Inilah Efek Samping Kayu Manis di Balik Manfaat Kesehatannya Yang Kamu Perlu Tahu

3 min read

Inilah Efek Samping Kayu Manis di Balik Manfaat Kesehatannya Yang Kamu Perlu Tahu
0
()

Inilah Efek Samping Kayu Manis di Balik Manfaat Kesehatannya Yang Kamu Perlu Tahu – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Efek Samping Kayu Manis.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Inilah Efek Samping Kayu Manis di Balik Manfaat Kesehatannya Yang Kamu Perlu Tahu


Kayu manis merupakan bumbu yang dibuat dari kulit kayu tumbuhan liar yang termasuk dalam genus“ Cinnamomum”.

Tumbuhan asli Karibia, Amerika Selatan, serta Asia Tenggara ini terdapat 2 tipe utama ialah: Cinnamon Ceylon, Kayu manis yang sangat universal digunakan di dunia Barat

Cinnamomum aromaticum, Kayu manis Tiongkok yang berasal dari Tiongkok selatan, umumnya lebih murah daripada Ceylon cinnamon.

Kayu Manis sudah disantap semenjak tahun 2000 SM di Mesir Kuno, di mana rempah ini sangat sangat berharga( nyaris dikira obat ampuh).

Pada abad pertengahan dokter memakai kayu manis buat menyembuhkan keadaan semacam batuk, radang sendi, serta sakit kerongkongan.

Di Indonesia sendiri, bermacam berbagai tumbuhan rempah semacam kayu manis ini digunakan bertepatan dengan bahan- bahan lain semacam khasiat kunyit serta khasiat jahu buat dijadikan jamu.

Perihal ini disebabkan isi natural yang kaya di dalamnya semacam minyak atsiri, eugenol, kalsium oksalat, sinamaldehide, tanin, damar serta zat penyamak.

Batang kulit kayu manis memiliki insulin yang dapat menolong memperlancar proses metabolisme glukosa sehingga dapat menolong menormalisasikan kandungan gula dalam darah.

Hingga dari itu bisa dimanfaatkan buat penyembuhan indikasi penyakit diabet.

Baca Juga :  5 Manfaat Daun Kayu Manis Bagi Kesehatan dan Mengenal Kandungan Kimianya

Kayu manis Cassia nyaman apabila disantap dalam jumlah kecil sampai lagi, tetapi apabila sangat banyak bisa menimbulkan permasalahan kesehatan. Ini sebab memiliki beberapa besar senyawa yang diucap coumarin.

Riset sudah menciptakan kalau makan sangat banyak coumarin bisa membahayakan hati serta tingkatkan resiko kanker, demikian dikutip dari healthline.

Serta, makan sangat banyak kayu manis Cassia sudah berhubungan dengan banyak dampak samping yang lain.


Kandungan Kayu Manis

Sebagian pakar menganjurkan mengkonsumsi kayu manis 1/ 2 sampai 1 sendok teh( 2- 4 gr) bubuk satu hari. Mengkonsumsi sangat banyak berisiko memunculkan kendala kesehatan.

Berikut merupakan bermacam isi yang terdapat di dalamnya, diantaranya:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Mangan
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Vit K

Tidak hanya nutrisi yang tercantum di atas, tiap sajian kayu manis pula memiliki beberapa kecil vit E, niasin, vit B6, magnesium, kalium, zinc, serta tembaga.


Efek Samping Konsumsi Kayu Manis


  • Kerusakan organ hati

Efek samping kayu manis yang merugikan badan timbul sebab salah satu isi di dalamnya, ialah coumarin. Batasan mengkonsumsi coumarin per harinya merupakan 0, 1 miligram per kilogram berat tubuh.

Apabila Kamu melewati batasan tersebut, Kamu hendak hadapi dampak samping kayu manis berbentuk kehancuran pada organ hati. Dampak ini terjalin sebab terdapatnya keracunan coumarin.

Isi coumarin yang besar ada dalam tipe kayu manis Cassia.

Kayu manis ini universal ditemui serta digunakan oleh warga. Mengkonsumsi satu hingga satu separuh sendok teh kayu manis Cassia saja telah melewati batasan toleransi coumarin dalam badan. Seram, bukan?

  • Penyusutan kandungan gula darah yang berlebihan

Khasiat kayu manis yang populer di warga merupakan merendahkan kandungan gula darah pada pengidap diabet jenis 2.

Tetapi mengkonsumsi kayu manis sangat banyak malah dapat memunculkan dampak samping kayu manis berbentuk kandungan gula darah yang terlampau rendah.

Kandungan gula yang sangat rendah ataupun hipoglikemia bisa menyebabkan indikasi pusing, letih, apalagi berpotensi menimbulkan pingsan.

