Cara Menanam Terong Mudah dan Hasil Memuaskan Untuk Pemula

4 min read

Cara Menanam Terong Mudah dan Hasil Memuaskan Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Terong Mudah dan Hasil Memuaskan Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Terong.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Terong Mudah dan Hasil Memuaskan Untuk Pemula


Tumbuhan terong( Solanum melongena) ialah tipe sayur- mayur tahunan semusim. Tidak hanya India, Indonesia dipercaya ialah asal tumbuhan terong. T

umbuhan ini banyak ditemukan berkembang liar di hutan- hutan kita. Tetapi, dikala ini terong ditanam meluas diberbagai belahan bumi.

Ada banyak macam terong yang dibudidayakan di Indonesia, mulai dari terong lokal semacam terong gelatik, terong kopek, terong bogor, terong medan sampai terong impor semacam terong Jepang.

Wujud serta corak buah terong lumayan bermacam- macam terdapat yang putih, hijau sampai ungu. Wujudnya juga terdapat yang bundar, lonjong besar, sampai lonjong dengan ujung lancip.

Keadaan tanah sempurna buat budidaya terong merupakan tanah lempung berpasir dengan kisaran pH 6, 5- 7. Terong berproduksi optimal pada kisaran temperatur 22- 30oC.

Tumbuhan ini memerlukan cahaya matahari yang lumayan, oleh sebab itu sesuai ditanam pada masa kemarau. Terong masih satu keluarga dengan cabe, tomat serta kentang.

Hama serta penyakit yang biasa melanda tanaman- tanaman tersebut dapat pula mengusik budidaya terong. Oleh sebab itu dalam melaksanakan rotasi tumbuhan, upayakan tidak dengan tanaman- tanaman tersebut.

Penyemaian benih terong, benih yang baik buat budidaya terong memilki energi berkembang di atas 75%. Dengan benih semacam itu, kebutuhan benih buat satu hektar menggapai 300- 500 gr.


Syarat Tumbuh Terong

Saat sebelum mengawali budidaya tumbuhan terong di dalam polybag, perihal awal yang butuh Kamu tahu serta perhatikan merupakan ketentuan berkembang terong semacam berikut:

  • Pekarangan rumah ataupun lahan ataupun kawasan yang digunakan buat membudidayakan terong dengan polybag wajib mendapatkan cahaya matahari lumayan.
  • Temperatur hawa berkisar antara 22– 30 derajat celcius.
  • Tingkatan keasaman tahah( pH) antara 6, 3– 7, 3.
  • Media penopang tanaman dibuat dari kombinasi tanah, abu sekam, pasir, serta pupuk kandang.
  • Terong hendak bagus pertumbuhannya di dikala masa kemarau dini.
Baca Juga :  Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Untuk Pemula

Metode Menanam Terong

Tadinya kami telah mangulas syarat- syarat berkembang tumbuhan terong diatas, selanjutnya kami hendak mangulas tahap- tahap metode menanam terong dibawah ini:

  • Pemilihan bibit berkualitas

Sesi awal dalam proses metode menanam terong yang awal merupakan pemilihan bibit, dalam proses pemilihan bibit terdapat 2 metode ialah dengan membeli bibit terong yang telah jadi.

ataupun membeli bibit terong bungkusan itu seluruh kembali lagi pada kamu. Dari 2 metode memilah bibit diatas kami hendak mengulasnya dibawah ini.

    • Metode memilah bibit terong belum jadi
      • Seleksi bibit terong yang mempunyai perkembangan seragam
      • Bibit tahan pada berubahan iklim
      • Berikutnya bibit kokoh menerima serbuan dari hama serta penyakit
      • Bibit mempunyai produktivitas kecambah yang kilat dekat 90%
      • Bibit tahan dipindahkan kelokasi lain

Berikutnya kami hendak mangulas metode memilah bibit dengan metode kedua ialah membeli bibit terong yang telah jadi hendak dipaparkan dibawah ini.

    • Metode memilah bibit terong yang telah jadi
      • Awal memilih bibit yang keadaan fisiknya segar
      • Berikutnya memilih bibit yang memiliki daun lebar
      • Terakhir memilih bibit terong yang unggulan
  • Proses penyemaian

Sesi berikunya adala penyemaian, dalam proses tadinya kami telah mangulas metode memilah bibit terong bila kamu lebih memilah bibit terong yang telah jadi hingga tidak butuh lewat proses penyemaian tetapi yang memilah bibit terong belum jadi hingga wajib melewati proses penyemain.

Tujuan dari penyemaian merupakan supaya tumbuhan terong bisa berkembang secara maksimal, dalam proses pengontrolan lebih gampang dan calon tanam terong hendak lebih gampang menyesuaikan diri.

Dibawah ini kami hendak menarangkan tahap- tahap penyemaian.

