Cara Menanam Pohon Kersen Mudah dan Terlengkap

4 min read

Cara Menanam Pohon Kersen Mudah dan Terlengkap
0
()

Cara Menanam Pohon Kersen Mudah dan Terlengkap – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Pohon Kersen.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Pohon Kersen Mudah dan Terlengkap


Kersen ataupun talok( Muntingia calabura L.) merupakan sejenis tumbuhan sekalian buahnya yang kecil serta manis bercorak merah terang. Nama lain buah kersen antara lain ceri atau seri.

Tumbuhan kersen ialah tumbuhan perdu ataupun tumbuhan dengan besar bisa menggapai 3- 12 m.

Daun- daun terletak mendatar, berseling; helaian daun tidak simetris, bulat telur lanset, tepinya bergerigi serta berujung runcing, pada sisi dasar berambut kelabu rapat dan bertangkai pendek.

Buah kersen buni dengan tangkai panjang, berupa bundar nyaris sempurna dengan diameter 1- 1, 5 centimeter.

bercorak hijau kuning serta merah bila masak, dalam buah bersisi sebagian ribu biji yang kecil- kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dalam daging serta sari buah yang manis sekali.

Buah kersen mempunyai bermacam khasiat antara lain bisa digunakan buat obat penyakit asam urat, diabet serta masih banyak lagi.


Habitat Dan Syarat Tumbuh Pohon Kersen

Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis( Meksiko selatan, Karibia hingga ke Peru serta Bolivia). Kersen dibawa masuk ke Filipina akhir abad 19, sampai tersebar di segala kawasan tropika Asia.

Tipe ini ada di sebagian barat Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa serta Kalimantan.

Kersen berkembang liar di tempat terbuka serta perbukitan terbuka, di tepi- tepi jalur, tepi- tepi sungai pula dataran rendah yang drainasenya baik, serta pada tanah liat berpasir.

Kersen berkembang mengelompok serta tersebar, pada umumna berkembang pada ketinggian sampai 1. 000 mdpl, berkembang baik pada tanah pH 5, 5- 6, 5. Kersen banyak ditanam bagaikan tumbuhan buah serta pelindung.

Baca Juga :  10 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan dari Atasi Rematik Hingga Masalah Ginjal

Metode Menanam Buah Kersen

Oleh sebab itu, lihatlah terlebih dulu metode yang dibutuhkan buat metode menanam tumbuhan kersen ini.


  • Memilah Bibit Kersen

Buat bibit kersen sendiri bisa kita jalani lebih dini. Pembibitan pada tumbuhan ini pula sesungguhnya bisa dicoba dengan memakai metode generatif ataupun vegetatif.

Apabila kita merupakan seseorang yang baru saja belajar menanam tumbuhan.Hendaknya kita melaksanakan pembibitan dengan metode membeli pada toko bibit.

Bibit yang butuh dicermati merupakan bibit yang tadinya terbebas dari berbagai macam hama dan penyakit pada tumbuhan.

Daun yang tidak gampang layu ataupun fresh, mempunyai batang yang berkembang tidak lurus serta mempunyai banyak cabang pada batang- batangnya.

  • Memilah Zona Penanaman

Tempat terbaik buat melaksanakan pada tumbuhan kersen ini merupakan wilayah dengan ketinggian dekat 1000 meter dpl.

Semacam tumbuhan pada biasanya, upayakan pada dekat tumbuhan kersen tersebut tidak mempunyai tumbuhan pengganggu semacam gulma.

Ada tanah yang mempunyai banyak faktor hara yang setelah itu bisa dijadikan nutrisi perkembangan, zona penanaman yang terbilang tidak kecil.

Setelah itu cahaya matahari yang terkategori lumayan dan tidak tertutupi oleh tumbuhan yang lain.

  • Penggalian Lubang Tanam

Kala tadinya sudah mempersiapkan bibit kersen serta memilah zona penanaman yang bisa ditanami tumbuhan kersen. Saat ini kita mulai mempersiapkan lubang penanaman.

Buat melaksanakan proses pembuatan lubang bisa memakai perlengkapan bantu semacam pacul serta buatlah lubang dengan dimensi dekat 50 x 50 x 50 centimeter.

Setelah itu kita pula butuh mempersiapkan media tanam yang hendak digunakan buat menanam tumbuhan kersen.

ialah kombinasi dari sisa bahan galian pada pembuatan lubang yang dicampurkan dengan memakai pupuk organik yang sudah melaksanakan proses pematangan yang sudah digabungkan dengan sekam.

  • Pengistirahatan Pada Lubang Tanam

Kala sudah mempersiapkan seluruh bahan, hendaknya kita melaksanakan proses pengistirahatan pada tanah yang hendak digunakan buat menanam tumbuhan.

Lubang tersebut hendaknya diistirahatkan sepanjang kurang lebih 2– 3 hari serta terserang cahaya matahari secara langsung.

Tujuan dari perihal ini merupakan guna buat membuang seluruh toksin yang mengendap di dalam tanah, membuat terbentuknya perputaran oksigen yang terletak di dalam tanah.

Mengusir bibit dari hama yang mungkin terletak di dalam tanah, dan membuat kemampuan penyakit yang terletak di dalam tanah menghilang.

  • Proses Penanaman Tumbuhan Kersen

Sehabis mempersiapkan lubang tanam yang tadinya sudah dicoba proses pengistirahatan. Setelah itu bibit kersen telah mulai saatnya bisa kita jalani penanaman.

