Inilah Jarak Tanam Pepaya Calina Yang Tepat dan Keunggulannya

3 min read

Inilah Jarak Tanam Pepaya Calina Yang Tepat dan Keunggulannya
0
()

Inilah Jarak Tanam Pepaya Calina Yang Tepat dan Keunggulannya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Timun Suri.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Inilah Jarak Tanam Pepaya Calina Yang Tepat dan Keunggulannya


Pepaya disukai oleh warga Indonesia dari bermacam golongan sebab rasa yang lezat, isi nutrisi dan vit pada daging buahnya.

Banyak petani membudidayakan pepaya baik di lahan pertanian ataupun di pekarangan rumah. Dari sebagian tipe pepaya yang di tanam salah satunya yang sangat digemari merupakan pepaya callina.

Pepaya Calina bisa berkembang pada dataran rendah serta tinggi 300- 1000 m dpl, curah hujan 1000- 2000 milimeter/ tahun.

temperatur udara optimum 22- 26º C serta kelembaban udara dekat 40% serta angin yang tidak sangat kencang sangat baik buat penyerbukan.

Tanah produktif, gembur, memiliki humus serta wajib banyak menahan air, pH tanah yang sempurna merupakan netral dengan pH 6- 7.

Pepaya unggul dari tipe Calina sangat berpotensi bila dibudidayakan secara intensif.Pepaya Calina ini sanggup berbuah sejauh masa tanpa memahami masa, besar pohonnyacuma dekat 1, 5 m.

Sebab itu, Daging buah yang tebal, tahan apabila ditaruh lama serta rasa yang manis serta fresh menjadikan pepaya Calina memiliki nilai murah yang besar dan memiliki prospek pasar yang sangat bagus.


Keunggulan Pepaya Calina

  • Wujud buah silindris semacam peluru
  • Corak kulit buah hijau serta mulus
  • Rasa buah manis
  • Corak daging buah jingga
  • Daging buahnya tebal serta renyah
  • Energi simpan lama( lebih dari satu minggu)
Baca Juga :  Belajar Ternak Kambing Dengan Memahami Kelebihan Dan Kekurangannya

Metode Budidaya Pepaya Calina


  • Persiapan benih

Biji- biji yang dipakai benih tumbuhan papaya berasal dari buah yang telah masak dan yang berasal dari tumbuhan yang baik. Buah opsi tersebut di belah 2 buat diambil biji- bijinya.

Biji yang dikeluarkan setelah itu dicuci bersih sampai kulit yang menyelubungi biji terbuang kemudian dikering- anginkan ditempat yang teduh. Biji yang bernas diambil buat dijadikan benih serta yang kurang bernas di buang.

  • Pembibitan

Benih yang telah siap bisa langsung pada polibag dimensi 10 x 15 centimeter ataupun pada tray. dalam waktu 3 minggu benih hendak berkembang jadi bibit.

Pemeliharaan bibit wajib dicoba dengan intensif sehingga bibit bisa berkembang sehat serta wajar hingga waktunya dapat dipindahkan kelapangan.

Lahan pertanaman pepaya Calina butuh disiapkan kurang lebih 1- 2 minggu saat sebelum penanaman.

Penyiapan lahan meliputi, pembersihan, pembuatan guludan ataupun bedengan, penentuan jarak tanam, Pembuatan lubang tanam, dan pemberian pupuk organik bagaikan pupuk dasar.

Lahan pertanaman pepaya Calina butuh disiapkan kurang lebih 1- 2 minggu saat sebelum penanaman.

Penyiapan lahan meliputi, pembersihan, pembuatan guludan ataupun bedengan, penentuan jarak tanam, Pembuatan lubang tanam, dan pemberian pupuk organik bagaikan pupuk dasar.

  • Persiapan serta Pengolahan Lahan

Lahan pertanaman pepaya Calina butuh disiapkan kurang lebih 1- 2 minggu saat sebelum penanaman.

Penyiapan lahan meliputi, pembersihan, pembuatan guludan ataupun bedengan, penentuan jarak tanam, Pembuatan lubang tanam, dan pemberian pupuk organik bagaikan pupuk dasar.

  • Penanaman dan Jaraknya

Bibit yang sudah disemai dalam polybag sepanjang 2 bulan merupakan bibit yang sudah siap tanam. Proses penanaman di lahan pertanaman dicoba dengan hati- hati karena tanah pada polybag tidak boleh hilang.

Sebab hendak menimbulkan bibit layu apalagi dapat mati.Hendaknya, 1 hari saat sebelum penanaman lahan diairi terlebih dulu.

Proses tanam hendaknya dicoba pada dikala sore hari, buat meminimalkan penguapan pada tumbuhan yang baru dipindah. Jarak tanam terbaik merupakan 2, 5 x 2, 5 meter.

  • Penyulaman

Proses penyulaman dicoba sesegera bisa jadi apabila terdapat tumbuhan yang mati ataupun berkembang menyimpang akibat kesalahan teknis penanaman ataupun sebab serbuan hama serta penyakit.

