Cara Menanam Sirih Gading Dan Perawatannya Yang Tepat Bagi Pemula

3 min read

Cara Menanam Sirih Gading Dan Perawatannya Yang Tepat Bagi Pemula
0
()

Cara Menanam Sirih Gading Dan Perawatannya Yang Tepat Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Sirih Gading .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Sirih Gading Dan Perawatannya Yang Tepat Bagi Pemula


Tumbuhan sirih gading ataupun yang kerap diketahui dengan nama ilmiahnya Epipremnum aureum ialah tipe tumbuhan perambat yang bisa berkembang hidup di wilayah yang pada kondisi lembab.

Tumbuhan sirih gading pula ialah salah satu tipe tumbuhan hias yang kerap digunakan bagaikan penghias ruangan.

Tumbuhan sirih gading sendiri mempunyai habitat asal yang berasal dari wilayah tropis Asia, Madagaskar, Timur Afrika serta Hindia Barat.

Tumbuhan sirih gading pula mempunyai filosofi tertentu yang tersebar digolongan warga, ialah tumbuhan sirih gading dipercaya melambangkan watak yang rendah hati,dan mempunyai watak yang tetap memuliakan orang lain.

Perihal tersebut dimaksud dari metode berkembang pada tumbuhan daun sirih gading yang bisa berkembang merambat pada para para, batang tumbuhan api- api yang digemarinya.

Tumbuhan sirih gading sendiri mempunyai manfaat utamanya ialah bisa membasmi jamur yang berkembang mengusik.


Morfologi Dan Kandungan Sirih Gading

Tumbuhan sirih gading sendiri bisa berkembang secara merambat yang bisa menggapai dimensi ketinggian dekat kurang lebih 16 m.

Tumbuhan sirih gading pula tipe tumbuhan perdu yang mempunyai batang yang berkayu, berbuku dan batangnya bersalur serta mempunyai corak yang cokelat kehijauan.

Baca Juga :  Budidaya Semut Rangrang : Ternak Kroto dengan Toples dan Paralon di Rumah

Tumbuhan sirih gading mempunyai wujud daun tunggal yanng berupa hati serta mempunyai tangkai daun, daun pada tumbuhan sirih gading juka mempunyai tekstur daun yang agresif dengan daunnya yang berkembang berselang seling pada batang tumbuhan, dan daunnya mempunyai corak yang bercorak belang kuning terang sampai kuning pucat.

Dimensi panjang daun tumbuhan sirih gading menggapai 6 hingga dengan 15 centimeter serta mempunyai lebar 3 hingga dengan 11 centimeter, daun tumbuhan sirih tersebut bisa dipetik kala daun telah mulai nampak separuh tua.

Sebaliknya pada bunganya mempunyai wujud majemuk yang berupa bulir serta mempunyai daun pelindung yanng berdimensi 1, 5 milimeter dengan wujud yang bundar panjang.

Pada tumbuhan daun sirih gading mempunyai bermacam berbagai zat yang tercantum di dalamnya, antara lain ialah: eugenol, karvakral, metil eugenol, kavikal, alil katekal, kalribetol, sineol, estragol, karoten, tiamin, riboflavin, asam nikotinat, vit C, gula, pati, tanin serta asam amino.

Rasa yang terdapat pada tumbuhan sirih gading memilliki rasa yang pedas serta terasa hangat, perihal ini disebabkan ada isi sejenis minyak ialah memiliki minyak atsiri.

pula ada isi minyak terbang ataupun betlephenol, seskuiterpen, diatase, pati, gula dan zat samak serta chavicol yang mempunyai keahlian buat mematikan bakteri dan bagaikan antioksidasi serta anti jamur yang membuat daun sirih gading jadi terasa pedas.


Metode Menanam Sirih Gading

Berikut ini langkah langkah yang wajib dicermati untuk budidaya tumbuhan sirih gading, ialah:


  • Proses Persiapan Bibit Tanaman

Perihal utama yang haruslah dicermati dalam melaksanakan budidaya pada tumbuhan sirih gading merupakan degan melaksanakan thapan pada proses persiapan bibit tumbuhan.

Perbanyakan tumbuhan pada budidaya tumbuhan sirih gading dapatlah dicoba dengan metode melaksanakan stek batang.

