Cara Menanam Semangka : Mempersiapkan, Mengelola Lahan, Pemupukan Dan Proses Pemanenan

3 min read

Cara Menanam Semangka : Mempersiapkan, Mengelola Lahan, Pemupukan Dan Proses Pemanenan
0
()

Cara Menanam Semangka : Mempersiapkan, Mengelola Lahan, Pemupukan Dan Proses Pemanenan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Semangka. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Semangka : Mempersiapkan, Mengelola Lahan, Pemupukan Dan Proses Pemanenan


Buah kaya air bewarna merah ini tentu sudah tidak asing lagi. Buah yang menyegarkan serta kaya vit itu kerap digunakan sebagai pencuci mulut sehabis makan. Cara menanam semangka tidak sangat susah.

Asalkan Kamu tekun, bukan tidak bisa jadi tumbuhan semangka akan berbuah melimpah. Tumbuhan semangka ialah salah satu tumbuhan yang terkenal.

Telah banyak orang di dunia yang membudidayakan buah berair ini. Nah, untuk Kamu para pendatang baru terdapat cara budidaya yang gampang.


Caara Menanam Semangka

Mempersiapkan Lahan Tanam

Ada 3 ketentuan yang wajib ditaati dalam mempersiapkan lahan tanam, ialah pH tanah, jenis tanah, dan ketinggian serta temperatur wilayah.

Berikut merupakan uraian lengkapnya:

  • Jenis Tanah serta pH Tanah

Jenis tanah yang sangat sesuai buat menanam semangka ialah tanah porous (sarang) sebab tanah ini dapat membuang air berlebih dengan gampang. Kemudian, pilih pula tanah yang gembur serta kaya akan bahan organik. Buat tingkat keasamannya sendiri, seleksi tanah dengan pH berkisar 6- 6, 7.

  • Ketinggian Lahan Tanam

Bila rumahmu mempunyai ketinggian 100 – 300 meter, maka kalian dapat menanam semangka di rumah sebab ketinggian tersebut sangat sempurna. Tetapi bila tidak, upayakan buat menanam buah ini di wilayah dengan ketinggian tersebut supaya semangka dapat berkembang dengan baik.

  • Iklim ataupun Temperatur Daerah

Semangka memerlukan wilayah dengan temperatur kurang lebih 25 derajat Celsius buat bisa berkembang serta berbuah sesuai dengan potensinya. Tidak hanya itu, buah ini dapat berkembang di wilayah yang udaranya lembap. Ada pula, curah hujan yang baik buat buah semangka berkisar antara 40 – 55 milimeter per bulan.

Baca Juga :  Cara Menanam Semangka Kuning Mudah Hasil Melimpah (Sukses)

Memilih Bibit Berkualitas

Setelah itu, proses berikutnya merupakan memilih bibit semangka yang bermutu. Perihal ini dibutuhkan supaya kalian dapat merasakan hasil panen yang memuaskan.

Nah, terdapat beberapa cara yang wajib kalian tahu buat mencari tahu bibit mana yang bermutu. Pertama, kalian dapat menanyakan perihal ini terlebih dulu kepada petani handal ataupun penjual bibit di toko terdekat. Setelah itu, tahu jenis semangka macam apa yang mau kalian tanam.

Menyemai Bibit Semangka

Proses penyemaian sangatlah penting sebab hal ini bisa menolong buah semangka berkembang secara optimal. Tidak hanya itu, proses pengawasan juga bisa dicoba dengan lebih gampang sebab semangka ditanam dengan apik. Berikut merupakan langkah – langkah yang wajib dilakukan :

  • Siapkan media tanam berbentuk tanah serta pupuk kandang sesuai dengan kebutuhan.
  • Bilas tanah dari sampah serta hama pengganggu yang dapat mengganggu mutu tanah.
  • Cari lahan yang dapat menolong kamu mempermudah proses pengawasan kondisi benih.
  • Siram dengan air bersih seperlunya (tujuan dari hal ini cuma supaya tanah tidak kering saja).

Cara Menanam Semangka : Mempersiapkan, Mengelola Lahan, Pemupukan Dan Proses Pemanenan


Mengelola Lahan Tanam buat Semangka

Cara menanam semangka berikutnya yang perlu diliat ialah dengan melakukan pembersihan media tanam. Ya, saat sebelum memindahkan bibit semangka pada lahan tanam, perlu mensterilkan media tanamnya terlebih dulu.

Pastikan supaya lahan yang ditanami semangka bebas dari pengganggu semacam tumbuhan gulma, batu – batuan, serta tumbuhan liar yang lain.

Jika lahan telah bersih, baru kalian dapat membuat bedengan biar air yang terdapat di dalam tanah dapat gampang untuk dialirkan. Tumbuhan semangka tidak sangat menyukai lahan basah sehingga kalian perlu melindungi lahannya supaya senantiasa kering.

