Inilah Cara Perkembangbiakan Bunga Matahari dan Jenisnya

3 min read

Inilah Cara Perkembangbiakan Bunga Matahari dan Jenisnya
0
()

Inilah Cara Perkembangbiakan Bunga Matahari dan Jenisnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Perkembangbiakan Bunga Matahari.

Dan menerangkan tentang Sejarah dan Cirinya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Inilah Cara Perkembangbiakan Bunga Matahari dan Jenisnya


Bunga matahari( Helianthus annuus L.) ialah tanaman semusim dari suku kenikir- kenikiran( Asteraceae) yang terkenal, baik bagaikan tumbuhan hias ataupun tumbuhan penghasil minyak.

Bunga tanaman ini sangat khas: besar, umumnya bercorak kuning cerah, dengan kepala bunga yang besar( diameter dapat menggapai 30cm).

Bunga ini sesungguhnya merupakan bunga majemuk, tersusun dari ratusan sampai ribuan bunga kecil pada satu bongkol.

Bunga matahari pula mempunyai sikap khas, ialah bunganya senantiasa menghadap ke arah matahari ataupun heliotropisme.

Orang Perancis menyebutnya tournesol ataupun“ pengelana matahari”. Tetapi demikian, watak ini disingkirkan pada bermacam kultivar baru buat penciptaan minyak sebab memakan banyak tenaga serta kurangi hasil.

Bunga matahari ialah bunga nasional RRC serta bunga formal negeri bagian Kansas, Amerika Serikat.


Sejarah Bunga Matahari

Tanaman ini sudah dibudidayakan oleh orang- orang Indian Amerika Utara semenjak ribuan tahun kemudian. Berikutnya tersebar ke Amerika Selatan serta jadi salah satu sumber pangan untuk masyarakat Inka.

Sehabis penaklukan oleh orang Eropa, bunga matahari diperkenalkan ke Eropa serta bermacam penjuru dunia yang lain pada abad ke- 16.

Sejak abad ke- 17 bijinya digunakan dalam kombinasi roti ataupun diolah bagaikan pengganti kopi dan cokelat. Penggunaannya bagaikan sumber minyak mulai dirintis pada abad ke- 19.

Baca Juga :  Tanaman Sorgum : Mengenal Manfaat dan Cara Budidayanya Sebagai Alternatif Pengganti Padi

Metode Berkembangbiak Bunga Matahari

Tanaman terna semusim yang berasal dari Amerika Tropik bagian utara Meksiko, besar 3m hingga 5m bergantung varietasnya. Daun tunggal lebar. Batang umumnya ditumbuhi rambut agresif, tegak, tidak sering bercabang.

Bunga tersusun majemuk. Ada 2 jenis bunga: bunga tepi ataupun bunga lidah yang bawa satu kelopak besar bercorak kuning terang serta steril, serta bunga tabung yang fertil serta menciptakan biji.

Bunga tabung ini jumlahnya dapat menggapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka( silang) serta dibantu oleh serangga.

Pada hari yang terang, tandan bunga majemuk menjajaki pergerakan setiap hari matahari( asal nama tanaman ini), yang gejalanya diucap heliotropisme.

Tanaman menemukan keuntungan 10% lebih fotosintesis sebab pergerakan ini.Bijinya bertipe“ achane”. Pada jenis ini, buah serta biji tidak bisa dengan gampang dibedakan.


Kelompok Budidaya Bunga Matahari

Terdapat 4 kelompok budidaya untuk bunga matahari yang dibedakan bersumber pada khasiatnya. Kultivar yang dirakit umumnya ditunjukan pada salah satu khasiat tertentu saja.

  • Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini mempunyai cangkang biji yang tipis. Isi minyaknya berkisar 48% sampai 52%.Buat menciptakan satu liter minyak dibutuhkan biji dari kira- kira 60 tandan bunga majemuk.
  • Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya bagaikan pakan ataupun pupuk hijau.
  • Kelompok tumbuhan hias, yang mempunyai corak kelopak yang bermacam- macam serta mempunyai banyak cabang berbunga,
  • Kelompok kuaci, buat dipanen bijinya bagaikan bahan pangan.

Bunga Matahari dalam Bahasa Latin( Helianthus Annuus L) ialah Salah satu Tipe Bunga yang berkembang mekar dalam satu tahun sekali( Musiman).

Bunga Matahari ini ialah Tanaman Bunga yang berasal dari Negeri Meksiko, Negeri Peru, Negeri Amerika Serikat, serta menyebar luas keseluruh Dunia.

Bunga Matahari ini mempunyai istilah nama yang berbeda- beda dari tiap Negeri, ialah: Negeri Inggris( Sun Flower), Negeri Filiphina( Mirasol), Negeri Jepang( Himawari), Negeri Cina( Xuang Ri Kui), Negeri Indonesia( Bunga Matahari).

