Cara Merawat Bunga Aster dengan Mengenal Morfologi dan Syarat Tumbuhnya

4 min read

Cara Merawat Bunga Aster dengan Mengenal Morfologi dan Syarat Tumbuhnya
0
()

Cara Merawat Bunga Aster dengan Mengenal Morfologi dan Syarat Tumbuhnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Merawat Bunga Aster .

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Merawat Bunga Aster dengan Mengenal Morfologi dan Syarat Tumbuhnya


Bunga Aster ini ialah bunga yang dikenal berasal dari Cina dengan tingi dekati 30– 79 centimeter.

Bunga ini mulai dibesarkan serta ialah suatu tumbuhan hias sebab memiliki suatu wujud yang sangat mempesona dan tumbuhan ini memiliki bermacam- macam banyak khasiat.

Kata Aster berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti‘ suatu bintang’. Bila Kamu llihat bunga ini memanglah lumayan mirip dengan bintang jika dilihat dari wujudnya.

Bunga ini memiliki wujud yang melingkar semacam bintang serta memiliki dimensi seragam dengan bunga matahari. Tumbuhan bunga Aster ataupun Callistephus chinensis( L.) ini ialah salah satu tipe tumbuhan hias yang memiliki corak yang sangat mempesona.


Klasifikasi serta Morfologi Tumbuhan Bunga Aster

Tumbuhan Bunga Aster( nama Latin: Aster) ialah bunga yang berasal dari negeri Cina, serta besar rata rata bunga ini merupakan 30- 70 centimeter.

Bunga aster ini pula memiliki bermacam berbagai corak semacam halnya putih, biru, ungu, pink.Bunga Aster ini kerap ditemui di daerah Amerika Utara serta Eropa Selatan.

Bunga Aster ini berupa melingkar, ataupun semacam bintang dengan memiliki kelopak dan mahkota bunga yang lumayan sangat banyak.

Bunga Aster ini berasal dari Cina dengan besar tumbuhan rata- rata dekat 30- 70 centimeter.

Wilayah yang sangat sempurna buat bertanam Aster ialah wilayah pegunungan dengan temperatur yang sempurna dekat 20- 24°C, tetapi tidak tertutup mungkin bila pula dapat berkembang di daratan rendah.

Beda halnya dengan penyebutannya yang terdapat di Indonesia, hingga di Eropa Bunga ini lebih diketahui dengan nama Cina Daisy. Perbedaan

nama ataupun dengan julukan ini sesungguhnya tidak memiliki pengaruh yang sangat spesial buat keelokan dan mutu bunga Aster itu sendiri.


  • Klasifikasi

Berikut ini terdapat sebagian klasifikasi tumbuhan Bunga Aster berikut dibawah ini:

    • Kingdom( Kerajaan): Plantae( Tanaman)
    • Luar biasa Divisi: Spermatophyta( Menciptakan Biji)
    • Divisi: Magnoliophya( Tumbuhan Berbunga)
    • Kelas: Dikotil( Berkeping
    • 2) ataupun Magnoliopsida( Tanaman Berbiji Belah)
    • Sub Kelas: Asteridae
    • Ordo: Asteralis
    • Famili: Asteraceae
    • Sub Famili: Asteroideae
    • Genus: Aster L
    • Species: Aster Amellus
Baca Juga :  Daun Dadap : Ciri Morfologi, Kandungan dan Rahasia 10 Manfaat Bagi Kesehatannya

Tumbuhan bunga Aster ini ialah tipe yang sangat gampang buat dikawin silangkan. Oleh sebab itu tidak hendak mengherankan apabila bunga ini memiliki spesies yang lumayan banyak.

Kawin silang ini dapat dicoba oleh orang- orang buat dapat menciptakan bunga dengan tipe yang baru.

Bunga ini mirip dengan bunga kertas, serta daunnya merupakan daun susun dengan corak putih, biru, ungu, dan corak lain dengan bagian tengah bercorak kuning.

