Daun Kenikir : Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Budidayanya

4 min read

Daun Kenikir : Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Budidayanya
0
()

Daun Kenikir : Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Budidayanya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Daun Kenikir .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Daun Kenikir : Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Budidayanya


Kenikir ataupun kerap diucap pula dengan nama ulam raja ini ialah tipe tanaman yang hidup di wilayah tropis.

Tumbuhan kenikir ini berasal dari Amerika Latin serta Amerika Tengah hendak namun kenikir lebih gampang ditemui di Florida, Amerika Serikat serta di Indonesia ataupun negara- negara di Asia Tenggara yang lain.

Pada awal mulanya tumbuhan kenikir ini dapat hingga ke Asia Tenggara sebab persebarannya yang berawal lewat Filipina oleh orang- orang Spanyol. Kenikir merupakan tipe tanaman yang berasal dari anggota asteraceae.

Tanaman ini pula mempunyai corak bunga kuning serta ungu. Umumnya definisi bunga corak ungu dijadikan sayur- mayur salad serta sangat terkenal dimakan mentah bersama nasi ataupun dicacah dengan tempoyak, cincalok, serta sambal terasi.

Kenikir semacam yang telah dipaparkan diatas kalau persebarannya hingga di daerah Amerika yang mana negeri tersebut mempunyai temperatur panas.

Daun kenikir yang masih muda serta pucuknya bisa digunakan buat sayur- mayur, dimakan mentah- mentah serta direbus lalap. Warga Jawa telah biasa memakai bagaikan salah satu aksesoris pecel.

Sayur- mayur ini bisa ditemui di pasar- pasar. Tanaman ini bisa digunakan buat penyedap serta memicu nafsu makan.Kenikir bisa mengusir serangga dengan menanam kenikir di antara tanaman tersebut, serta alang- alang.

Tanaman ini bisa diperbanyak dengan biji, tetapi sayang sekali tanaman ini pada masa hujan gampang diserbu hama jamur.Kenikir merupakan tanaman tahunan yang berbatang pipa dengan garis- garis yang membujur.

Tingginya bisa menggapai 1 meter serta daunnya bertangkai panjang serta duduk daunnya berhadapan, sehingga dibagi menyirip jadi 2- 3 tangkai.

Baunya semacam damar apabila diremas. Bunganya tersusun pada bongkol yang banyak ada di ujung batang serta pada ketiak daun- daun paling atas, bercorak merah berbintik- bintik kuning di tengah- tengahnya, serta bijinya berupa paruh.

Baca Juga :  Inilah Daun Tespong : Lalapan Kaya Nutrisi Kesehatan, Salah Satunya Penetral Racun

Dengan demikian dapat kita simpulkan bila kenikir cenderung berkembang di hawa yang panas ataupun tropis serta tidak begitu lembab.

Daerah Indonesia yang pada biasanya mempunyai tanah berpasir, produktif, tanah terbuka serta penyinaran matahari yang penuh, hingga tumbuhan kenikir pertumbuhannya sangat baik di negeri Indonesia.

Dari bermacam wilayah yang terdapat di Indonesia hingga tipe kenikir ini lebih banyak ditanam di Jawa dengan dataran yang rendah sampai pegunungan.

Kenikir umumnya dapat ditanam di dekat rumah serta dijadikan bagaikan salah satu tipe tumbuhan hias.

Pucuk daun kenikir yang masih muda pula dapat dimanfaatkan buat sayur- mayur, dimakan mentah- mentah bagaikan lalap mapun direbus. Orang- orang Jawa umumnya memakai kenikir ini buat aksesoris santapan pecel.


Klasifikasi Kenikir

Tumbuhan kenikir mempunyai klasifikasi ilmiah dalam sistem tanaman yang dijabarkan bagaikan berikut:

  • Kingdom;Plantae
  • Divisi;Spermatophyta
  • Kelas;Magnoliopsida
  • Ordo;Fabales
  • Famili;Asteraceae
  • Genus;Cosmos
  • Spesies;Cosmos caudatus

Karakteristik Morfologi Kenikir

Ciri morfologi tumbuhan kenikir tersebut dipaparkan bagaikan berikut:

  • Akar

Pangkal pada tumbuhan kenikir ialah tipe pangkal tunggang serta bercorak putih. Tidak hanya itu pada tumbuhan ini pula terdapat pangkal cabang yang berkembang tegak luas pada pangkal tunggang tersebut.

