Daun Aglaonema : Sang Ratu Tanaman Hias Daun, Jenis dan Cara Budidayanya

5 min read

Daun Aglaonema : Sang Ratu Tanaman Hias Daun, Jenis dan Cara Budidayanya
0
()

Daun Aglaonema : Sang Ratu Tanaman Hias Daun, Jenis dan Cara Budidayanya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Daun Aglaonema.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Daun Aglaonema : Sang Ratu Tanaman Hias Daun, Jenis dan Cara Budidayanya


Aglaonema ataupun yang lebih diketahui dengan nama Sri Rezeki serta Chinese Evergreen, ialah tumbuhan hias terkenal, apalagi mempunyai istilah “ ratu tumbuhan hias”.

Popularitasnya apalagi membuat ilmuwan botani lakukan pengembangan Aglaonema hibrida yang menjadikannya mempunyai tampilan yang lebih menarik,dari corak, wujud, dan daun yang berbeda dari tumbuhan aslinya.

Aglaonema merupakan tipe tumbuhan hias daun yang lumayan terkenal. Tumbuhan hias ini sanggup menarik atensi pecinta tumbuhan hias lantaran kecantikan wujud serta rupanya yang eksotis serta memanjakan mata.

Tidak heran jika aglaonema jadi primadona pecinta tumbuhan hias serta menemukan julukan“ ratu tumbuhan hias daun”.

Tumbuhan hias yang mempunyai habitat asli hutan hujan tropis ini sesuai buat dikembang biakan di kawasan Asia.

Aglaonema berkembang baik pada kelembapan ruang yang besar dan keseriusan penyinaran matahari yang rendah.


Tipe Tumbuhan Hias Daun Aglaonema

Sebagai tumbuhan yang kokoh serta sangat gampang buat dirawat, membuat Aglaonema jadi primadona di pasaran.

Tipe tumbuhan aglaonema yang tersebar di segala dunia sangat banyak. Kali ini kita hendak membahas sebagian saja, spesialnya yang tersebar di Nusantara. Berikut sebagian tipe aglaonema yang tersebar di Indonesia:

Berikut jenis- jenis tumbuhan hias aglaonema yang terkenal di Indonesia:

  • Aglaonema Pride Of Sumatera

Aglaonema Pride of sumatera ialah awal generasi aglaonema bercorak merah,di release pada tahun 1993. Sampai saat ini harga Pride of Sumatera masih lumayan mahal serta dicari meski keberadaan di pasaran .

Secara totalitas, sosoknya kuat serta wujud daunnya elips memanjang, tangkai daunnya bercorak pink. Bintik daunnya bercorak hijau hitam, merah, serta pink dengan tulang daunnya merah menyala.

  • Aglaonema Adelia

Dibanding dengan aglaonema Pride of Sumatera, urat- urat Adelia tidak begitu nampak merah. Kecuali pada tulang daun utama( bagian tengah) yang merah menyala dengan sedikit campuran corak pink.

Tulang daunnya bercorak pink. Sebaliknya bercaknya lebih didominasi dengan corak hijau tua dengan taburan pink.

Baca Juga :  Morfologi dan Cara Menanam Daun Suji Yang Baik dan Benar

Bintik pink menyeluruh di segala permukaan daun. Bagian tengah bintik pinknya lebih rapat. Aglaonema Adelia di release tahun 2000- an.

  • Aglaonema Widuri

Secara totalitas, helaian daunnya kekuningan sebab bintik hijaunya sedikit. Terdapat pula yang spot hijaunya lebar- lebar serta didominasi dengan corak pink.

Bila dicermati, bagian tulang daun utama terlihat merah menyala. Wujud daun oval serta permukaan daun agak cekung. Anakannya banyak sehingga gampang dibiakkan. Aglaonema Widuri di release tahun 2000.

  • Aglaonema Tiara

Aglaonema Tiara memanglah lumayan populer sebab kerap memenangkan ajang lomba pameran kembang skala nasional.

Aglaonema Tiara pertumbuhannya terkategori kilat serta gampang bertunas, antara indukan serta anakan membentuk posisi yang apik serta arah pertumbuhannya yang tertib.

Tidak hanya itu corak daunnya menyeluruh, sport merahnya menyala serta kecil- kecil. Spot hijaunya pula kecil- kecil serta menyeluruh.

Aglaonema tiara sampai saat ini masih terkategori tumbuhan yang mahal dengan harga perlembar daun lebih dari 5 ratus ribu.

  • Aglaonema Moonlight

Aglaonema moonlight tercantum aglaonema terbaik nusantara. Tampilannya sangat sempurna, kompak, serta maksimal dengan wujud daun yang membulat, cekung seperti mangkuk, serta coraknya tegas.

Tulang daun bercorak merah memenuhi keindahana aglaonema moonlight.

  • Aglaonema Bidadari

Daun aglaonema bidadari terdiri dari campuran corak kuning, jingga, pink, serta hijau buatnya terlihat berbeda. Tidak heran bila dijuluki‘ bidadari” sebab daunnya yang menawan seperti bidadari.

