Daun Kubis : Kandungan Nutrisi, Jenis dan 15 Manfaat Untuk Kesehatannya

5 min read

Daun Kubis : Kandungan Nutrisi, Jenis dan Manfaat Untuk Kesehatannya
0
()

Daun Kubis : Kandungan Nutrisi, Jenis dan 15 Manfaat Untuk Kesehatannya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Daun Kubis.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Daun Kubis : Kandungan Nutrisi, Jenis dan 15 Manfaat Untuk Kesehatannya


Kubis( Brassica oleracea ataupun B. oleracea var. capitata,var. tuba, var. sabauda ataupun var. acephala)merupakan anggota dari genus Brassica serta keluarga mustar, Brassicaceae.

Sebagian sayur- mayur cruciferous yang lain( kadang- kadang diketahui bagaikan tumbuhan cole dikira kultivar B. oleracea, tercantum brokoli, collard hijau, kubis brussel, kohlrabi serta sprouting brokoli.

Kubis merupakan anggota dari genus brassica. Kubis merupakan salah satu tumbuhan dari tim tumbuhan tumbuhan“ cole crop”.

Tumbuhan yang lain dari tim cole crop semacam brokoli, collard hijau, kubis brussel, kohlrabi serta sprouting brokoli berkembang baik di wilayah dingin ataupun“ cold”.

Sehingga banyak orang berfikir kalau cole merupakan alterasi dari penyebutan cold.

Tetapi yang sesungguhnya merupakan, kata cole merupakan alterasi dari kata latin“ stem” ataupun sejenis batang( bisa jadi sebab mempunyai identitas stem yang sama).

Kata cole berasal dari kata bahasa Inggris Tengah“ col”. Bangsa romawi menyebut tumbuhan ini dengan“ caulis”, serta orang Yunani menyebutnya“ kaulion”. Seluruh kata ini berarti stem.

Kamu pasti telah tidak asing lagi dengan sayur kubis ataupun yang lebih akrab diucap dengan sayur kol.

Kerap tertukar dengan lettuce ataupun selada, sayur bundar dengan daun putih kehijauan berlapis- lapis ini nyatanya tidak cuma terdiri dari satu tipe saja.

Kubis memiliki sebagian berbagai dengan karakteristik khas yang berbeda- beda. Ayo, selami lebih dalam menimpa sayur kubis beserta segudang khasiatnya melalui pembahasan berikut ini!


Kandungan Nutrisi Dalam Kubis

Bisa jadi Kamu lebih sering di dengar menciptakan sayur kubis ataupun kol di dalam sepiring lalapan yang dimakan mentah.

Tetapi, sayur yang memiliki nama latin Brassica Oleracea Var. Capitata L. ini, pula nikmat buat diolah jadi tumisan ataupun dicampur bersama semangkuk sup sayur- mayur.

Baca Juga :  Cara Menanam Terong Ungu : Budidaya, Perawatan Dan Panennya

Tidak ingin kalah dengan tipe sayur- mayur yang lain, kol menyumbang segudang nutrisi berarti buat badan.

Teruji dalam 100 gr( gram) sayur kol, ada 51 kalori( kal) tenaga, 8 gram karbohidrat, 2, 5 gram protein, serta 3, 4 gram serat.

Sedangkan beberapa mineral yang terdapat di dalam sayur kol antara lain 100 mg( miligram) kalsium, 50 miligram fosfor, 3, 4miligram besi, 50 miligram natrium, serta 100 miligram kalium.

Dengan bermacam vit semacam 0, 4 mikrogram( mcg) vit B1, 0, 1 miligram vit B2, serta 16 miligram vit C yang ikut memenuhi zat gizi dalam kol.


Jenis Jenis Kubis

Bila umumnya Kamu lebih kerap menciptakan kol dengan wujud bundar serta bercorak putih kehijauan, mengerti kah Kamu jika masih terdapat tipe kol yang lain dengan karakteristik khasnya tiap- tiap?

Ya, tidak cuma satu tipe saja, berikut bermacam tipe kubis ataupun kol yang terdapat di pasaran:

  • Kubis hijau

Kol dengan corak putih ataupun hijau pucat merupakan salah satu varietas yang sangat universal dijual di pasaran.