Umumnya makna pangkal cabang hendak terdapat yang mati serta terdapat pula yang jadi pangkal permanen dan berperan buat meresap air serta faktor hara dari tanah.

  • Batang

Batang tumbuhan kenikir merupakan tipe batang berkayu serta berupa segi 4.Batang umumnya berkembang tegak, beralur membujur, serta mempunyai cabang yang banyak.

Besar batang ialah dapat sekitar 1 hingga dengan 3 meter bergantung dari wilayah serta keadaan area.

Umumnya bagian dasar batang ialah tempat menempelnya perakaran tumbuhan serta dibagian ini mempunyai corak coklat.

Sebaliknya bagian atas batang rupanya merupakan hijau serta dijadikan bagaikan tempat menempelnya daun.

  • Daun

Morfologi daun pada tumbuhan ini posisinya ialah berpasangan, bersilang, dan berhadapan. Tidak hanya itu daun memiliki watak yang menyirip, ujungnya runcing, serta dibagian tepi rata.

Panjang daun pada tumbuhan kenikir ini ialah dapat menggapai 15 hingga dengan 20 centimeter dengan corak hijau pada daun muda serta hijau tua pada daun yang berusia tua.

  • Bunga

Bunga tumbuhan kenikir merupakan tipe bunga majemuk yang berupa bongkol serta posisinya di ujung batang. Bunga mempunyai tangkai dengan dimensi dekat 25 centimeter.

Corak bunga pada tumbuhan kenikir ialah kuning serta mahkotanya terdiri atas 8 helaian. Tidak hanya itu benang sari memiliki wujud semacam dengan kepala sari yang rupanya coklat kehitaman.

  • Biji

Bagian biji kenikir berupa duri, terbungkus kulit biji yang keras bercorak coklat, ujung berambut. Biji pula ialah perlengkapan perbanyakan. Biji berdimensi kecil dengan panjang 1 centimeter( Hakim, 2015).

Baca Juga :  Panduan Mudah Cara Membuat Bonsai Kedondong Di Rumah

Jenis Jenis Kenikir

Tumbuhan kenikir mempunyai sebagian tipe antara lain ialah bagaikan berikut:

  • Cosmos Caudate.

Tanaman ini diucap bagaikan tumbuhan tahunan herbaceous ataupun tumbuhan tahunan yang umumnya bisa berkembang dengan ketinggian yang menggapai 30 centimeter sampai 2 m.

Daun tipe kenikir ini sangat simpel serta corak bunganya begitu bermacam- macam ialah mulai dari corak merah muda cerah, kuning sampai putih.

  • Cosmos bipinnatus.

Kenikir tipe ini sangat populer di Eropa serta umumnya dijadikan tumbuhan hias serta banyak dibudidayaka di negeri tersebut apalagi bibitnya juga telah banyak dijual di toko bunga ataupun supermarket se Austria.

  • Cosmos sulfureus.

Tanaman kenikir merupakan tipe kenikir yang dijadikan bagaikan tumbuhan hias, sehingga banyak ditemui disekitar pekarangan rumah. Tumbuhan kenikir tipe ini mmiliki bunga yang bercorak kuning terang.


Manfaat Kenikir

Tumbuhan kenikir memiliki sebagian khasiat buat kesehatan badan yang bisa jadi tidak sering dikenal banyak orang. Berikut dibawah ini merupakan khasiat dari tumbuhan tersebut ialah:

  • Merendahkan tekanan darah

Daun kenikir ialah tipe tanaman yang memiliki dampak diuretik serta biasa digunakan buat merendahkan tekanan darah.

