Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Tepat Hasil Memuaskan

3 min read

Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Tepat Hasil Memuaskan
0
()

Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Tepat Hasil Memuaskan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Singkong.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Tepat Hasil Memuaskan


Singkong yang dalam bahasa latin diucap Manihot utilissima ialah salah satu sumber bahan santapan pokok pengganti nasi.

Singkong pula digunakan bagaikan bahan baku santapan ringan, semacam keripik singkong, kue, serta bahan pembuatan tapioka dan bermacam olahan masakan yang lain.

Konon tumbuhan singkong berasal dari daratan Amerika Selatan, setelah itu menyebar sampai ke Brazil, Paraguay serta saat ini tumbuhan singkong tersebar diseluruh belahan dunia.

Daun singkong muda banyak dimanfaatkan bagaikan bahan sayur- mayur serta santapan ternak. Ada sebagian tipe varietas singkong unggul semacam singkong gajah serta singkong kalimantan ataupun singkong borneo.

Tumbuhan ubi kayu ini tidak cuma ubinya saja yang bermanfaat bagaikan bahan santapan, namun daun singkong tersebut pula banyak dimanfaatkan bagaikan sayur- mayur.

Dikala ini bisnis santapan dengan bahan dasar ubi kayu telah menggila. Dengan banyaknya permintaan keripik singkong ataupun santapan yang lain, hingga dibutuhkan lebih banyak lagi tumbuhan ubi kayu.


Ketentuan Perkembangan Ubi Kayu Yang Baik

Dalam menanam ubi kayu supaya bisa berkembang dengan baik serta optimal, hingga dibutuhkan udara yang bagus, dengan keseriusan curah hujan 150- 200 milimeter.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Baby Breath dan Perawatannya Yang Tepat

Tidak hanya itu, temperatur hawa yang dibutuhkan buat berkembang kembangnya tanaman ubi kayu ialah minimun 10 derajat celcius.

Apabila temperatur terletak di dasar 10 derajat celcius, hingga hendak menyebabkan tumbuhan ubi kayu hadapi pertumbuhannya sedikit terhambat serta hendak jadi kecil, sebab perkembangan bunga yang kurang optimal.

Tidak hanya itu, kelembaban hawa yang diperlukan buat tumbuhan ubi kayu supaya lebih maksimal dekat 60- 65%.

Cahaya matahari yang dibutuhkan dengan keseriusan dekat 10 jam per hari, terlebih buat menolong kesuburan daun serta menolong pertumbuhan umbinya.

Ketentuan berkembang singkong yang utama merupakan sinar matahari, tumbuhan ini memerlukan cahaya matahari yang lumayan sejauh hari.

Tumbuhan singkong menghendaki hawa dengan curah hujan antara 1500- 2500 milimeter/ tahun, dengan temperatur hawa minimum 10oC dengan kelembaban 60- 65%.

Sedangkan itu, tipe tanah yang sesuai buat budi energi singkong merupakan tanah yang kaya bahan organik, produktif, gembur, tidak sangat liat serta tidak sangat porous.

pH tanah yang dikehendaki merupakan netral, ialah antara 6, 5 sampai 7, 5. Tumbuhan singkong masih dapat ditanam pada ketinggian sampai 1500 mdpl serta ketinggian idealnya merupakan 10- 700 mdpl.


Tahapan Proses Budidaya Singkong

Berikut ialah tahapan yang butuh dicoba kala hendak membudidayakan tumbuhan singkong supaya hasilnya optimal.

  • Pengolahan Lahan

Saat sebelum melaksanakan penanaman bibit singkong, hingga butuh dicoba pengolahan tanah terlebih dulu supaya tanah jadi gembur sehingga perkembangan pangkal serta umbi tumbuh dengan baik.

Gulma serta sisa- sisa tumbuhan wajib dibersihkan terlebih dulu.Waktu mengerjakan pengolahan tanah hendaknya pada dikala tanah tidak dalam kondisi becek ataupun berair, supaya struktur tanah tidak rusak.