Baca Juga :  13 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Yang Penting, Salah Satunya Penyakit Jantung

Kamu hendak lebih rentan hadapi dampak samping kayu manis ini bila Kamu pula komsumsi obat buat diabet.

Alasannya, kayu manis bisa berhubungan dengan obat diabet serta tingkatkan daya gunanya sehingga kandungan gula darah turun sampai sangat rendah.

  • Memunculkan permasalahan pada sistem pernapasan

Mengkonsumsi kayu manis wujud bubuk dengan jatah yang banyak dalam sekali makan, bisa merangsang permasalahan pada sistem respirasi. Kayu manis mempunyai tekstur yang halus serta gampang terhirup.

Dikala terisap, bubuk kayu manis bisa membuat Kamu kesusahan bernapas serta batuk- batuk. Isi cinnamaldehyde dalam rempah ini pula berpotensi buat merangsang kerongkongan serta berujung pada timbulnya kendala respirasi.

Pengidap asma wajib berjaga- jaga terhadap bahaya kayu manis sehubungan dengan respirasi. Dampak samping kayu manis bisa memunculkan kesusahan bernapas pada pengidap asma.

Tidak hanya itu, serat kayu manis yang tidak bisa diproses dalam paru juga berpotensi memunculkan peradangan paru. Inflamasi ini dapat berbentuk aspirasi pneumonia yang bisa mengganggu paru, sehingga tidak bisa berperan dengan baik.

  • Tingkatkan resiko kanker

Dampak samping kayu manis yang tidak terduga merupakan potensinya dalam tingkatkan resiko kanker.

Suatu pada tikus menciptakan kalau tumor yang bertabiat kanker bisa timbul di paru- paru tikus yang komsumsi coumarin secara berlebih.

Bahaya kayu manis terhadap sebagian organ badan diyakini terjalin sebab rempah ini bisa memunculkan kehancuran organ. Kehancuran inilah yang setelah itu menyebabkan pergantian sel sehat dengan sel tumor yang bisa jadi bertabiat kanker.

Walaupun begitu, masih dibutuhkan riset lebih lanjut menimpa kaitan antara tumor serta coumarin, dan dampak samping kayu manis terhadap penigkatan resiko kanker pada manusia.

  • Menyebabkan cedera di mulut

Dampak samping kayu manis selanjutnya merupakan cedera mulut. Perihal ini diakibatkan oleh isi cinnamaldehyde dalam kayu manis, yang bisa merangsang respon alergi dikala disantap dalam jumlah banyak.

Tidak hanya cedera di mulut, dampak samping kayu manis dalam wujud alergi cinnamaldehyde pula dapat terjalin. Alergi ini diisyarati dengan terdapatnya sensasi dibakar ataupun gatal pada mulut, bintik- bintik putih dalam mulut, serta pembengkakan gusi ataupun lidah.

Baca Juga :  Cara Menanam Anggrek Bulan : Teknik Mudah Tanam dalam Pot dan Dengan Cara Menempel

Dalam batas wajar, isi cinnamaldehyde tidak hendak menimbulkan respon alergi. Alasannya, senyawa dalam air liur hendak menghindari zat ini buat memegang bagian dalam mulut dalam waktu sangat lama.

Kamu bisa menempuh uji alergi buat membenarkan apakah Kamu dapat komsumsi kayu manis ataupun tidak. Dengan ini, keamanannya lebih terjamin.

Inilah Efek Samping Kayu Manis di Balik Manfaat Kesehatannya Yang Kamu Perlu Tahu


Metode Tepat Takaran Komsumsi Kayu Manis

Bermacam khasiat kayu manis buat kesehatan bisa jadi dapat Kamu peroleh, tetapi terdapat hal- hal yang butuh dicermati dalam komsumsi.

Walaupun dikala ini belum terdapat takaran yang betul- betul tentu, terdapat baiknya Kamu memikirkan takaran yang direkomendasikan berikut ini:

Buat kayu manis tipe Cassia, dianjurkan cuma memakainya sebanyak 0, 5– 4 gr ataupun setara dengan satu sendok teh per hari.

Buat kayu manis tipe Ceyon, dianjurkan buat memakainya sebanyak 5 gr ataupun setara dengan 2, 5 sendok teh per hari.

Perbandingan takaran tersebut disebabkan terdapatnya perbandingan jumlah isi yang ada pada kayu manis tipe Cassia dengan tipe Ceyon.

Sebagai contoh, isi kumarin yang ada pada Cassia lebih besar bila dibanding dengan kayu manis tipe Ceyon, sehingga butuh takaran yang lebih sedikit supaya nyaman untuk disantap.

Demikian Uraian kami tentang Efek Samping Kayu Manis Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5