Penangkal Asam Urat dan Kolesterol, Inilah Morfologi Daun Kepel dan Manfaat Untuk Kesehatannya

2 min read

Penangkal Asam Urat dan Kolesterol, Inilah Morfologi Daun Kepel dan Manfaat Untuk Kesehatannya
0
()

Penangkal Asam Urat dan Kolesterol, Inilah Morfologi Daun Kepel dan Manfaat Untuk Kesehatannya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Daun Kepel.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Penangkal Asam Urat dan Kolesterol, Inilah Morfologi Daun Kepel dan Manfaat Untuk Kesehatannya


Kepel atau Stelechocarpus burahol, biasa diucap pula dengan burahol, turalak, cindul, kecindul, simpol ataupun kepel apple ini merupakan buah asli Indonesia lebih tepatnya berasal dari Yogyakarta.

Burahol digemari puteri kraton- kraton di Jawa sebab dipercaya menimbulkan keringat beraroma wangi serta membuat air seni tidak berbau tajam.Buahnya mirip buah sawo, namun melekat di batang.

Buah kepel ini mempunyai kulit bercorak kuning kecoklatan yang bila dilihat sekilas nampak semacam buah sawo tetapi bagian dagingnya bercorak oranye serta rasa yang manis.

Penampilannya yang menawan, dengan memandang daunnya yang timbul secara serentak berganti dari merah muda pucat jadi merah keunguan saat sebelum berganti lagi jadi hijau brilian.

Kepel sangat cocok dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias buat rumah dengan taman yang luas, ataupun tumbuhan peneduh.


Morfologi Tanaman Kepel

Tumbuhan tegak, tidak merontokkan daun secara serentak, tingginya menggapai 25 meter. Tajuknya tertib berupa kubah meruncing ke atas( semacam cemara) dengan percabangan mendatar ataupun agak mendatar.

Diameter batang utamanya menggapai 40 centimeter, bercorak coklat- kelabu tua hingga gelap, yang secara khas tertutup oleh banyak tonjolan yang besar- besar.

Baca Juga :  Cara Menanam Pinus Dengan Biji Mudah dan Tepat Bagi Pemula

Daunnya berupa lonjong- jorong hingga bundar- telur/ wujud lanset, berdimensi( 12- 27) centimeter×( 5- 9) centimeter, bercorak hijau hitam, tidak berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya 1, 5 centimeter panjangnya.

Bunganya berkelamin tunggal, mula- mula bercorak hijau setelah itu berganti jadi keputih- putihan, timbul pada tonjolan- tonjolan di batang.

bunga jantannya terletak di batang sebelah atas serta di cabang- cabang yang lebih tua, berkumpul sebanyak 8- 16 kuntum, diameternya menggapai 1 centimeter.

bunga betinanya cuma terletak di pangkal batang, diameternya menggapai 3 centimeter.

Buahnya dengan 1- 13 lembar daun buah bertipe mirip buah buni( berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya menggapai 8 centimeter.

daun buah yang matang nyaris bundar wujudnya, bercorak kecoklat- coklatan, diameternya 5–6 centimeter, perikarpnya bercorak coklat, berisi sari buah, bisa dimakan.

Bijinya berupa menjorong, berjumlah 4- 6 butir, panjangnya dekat 3 centimeter, berat fresh 62- 105 gram, dan bagiann yang bisa dimakan sebanyak 49% serta bijinya 27% dari berat buah fresh.

Buah ini bisa jadi masih sedikit asing di kuping kita, tetapi butuh dikenal bila dalam buah ini memiliki banyak vit C, A serta E .

Dan sebagian tipe flavonoid semacam alkaloid, quercetin dan fenolik serta pula mineral dan sebagian tipe antioksidan.


Khasiat dan Manfaat Daun Kepel


  • Sebagai Antioksidan Penangkal Radikal Bebas.

Cos dkk( 1998) memberi tahu memberi tahu sebagian flavonoid tidak hanya bisa membatasi kerja enzim xanthin oksidase pula bisa berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Sutomo( 2003) memberi tahu kalau fraksi tidak larut petroleum eter dari ekstrak metanol daun kepel sanggup merendahkan kandungan asam urat, serta hasil identifikasinya menampilkan terdapatnya flavonoid.

Tidak hanya itu daging buah, biji, serta pangkal Stelechocarpus burahol memiliki saponin, flavonoid, serta polifenol. Biji pula memiliki alkaloid sebaliknya daunnya memiliki polifenol serta flavonoid( Hutapea, 1994).

Baca Juga :  Inilah 13 Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan dan Kandungannya Yang Penting Di Ketahui

Sebagian warga menggunakan daunnya bagaikan kombinasi minuman( teh). Daun kepel memiliki flavonoid yang memiliki kegiatan antioksidan.

Khasiat burahol yang lain merupakan buat penangkalan kehamilan( perlengkapan kontrasepsi), peluruh berkemih serta menghindari radang ginjal( Verheij serta Coronell, 1997).

Daun ini digunakan untuk bahan baku minuman celup disebabkan pada daun ada zat antioksidan ialah flavonoid yang berguna bagaikan penangkal radikal leluasa( anti kanker), dan menghaluskan kulit.

  • Obat Asam Urat

Pemanfaatan bagian daun- daunnya buat kesehatan antara lain dapat menolong menggempur serbuan asam urat.

Resepnya, ialah :

    • 5 lembar daun yang direbus dengan 3 gelas air bersih.
    • Sehabis air tinggal separohnya dinaikan serta disaring.
    • Airnya diminum 2 kali satu hari, tiap- tiap sebanyak 3 perempat gelas.

Penangkal Asam Urat dan Kolesterol, Inilah Morfologi Daun Kepel dan Manfaat Untuk Kesehatannya

  • Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya itu dengan bahagia membuat lalapan berbahan daun kepel muda pula hendak sanggup merendahkan kandungan kolesterol jahat di dalam badan.

Ada pula metode lain memprosesnya, ialah daun- daun mutu bagus dikeringkan dulu kemudian digiling jadi jadi bubuk halus. Ataupun terdapat pula yang dirajang serta dikeringkan sehingga jadi teh daun kepel.

Lalap daun kepel sanggup merendahkan kandungan kolesterol.Orang yang tidak menggemari lalap bisa minum rebusan daun kepel buat merendahkan kandungan kolesterol.

    • Rebusan ini terbuat dari 7 lembar serta 3 gelas air.
    • Air serta daun ini setelah itu direbus hingga tersisa satu separuh gelas.
    • Air rebusan ini diminum 2 kali satu hari, tiap- tiap sebanyak 3 perempat gelas.

Demikian Uraian kami tentang Daun Kepel Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Baca Juga :  Pohon Terong : Sejarah, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Cara Budidayanya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5