Cara Merawat Bunga Dahlia Yang Benar dan Giat Berbunga

2 min read

Cara Merawat Bunga Dahlia Yang Benar dan Giat Berbunga
0
()

Cara Merawat Bunga Dahlia Yang Benar dan Giat Berbunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Merawat Bunga Dahlia .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Merawat Bunga Dahlia Yang Benar dan Giat Berbunga


Bunga Dahlia merupakan tumbuhan perdu berumbi yang bertabiat tahunan ataupun perenial, bunga ini berbunga di masa panas sampai masa gugur.

Bunga Dahlia berasal dari Meksiko, sehingga Bunga Dahlia ialah bunga nasional negeri Meksiko.

Ada bermacam tipe bunga dahlia antara lain Hanakerusai Dahlia, Bunga Dahlia Kuning, Hibotan Dahlia, Yukitemari Dahlia, serta masih banyak yang yang lain.

Sebab bunganya yang indah, banyak orang yang berupaya menanam bunga dahlia di pekarangan rumah mereka ataupun diteras rumah mereka buat memperindah tampilan rumah.

Pakar tumbuhan sukses mengembangbiakkan Dahlia yang setelah itu dinamakan Dahlia juarezii. Dahlia juarezii ialah salah satu nenek moyang seluruh bunga Dahlia hibrida( persilangan) yang ada saat ini ini.


Ketentuan Berkembang Bunga Dahlia

Tumbuhan bunga dahlia ini sangat membutuhkan tempat terbuka sebab memerlukan banyak cahaya matahari tanpa terdapat hambatan tertentu.

Tanaman dahlia bisa berkembang di tanah lempung berpasir yang mempunyai isi humus serta mempunyai tata hawa yang sangat baik serta lahan yang gembur dengan pH ataupun derajat keasaman tanah dekat 6, 0- 8, 0.

Tumbuhan dahlia cuma bisa berkembang dengan sangat baik di wilayah daratan besar dengan ketinggian dekat 700- 1. 000 m dpl.

Baca Juga :  Manfaat Daun Alfalfa untuk Kesehatan, Kandungan Senyawa dan Efek Sampingnya

Metode Perawatan Bunga Dahlia

Dalam budidaya bunga dahlia Sepanjang persemaian tumbuhan harap disiram 1× satu hari serta jangan diberi pupuk sebab santapan di media tanam juga telah cukup buat Bunga.


  • Penyiangan

Penyiangan gulma dicoba dengan hati- hati sebab dapat mengganggu bibit yang masih gampang rusak. Tumbuhan di dalam polibag di siram 1 ataupun 2 hari sekali di waktu pagi ataupun sore kecuali apabila cuaca hujan.

Gulma hendak susah berkembang apabila di siangi dengan di cabut ataupun di ambil dengan cangkul kecil buat menghindari hama.

Bunga Dahlia di semprot dengan pestisida antracol 2 minggu sekali pada dikala pergantian masa kemarau ataupun hujan.

Pupuk daun gandasil serta satu gr NPK diberikan seminggu sekali. Penyulaman serta penjarangan dicoba buat perkembangan Bunga yang seragam, perihal ini dapat dicoba dikala Bunga berumur 3 Minggu.

Bibit tidak berkembang sempurna jika pengairan telat dicoba. Penjarangan Bunga harus dicoba supaya diameter Bunga menggapai optimal.

Pada Dahlia kaktus putih hanya satu bunga yang dibiarkan hidup pada satu tangkai. Sebaliknya di tipe Dahlia semi- kaktus ada 5 ataupun 6 Bunga.

Penyiangan dicoba cocok dengan perkembangan gulma pada waktu pemupukan perbumbunan. Penangkalan perkembangan gulma dicoba dengan menghamparkan mulsa organik pada tumbuhan.

Pada dikala Bunga menggapai 1 Meter, Bunga dibumbun serta disangga dengan 2 bambu supaya tidak roboh.


  • Pemupukan

Pemupukan dicoba tiap 10 hari memakai urea, SP- 36 serta KCI tiap- tiap sebanyak 2 Gr ataupun NPK sebanyak 5 Gr.

Pemberian 10 hari sehabis pindah tanam. Pupuk diberikan dalam larikan sepanjang 15 Centimeter dari pangkal batang kemudian tutup pupuk dengan tanah. Pengairan serta penyiraman dicoba cocok perkembangan Bunga.

Di dini perkembangan, di dekat pangkal batang hingga titik terluar tajuk jangan mengering. Apabila butuh siramlah tumbuhan 2- 3 kali satu hari ataupun bergantung cuaca.

Baca Juga :  Budidaya Tanaman Porang : Manfaat, Metode Perkembangbiakan dan Pemanenan

Sehabis itu penyiraman dapat dicoba 5× satu hari. Penyiraman butuh dicoba sehabis pemberian pupuk pada Bunga Dahlia.


  • Penyiraman

Penyiraman dicoba buat melindungi biar tanah tidak kering. Kontrol secara teratur tanah dalam pot, apabila sangat kering sesegera bisa jadi percikan air seperlunya. Sebab apabila media tanam sangat basah hingga bisa menimbulkan pembusukan pada bagian pangkal.


  • Pemupukan Susulan

Sesungguhnya pemupukan ini dicoba cuma apabila tumbuhan kekurangan nutrisi, umumnya apabila memakai media pot pemupukan susulan bisa kamu jalani tiap 1- 2 bulan sekali. Apabila kamu mengalami tumbuhan kurang produktif kamu dapat membagikan pupuk kandang cocok dosis disekitar tumbuhan.

Cara Merawat Bunga Dahlia Yang Benar dan Giat Berbunga


  • Pemangkasan

Pemangkasan berguna buat memicu perkembangan lebih optimal. Pangkas sebagian daun dikala bunga mulai berkembang. Sesi ini bertujuan biar nutrisi terfokus pada perkembangan bunga.

Pemangkasan yang lain buat menghindari serbuan hama menyebar ke bagian lain, potong daun ataupun batang yang tidak produktif guna memicu perkembangan cabang lebih banyak.

Demikian Uraian kami tentang Cara Merawat Bunga Dahlia  – Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5