Baca Juga :  Budidaya Jamur Merang : Langkah Dan Cara Menanam

Buat menanam bibit, hendaknya bagian pangkal dari bibit tumbuhan ditaruh pada lubang tanam.

Setelah itu, apabila bibit kersen yang tadinya masih ada pada media semacam polybag, hendaknya kita sudah membukanya terlebih dulu saat sebelum ditanam.

Lakukanlah pemotongan pada polybag namun jangan hingga membuat akarnya jadi rusak. Setelah itu pada tumbuhan yang sudah ditanam pada lubang tanam, hendaknya tumbuhan tersebut berdiri tegak lurus.

  • Penutupan Lubang Tanam

Sehabis membuat bibit tumbuhan kersen berdiri tegak lurus pada lubang tanam yang sudah terbuat sebelumya.

Kali ini merupakan melaksanakan penutupan lubang tanam dengan metode memakai tanah yang tadinya digali buat lubang tanam. Tanah tersebut dicampur dengan memakai pupuk organic dan dicampur dengan memakai sekam.

Media tanam yang hendak digunakan tersebut setelah itu dimasukkan ke dalam lubang tanam sampai menyeluruh sampai ke tanam bagian atas.

Pada bagian pangkal dari batang, hendaknya sedikit terbuat lebih padat sebab menjauhi tumbuhan supaya tidak roboh.

  • Penyiraman

Sehabis proses dari penutupan lubang buat melaksanakan penanaman tumbuhan kersen. Setelah itu dicoba penyiraman yang hendak dicoba pada kersen yang sudah ditanam.

Metode melaksanakan penyiraman merupakan dengan metode membagikan air kepada segala bagian tumbuhan dengan mengggunakan selang penyiraman sampai air tersebut meresap ke dalam tanah.

Namun tidak sangat membanjiri tumbuhan supaya menjauhi tumbuhan tersebut jadi busuk ataupun terserang hama tumbuhan. Lakukanlah penyiraman seperlunya.

  • Memasang Ajir Pada Tanaman

Metode menanam tumbuhan kersen sehabis bibit yang tadinya sudah ditanam serta sudah diberikan penyiraman.

Pada dini penanaman dari budidaya penanaman hendaknya merupakan dengan metode melaksanakan pemasangan ajir.

Tujuan dari ajir ini sesungguhnya merupakan jadi pengganti batang induk yang akarnya masih belum sangat kokoh sehingga ajin menolong buat menopang dari batang induk buat senantiasa berdiri kokoh serta tidak buatnya jadi gampang patah.

Pembuatan ini terkategori lumayan gampang dengan metode memotong ataupun membelah sebatang bambu jadi sebagian bagian yang setelah itu tiap- tiap dari potongan tersebut hendak terbuat panjang dengan dimensi 1. 5 m.

Potongan kayu tersebut setelah itu ditanamkan ke tanah serta terbuat melingkar pada tumbuhan semacam membuat bundaran. Ikatkan kawat pada ajir supaya ajir tersebut silih terikat satu sama yang lain.

  • Pemupukan Susulan

Sehabis melaksanakan pemberian ajin pada tumbuhan. Semacam tumbuhan pada biasanya, pemberian nutrisi merupakan perihal yang krusial untuk tumbuhan supaya tumbuhan tersebut berkembang dengan sehat, produktif, serta maximal.

Baca Juga :  Tanaman Bawang Putih : Morfologi, Kandungan, Manfaat dan Hama Pengganggunya

Dalam pemupukan sesi berikutnya merupakan bisa dengan metode membagikan pupuk organic ataupun campuran dengan pupuk anorganik.

Campuran Pupuk Anorganik: 1 kilogram pupuk kompos/ kandang+ 20 butir NPK+ 1 sdt POC BMW

Campuran Pupuk Organik: 1 sdt POC BMW+ 1 adm KOCOR BMW.Buat pemberian pupuk yang dicoba sehabis penanaman ini merupakan dekat satu bulan sekali.

Cara Menanam Pohon Kersen Mudah dan Terlengkap

  • Membuat Pembuahan Kersen Lebih Cepat

Supaya tumbuhan berkembang lebih kilat serta membuat tumbuhan melewati sebagian fase pada perkembangan buahnya, hingga hendaknya kita melaksanakan pemberian hormone buah, batang serta daun terhadap tumbuhan.

Hormor yang hendak diberikan pada kenyatannya bukanlah bagaikan perlengkapan perangsang buat membuat penciptaan buah lebih kilat, namun pula hendak menciptakan buah- buahan yang rimbun dan bermutu pada tumbuhan tersebut.

Hormon tanaman yang umumnya digunakan buat tumbuhan kersen ini merupakan POC BMW.

Perihal yang butuh dicoba merupakan dengan metode membagikan POC BMW kepada tumbuhan dengan metode disemprotkan dengan membagikan dosis dekat 2– 3 tutup dari POC BMW yang sudah dicampurkan dengan satu tangki yang berisi 15 liter air.

Apabila pemberian POC BMW pada tumbuhan kersen yang sudah berusia, kita bisa membagikan POC BMW dengan metode membuat batang induk pada tumbuhan kersen terluka dengan memakai pisau sejauh dekat 30 centimeter.

Setelah itu, cairan dari POC BMW diberikan ke batang utama dengan metode menguaskan cairan POC BMW pada cedera di batang utama yang sudah terbuat. Proses pemberian hormone ini sebaikya dicoba sepanjang 1 bulan sekali.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Pohon Kersen Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read