Tumbuhan kenikir ini daunnya mempunyai dampak kerja semacam dengan obat antihipertensi kalangan ACE- inhibitor.

Oleh sebab itu untuk seorang yang mau merendahkan tekanan darahnya dapat komsumsi daun kenikir ini, terlebih lagi daun ini sangat gampang buat didapatkan jadi terus menjadi gampang buat disantap.

  • Menghindari osteoporosis

Isi antioksidan yang besar serta kalsium yang ada pada tumbuhan kenikir efektif buat menghindari osteoporosis.

Daun kenikir ini memiliki pengaruh yang baik buat memicu pembuatan tulang, tingkatkan kekuatan tulang, serta dikira dapat menghindari tulang keropos ataupun osteoporosis.

Buat itu untuk seorang yang komsumsi daun kenikir ini tidak hendak terdapat dampak yang kurang baik. Malah daun kenikir hendak berikan banyak khasiat buat melindungi kesehatan badan.

  • Menghindari perkembangan sel kanker

Isi antioksidan yang besar pada ekstrak daun kenikir nyatanya dapat digunakan buat membatasi perkembangan sel kanker.

Oleh sebab itu kenikir ini sangat baik buat disantap, tidak hanya itu khasiat lain yang dapat diperoleh kala kita komsumsi kenikir ialah dapat menghindari kehancuran sel serta menghindari penyakit jantung.

Baca Juga :  15 Manfaat Sarang Semut Bagi Kesehatan, dari Obati Rematik Hingga Kanker

Metode Budidaya Kenikir

Tumbuhan kenikir dapat dibudidayakan lewat langkah- langkah berikut dibawah ini:

  • Persiapan bibit

Bibit tumbuhan kenikir dapat diperoleh dari biji tanamannya secara langsung. Benih kenikir ini hendak disemai dengan memakai media semai berbentuk kompos serta tanah dengan perbandingan 1: 1.

Pembibitan dicoba sepanjang kurang lebih 3– 4 minggu hingga keadaan tumbuhan betul- betul siap buat dipindahkan ke lahan tanam.

Pada dikala pembibitan pengawasan sangat di perlukan, sebab bila bibit yang hendak ditanam rusak hingga dapat pengaruhi proses perkembangan dari tumbuhan kenikir itu sendiri.

Upayakan sepanjang pembibitan tanah jangan sangat lembab serta jangan sangat kering pula.

  • Penanaman

Sesi berikutnya ialah penanaman, dimana bibit yang telah berumur dekat 3– 4 minggu ditanam dilahan dengan jarak yang telah didetetapkan.

Jarak tanam umumnya berbeda- beda ialah terdapat yang 50 centimeter× 10 centimeter, 50 centimeter× 13, 3 centimeter, 50 centimeter× 20 centimeter, serta 50 centimeter× 40 centimeter.

Saat sebelum penanaman dicoba hingga bagikan pupuk terlebih dulu ke tanah dengan tipe pupuk yang mempunyai kandugan pupuk NPK.

Daun Kenikir : Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Budidayanya

  • Pemeliharaan

Aktivitas pemeliharaan wajib dicoba sepanjang tumbuhan kenikir itu hidup, salah satu antara lain ialah dengan metode bagaikan berkut;

Penyulaman yang dapat dicoba 1 minggu sehabis penanaman.

Pengairan dicoba cocok kebutuhan tumbuhan serta bergantung dari keadaan yang terjalin, apabila tumbuhan sangat kering hingga penyiraman wajib senantiasa dicoba.

Penyiangan umumnya dicoba buat melenyapkan gulma yang berkembang di dekat tumbuhan.

  • Pemanenan

Tahapan terakhir dari budidaya tumbuhan kenikir yang sangat ditunggu ialah pemanenan. Panen dapat dicoba pada daun yang telah siap di mengkonsumsi, serta umumnya merupakan tipe daun muda yang hendak dipanen.

Upayakan sepanjang melaksanakan panen tidak mengganggu bagian yang lain supaya kenikir senantiasa dapat berkembang dengan baik.

Demikian Uraian kami tentang Daun Kenikir Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5