Kamu dapat dengan gampang menciptakan varietas kol yang satu ini di tukang sayur, pasar tradisional, sampai supermarket ternama.

Apabila dicermati lebih seksama, daun terluar yang menyelimuti kol umumnya bercorak hijau pucat, sedangkan bagian dalamnya bercorak agak putih dikala dibuka.

Saat sebelum memasak ataupun memakannya mentah, daun kol yang sangat luar ini umumnya hendak dibuang terlebih dulu sebab kerap kotor serta agak layu.

Kol yang masih mentah mempunyai tekstur yang renyah dikala digigit, serta hendak lebih melunak dengan rasa manis sehabis diolah.

  • Kubis ungu

Seragam dengan kubis hijau, kubis dengan corak ungu ataupun kemerahan pula mempunyai daun berlapis dengan wujud bundar. Perbandingan yang sangat jelas nampak pasti terletak pada corak sayur kol ini.

Tetapi bukan cuma itu saja, tekstur kol ungu umumnya lebih keras sehingga hendak lebih renyah dikala digigit serta menyumbang lebih banyak vit C dibanding kol hijau.

Oleh sebab rupanya yang lumayan mencolok, terkadang corak kol ungu dapat tercampur bersama sayur- mayur yang lain kala diolah bersama.

  • Kubis savoy

Sekilas, kubis savoy mempunyai wujud yang tidak jauh berbeda dengan kubis hijau serta ungu.

Tetapi kala dicermati lebih cermat, varietas kubis yang satu ini mempunyai tekstur yang lebih mengkerut dengan susunan daun terluar yang lebih lebar bagaikan pembungkus.

Karakteristik khasnya terdapat pada tekstur serta wujud, yang buatnya terasa lebih lembut dikala dimakan serta susunan daunnya tersusun tidak beraturan dibanding tipe kol yang yang lain.

Umumnya, kol savoy kerap dijadikan olahan salad bersama tipe sayur- mayur yang lain.

  • Kubis napa

Apa nama yang biasa Kamu gunakan buat menyebut sayur- mayur ini? Mayoritas orang bisa jadi hendak menanggapi sawi putih.

Baca Juga :  Jenis Jenis kambing : Fisiologi dan Penjelasannya

Belum banyak yang ketahui memanglah, jika sayur- mayur ini nyatanya masuk ke dalam salah satu varietas kol mengingat lapisan daunnya yang pula berlapis- lapis.

Sedikit perbedaannya, tipe kol yang satu ini bukanlah berupa bundar melainkan berupa lonjong dengan corak daun yang hijau keputihan.

Kol napa sesungguhnya dapat dimakan mentah ataupun direbus saja bagaikan lalapan, tetapi sebagian besar orang lebih suka menyantapnya dengan metode ditumis.


Khasiat dan Manfaat Daun Kubis


  • Nutrisi untuk kesehatan mata

Kubis pula sangat baik disantap bagaikan konsumsi nutrisi untuk kesehatan mata.

Dengan isi beta karoten yang dimilikinya berguna buat mempertajam penglihatan, melindungi energi amati pada orang tua, dan menghindari munculnya katarak.

  • Menolong merendahkan berat badan

Untuk kamu yang lagi menempuh program diet dianjurkan komsumsi makanan- makanan rendah kalori, kaya serat, dan memiliki vit serta mineral yang diperlukan badan.

Salah satu contohnya merupakan kubis sehingga sayur- mayur ini layak dimasukkan dalam menu setiap hari kamu.

  • Nutrisi otak

Kubis pula ialah santapan yang sangat baik untuk otak sebab memiliki antosianin serta vit K dimana keduanya berguna mejadikan konsentrasi otak lebih baik.

Vit K pula sangat baik disantap buat menghindari penyakit- penyakit yang berhubungan dengan penyusutan guna otak semacam demensia serta alzheimer.

  • Tingkatkan imunitas tubuh

Sepanjang ini vit C identik dengan buah jeruk. Tetapi siapa sangka kalau isi vit C pada kubis jauh lebih banyak daripada jeruk.

Dengan kekayaan vit C yang dimilikinya komsumsi kubis bisa menolong tingkatkan imunitas badan sehingga kita lebih terlindung dari bermacam peradangan kuman serta virus di dekat kita.

