Cara Pemijahan Ikan Nila dan Pemeliharaannya Bagi Pemula

2 min read

Cara Pemijahan Ikan Nila dan Pemeliharaannya Bagi Pemula
0
()

Cara Pemijahan Ikan Nila dan Pemeliharaannya Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Pemijahan Ikan Nila.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini


Cara Pemijahan Ikan Nila dan Pemeliharaannya Bagi Pemula


Ikan nila merupakan sejenis ikan mengkonsumsi air tawar. Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969.

saat ini ikan nila jadi peliharaan yang terkenal di kolam- kolam air tawar di Indonesia sekalian jadi hama di tiap sungai serta danau Indonesia.

Nama ilmiahnya merupakan Oreochromis niloticus, serta dalam bahasa Inggris diketahui bagaikan Nile Tilapia.


Metode Pemeliharaan Ikan Nila

Ikan peliharaan yang berdimensi lagi, panjang total( moncong sampai ujung ekor) menggapai dekat 30 centimeter serta kadangkala terdapat yang lebih serta terdapat yang kurang dari itu.

Sirip punggung( pinnae dorsalis) dengan 16- 17 jarum( tajam) serta 11- 15 jari- jari( jarum lunak); serta sirip dubur( pinnae analis) dengan 3 jarum serta 8- 11 jari- jari.

Usaha pembenihan ikan nila dapat jadi opsi bagaikan bisnis sampingan ataupun bisnis utama.

Ikan nila terkategori sangat produktif sebab frekuensi pemijahan ikan ini lumayan kerap, walaupun sekali memijah jumlah telur yang dihasilkannya sedikit.

Sekali memijah satu ekor ikan nila betina bisa menghasilkan telur sebanyak 300– 100 butir, bergantung pada dimensi badannya. Ikan nila dapat dikawinkan tiap bulan hingga masa produktifnya habis.

Baca Juga :  Kandungan Terong Ungu Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Apalagi ikan nila gampang sekali memijah secara liar dikolam peliharaan. Tetapi pemijahan secara natural sangat susah dalam pengelolaannya.

Sehingga buat melaksanakan usaha pembenihan nila dibutuhkan metode serta pengelolaan spesial supaya usaha pembenihan nila dapat menciptakan keuntungan.


Metode Memilah Indukan Budidaya Ikan Nila

Dalam beternak ikan yang butuh ditekankan merupakan pemilihan induk yang bermutu hendak menciptakan anakan yang bermutu pula.

Inilah yang memastikan prospek usaha dalam beternak ikan. Buat indukan yang baik, hendaknya seleksi induk betina ikan nila yang mempunyai cirri- ciri raga bagaikan berikut:

  • Corak yang keabu- abuan
  • Ujung sirip ekor bercorak keabuan
  • Agak lembek
  • Perutnya lebih besar

Mempunyai corak merah pada lubang saluran telurnya. Induk betina ikan nila mempunyai lubang anus, lubang urogenital, serta lubang genital papilla buat tempat keluarnya telur.

Sebaliknya, buat induk jantan memilih yang mempunyai corak gelap, corak merah terang di zona sirip punggung, corak putih di dagu, dan 2 lubang urogenital ialah anus serta lubang kedua yang mempunyai guna buat menghasilkan kemih serta mani dengan wujud lebih meruncing ataupun menonjol.

Hendaknya pula seleksi indukan betina yang mempunyai dimensi 100 gr ke atas serta induk jantannya dekat 120- 180 gr dengan usia 4- 5 bulan.


Metode Pemijahan Ikan Nila

Pemijahan ikan nila terbilang unik. Induk jantan hendak membuat lubang di dasar kolam dengan diameter 3- 5 centimeter yang bermanfaat buat induk betina memijahkan lubang serta setelah itu dibuahi oleh induk jantan.

Sehabis itu, telur- telurnya hendak dierami di dalam mulut ikan sepanjang 3- 5 hari. Ikan nila umumnya memakai pemijahan sistem 2 kolam. Sehingga, kamu tidak butuh memindahkan kanak- kanak ikan tersebut.

Baca Juga :  Cara Menanam Kedelai : Tips Sukses Penanaman, Perawatan dan Panen yang Tepat

Lumayan cuma dengan membagikan pembatas dengan bambu carang biar kanak- kanak ikan yang baru menetas tidak dimakan oleh ikan jantan.

Yang butuh dicermati merupakan perbandingannya. Pada kolam pendederan pakai perbandingan 1: 2 ataupun 1: 4. Kolam perdederannya wajib lebih dalam, dekat 50- 60cm.

Sebaliknya, buat kolam pemijahan sendiri perbandingan induk jantan serta betina merupakan 1: 2; 1: 3, ataupun 1: 4.

Sehabis itu, apabila anakannya telah lumayan besar, pisahkan anakannya di kolam lain supaya dapat tumbuh optimal.

Cara Pemijahan Ikan Nila dan Pemeliharaannya Bagi Pemula

Demikian Uraian kami tentang Cara Pemijahan Ikan Nila– Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5