Tidak hanya populer dengan rupanya yang indah, Bunga Aster pula digunakan buat membuat obat pengusir nyamuk, obat peradangan, obat batuk, penangkal toksin,serta pula obat kesehatan kulit kepala.


  • Jenis Jenis Bunga Aster

Tumbuhan Bunga Aster pula pula sangat gampang didapat, serta pula banyak tipe jenisnya. Berikut merupakan tipe tipe dari tumbuhan bunga aster:

    • Aster Chinensis jenis Princess: corak bunga merah muda, biru muda, biru tua, kuning muda, serta putih.
    • Aster Chinensis jenis Amerika: corak bunga biru, merah lembayung, merah muda, merah, serta putih.
    • Aster Incisius: corak violet serta kebiruan.

  • Karakteristik Tanaman Bunga Aster

Secara universal tumbuhan ini dapat dipecah jadi 3 tipe ialah garden mum, Aster pot dan Aster kebun. Kesemuanya itu memiliki karakteristik khas tiap- tiap. Berikut ini bermacam karakteristik morfologi tumbuhan bunga aster secara universal.

    • Akar

Bunga Aster ini memiliki pangkal serabut. Nah, buat Kamu yang mau membudidayakan bunga tersebut sangat dianjurkan buat dapat memilah lahan dengan tanah yang lumayan gembur.

    • Struktur Batang

Batang bunga Aster ini memiliki corak hijau dengan wujud yang membulat dan permukaan batang yang agresif. Batang tumbuhan tipe ini mempunyai tekstur lembut serta dapat berkembang dengan tegak.

Bila dibiarkan berkembang terus, hingga lama- kelaman batang dari tumbuhan ini hendak membeku dan berganti corak jadi kecoklatan.

    • Struktur Daun

Bila Kamu amati secara kasat mata, hingga pada bagian tepi daun bunga Aster ini memiliki gerigi serta memiliki celah dengan tulang daun menyirip.

Dengan wujudnya yang lonjong dan ujung daun runcing, daun bunga Aster ini berdimensi panjang dekat 7- 13 centimeter dan lebar dekat 3- 6 centimeter.

    • Bunga

Tumbuhan bunga Aster ini berkembang pada ujung batang dan tersusun pada tangkai yang pendek serta panjang.

Baca Juga :  Cara Menanam Sereh Yang Baik Dan Tepat Di Rumah Hasil Memuaskan

Bunga Aster ini dibedakan jadi 2 tipe ialah, Aster tipe standar yang mana pada satu tangkai ada 1 kuntum bunga dengan dimensi yang besar .

serta Aster tipe spray yang mana pada satu tangkai ada dekat 10 hingga 20 kuntum bunga dengan dimensi yang kecil. Bunga Aster ini berupa semacam cangkir dengan ujung yang nampak meruncing.

    • Buah serta Biji

Bila masih dalam keadaan muda hingga buah Aster ini bewarna putih dan berganti jadi gelap kala telah tua. Wujudnya nampak lonjong, kecil dan ditutupi oleh selaput buah.

Seragam dengan buahnya, hingga biji bunga Aster ini berupa lonjong dan berdimensi sangat kecil.


Metode Perawatan Bunga Aster

Buat memperoleh bunga aster yang baik, hingga diperlukan perawatan yang baik pula. Berikut yakni metode menjaga bunga aster:

  • Siapkan mulsa setebal 4– 5 centimeter, kemudian ditaburi dengan kompos secara tipis. Kombinasi mulsa serta kompos ini kemudian ditaburkan di dekat tumbuhan aster Kamu.
  • Jalani penyiraman secara teratur, jangan hingga tanah jadi kering. Butuh dicermati kalau aster merupakan tipe tumbuhan yang peka terhadap isi air dalam tanah.
  • Bila penyiraman sangat banyak ataupun sangat sedikit, hingga daun yang berkembang hendak gampang meranggas ataupun bunga susah mekar.
  • Ingat lagi semacam pada metode penanaman yang telah dijabarkan di atas, kalau Kamu cuma butuh membahasi media tanam seperlunya.
  • Bila dibutuhkan, pasangkan tonggak kayu dengan membenamkannya pada media tanam tempat bunga aster Kamu terletak, benamkan dekat dengan batang utama.
  • Kemudian, pasangkan tali serta ikat dengan longgar. Tujuannya merupakan membenarkan supaya bunga Aster Kamu berkembang dengan tegak.
  • Potong sedikit ujung batang, dekat 2– 3 centimeter buat memicu perkembangan cabang- cabang baru.
  • Pangkas daun- daun yang telah layu. Jangan sempat menunggu sampai daun membusuk, sebab bisa bawa penyakit pada bunga aster Kamu.
  • Bila bunga aster Kamu tertutup debu ataupun dihinggapi oleh hama serangga, semprot dengan aliran air yang lumayan keras, tetapi jangan sangat keras sampai mengganggu tumbuhan.
  • Bila tumbuhan diserbu oleh hama semacam siput, hingga Kamu bisa memakai metode pengusiran hama ini dengan melilit secara longgar kawat ataupun lempeng tembaga pada bagian tumbuhan aster.

Ketentuan Berkembang Tumbuhan Bunga Aster


  • Iklim

Hawa tropis di Indonesia bisa digunakan buat menanam tumbuhan bunga Aster.

Baca Juga :  Budidaya Rumput Laut : Manfaat, Cara Budidaya, Perawatan dan Pemanenan

Meski di Indonesia kerap hujan, tetapi kamu wajib hati hati, sebab bila tumbuhan aster terserang air hujan, hingga pertumbuhannya tidak hendak maksimal.

  • Suhu

Temperatur ialah perihal yang wajib kamu perhatikan, supaya tumbuhan bunga aster dapat berkembang dengan baik.

Temperatur yang digunakan buat menanam tumbuhan bunga aster merupakan dekat 20- 24 derajat celcius, serta memanglah bunga aster sangat baik ditanam di wilayah dataran yang tinggi.

  • Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat pula jadi salah satu perihal berarti yang bisa membuat tumbuhan bunga aster berkembang dengan baik.

Tumbuhan bunga aster dapat berkembang bila terletak di ketinggian 1. 000 mdpl( m dibawah permukaan laut).

Meski dapat berkembang di ketinggian 1. 000 mdpl, tumbuhan bunga aster pula dapat berkembang saat

terletak kurang dari 1. 000 mdpl, namun hasilnya kurang baik dibandingkan dikala di tanam di ketinggian 1. 000 mdpl.

  • Keseriusan Cahaya

Tumbuhan bunga aster pula membutuhkan sinar matahari supaya dapat berkembang.

Kamu dapat menyimpan bunga aster yang kamu tanam di suatu tempat yang teduh( tidak langusng kena sinar matahari dengan sinar yang sedikit),

serta tumbuhan bunga aster hendak badan dengan maksimal dan rupanya jadi indah.

Tidak hanya itu, siramlah tumbuhan bunga aster dengan air supaya dapat berkembang, tetapi pula jangan sangat kerap. Perihal ini diakibatkan oleh watak bunga aster yang tidak membutuhkan kandungan air yang kelewatan.

Cara Merawat Bunga Aster dengan Mengenal Morfologi dan Syarat Tumbuhnya

  • Media Tanam

Media tanam yang digunakan buat menanam tumbuhan bunga aster merupakan dengan memakai tanah sekam, pupuk kandang dengan perbandingan sama ialah perbandingan 1: 1: 1.

Bila kamu tidak mau repot buat memepersiapkannya, kamu bisa memakai media tanam pupuk kompos ataupun media tanam spesial buat bunga yang bisa di beli toko tani, sehingga bisa langsung di gunakan.

Demikian Uraian kami tentang Cara Merawat Bunga Aster Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5