Cara Menanam Talas Dan Perawatan Tepatnya Agar Hasil Maksimal

2 min read

Cara Menanam Talas Dan Perawatan Tepatnya Agar Hasil Maksimal
0
()

Cara Menanam Talas Dan Perawatan Tepatnya Agar Hasil Maksimal – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Talas.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Talas Dan Perawatan Tepatnya Agar Hasil Maksimal


Talas atau Colocasia esculenta L., (suku talas- talasan ataupun Araceae) yakni tanaman penghasil umbi- umbian. Diklaim berasal dari Asia Tenggara.

Talas diperkirakan telah dibudidayakan manusia semenjak era purba, apalagi pada era saat sebelum padi ditanam oleh orang.

Saat ini talas sudah menyebar ke bermacam belahan dunia, tercantum India, Tiongkok, Afrika Barat serta Utara, serta Hindia Barat.

Talas ialah santapan pokok, tidak hanya sukun, di sebagian kepulauan di Oseania. Di Indonesia, talas juga sangat terkenal dan ditanam di nyaris seluruh wilayah.


Jenis Jenis Talas


  • Talas Pandan

Talas yang bila telah direbus memiliki aroma semacam pandan wangi. Talas ini memiliki corak sedikit ke ungu- ungu an serta pada bagian pangkal pelepahnya memiliki corak agak merah.

  • Talas Ketan

Talas yang sedikit lengket semacam ketan yang telah direbus. Talas ini memiliki corak hijau gampang serta kerap membuat anakan sangat banyak. Talas ketan ini umumnya diketahui dengan nama talas bogor ataupun talas lambao.

  • Talas Banteng

Talas yang memiliki dimensi umbi yang besar tetapi rasanya tidak lezat. Talas ini mempunyai tangkai bercorak ungu.

  • Talas Lahun Anakan

Talas yang memiliki banyak anakan tetapi ukurannya kecil- kecil.

Baca Juga :  Budidaya Kurma : Habitat, Syarat Tumbuh, Teknik Perawatan dan Masa Panennya

Syarat Tumbuh Berkembang Talas

Talas dapat berkembang di wilayah yang memiliki ketinggian sampai 1000 mdpl.Temperatur dekat 21°C sampai 27°C serta curah hujan dekat 1000 milimeter/ tahun.

Lahan yang digunakan hendaknya mendapatkan cahaya matahari yang penuh sebab tumbuhan talas sangat membutuhkannya.


Metode Menanam Talas


  • Persiapan Bibit

Gunakanlah bibit yang berdimensi dekat 20 sampai 50 gr. Bila Kamu memakai bibit talas hasil kultur dalam polybag hingga pakai bibit yang paling tidak telah mempunyai 2 helai daun

  • Persiapan Lahan

Lahan tanam yang baik buat talas sesungguhnya disesuaikan pula dengan tipe talasnya. Tetapi demikian terdapat sebagian kriteria tanah yang berlaku secara universal buat menanam talas ialah:

Tanah wajib terpapar cahaya matahari langsung minimun 5- 6 jam per hari.Dekat dengan sumber air.Tanahnya gembur

  • Pembibitan Talas

Dalam pembibitan talas dapat melaksanakan 2 metode, yaitu

Lewat tunas:

Ambillah tunas 2- 3 yang berkembang dari talas berumur 5- 7 bulan.

Lewat umbi:

Ambil umbi talas berdimensi besar serta bila butuh hingga dari bibit tumbuhan yang produktif serta sehat.Potong pendek paling utama bagian yang disisakan terdapat mata tunasnya.

Taburi bagian umbi yang diiris memakai abu setelah itu tanam pada polybag terlebih dulu.Upayakan biar bagian mata nampak timbul ke atas buat mempermudah berkembang tunas talas.Jaga biar tanah dalam polibag basah

  • Penanaman

Membuat lubang dengan kedalaman 20 centimeter serta diameter 30 centimeter.Masukkan pupuk kompos serta campur dengan tanah,

Perbandingan pupuk kompos serta tanah yakni 1: 2.Aliri lahan saat sebelum melaksanakan penanaman bibit

Jalani penanaman bibit dengan hati- hati supaya penanaman berjalan sukses.Pindahkan bibit yang terletak di polybag ke tanah yang telah gemburkan tersebut.

  • Perawatan serta Pemeliharaan

Pemupukan dengan memakai pupuk kompos yang sudah matang. Tidak hanya memakai pupuk tersebut, pemupukan pula dapat dicoba dengan memakai pupuk kimia semacam pupuk NPK, Urea, KCl serta SP- 36.

Baca Juga :  Ikan Mas : Jenis, Karakteristik, Metode Budidaya dan Keuntungannya

Bila mau melakukan tata cara pemupukan dengan pupuk kimia, pemupukan tersebut bisa dicoba sehabis tumbuhan berusia dekat 3 bulan sampai 4 bulan.

metode pemberian pupuk tersebut ialah dengan metode ditugal dengan kedalaman 4cm hingga 5cm serta berjarak 5 centimeter dari pangkal tumbuhan.

Lakukanlah penyiraman secara teratur ialah pada pagi serta sore hari, terlebih apabila sedang masa kemarau.

Jalani penyulaman pada tumbuhan yang berkembang tidak maksimal maupun yang mati serta ubah dengan tumbuhan yang baru. Penyulaman ini hendaknya dicoba saat sebelum tumbuhan berusia 15 hari sehabis tanam.

Cara Menanam Talas Dan Perawatan Tepatnya Agar Hasil Maksimal

  • Hama serta penyakit

Buat memperoleh hasil panen talas yang optimal, kamu butuh mengatasi gulma– gulma yang menggangu perkembangan tumbuhan talas, serta pula serbuan hama penyakit.

jalani pencabutan rumput liar yang mengusik perkembangan tumbuhan talas setelah itu semprot dengan pembasmi hama serta penyakit supaya tumbuhan berkembang optimal.

Buat hama ulat serta orong- orong kamu bisa memakai bubuk insektisida tabur yang ditaburkan ditanah bersama pupuk dasar sewaktu mencerna tanah.

Sebaliknya buat menanggulangi hama babi serta tikus hingga pakai peragkap ataupun toksin babi/ tikus yang terdapat di toko pertanian

  • Pemanenan Talas

Talas sudah berusia dekat 6 sampai 9 bulan,Terdapat pula yang berusia 4 bulan apalagi terdapat yang bisa dipanen sehabis berusia 4- 5 bulan.

Gali lubang umbi serta cabut pohonnya,Kemudian potong pelepahnya sejauh 20- 30 centimeter dari pangkal umbi.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Talas Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.