Cara Mencangkok Pohon Melinjo Sukses Untuk Pemula

2 min read

Cara Mencangkok Pohon Melinjo Sukses Untuk Pemula
0
()

Cara Mencangkok Pohon Melinjo Sukses Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Mencangkok Pohon Melinjo Sukses Untuk Pemula


Melinjo Gnetum gnemon Linn atau dalam bahasa Sunda disebut Tangkil, di Kapuas Hulu, Kalbar dinamai: ‘bidau’ adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae).

Melinjo dikenal pula dengan nama belinjo, mlinjo, tangkil atau bago (bahasa Melayu dan bahasa Tagalog), Khalet (Bahasa Kamboja).Melinjo berasal dari Asia tropik, melanesia, dan Pasifik Barat..

Batangnya kuat serta dapat dimanfaatkan bagaikan bahan bangunan.Daunnya tunggal berupa oval dengan ujung tumpul.

Melinjo tidak menciptakan bunga serta buah sejati sebab bukan tercantum tanaman berbunga.

Yang dikira bagaikan buah sesungguhnya merupakan biji yang terbungkus oleh selapis aril yang berdaging.Tumbuhan melinjo bisa berkembang menggapai 100 tahun lebih

Tiap panen raya sanggup menciptakan melinjo sebanyak 80- 100 Kilogram, Apabila tidak dipangkas dapat menggapai ketinggian 25 meter dari permukaan tanah.

Tumbuhan melinjo bisa diperbanyak dengan metode generatif( biji) ataupun vegetatif( cangkokan, okulasi, penyambungan serta stek).


Morfologi Tanaman Melinjo

Tumbuhan melinjo bisa berkembang pada tanah- tanah liat/ lempung, berpasir serta berkapur, namun tidak tahan terhadap tanah yang tergenang air ataupun yang berkadar asam tinggi

Lahan yang hendak ditanami melinjo wajib terbuka ataupun terserang cahaya matahari, lubang tanam berdimensi 60 X 60 X 75 centimeter, dengan jarak tanam 6- 8 meter.

Baca Juga :  Mengenal Daun Dewandaru : Tumbuhan Pembawa Pesan Dewa Dengan Segudang Manfaatnya

Melinjo bisa ditemui di wilayah yang kering hingga tropis,serta bisa berkembang dari ketinggian 0- 1. 200 meter dpl.Buat berkembang serta tumbuh, melinjo tidak membutuhkan tanah yang bernutrisi besar ataupun hawa spesial.

Melinjo merupakan buah yang dihasilkan dari tumbuhan melinjo. Tumbuhan melinjo tercantum tumbuhan peneduh yang banyak berkembang di Indonesia serta negeri lain di kawasan Asia Tenggara.

Tumbuhan melinjo mempunyai batang besar tegak dengan banyak cabang yang dipadati dengan daun- daun kecil memanjang. Dimensi besar tumbuhan melinjo menggapai 25 m.

Kepribadian daun halus serta mempunyai permukaan yang lembut. Daun muda mempunyai corak hijau muda sedangkan daun yang telah tua dapat bercorak hijau kebiruan.

Buah melinjo berkembang berkelompok pada bagian batang serta cabang- cabang batang. Buah melinjo dibungkus kulit tipis pada bagian luarnya serta kerangka keras pada susunan sehabis kulit tipis.

Buah mentah mempunyai kulit dengan corak hijau. Corak kulit hendak berganti dari hijau, kuning serta merah sehabis matang. Buah yang telah matang dapat jatuh sendiri tanpa butuh dipetik.

Bagian buah melinjo yang dapat dimanfaatkan mulai dari kulit buah buat sayur- mayur serta kemilan dan buah buat dijadikan emping, sayur- mayur serta bermacam produk kemilan lain.

Dimensi biji dapat bermacam- macam mulai dari 1 centimeter sampai 3 centimeter.


Metode Cangkok Tumbuhan Melinjo

Berikut ulasan panduan metode cangkok tumbuhan melinjo yang diajarkan terlebih buat para pendatang baru, ialah:

  • Pemilihan Indukan Bibit

Kenapa wajib memilah tumbuhan indukan? Sebab nantinya bibit yang lahir dari tumbuhan melinjo ini hendak meniru watak indukan.

  • Persiapan Pembibitan

Sehabis mengenali indukan mana yang hendak diseleksi buat di cangkok, hingga berikut hal- hal yang wajib dicoba:

    • Memilih cabang ranting yang panjangnya 10- 15 centimeter dari pangkal. Bukan cabang ranting baru ataupun yang masih kecil.
    • Memilih ranting yang daunnya telah agak tua serta menaruh banyak krolofil ataupun cadangan santapan.
    • Sayat secara miring di bagian nyaris kepangkal cabang yang telah diseleksi tersebut. Upayakan memakai pisau tajam serta bersih buat menjauhi kehancuran serta peradangan cabang oleh mikroba serta perusak lainnyta.
    • Tutup cabang yang telah disayat memakai media tanam serta siram serta tunggu sampai menciptakan pangkal baru.
    • Sehabis pangkal baru berkembang, hingga potong serta tanam di media tanam yang spesial buat pembibitan semacam polybag.
    • Isi polybag dengan kombinasi tanah serta kompos dengan perbandingan 1: 1.
    • Tempatkan di wilayah teduh serta tidak langsung terserang air hujan. Sirami bibit seperlunya, jangan hingga media tanam sangat lembab bila tidak mau hadapi kebusukan.
    • Tanam di lahan yang telah disediakan bila bibit telah menciptakan tunas baru di dalam polybag tersebut.
  • Penanaman Tumbuhan Melinjo

Pastikan tidak terjalin kehancuran akar dikala kamu melaksanakan pembukaan bibit dari dalam polybag penanaman.

Baca Juga :  Cara Merawat Bunga Aster dengan Mengenal Morfologi dan Syarat Tumbuhnya

Metode terbaik merupakan dengan memukul terlebih dulu supaya nantinya media tanam di dalam polybag lebih longgar serta tidak menyakiti bagian pangkal bibit.

Sehabis bibit dipisahkan dari polybag hingga saatnya buat memasukkan kedalam lubang tanam yang tadinya sudah di beri pupuk.

Serta jangan jalani penyiraman sangat banyak sehabis memindahkan bibit ke dalam lahan tanam. Supaya dapat terpelihara serta berkembang dengan baik, hendaknya bibit disangga memakai bambu maupun kayu.

Cara Mencangkok Pohon Melinjo Sukses Untuk Pemula

Demikian Uraian kami tentang Cara Mencangkok Pohon Melinjo Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5