Cara Menanam Strawberry dengan Mudah di Pot(Panduan Pemula)

2 min read

Cara Menanam Strawberry dengan Mudah di Pot(Panduan Pemula)
0
()

Cara Menanam Strawberry dengan Mudah di Pot(Panduan Pemula) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Strawberry.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Strawberry dengan Mudah di Pot(Panduan Pemula)


Strawbery termasuk tumbuhan subtropis yang dapat berkembang di Indonesia dengan baik. Tumbuhan buah Strawberry sendiri ialah salah satu tipe tumbuhan buah berbentuk herba yg ditemui awal kali di Chili, Amerika.

Strawberry lebih gampang menyesuaikan diri pada dataran tinggi dengan temperatur temperatur 17– 20 derajat celcius.

Salah satu spesies tumbuhan Strawberry ialah Fragaria chiloensis L menyebar ke bermacam negeri Amerika, Eropa dan Asia. Berikutnya spesies lain, ialah F. vesca L. lebih menyebar luas dibanding spesies yang lain.


Syarat Tumbuh Strawberry

Tumbuhan Strawberry bisa berkembang degan maksimal di wilayah degan curah hujan antara 600- 700 milimeter/ tahun.Tanaman strawberry memerlukan penyinaran sinar matahari antara 8–10 jam tiap harinya.

Strawberry merupakan tumbuhan subtropis yg bisa menyesuaikan diri dgn baik di dataran besar tropis yg mempunyai temperatur 17–20 derajat C.

Kelembaban yang baik buat perkembangan tumbuhan Strawberry antara 80- 90%.pH tanah yg sempurna utk budidaya stroberi di kebun merupakan 5. 4- 7. 0, sebaliknya utk budidaya di pot merupakan 6. 5–7, 0.

Bila ditanam dikebun hingga kedalaman air tanah yg disyaratkan merupakan 50- 100 centimeter dari permukaan tanah. Ketinggian tempat yg penuhi ketentuan hawa tersebut merupakan 1. 000- 1. 500 m dpl.

Baca Juga :  Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen

Tahapan Proses Menanam Strawberry


  • Persiapan Bibit Strawberry

Saat sebelum dicoba penanaman, Kamu wajib senantiasa melaksanakan penyemaian. Penyemaian biji strawberry dapat memakai toples, wadah plastik ataupun yang lain yang bercorak putih ataupun gelap.

Jangan memakai wadah yang bercorak. Mencuci wadah tersebut hingga betul- betul bersih. Masukan 2 lapis tisu ke dalam wadah, dapat pula lebih. Kemudian basahi tisu dengan memakai air mineral.

Basahi tisu hingga basah jangan hingga tergenang. Jangan memakai air keran ataupun air sumur, sebab air tersebut memiliki zat yang dapat membatasi perkembangan benih strawberrynya.

Taburkan biji strawberry diatas tisu. Upayakan tidak terdapat biji yang melekat. Jadi seluruh biji wajib betul- betul terpisah. Bagikan jarak biar biji bisa berkembang dengan baik. Tutup wadah tersebut dengan rapat.

Setelah itu letakkan di wilayah yang tidak terserang cahaya matahari. Senantiasa control wadah tiap harinya. Dapat pula 3 hingga 4 hari sekali. Upayakan tisu wajib senantiasa basah serta lembab.

Umumnya biji strawberry memerlukan waktu 2 minggu buat berkecambah. Bila pangkal telah memiliki panjang dekat 5mm hingga 1 centimeter, berati telah siap buat dipindah ke media pot.

  • Persiapan Media Tanam

Membuat media tanam buat strawberry nyaris sama dengan membuat media tumbuhan yang yang lain. Siapkan pot yang berdimensi lagi, minimun diameter 15 m. Ambilah tanah yang telah digemburkan serta diayak.

Setelah itu gabungkan dengan pupuk kandang serta arang sekam dengan perbandingan 2: 1: 1. Isilah media tanam tersebut ke dalam pot hingga terisi 2/ 3 pot. Saat sebelum ditanam benih strawberry.

Diamkan media tanam tersebut sepanjang 1 minggu. Biar media tanam lebih tercampur serta lebih lembab di bagian dalamnya.

  • Proses Penanaman Bibit Strawbery

Bila bibit strawberry yang disemaikan telah siap, saat ini saatnya dipindahkan ke media tanam yang telah Kamu buat. Cabut dengan hati- hati dari tisu bagaikan media penyemaiannya.

Baca Juga :  Budidaya Daun Kelor : Panduan Tanam dan Panen yang Baik dan Benar(Berhasil)

Masukan ke dalam lubang media tanam. Satu pot lumayan diisi 2 benih saja. Pada dikala pemindahan, jangan hingga akarnya rusak. Proses penanaman yang baik merupakan pada pagi hari.

Biar benihnya tidak gampang layu. Pada bagian atas tutupi dengan memakai abu sekam. Biar buah strawberry tidak gampang membusuk. Jalani penyiraman secara teratur 2 kali satu hari.


Proses Perawatan Tanaman

Proses perawatan tidak hanya melaksanakan penyiraman secara teratur pada pagi serta sore hari. Kamu wajib melenyapkan bagian daun ataupun tumbuhan strawberry yang mati.

Tidak hanya itu bila terdapat rumput ataupun gulma di dekat tumbuhan pula wajib dihilangkan. Ini hendak menganggu perkembangan tumbuhan strawberry. Pemupukan pula senantiasa dicoba.

Dapat dengan pupuk kompos ataupun pupuk npk. Biar buah strawberry kilat berbuah. Wajib dicoba pemotongan pada bagian tumbuhan yang menjulur panjang.

Sehingga tumbuhan dapat fokus dalam proses pembuahan. Buat penyiramannya lebih baik dengan metode disemprot. Jangan disiram sangat keras.

Cara Menanam Strawberry dengan Mudah di Pot(Panduan Pemula)

Proses Pemanenan

Tumbuhan asal anakan mulai berbung kala berusia 2 bulan sehabis tanam. Bunga awal hendaknya dibuang.

Sehabis tumbuhan berusia 4 bulan, bunga dibiarkan berkembang jadi buah. Periode pembungaan dan pembuahan bisa berlangsung sepanjang 2 tahun tanpa henti.

Karakteristik Usia Panen diantaranya:

  • Buah telah agak kenyal dan agak empuk.
  • Kulit buah didominasi corak merah: hijau kemerahan sampai kuning kemerahan.
  • Buah berusia 2 minggu semenjak pembungaan ataupun 10 hari sehabis dini pembuatan buah.

Panen dicoba dgn menggunting bagian tangkai bunga dgn kelopaknya. Panen dilakukan 2 kali seminggu.

Pasca Panen Buah ditaruh dalam sesuatu wadah dgn hati- hati supaya tdk memar, simpan di tempat teduh ataupun dibawa langsung ke tempat penampungan hasil.

Hamparkan buah di atas lantai beralas terpal/ plastik. Mencuci buah dgn air mengalir dan tiriskan di atas rak- rak penyimpanan.

Baca Juga :  Mengenal Daun Ashitaba, Seledri Jepang Banyak Manfaat dan Nutrisi Bagi Kesehatan

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Strawberry Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5