Pengolahan tanah dibajak ataupun dicangkul 1- 2 kali sedalam kurang lebih 20 centimeter, diratakan setelah itu terbuat bedengan- bedengan ataupun guludan serta pula terbuat saluran drainase, setelah itu baru bisa ditanami.

  • Persiapan Bibit

Bibit singkong pada biasanya senantiasa memakai batang utamanya yang tidak sangat muda serta tidak sangat tua. Usia sempurna dari batang tumbuhan yang dapat dijadikan bibit berkisar antara 7- 8 bulan.

Baca Juga :  Lavender Belanda : Sejarah, Klasifikasi, Morfologi, Varietas dan Cara Budidayanya

Batang singkong dipotong dengan panjang kira- kira 20 centimeter dengan diameter kurang lebih 1, 5 centimeter buat memperoleh bibit yang mempunyai mungkin hidup besar serta mutu hidup yang baik. Bibit ini nantinya hendak ditancapkan pada lahan yang sudah dipersiapkan.

  • Penanaman

Penanaman singkong sangat diajarkan buat dicoba dikala dini masa hujan, mengingat watak bibit yang masih membutuhkan pasokan air yang lumayan banyak buat perkembangan dini.

Metode penanamannya merupakan lumayan dengan menancapkan batang tumbuhan ataupun bibit yang sudah disiapkan pada lahan pertanian singkong.

Yang butuh ditekankan pada metode penanaman tumbuhan singkong ini merupakan pada jarak tanamnya.

Jarak tanam antar bibit hendaknya terbuat dengan jarak 60 centimeter ataupun 80 centimeter supaya pangkal tumbuhan dapat tumbuh dengan baik.

Tidak hanya itu butuh pula buat dikenal arah tunas pohonnya. Arah tunas ini dapat dilihat pada bakal tunas yang terdapat pada benjolan sisa daun singkong jatuh.

Yakinkan tunas ini menghadap ke atas sebab bila tunas terbalik hingga singkong hendak berkembang ke dasar serta jadi tidak sempurna.


Pemeliharaan dan Perawatan

Pemupukan awal dicoba dikala tumbuhan berusia 15 hari sehabis tanam yang dibarengi dengan melaksanakan penyortiran tunas yang berkembang pada batang dengan cuma menyisakan 2 tunas yang terbaik.

Berikutnya, pemupukan kedua dicoba dikala umur tumbuhan 3 bulan sehabis tanam serta dibarengi dengan pembersihan rumput/ gulma yang terdapat di sekitarnya.

Sedangkan pemupukan ketiga ataupun pemupukan sesi akhir dicoba dikala umur tumbuhan 6 bulan sehabis tanam.

Pupuk yang digunakan dalam pemupukan susulan ini merupakan pupuk yang memiliki faktor hara N, P serta K dengan dosis yang berimbang.

Pupuk ditaburkan secara hati- hati di sekitar tumbuhan dengan jarak 25- 30 centimeter dari batang tumbuhan.

Baca Juga :  Budidaya Tanaman Porang : Manfaat, Metode Perkembangbiakan dan Pemanenan

Cara Menanam Singkong Yang Baik dan Tepat Hasil Memuaskan

Pemanenan Singkong

Tumbuhan singkong dapat mulai dipanen pada umur 6- 8 bulan sehabis tanam ataupun 9- 12 bulan sehabis tanam bergantung varietas yang ditanam.

Tumbuhan singkong dipanen dengan metode mencabut batang, bila terdapat umbi yang patah ataupun tertinggal di dalam tanah dapat digali memakai cangkul.

Butuh dikenal kalau, tumbuhan singkong diketahui lumayan rakus dalam penyerapan nutrisi paling utama dalam proses pembuatan zat pati/ sagu.

Perihal ini menimbulkan tanah jadi tandus bila ditanami singkong secara terus menerus. Buat menanggulangi ini, berarti buat melindungi kesuburan tanah dengan metode melaksanakan rotasi tanam.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Singkong Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5