Baca Juga :  10 Manfaat Daun Basil Untuk Kesehatan Yang Penting, Salah Satunya Pereda Stress

Sebagian Besar Ilmuwan Hayati bersumber pada penelitiannya, Bunga Matahari ini bisa di Klasifikasikan serta di Morfologikan bagaikan berikut:


Klasifikasi Bunga Matahari

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnolipyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Asterales
  • Famili: Astereceae
  • Genus: Helianthus
  • Spesies: Helianthus Annus L( Neti, 20013: 61, Cronquist, 1981: 1025– 1026)

Morfologi Bunga Matahari

Tumbuhan Bunga Matahari bisa tumbuh berkembang besar menggapai( 1m- 2 meter) dengan batang yang berbulu halus, berupa bundar, tebal serta kokoh dan berkembang ke atas tegak membengkok menuju ke Cahaya Matahari.

Biji pada Bunga Matahari ini mempunyai kulit keras bagian luar berupa pipih memanjang dengan mempunyai corak keabuan dan kehitaman.

Tumbuhan Bunga Matahari ini tercantum Bunga Majemuk yang mempunyai puluhan Kelopak Bunga Besar serta berupa pita bercorak kuning cerah serta tersusun dari ribuan kelopak bunga kecil dalam satu bonggol bunga.

Bunga Matahari ini mempunyai karakteristik khas yang sangat berbeda dari Tipe Bunga yang lain, ialah Bunga Matahari berkembang tumbuh menuju ke Sinar Matahari.

Pada daun Bunga Matahari berupa tunggal, lebar, serta bertangkai panjang dan mempunyai Bunga yang silih berhadapan.

Pada Pangkal Bunga Matahari ini sangat halus, rimbun, mendatar serta bisa menggapai( 3m– 4m) dan mempunyai perakaran yang kokoh, sehingga pangkal tersebut bisa menembus ke dalam tanah.


Ciri Bunga Matahari

Berikut ini merupakan identitas Bunga Matahari yang menjadikan tumbuhan bunga ini nampak lebih unik daripada tumbuhan bunga yang lain:

  • Batang Bunga Matahari mempunyai besar 3m– 5 meter bergantung pada varietasnya.
  • Pada Daun Bunga Matahari mempunyai wujud Daun Tunggal Lebar.
  • Pada Batang Bunga Matahari ditumbuhi dengan Rambut Agresif, Tegak
  • Condong ke Arah Cahaya Matahari, Tidak sering Bercabang.
  • Pada Bunga Matahari mempunyai ribuan Kelopak Kecil tersusun majemuk.

Pada Bunga Matahari ada 2 jenis bunga, ialah:

  • Bunga Tepi ataupun Bunga Lidah yang bawa satu kelopak besar bercorak kuning terang dan
  • Bunga Tabung yang Fertil dalam jumlah 2000 kuntum dalam satu bonggol dan menciptakan Biji.
Baca Juga :  15 Manfaat Sarang Semut Bagi Kesehatan, dari Obati Rematik Hingga Kanker

Pada Fotosintesis Bunga Matahari dengan menempuh sistem penyerbukan terbuka( silang) yang dibantu oleh serangga.

Pada Bunga Matahari tandan bunga majemuk menjajaki pergerakan sinar matahari pada hari yang terang diucap dengan Heliotropisme.Tumbuhan Bunga Matahari memperoleh keuntungan 10% lebih dari proses fotosintesis.

Pada Tumbuhan Bunga Matahari menciptakan buah yang bertipe Buah Tempurung“ Achene”.Tumbuhan Bunga Matahari ini tercantum kedalam tipe Tanaman Dikotil


Habitat Tumbuhan Bunga Matahari

Dalam perkembangan Tumbuhan Bunga matahari ini sangat menggemari tanah yang produktif serta hangat( Berhumus) dalam atmosfer yang sangat terang.

Bunga Matahari ini sangat sesuai tumbuh pada Wilayah dengan Hawa Subtropis.Namun Bunga Matahari bisa pula tumbuh pada Wilayah dengan Hawa Tropis, dengan menanam pada Dataran Besar.

Sedangkan itu, pada Wilayah dengan Hawa Lagi semacam di Eropa, tumbuhan ini cuma dapat ditanam serta tumbuh pada Masa Semi hingga Masa Gugur serta bebas dari embun beku( Frost).

Inilah Cara Perkembangbiakan Bunga Matahari dan Jenisnya


Jenis- Jenis Bunga Matahari

Tumbuhan Bunga Matahari mempunyai jenis- jenis yang lumayan banyak, antara lain bagaikan berikut ini:

  • Bunga Matahari Big Smile
  • Bunga Matahari Autumn Beauty
  • Bunga Matahari Teddy Bear
  • Bunga Matahari Velvet Queen
  • Bunga Matahari Music Box
  • Bunga Matahari Fiesta Del Sol

Demikian Uraian kami tentang Cara Perkembangbiakan Bunga Matahari Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5