  • Baik buat organ pencernaan

Isi seratnya yang besar menjadikan kubis bagaikan santapan yang sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan.

Dimana serat bisa menolong pergerakan usus kala meresap santapan sehingga usus tidak butuh bekerja sangat keras.

Tidak hanya itu dia pula membuat feses jadi lebih lembut sehingga menghindarkan kita dari bermacam kendala pencernaan semacam wasir, diare, ataupun resiko sembelit.

  • Menghindari kanker

Kubis pula memiliki antioksidan yang besar yang bisa menghindari pertumbuhan radikal leluasa di dalam badan yang bisa merangsang bermacam penyakit beresiko semacam kanker.

  • Baik buat kesehatan tulang

Kubis memiliki sebagian mineral berarti untuk badan semacam magnesium, kalsium, serta potasium yang sangat baik buat kesehatan tulang sehingga tulang sehat serta bebas dari bermacam penyakit semacam osteoporosis.

  • Detoksifikasi

Komsumsi kubis pula bisa dimanfaatkan bagaikan langkah detoksifikasi ataupun pembuangan zat- zat toksin dari dalam badan.

Baca Juga :  15 Manfaat Sarang Semut Bagi Kesehatan, dari Obati Rematik Hingga Kanker

Ini didukung oleh isi vit C serta sulfur pada kubis sehingga badan jadi lebih sehat serta bersih dari bermacam zat- zat beracun.

  • Menolong pembuatan sel darah merah

Sel darah merah sangat dibutuhkan oleh badan dalam jumlah lumayan supaya bermacam gunanya semacam bawa oksigen ke segala badan bisa berjalan dengan baik.

Perihal ini dapat dicapai dengan komsumsi makanan- makanan yang memiliki zat besi semacam kubis sehingga pembuatan sel darah merah jadi mudah.

  • Menghindari hipertensi

Hipertensi bisa merangsang bermacam penyakit beresiko yang lain semacam penyakit jantung sehingga sedapat bisa jadi wajib dihindari.

Buat melindungi kestabilan tekanan darah kita bisa menggunakan kubis yang mempunyai watak antihipertensi sehingga kita bebas dari tekanan darah yang sangat besar.

  • Menanggulangi bengkak pada buah dada bunda menyusui

Salah satu permasalahan yang kerap dialami ibu- ibu yang lagi menyusui merupakan buah dada jadi keras serta perih sehingga terasa sakit sekali.

Perihal ini dapat diatasi dengan memakai daun kubis ataupun ekstrak daun kubis dengan metode dioleskan pada kulit buah dada yang bengkak.

  • Baik buat kesehatan janin

Mengkonsumsi kubis oleh bunda berbadan dua pula sangat baik buat kesehatan bakal anak. Perihal ini didukung oleh isi asam folat pada kubis sehingga bakal anak bisa tumbuh dengan baik serta bebas dari kecacatan.

  • Menghindari penuaan dini

Para perempuan sangat diajarkan komsumsi kubis sebab berguna buat menghindari munculnya kanker buah dada serta penuaan dini, 2 perihal yang sangat ditakuti para perempuan.

Antioksidan pada kubis bisa menghindari berkembangnya radikal leluasa yang bisa menimbulkan bermacam penyakit beresiko semacam kanker buah dada serta penuaan dini.

Daun Kubis : Kandungan Nutrisi, Jenis dan Manfaat Untuk Kesehatannya

  • Menanggulangi pembengkakan

Pembengkakan serta perih pada badan ialah respon badan terhadap peradangan penyakit ataupun ganguan dari luar.

Kubis yang umumnya dijadikan sayur- mayur ataupun lalapan ini pula bisa dimanfaatkan buat menanggulangi serta meringankan perih serta bengkak yang dirasakan.

  • Menanggulangi sakit kepala

Sakit kepala yang melanda sangat sangat menyiksa. Terlebih bila tiba seketika kala tengah padat jadwal beraktifitas.

Terdapat banyak aspek yang bisa menimbulkan munculnya sakit kepala serta salah satu metode buat meringankannya merupakan dengan komsumsi kubis.

Demikian Uraian kami tentang Daun Kubis Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5