Daun Jarak Merah : Mengenal Kandungan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

2 min read

Daun Jarak Merah : Mengenal Kandungan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
0
()

Daun Jarak Merah : Mengenal Kandungan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Daun Jarak Merah.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Daun Jarak Merah : Mengenal Kandungan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Jarak Merah ataupun tumbuhan dengan nama ilmiah Jatropha gossypifolia ini mempunyai banyak sekali nama persamaan kata(sinonim) yang diketahui.

DiantaranyaBellyache Bush, Black Physicnut, Cotton- leaf Physicnut( Inggris), Pinon Negro, Tua- tua( Spanyol), Medicinier Noir, Medicinier Rouge( Prancis), Mamoninha, Peao- roxo( Brazil), Sibidigua( India).

Tumbuhan Jarak Merah sendiri merupakan spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga spurge, Euphorbiaceae. Spesies ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, India, serta kepulauan Karibia.

Di Puerto Rico tumbuhan Jarak Merah dinyatakan gulma beresiko serta terdaftar tumbuhan hama kelas 2, sebaliknya di Australia utara, tercantum Queensland tumbuhan Jarak Merah dinaturalisasi.

Di New Caledonia, Jarak Merah diperkenalkan pada tahun 1903 bagaikan tumbuhan hias.

Ciri ciri Daun muda Jarak Merah lengket serta bercorak ungu tua. Lapisan dedaunnya, cuma terdapat di bagian atas batang, mempunyai bilah 3 lobus, berbulu halus pada margin dan tangkai daun.


Kandungan Daun Jarak Merah

Ekstrak etanol dari jarak merah bisa menyebabkan dampak vaksorelaksan terhadap tikus dalam keadaan wajar.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Matahari dengan Mudah dan Praktis Untuk Pemula

Riset terhadap jatrofenon ialah senyawa yang sukses diisolasi dari pangkal jarak merah menampilkan kegiatan antimikroba terhadap Staphylococcus aureus yang energi kerjanya sebanding dengan Penicilin Gram.

Sebagian senyawa sudah sukses diisolasi dari jarak merah ialah :

alkaloid jatroiden, isogadain, cleomiscosin, propasin, clilatrione, jatrofon, jatrofenon, jatrofolon A- B, fraxetin, cyclogossine A- B serta 18 senyawa ekstrak lipid dari daun.

Di Ghana, rebusan daun digunakan buat penyembuhan lewat mandi. Khasiat yang lain yakni menyembuhkan sakit gigi, pendarahan gusi, melenyapkan rasa perih, serta wasir.

Sebagian kajian farmakologi sudah dicoba terhadap J. gossypifolia di antara lain yakni pengujian ekstrak daun terhadap 10 tipe mikroorganisme di antaranya Candida albicans, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis.


Khasiat dan Manfaat Daun Jarak Merah


  • Menyembuhkan Penyakit Kulit

Penyakit kulit dapat menganggu kegiatan tiap hari serta pula merendahkan penampilan. Penyakit yang melanda permukaan kulit badan ini biasanya akibat kurang baiknya dalam melindungi kebersihan badan.

Triknya, rebus daun jarak merah serta siramkan ke bagian kulit badan yang bermasalah.

  • Mengobati Sembelit

3 lembar daun fresh bilas dengan air mengalir. Kemudian olesi daun jarak merah dengan minyak kelapa murni serta panaskan memakai api kecil sampai daun jarak nampak layu.

Matikan api, kemudian kala masih dalam keadaan hangat hingga lekas balurkan pada perut( yakinkan keadaan daun tidak sangat panas sehingga tidak menyakiti perut).

  • Meredakan Rasa Nyeri

Rebus daun serta balurkan pada bagian badan yang hadapi perih. Demikian pula air rebusannya yang dalam kondisi hangat dapat disiram pada bagian badan yang terasa perih.

  • Mengobati Sakit Gigi

Kamu dapat memakainya dengan menjadikannya obat kumur. Dengan begitu, sakit gigi sembuh. Daun ini pula dapat menghentikan pendarahan pada gusi.

  • Mengobati Patukan Ular serta Sengatan Kalajengking

Khasiatnya dapat menolong mengobati serta mensterilkan patukan ular maupun kalajengking.

  • Meredakan Demam

15 lembar daun cuci sampai bersih, kemudian rebus sampai mendidih. Sehabis itu, manfaatkan air rebusan hangat tersebut buat mandi( diguyurkan ke badan), sehingga bisa meredakan demam.

  • Menyembuhkan Memar

3 lembar daun fresh mencuci sampai bersih. Kemudian tumbuk hingga lembut. Sehabis itu, gabungkan dengan minyak kelapa( seperlunya). Balurkan ke baguan badan yang hadapi memar.

  • Menyembuhkan Masuk Angin

Siapkan 2- 3 lembar daun, kemudian mencuci bersih daun dengan air mengalir. Olesi daun tersebut dengan minyak santapan( minyak goreng). Kemudian panaskan daun dengan api hingga layu.

Baca Juga :  Cara Menanam Pakcoy Hasil Melimpah Untuk Pemula (Sukses)

Tempelkan racikan ke bagian punggung guna menyembuhkan masuk angin.

Daun Jarak Merah : Mengenal Kandungan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

  • Menewaskan Kuman serta Bakteri

Kandungan di dalam daun ini mempunyai watak anti kuman serta anti bakteri. Dimana keberadaan bakteri serta kuman yang meyerang badan menimbulkan munculnya bermacam berbagai penyakit untuk badan.

Demikian Uraian kami tentang Daun Jarak Merah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5