Inilah Cara Menanam Rumput Gajah, Sebagai Pakan Ternak Berpotensi Bisnis

1 min read

Inilah Cara Menanam Rumput Gajah, Sebagai Pakan Ternak Berpotensi Bisnis
0
()

Inilah Cara Menanam Rumput Gajah, Sebagai Pakan Ternak Berpotensi Bisnis – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Rumput Gajah.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Inilah Cara Menanam Rumput Gajah, Sebagai Pakan Ternak Berpotensi Bisnis


Rumput gajah atau Pennisetum purpureum merupakan rumput berdimensi besar bernutrisi besar yang umumnya dipakai untuk pakan ternak semacam sapi, kambing, gajah,dan lainnya.

Rumput gajah banyak dibudidayakan di Afrika sebab ketahanannya terhadap cuaca panas.[2] Dalam bahasa Inggris diketahui bagaikan elephant grass, naper grass, ataupun Uganda grass.

Ciri morfologi rumput gajah merupakan berkembang tegak lurus, merumpun rimbun, besar tumbuhan bisa menggapai 7 m, berbatang tebal serta keras, daun panjang, serta berbunga semacam es parafin.

Isi zat gizi rumput gajah terdiri dari 19, 9% bahan kering; 10, 2% protein agresif; 1, 6% lemak; 34%, 2 serat agresif; 11, 7% abu; serta 42, 3% bahan esktrak tanpa nitrogen.

Rumput gajah berkembang produktif di permukaan tanah dengan ketinggian 2000 m di atas permukaan laut.

Saat ini ini banyak petani yang terencana membudidayakan rumput gajah buat dijual.

Perihal ini dilatarbelakangi sebab kebutuhan hendak pakan ternak yang terus menjadi besar sedangkan kondisi rumput di lapangan terus menjadi menurun.

Sehingga, keberadaan rumput gajah ini dipercaya dapat dijadikan bagaikan kesempatan usaha paling utama untuk mereka yang memiliki lahan kosong.


Tahapan Budidaya Rumput Gajah

Buat membudidayakan rumput gajah sendiri bukanlah sulit. Petani ataupun peternak cuma butuh mempersiapkan tahapan- tahapan semacam berikut ini:

  • Pengolahan Tanah

Saat sebelum menanam rumput gajah langkah awal yang wajib dicoba merupakan mencerna tanah yang diawali dengan mensterilkan lahan dari pohon- pohon, semak dan rumput belukar.

Baca Juga :  Kapulaga : Mengenal Manfaat, Kandungan Nutrisi Penting Untuk Tubuh dan Cara Budidayanya

Berikutnya jalani pembajakan buat membuat tanah jadi gembur. Sehabis itu, butuh terbuat guludan yang sudah disesuaikan dengan tipe rumput gajah yang hendak ditanam.

  • Penanaman

Waktu terbaik buat melaksanakan penanaman rumput gajah merupakan kala menjelang masa penghujan ataupun di akhir masa kemarau.

Penanaman bibit rumput gajah dapat dicoba lewat biji maupun dengan perbanyakan secara vegetatif.

Metode yang universal diterapkan merupakan dengan stek batang serta sobekan rumpun.

Buat memakai sobekan rumpun bisa diambil 3- 4 pangkal rumpun yang ukurannya tidak sangat kecil. Setelah itu bibit ditanam dengan jarak sempurna 30×50 centimeter.

Sedangkan bila memakai bibit dari batang/ stek, hingga terlebih dulu wajib diseleksi usia batang yang lumayan tua( dekat 2 bulan) dengan jumlah mata ruas 2- 3 buah.

Jarak tanam yang diajarkan merupakan 30×30 centimeter dengan posisi batang ditancapkan miring 30˚ buat memudahkan perkembangan pangkal.

  • Pemeliharaan

Pemeliharaan berkala bisa dicoba dengan penyulaman, penyiangan serta merapikan rumpun yang berkembang produktif di luar jalan tanam.

Pengairan bisa dicoba saat sebelum pemupukan pada dikala keadaan lahan sangat kering.

Proses pemupukan susulan yang awal dapat dilaksanakan kala tumbuhan rumput gajah sudah berumur dekat 2- 3 minggu. Pupuk yang digunakan berbentuk urea serta KCI dengan dosis cocok anjuran.

Pemupukan selanjutnya merupakan pada dikala tumbuhan berumur 2- 3 minggu dihitung dari waktu pemanenan.

Inilah Cara Menanam Rumput Gajah, Sebagai Pakan Ternak Berpotensi Bisnis

Pemanenan

Rumput gajah bisa dipanen pada usia 40 hari ataupun saat sebelum rumput berbunga.

Biasanya pada usia lebih dari 50 hari, rumput hendak mulai berbunga serta membeku batangnya, perihal ini wajib dihindari sebab bisa merendahkan nilai gizi dari rumput yang hendak disantap ternak.

Pemotongan dicoba pada ruas batang terbawah dengan menyisakan batang sejauh 5- 10 centimeter.

Baca Juga :  Cara Menanam Rumput Jepang dan Perawatannya agar Indah Tak Cepat Rusak

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Rumput Gajah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5