    • Metode penyemaian bibit

Memilih tempat penyemaian dapat memakai pot ataupun lahan terbukaBila kamu memilah memakai lahan terbuka hingga buatlah bedengan yang cocok dengan jumlah bibit yang hendak ditanam

Baca Juga :  Tanaman Bayam : Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Cara Budidaya

Tetapi bila kamu memilah memakai pot, yang butuh kamu siapkan merupakan tanah gembur serta pupuk kandang yang telah keringBerikutnya taburkan bibit secara rata di posisi penyemaian yang kamu pilih

Jalani penyiraman tiap hari pada pagi serta sore hari tunggu hingga bibit berkembang jadi calon tanam terongPengaruh berarti kilat ataupun lambatnya tumbuhan terong berkembang merupakan tipe terong yang kamu seleksi.

  • Pengolahan lahan tanam

Metode menanam terong selanjutnya merupakan pengolahan lahan, dalam proses ini sebagian perihal yang butuh kamu perhatikan merupakan tipe tanah, posisi penanaman dan hawa serta cuaca didaerah yang kamu seleksi.

Sehabis sebagian perihal ataupun ketentuan berkembang tumbuhan terong terpenuhi kamu dapat masuk ketahap pengolahan yang hendak kami jelaskan dibawah ini.

    • Metode pengolahan lahan

Siapkan alat- alat serta bahan bertani semacam cangkul, sabit serta pupuk kandang kering,Begitu seluruh perlengkapan serta bahan siap, kamu dapat mengawali dengan mensterilkan lahan dari rumput, serta hama pengganggu

Sehabis lahan bersih, kamu dapat melaksanakan pengecekan pH tanah bila pH tanah dibawah 5 terdapat baik melaksanakan proses pengapuran terlebih dahulu serta perkenankan 2- 3 minggu

Bila proses pengapuran berakhir kamu dapat melaksanakan sesi pembajakan dapat memakai cangkul.

yakinkan kedalaman pencangkulan menggapai 50 centimeter serta pada proses pembajakan kamu dapat meningkatkan pupuk kandang yang telah kering kemudian tunggu lagi hingga 1 minggu.

Begitu berakhir, langkah selanjutnya merupakan pembuatan bedengan dengan lebar 140 centimeter dengan besar bedengan 50 centimeter dan panjang cocok dengan keadaan lahan tanam

Buat drainase antar bedengan dengan jarak 40 centimeter kemudian kamu dapat membuat lubang di bedengan dengan jarak 50 centimeter per lubang.

Perkenankan lahan hingga bibit yang ditanami pada tempat semai berkembang.

  • Proses penanaman

Sesi selanjutnya menimpa metode menanam terong merupakan proses penanaman ataupun pemindahan calon tanam terong dari tempat semai ke lahan tanam yang telah diolah tadinya.

Baca Juga :  Budidaya Pisang Kepok : Teknik Penanaman dan Perawatan Agar berbuah Sehat Untuk Pemula

Saat sebelum melaksanakan penanaman, siram dahulu bedengan memakai air seperlunya kemudian ambil calon tumbuhan ditempat semai ataupun bibit terong jadi yang kamu beli tadi.

Sehabis itu masukan calon tumbuhan kedalam lubang di bedengan serta tutup memakai tanah dan pupuk kandang kering.


Proses perawatan terong

Telah jelaskan tumbuhan terong membutuhkan perawatan supaya bisa berkembang serta berbuah secara optimal :

  • Penyulaman

Proses ini bertujuan buat mengubah tumbuhan terong yang mati dengan tumbuhan bayam yang baru diambil dari tempat semai, tetapi penyulaman cuma dapat dicoba pada tumbuhan yang berusia dibawah 1 minggu sebab bila lebih hingga proses pertumbuhannya tidak hendak sama.

  • Penyiangan

Sebaliknya iktikad dari proses penyiangan merupakan pembersihan lahan dari rumput ataupun hama pengganggu lain dengan memakai tangan maupun dorongan perlengkapan semacam sabit serta cangkul

  • Penyiraman

Bayam membutuhkan air yang banyak dikala fase dini perkembangan ditambahan lagi pada proses penanaman masuk masa kemarau, kamu wajib menyiram tiap hari dipagi serta sore hari.

  • Pemupukan

Perihal lain yang tidak kalah berarti dari sebagian perawatan diatas merupakan pemberian pupuk susul, karena kita tidak ketahui apakah faktor hara pada tanah cukup untuk bahan makan berkembang oleh sebab itu proses pemupukan sangat berarti buat masa perkembangan terong.

Cara Menanam Terong Mudah dan Hasil Memuaskan Untuk Pemula


Proses Panen Terong

Metode menanam terong terakhir merupakan proses panen, sesi yang sangat ditunggu- tunggu oleh seluruh petani karena pada sesi ini dapat melaksanakan pemetikan buah ataupun sayur- mayur terong kemudian dijual ataupun disantap individu.

Terong yang siap panen berusia 70 hari, dalam melaksanakan panen memilih sayur- mayur ataupun buah terong yang tidak sangat tua serta gampang.

kemudian kamu dapat memetik terong beserta tangkainya, sehabis proses pemetikan terong berakhir jalani penyortiran dahulu.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Terong Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5