Tangkai penopang bercorak merah muda serta pada ujungnya berkembang bintik- bintik hijau.

  • Aglaonema Legacy

Aglaonema legacy memiiki daun yang bercorak hijau kekuningan, ada bintik hijau hitam yang tersebar menyeluruh di permukaan daunnya, serta berupa bundar tetapi meruncing pada ujung daunnya.

Yang unik dari aglaonema ini merupakan daunnya dibatasi oleh tulang daun bercorak merah lembut.

  • Aglaonema Lipstik( Siam Aurora)

Tulang serta batang daun dari aglaonema lipstik yang bercorak merah sanggup mempertegas daunnya yang bercorak hijau mengkilap. Dijuluki“ lipstik” sebab pinggir daunnya bercorak merah seperti lipstik.

  • Aglaonema Dud Anjamani

Aglaonema jenis Dud Anjamani masih ialah tipe aglaonema terfavorit dikala ini. Namanya mempunyai makna permata serta membuat orang takjub dikala melihatnya sebab unik.

Keunikannya terletak pada daunnya yang berupa agak bundar serta bercorak merah mengkilap dengan tulang daun hijau, menjadikannya indah ditatap.

  • Aglaonema Lady Valentine

Aglaonema jenis Lady Valentine mempunyai daun yang nampak agak bergelombang serta berupa bundar telur.

Karakteristik khasnya terletak pada daunnya yang bercorak pink merona diiringi bercak- bercak pada tepi serta pusat daunnya.

  • Aglaonema Red Kochin

Aglaonema jenis red kochin ataupun cochin ialah tipe aglaonema bercorak lebih merah dengan sentuhan hijau di tepi daunnya. Tangkainya panjang sehingga nampak menjuntai.

  • Aglaonema Red Ruby

Perpaduan corak merah ruby serta sedikit hijau menjadikannya sempurna bagaikan aksen riasan rumah. Tumbuhan yang berusia panjang ini hendak terus mempertahankan kesegaran daunnya sepanjang bertahun- tahun.

Hingga dari itu, mengenali metode budidaya bunga aglaonema pastinya hendak sangat menguntungkan semacam penafsiran serta guna budidaya tumbuhan hias.


Metode Penanaman Aglaonema

Bagaikan salah satu metode menjaga bunga aglaonema merupakan metode penanaman bunga itu sendiri. Ada 4 tata cara berbeda yang bisa dicoba buat mengawali proses penanaman bunga aglaonema ini, ialah bagaikan berikut:

  • Lewat Biji

Penanaman lewat biji ialah proses penanaman secara generative ataupun kawin. Biar bisa menanam bunga ini dari biji, hendaknya seleksi biji yang berasal dari induk yang telah berusia ataupun lumayan tua.

Baca Juga :  Kambing Jawa Randu : Ciri, Karakteristik dan Cara Budidayanya

Saat sebelum ditanam, biji hendaknya direndam dekat 2 ataupun 3 jam biar bisa memesatkan timbulnya kecambah.

  • Lewat Stek

Menanam tumbuhan ini lewat metode stek ialah salah satu proses penanaman vegetative ataupun tidak kawin. Triknya cuma dengan menanam pucuk indukan aglaonema.

Hendaknya memilih indukan yang mempunyai batang yang kuat serta mempunyai minimun 4 daun yang tersisa sehabis pucuknya diambil. Perihal ini dicoba biar tumbuhan indukan senantiasa hidup sehabis dipotong pucuknya.

Sehabis diseleksi indukannya, potong pucuknya lebih kurang 6 sampai 7 ruas daun. Tanam pucuk pada media tanam serta letakkan di tempat teduh.

Menanam tumbuhan ini dengan metode stek mempunyai kelemahan, ialah merupakan indukannya yang diambil pucuknya hendak berkembang bercabang nantinya.

  • Lewat Cangkok

Menanam aglaonema lewat cangkok bukanlah sangat susah, namun membutuhkan ketelitian serta bila sukses, tumbuhan hendak bertumbuh secara kilat.

Namun bila tidak sukses, indukan yang dicangkok hendak hadapi pembusukan batang. Metode penanaman tumbuhan dengan cangkok berawal dari pemilihan indukan.

Identitas tumbuhan yang siap dijadikan indukan buat cangkok merupakan mempunyai batang yang kuat serta bercorak cokelat. Indukan dengan karakteristik ini biasanya telah gugur ataupun mudah gugur kala dijamah.

Kala telah menciptakan batang yang sesuai, kelupas sedikit batang tumbuhan sampai nampak bagian dalam batangnya yang putih serta liat.

Kemudian, lapisi bagian ini dengan campuran tanah sekam, pasir malang, humus kalian, serta pakis dengan perbandingan 1: 5: 2: 2, kemudian bungkus bagian tersebut dengan plastik.

Sehabis terbungkus dengan baik serta rapat, beri lubang- lubang kecil pada plastik biar terdapatnya perputaran hawa sekalian bagaikan lubang pengakaran.

