Daun Sirih Cina : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Kesehatannya, Termasuk Obati Asam Urat

2 min read

Daun Sirih Cina : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Kesehatannya, Termasuk Obati Asam Urat
0
()

Daun Sirih Cina : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Kesehatannya, Termasuk Obati Asam Urat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Daun Sirih Cina.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Daun Sirih Cina : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Kesehatannya, Termasuk Obati Asam Urat


Nama latin sirih cina adalah Peperomia pellucida. Tumbuhan ini kerap dikira gulma , sebab kerap berkembang disela- sela tumbuhan budidaya.

Terdapat yang menyebut daun ini yang memanggilnya daun ketumpang air. Tumbuhan ini pula banyak berkembang disekitar rumah, dipekarangan paling utama ditempat- tempat yang lembab.

Tidak hanya itu banyak pula ditemukan ditanggul sawah serta tepi parit. Banyak orang yang tidak memperdulikan tumbuhan ini, mereka seenaknya mencabut serta membuangnya begitu saja.

Sementara itu bila kamu ketahui, tumbuhan ini mempunyai bermacam- macam khasiat untuk kesehatan. Tanaman ini dapat diperbanyak lewat biji.

Tumpangan air( Peperomia pellucida) merupakan terna kecil semusim serta berakar dangkal yang gampang ditemui berkembang liar di tepi saluran air ataupun pematang serta halaman.

Ukurannya 15 hingga 45 centimeter. Batangnya sukulen( berair), terang, berdaging, demikian pula daunnya yang agak tebal tetapi lunak.

Baca Juga :  Inilah 10 Manfaat Jambu Monyet dan Kandungan Nutrisi Pentingnya Untuk Tubuh

Daun sirih Tiongkok ataupun ketumpang air dapat dimakan, dengan metode diolah bagaikan sayur ataupun buat lalapan. Dapat pula terbuat juice setelah itu diminum.


Kandungan Kimia Daun Sirih Cina

Tumbuhan Tumpangan Air, Sirih Tiongkok ataupun Ketumpang Air ini diketahu memiliki bermacam berbagai zat yang efektif untuk kesehatan badan.

Kandungan kimia tumbuhan tersebut antara lain alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak serta minyak atsiri. Tumbuhan ini bertabiat pedas serta sejuk.

Bagian tumbuhan yang digunakan bagaikan obat merupakan segala bagian tumbuhan.

Tumpangan air/ Ketumpang air/ Sirih Tiongkok mempunyai dampak farmakologis bagaikan analgesik( pengurang rasa sakit), anti radang( anti- inflammatory) serta antibiotik.


Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Cina


  • Menyembuhkan Sakit Kepala

Buat memperoleh khasiat daun sirih Tiongkok tersebut pasti buakan disantap melainkan dengan meletakkan pada bagian pelipih mata kanan serta kiri daun yang sudah ditumbuk dengan halus.

  • Menolong Menyembuhkan Sakit Perut

Buat bisa mendapatkan khasiat tersebut hingga metode penggunaannya merupakan dengan menumbuk halus daun sirih Tiongkok yang telah dibersihkan kemudian diperas.

  • Menolong Menyembuhkan Bisul serta Jerawat

Buat bisa memakainya dalam menanggulangi keadaan bisul serta jerawat hingga bisa dicoba dengan metode menumbuk halus daun sirih Tiongkok kemudian merebusnya sampai air rebusan tersisa separuh.

Serta setelah itu komsumsi sebanyak 2 kali satu hari dengan jumlah yang sama. Akibat positif tersebut sama halnya dengan khasiat serta suruhan.

  • Menolong Menanggulangi Bengkak

Khasiat daun ini bisa menolong dalam menanggulangi keadaan bengkak yang terkadang menimbulkan rasa sakit.

Buat mendapatkan khasiat tersebut hingga butuh buat komsumsi rebusan daun sirih Tiongkok ataupun meletakan daun sirh Tiongkok yang sudah ditumbuk halus pada bagian badan yang hadapi bengkak.

  • Obat Natural Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat jadi salah satu wujud penyakit yang bisa terjalin akibat tingginya kandungan asam urat di dalam badan melebihi kandungan asam urat wajar.

Baca Juga :  Inilah Rahasia Manfaat Daun Jati dari Sukses Diet Hingga Atasi Diabetes Yang Baik Untukmu

Daun sirih Tiongkok bisa menolong melindungi kandungan asam urat supaya tidak tinggi dengan metode komsumsi rebusan daun sirih yang sudah ditumbuh halus secara tidak berubah- ubah.

  • Antibakteri serta Antijamur

Khasiat daun ini yang lain merupakan bertabiat bagaikan antibakteri serta antijamur.

Ekstrak metanol mentan  mempunyai watak antimikroba spektrum luas sehingga bisa menghindari terbentuknya peradangan sebagian tipe kuman.

Tipe kuman yang bisa dicegah antara lain semacam Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, serta Staphylococcus aureus.

Tidak hanya bertabiat bagaikan anti kuman, pula mempunyai watak anti jamur sebab isi kloroform. Dampak tersebut didapatkan dari ekstrak daun keringnya. Selain itu pula mempunyai khasiat antiprotozoa.

Daun Sirih Cina : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Kesehatannya, Termasuk Obati Asam Urat

  • Khasiat Lainnya

Tidak hanya sebagian keadaan akibat positif yang telah disebtukan diatas, daun sirih Tiongkok pula mempunyai khasiat yang lain untuk kesehatan.

Berikut sebagian khasiat lain dari daun sirih Tiongkok buat kesehatan tersebut antara lain semacam:

    • menolong menanggulangi keadaan badan yang pegal pegal,
    • menolong menyembuhkan kendala kencing.
    • Menolong menanggulangi cedera memar
    • meredakan perih spasmodik
    • menghindari terbentuknya keadaan penyakit ginjal yang beresiko.
    • Menyembuhkan diare serta kasus pencernaan lain
    • dan menolong dalam menanggulangi keadaan penyakit flu.

Demikian Uraian kami tentang Daun Sirih Cina Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Cara Menetaskan Telur Ayam

Admin1
3 min read

Tanaman Hortikultura

Admin1
3 min read

Cara Pemangkasan Pohon Sawo

Admin1
2 min read