Cara Menanam Semangka Kuning Mudah Hasil Melimpah (Sukses)

2 min read

Cara Menanam Semangka Kuning Mudah Hasil Melimpah (Sukses)
0
()

Cara Menanam Semangka Kuning Mudah Hasil Melimpah (Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Semangka Kuning.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Semangka Kuning Mudah Hasil Melimpah (Sukses)


Tidak hanya terdapat semangka yang biasa kita tahu daging buahnya bercorak merah, terdapat pula semangka kuning. Tipe semangka ini mempunyai corak daging buah kuning terang dengan biji yang tidak banyak.

Buah semangka ini mempunyai daging buah bercorak kuning sebab minimnya isi likopen. Isi ini merupakan senyawa yang memproduksi melamin kemerahan pada buah ataupun sayur tercantum semangka.

Oleh sebab itu, isi likopen pada semangka kuning sedikit sehingga tidak dapat memproduksi corak merah semacam semangka pada biasanya.

Lain halnya dengan Semangka Merah yang corak merah cerahnya dibuat dari cukupnya likopen dalam buahnya.

Semangka( Citrullus lanatus) yakni salah satu tipe tumbuhan buah rambat yang berasal dari famili Cucurbitaceae, Tumbuhan buah ini berasal dari daerah separuh taah tandus di Afrika Selatan.

Tumbuhan semangka memiliki buah dengan kulit keras serta bercorak hijau muda ataupun pekat dengan garis ataupun larik bercorak hijau tua.


Syarat Berkembang Semangka Kuning

Ketentuan berkembang semangka kuning umumnya sama dengan ketentuan berkembang semangka yang lain.

Semangka ini dapat ditanam pada daerah dataran rendah dengan ketinggian 600 mdpl, memiliki curah hujan dekat 40–50 milimeter/ bulan dan memiliki temperatur dekat 25°C- 30°C.

Baca Juga :  Cara Menanam Semangka : Mempersiapkan, Mengelola Lahan, Pemupukan Dan Proses Pemanenan

Semangka ini dapat berkembang dengan baik pada tipe tanah berpasir dengan pH 6–6, 7.


Metode Budidaya Semangka Kuning


  • Persiapan Biji Semangka Kuning

Benih biji semangka dibasahi terlebih dulu setelah itu diperam dengan mengenakan kertas koran sepanjang 1–2 hari sampai benih berkecambah.

Bila benih sudah berkecambah dengan calon pangkal sejauh 2 milimeter hingga mengalihkan ke media semai berbentuk polybag.

Letakkan polybag semai dibawah cahaya matahari serta laksanakan penyiraman secara tertib sebanyak 1–2 kali satu hari sampai biji berusia dekat 12–14 hari serta memiliki 2–3 helai daun saat sebelum dipindah tanamkan ke lahan tanam sesungguhnya.

  • Persiapan tanah Tanam Semangka Kuning

Bila tipe tanah pada tanah tanam tanah berpasir, lahan tanam yang hendak dipakai guna menanam semangka ini tidak membutuhkan pengolahan spesial.

Tetapi bila bukan, hingga tanah pada tanah tanam butuh diempukkan terlebih dulu.

Berikutnya laksanakan pemupukan dasar pada bedengan dengan mengenakan pupuk kandang ataupun pupuk organik biar kesuburan tanah lahan tanam bertambah.

Buatlah bedengan dengan lebar dekat 3 m( guna sistem tanam tugal) sampai 6–7 m( guna sistem tanam ganda) serta besar dekat 50 centimeter.

  • Penanaman Semangka Kuning

Setelah bibit memiliki 2–3 helai daun ataupun telah berusia 12–14 hari setelah semai, bibit dapat dipindah tanamkan ke lahan tanam.

Bila metode tanam yang dipakai yakni sistem tugal hingga jarak tanam sempurna yang bisa dipakai ialah dekat 90–100 centimeter x 3 meter .

serta apabila mengenakan sistem tanam ganda hingga jarak tanam sempurna yang bisa dipakai ialah 90–100 centimeter x 6–7 meter.

Bila seluruhnya sudah siap, lekas laksanakan penanaman. Saat sebelum ditanam, polybag semai dilepas terlebih dulu setelah itu masukan biji ke lubang tanam yang telah disiapkan serta tumpuk kembali setelah itu padatkan.

Baca Juga :  Budidaya Gabus : Teknik Tepat Pemeliharaan Hasil Melimpah Untuk Pemula

Penanaman ini hendaknya dilaksanakan pada sore hari, dikala matahari tidak sangat terik.

  • Perawatan Semangka Kuning

Setelah bibit ditanam, aplikasikan mulsa plastik gelap perak. Pengaplikasian mulsa gelap tersebut bertujuan guna menghindari perkembangan gulma serta tumbuhan penghambat yang lain disekeliling tumbuhan.

Sebaliknya mulsa perak bertujuan guna melindungi temperatur serta kelembaban tanah tanam.

Bila telah dikasihkan mulsa hingga laksanakan pendangiran ataupun penyiangan pada gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain.

Setelah tumbuhan semangka berkembang dekat 50 centimeter, hingga laksanakan pemasangan seresah serta apabila tumbuhan sudah berbuah hingga kasihkan alas pada buah.

Pada dini berbuah, laksanakan perempelan pada buah semangka yang berkembang di pangkal batang serta tinggalkan 1–4 buah yang berjarak 1 m dari pangkal batang.

  • Masa Panen Semangka Kuning

Pemanenan semangka ini dapat dilaksanakan setelah buah berusia dekat 65 sampai 75 hari setelah tanam.

Cara Menanam Semangka Kuning Mudah Hasil Melimpah (Sukses)

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Semangka Kuning Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5