Stek batang dicoba pada tumbuhan sirih gading dengan metode memotong batang tumbuhan sirih gading dengan memakai pisau yang tajam dan tidak berkarat.

Baca Juga :  16 Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh dan Daftar Kandungan Gizinya

dari tumbuhan induk yang tlah mempunyai pangkal dengan dimensi panjang pangkal tumbuhan sirih gading tersebut kurang lebih dekat 15 centimeter.

Tumbuhan sirih gading yang digunakan buat pencangkokan haruslah berasal dari tumbuhan induk yang mempunyai keadaan yang baik yang tidak lagi terserang hama atau penyakit, dalam kondisi utuh dan tidak cacat.

  • Proses Penanaman Tanaman

Sehabis melaksanakan tahapan pada proses persiapan bibit tumbuhan dalam budidaya tumbuhan sirih gading, langkah berikutnya yang butuh dicoba merupakan dengan melaksanakan tahapan pada proses penanaman tumbuhan.

Proses penanaman tumbuhan sirih gading bisa dicoba dengan 2 metode ialah: dengan memakai pot tanam serta menanam tumbuhan sirih gading tersebut di dalam air.

  • Proses Penanaman Dengan Memakai Pot

Ada pula langkah– langkah yang bisa dicoba dalam proses penanaman tumbuhan dengan memakai pot tanam merupakan bagaikan berikut:

Buatlah media tanam yang terdiri dari kombinasi tanah serta pupuk organik dengan tipe pupuk kandang maupun pupuk kompos.

Persiapkan pot tanam yang hendak digunakan, pot tanam yang hendak digunakan bisa membiasakan dimensi pot tanamnya dengan bibit tanam yang hendak ditanam

Potonglah bibit tanam dengan potongan batang yang jauh dari pucuk tumbuhan dekat 10 centimeter.Tanamlah dengan arah tanam yang tidak terbalik.

  • Proses Penanaman Di Dalam Air

Ada pula langkah– langkah yang bisa dicoba dalam proses penanaman tumbuhan di dalam air merupakan bagaikan berikut:

Lakukanlah pemotongan pada bagian batang tumbuhan sirih gading yang telah mempunyai pangkal tumbuhan dengan dimensi panjang pangkal tumbuhan dekat 15 centimeter.

Persiapkanlah wadah dengan diisi air yang bersih misalnya pada air sumur yang memiliki mineral asli yang berasal dari dalam tanah.Masukkanlah bibit tumbuhan tersebut ke dalam wadah yang berisi air yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga :  Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Mengenal Kandungan Pentingnya

Cara Menanam Sirih Gading Dan Perawatannya Yang Tepat Bagi Pemula


Proses Perawatan Tanaman

Sehabis melaksanakan tahapan pada proses penanaman tumbuhan dalam budidaya tumbuhan sirih gading.

Langkah berikutnya yang butuh dicoba merupakan dengan melaksanakan tahapan pada proses perawatan tumbuhan dalam budidaya tumbuhan sirih gading.

Proses perawatan tumbuhan dalam budidaya tumbuhan sirih gading bisa dicoba dengan metode: penyiraman, pemupukan dan dengan melaksanakan penyiangan.

Penyiraman dicoba secara teratur buat senantiasa melindungi kelembaban tanah pada tumbuhan tesrebut.

Namun bila tumbuhan sirih gading tersebut ditanam di dalam air perlulah dicoba pergantian air secara teratur dengan inntensitas pergantian air dekat seminggu sekali.

Pemupukan bisa dicoba dengan memakai pupuk organik baik itu tipe pupuk kandang maupun pupuk kompos bila tumbuhan tersebut di tanam menggunkan pot.

Jika tumbuhan tersebut ditanam di dalam air lumayan dengan membagikan air yang ada isi mineral dan nitrat semacam halnya dengan akuarium.

Penyiangan bisa dicoba pada tumbuhan sirih yang ditanam di dalam pot tanam dengan menghilangkan gulma ataupun tumbuhan liar yang lain yang terletak disekitar tumbuhan.

Hal tersebut bertujuan supaya gulma ataupun tumbuhan liar yang lain tidak merebut nutrisi yang terdapat di dalam tanah dan perkembangan pada tumbuhan sirih gading tersebut jadi tidak terhambat ataupun bisa berkembang dengan baik.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Sirih Gading Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read