Kemudian, semprot plastic pembungkus sebanyak 2 kali dalam satu hari serta tumbuhan baru hendak siap dalam 3– 4 minggu. Ayo ikuti pula metode pemupukan mangga dalam pot.

  • Lewat Pembelahan Anakan

Metode menanam dengan tata cara pembelahan anakan bisa dicoba dengan memotong pangkal sambung antara indukan serta anakan.

Anakan yang dipisahkan merupakan anakan yang sudah mempunyai daun mekar serta telah tidak tergulung.

Namun, saat sebelum memotong pangkal sambungan, yakinkan kalau indukan mempunyai pangkal yang kokoh. Karakteristik pangkal indukan yang kokoh diisyarati dengan corak yang putih serta gendut.

Biar proses tumbuhnya tunas lebih kilat sehabis melaksanakan pembelahan anakan, potong pucuk indukan sampai tersisa satu daun saja. Metode ini sangat berperan buat memicu tumbuhan biar membentuk tunas baru.

Serta biar tumbuhan indukan senantiasa terpelihara, dianjurkan buat mengoles cairan antiseptik spesial tumbuhan pada bagian yang telah dipotong serta padatkan pada wilayah dekat pangkal tumbuhan induk.


Metode Perawatan Aglaonema

Sehabis mengenali metode menanam aglaonema, berikutnya merupakan metode menjaga bunga aglaonema bagaikan berikut:

  • Perhatikan Media Tanam

Terdapat sebagian tipe media tanam yang bisa digunakan buat mendukung perkembangan tumbuhan ini:

    • Sekam Bakar: mempunyai energi tahan lama serta bertabiat steril, tetapi energi serapnya kurang baik.
    • Pakis: mempunyai sistem drainase, energi serap air, serta energi tahan yang bagus buat pertumbuhan pangkal.
    • Pasir Malang: menghindari media yang sangat basah ataupun terbentuknya genangan air
    • Cocopeat: hasil olahan sabut kelapa yang bisa menahan air

  • Penyiraman Tanaman

Penanaman tumbuhan aglaonema wajib disesuaikan dengan keadaan area serta keadaan media tanam itu sendiri. Penyiraman umumnya dicoba dengan metode membiasakan dengan jumlah air serta media tanam.

Baca Juga :  Cara Menanam Timun : Metode, Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Panen

Penyiraman pula hendaknya memakai air bersih tanpa memiliki zat beresiko semacam kaporit. Hendak lebih baik bila pakai air sumur daripada air PDAM sebab memiliki kaporit.

Lama- kelamaan bila disiram dengan air kaporit, bisa pengaruhi tingkatan kecerahan tumbuhan. Ayo ikuti pula metode menjaga tumbuhan kentang di masa hujan.

  • Pemupukan

Pemberian pupuk pula ialah aktivitas yang berarti biar tumbuhan tumbuh pesat. Bagikan pupuk sebanyak sekali dalam 2 minggu secara teratur yang nantinya hendak mendukung perkembangan tumbuhan ini.

Pupuk yang biasa digunakan ialah pupuk NPK, Gandasil D, Vitabloom, Hyponex, serta Growmore semacam metode mengawetkan bunga mawar supaya tidak layu.

Daun Aglaonema : Sang Ratu Tanaman Hias Daun, Jenis dan Cara Budidayanya

  • Perhatikan Penyakit serta Hama

Penyakit serta hama merupakan perihal berarti yang wajib dicermati sebab bisa mengusik perkembangan tumbuhan.

Penyakit universal yang kerap melanda tumbuhan ini merupakan jamur fusarium. Gunakanlah fungisida buat memberantas jamur ini semacam metode menjaga semangka di masa hujan.

Namun jangan sangat banyak memakai zat kimia sebab terdapatnya akibat pemakaian pestisida serta herbisida yang kelewatan untuk tanah.

Sebaliknya hama yang kerap melanda tumbuhan merupakan ulat. Metode mengatasinya dengan menyingkirkannya secara manual dari batangnya.

Pakai air sabun bila mau menanggulangi hama semacam kutu kebul namun jangan sangat pekat dalam pembuatan air sabunnya.

  • Perawatan Masa Kemarau

Masa kemarau ialah masa yang beresiko untuk tumbuhan ini serta memerlukan perawatan istimewa supaya daun senantiasa indah.

Sebab terbentuknya pergantian temperatur yang ekstrem pada masa kemarau, daun tumbuhan ini cenderung gugur. Perihal berarti buat menghindari perihal ini merupakan dengan melindungi kelembaban media tanam.

  • Melindungi Kilauan Daun

Buat melindungi kilauan daun dari tumbuhan ini lumayan gampang, ialah dengan memakai susu, ampas kelapa, serta air.

Kombinasi seluruh bahan tersebut bisa digunakan dengan mengenakan spon yang halus kemudian diaplikasikan pada daun.

Metode ini terbilang efisien serta gampang buat dicoba dalam melindungi kilauan daun tumbuhan aglaonema.

Demikian Uraian kami tentang Daun Aglaonema Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read