  • Pengairan

Proses pemeliharaan berikutnya merupakan pengairan. Pepaya menggemari air namun tidak tahan bila air menggenang karena batangnya kilat busuk.

Baca Juga :  Inilah Jarak Tanam Pepaya California Yang Ideal serta Mengenal Hama dan Penyakitnya

Jadi sistem pengairannya wajib pas. Buat saluran drainase yang tidak membuat air mengepung tumbuhan pepaya Misalnya dibuatkan parit di dekat lubang tanam

  • Penyiangan serta Pembumbunan

Penyiangan butuh dicoba buat kurangi persaingan tumbuhan papaya dengan gulma baik persaingan faktor hara, air, ataupun cahaya matahari paling utama untuk pertanaman yang tidak memakai mulsa.

Pembumbunan dicoba di dekat tumbuhan bermanfaat buat membetulkan drainase serta aerasi tanah sehingga pangkal tumbuhan bisa tumbuh dengan baik.

Penyiangan serta pembumbunan dicoba wajib dengan hati- hati supaya tidak banyak melukai akar tanaman

  • Pemupukan

Buat hasil penciptaan yang maksimal serta unggul, hendaknya pakai pupuk organik supaya buah pepaya jauh lebih sehat buat disantap. Berikutnya akumulasi pupuk organik dicoba tiap 4 bulan sekali.

Pemupukan dengan memakai pupuk non- organik mengenakan pupuk tipe NPK dicoba pada dengan hitungan 200 gr pupuk per pohonnya satu sehabis tanam.

300 gr dikala tumbuhan merambah umur 3 bulan, 500 gr umur 6, 9 hingga 12 bulan per tumbuhan. Sehabis tumbuhan berbuah, tambahkan pupuk KCI supaya energi tahannya lebih kokoh serta buahnya lebih manis.

  • Pengendalian Hama serta Penyakit

Sebagian tipe hama yang biasa melanda tumbuhan pepaya Calina antara lain, hama kutu putih, aphid, serta tungau. Melanda dengan menghirup seluruh cairan yang terdapat pada daun muda tumbuhan pepaya Calina.

Pengendalianya merupakan dengan menyemprotkan insektisida ataupun dengan akarisida.

Tipe penyakit pepaya Calina merupakan Phytphora parasitica, P, Palmivora, Collectricum serta Pythium yang melanda daun, pangkal, batang serta buah pada masa penghujan.

Pengendaliannya dapat dicoba denganmenyemprotkan larutan fungisida yang dicampur air.

  • Masa Panen Pepaya Calina

Pemanen dicoba pada umur 8 s. d. 9 bulan. Ciri buah matang ialah terdapat semburat bercorak kuning di bagian buah pepaya utamanya di ujung buah. Panen hendaknya dicoba dengan memotong bagian tangkai. Pakai gunting pangkas serta dapat pula dengan pisau yang tajam. Panen dicoba dengan periode wakti 10 hari sekali.

Baca Juga :  Budidaya Petai : Teknik Mudah Penanaman,Perawatan dan Panen Memuaskan

Deskripsi Singkat Pepaya Calina

  • Usia mulai berbunga :4 bulan sehabis tanam
  • Usia petik:8, 5 bulan sehabis tanam
  • Wujud buah:Silindris
  • Corak kulit buah : Hijau lumut
  • Corak daging buah:Jingga
  • Panjang buah:23- 24 cm
  • Diameter buah:9. 2- 9. 5 cm
  • Bobot per buah:1200- 1300 g
  • Tingkatan kemanisan:10. 1- 11. 2 Briks
  • Edible portion:82. 9- 85. 7%

Inilah Jarak Tanam Pepaya Calina Yang Tepat dan Keunggulannya

Pengembangan pepaya unggul ditunjukan pada keragaan tumbuhan yang rendah( dwarf ataupun kerdil). Tujuannya merupakan buat mempermudah dalam perawatan serta pemanenan.

Tidak hanya itu, watak kerdil tersebut pula membolehkan tumbuhan pepaya bisa dijadikan bagaikan tumbuhan hias yang eksotik.

Tidak hanya berperan sebagai tumbuhan buah, tumbuhan pepaya berdimensi kerdil pula dapat dijadikan bagaikan penghias halaman di pekarangan rumah.

Untuk pebisnis, tumbuhan papaya yang pendek dapat tingkatkan efisiensi pemakaian tenaga kerja serta waktu, baik pemeliharaan ataupun pemanenan.

Pepaya Calina( IPB 9) merupakan papaya yang ditemui oleh Profesor. Dokter. Sriani Sujiprihati dengan kriteria papaya unggul yang mempunyai usia panen genjah serta keragaan kerdil.

Profesor. Dokter. Sriani serta timnya melaksanakan breeding ataupun pemuliaan serta melaksanakan riset dan uji coba sepanjang 7 tahun saat sebelum kesimpulannya melahirkan varitas yang dinamakan calina.

Demikian Uraian kami tentang Jarak Tanam Pepaya Calina Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5