinya

Walaupun tidak sering dikembangbiakkan, lele ini kerap dijadikan bagaikan santapan. Metode menangkapnya dicoba secara tradisional di habitatnya.

Lele ini memiliki karakteristik raga berbentuk dimensi badan yang panjang pula corak kulitnya yang abu- abu ataupun kekuningan.

Corak bagian atas dari badannya bercorak hitam kehitaman. Sedangkan bagian dasar kepala dan badannya bercorak agak putih.

Di bagian punggung terdapat deretan bercak- bercak yang berupa vertikal bercorak kekuningan ataupun agak putih.

  • Gua Emas

Tipe lele ini tercantum ke dalam lele sangat jarang serta dapat hadapi kepunahan sebab masing- masing tahun populasi lele gua emas senantiasa menurun.

Semacam namanya, lele ini ditemui di gua. Gua ini bernama Gua Aigamas yang terletak di daerah Otjozondjupa di Namibia. Lele ini mempunyai panjang standar yang menggapai 16, 1 centimeter.

Bagi sebagian orang diperkirakan jumlah populasi lele ini cuma kira- kira 200- 400 ekor. Ilmuwan masih belum ketahui metode menolong perkembangbiakan lele gua emas.

Jenis Jenis Ikan Lele dan Ragam Namanya Yang Perlu di Ketahui

  • Broadhead

Mempunyai nama latin Clarias Macrocephalus, ikan lele broadhead ialah tipe lele asli dari Asia Tenggara. Biasanya lele ini disantap di negeri Thailand.

Di negeri gajah putih, lele ini kerap terbuat jadi hidangan yang bernama Pla Duk. Santapan ini sejenis santapan yang digoreng ataupun dipanggang serta dijual di pinggir jalur.

Sirip punggung lele broadhead ukurannya besar sebaliknya dimensi badannya pendek serta sedikit bundar. Penampilannya agak mirip dengan lele kampung ataupun lele lokal yang terdapat di Indonesia.

Corak lele ini gelap dengan bercak- bercak putih pada sisi badannya. Sebab lele ini ialah ikan hawa tropis, tidak mengherankan bila lele ini banyak ditemui di Filipina, Tiongkok, Thailand, Malaysia, Vietnam serta Guam.

Mereka lebih menggemari tinggal di kanal, rawa- rawa, genangan, sawah, pula sungai. Mirip dengan gua emas, lele ini pula nyaris punah sebab sangat kerap dikawisilangkan dampaknya spesies aslinya telah susah ditemui.

Demikian Uraian kami tentang Jenis Ikan Lele Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula

0 () Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Aquascape. Contents 1 Jenis...
Admin1
2 min read

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read