Tidak hanya itu, kalian pula butuh menaikkan faktor unsur pada lahan yang hendak digunakan buat menanam semangka. Kalian dapat memakai pupuk organic ataupun pupuk kandang saat sebelum melakukan proses penanaman. Apabila isi faktor unsur pada lahan telah lumayan, kalian telah dapat mengawali proses penanaman semangka.

Baca Juga :  Cara Budidaya Salak Yang Tepat Agar Lebat Berbuah Untuk Pemula

Langkah berikutnya buat menanam semangka ialah dengan membuat lubang pada bedengan dengan dimensi 30 centimeter x 30 centimeter x 30 centimeter lagi buat kedalaman lubang tanam hingga 8 sampai 10 centimeter.

Lubang ini hendaknya dibuat seminggu saat sebelum proses penanaman, supaya tumbuhan dapat berkembang dengan baik kalian pula dapat meningkatkan pupuk dengan komposisi 4 kilogram, pupuk DS 28gr, pupu ZK 20gr, dan pupuk ZA 15gr.


Cara Menanam Semangka

Setelah benih jadi bibit, serta bibit tersebut sudah berusia 7 – 10 hari. Maka bibit semangka siap buat dipindah ke lahan tanam (bedengan). Saat sebelum melakukan proses pindah lahan tanam, buat lubang tanam serta lakukan penyiraman memakai GDM Black Bos sebanyak 1 kilogram yang dicampur 100 liter air serta disiramkan pada tiap – tiap lubang.

Proses penyiraman GDM Black Bos pada lubang tanam ialah supaya tumbuhan semangka bisa terbebas dari serbuan penyakit tular tanah semacam layu, busuk, bintik daun, dll.

Apabila setelah proses pindah tanam terdapat bibit semangka yang mati, hingga wajib lekas dicoba penyulaman dengan menanam bibit semangka baru, optimal 7 hari sehabis proses pindah tanam.

Pemupukan

Pemupukan ini bertujuan buat menaikkan serta melindungi faktor unsur pada lahan. Proses pemupukan bisa dicoba dengan cara menaikkan pupuk organic serta pupuk kandang pada lahan. Sebarkan pada dekat lahan dengan jarak dari lubang tanah tidak lebih dari 10 centimeter.

Pemupukan pula wajib dicoba pada daun serta pangkal. Buat pangkal, pemupukan dicoba buat menaikkan nutrisi faktor unsur. Sebaliknya buat daun, pemupukan dicoba buat membagikan faktor mikro yang diperlukan oleh tumbuhan yang tidak diserap oleh pangkal.


Pemeliharaan Tumbuhan Semangka

Tumbuhan semangka memerlukan perawatan yang maksimal supaya bisa berkembang dengan smpurna. Berikut cara pemeliharaan tumbuhan semangka:

Lakukan penyiraman

Lakukan pemyiraman secara teratur tiap pagi serta sore hari, paling utama bila merambah masa kemarau. Dan kelembaban lahan tumbuhan wajib dilindungi dengan baik supaya semangka bisa berkembang dengan optimal.

Baca Juga :  Budidaya Kelinci : Jenis Kelinci, Pemilihan Indukan, Metode Perkembangbiakan dan Perawatannya
Lakukan penyiangan

Ialah proses mensterilkan lahan supaya bebas dari serbuan gulma maupun rumput pengganggu supaya isi faktor unsur tidak direbut oleh gulma maupun tumbuhan pengganggu, sehingga semangka bisa berkembang dengan maksimal.

Lakukan pula penjarangan serta penyulaman

Penjarangan dicoba apabila tumbuhan sangat rimbun, triknya dengan memangkas batang serta daun yang telah tidak diperlukan lagi. Sebaliknya penyulaman dicoba dengan cara mengubah bibit yang telah mati ataupun rusak dengan bibit baru.


Proses Pemanenan Tumbuhan Semangka

Inilah langkah terakhir saat kamu menanam tumbuhan buah semangka, yang tidak lain tidak bukan ialah proses pemanenan. Tumbuhan buah semangka yang sudah siap buat di panen mempunyai beberapa ciri, antara lain:

  • Mempunyai buah yang lumayan berat
  • Daun pada buah semangka telah mulai agak layu
  • Buah semangka akan berbunyi berat apabila ditepuk dengan memakai telapak tangan.

Apabila tumbuhan buah semangka yang kamu tanam sudah menggapai ciri diatas, maka buah semangka telah siap buat dipanen, kamu jalani pemanenan pada tiap pagi hari.

Triknya yakni kamu potong tangkai buah dengan memakai pisau ataupun perlengkapan pemotong lain, yakinkan pisau ataupun perlengkapan pemotong yang lain dalam keadaan yang sudah diasah tajam.

Tinggalkan tangkai kurang lebih 3 sampai 5 centimeter dari pangkal buah. Setelah seluruh semangka yang sudah di panen terkumpul, upayakan supaya tidak ditumpuk serta tempatkan pada tempat yang mempunyai temperatur udara yang sejuk.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Semangka Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraia kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5