Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Jarak Dengan Stek Dan Biji

3 min read

Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Jarak Dengan Stek Dan Biji
0
()

Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Jarak Dengan Stek Dan Biji – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Pohon Jarak .

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Jarak Dengan Stek Dan Biji


Jarak ialah salah satu tipe tumbuhanуаng berkembang produktif dі Indonesia. Pada awal mulanya jarak dikira ѕеbаgаі gulma уаng hаnуа bіѕа mengusik tumbuhan lain.

Nаmun bersamaan berjalannya waktu serta berkembangnya teknologi, mulai ditemui khasiat dаrі tumbuhan jarak. Tumbuhanуаng satuіnі nyatanya dараt digunakanѕеbаgаі bahan buat membuat bio etanol.

Jarak pagar mempunyai nama ilmiahnya ialah Jatropha curcas L. yang ialah salah satu tanaman semak berkayu yang banyak ditemui di wilayah tropik.

Tanaman ini diketahui sangat tahan kekeringan serta gampang diperbanyak dengan stek.

Meski sudah lama diketahui sebagai bahan penyembuhan serta toksin, dikala ini dia kian menemukan atensi untuk sumber bahan bakar biologi buat mesin diesel sebab isi minyak bijinya.

Kedudukan yang agak seragam telah lama dimainkan oleh kerabatnya, jarak tumbuhan( Ricinus communis), yang bijinya menciptakan minyak kombinasi buat pelumas.

Bersumber pada pengamatan terhadap keragaman di alam, tanaman ini diyakini berasal dari Amerika Tengah, tepatnya di bagian selatan Meksiko, walaupun ditemui pula keragaman yang lumayan besar di wilayah Amazon.

Penyebaran ke Afrika serta Asia diprediksi dicoba oleh para penjelajah Portugis serta Spanyol bersumber pada bukti- bukti berbentuk nama setempat.

Baca Juga :  Cara Pemijahan Ikan Nila dan Pemeliharaannya Bagi Pemula

Sayarat Tumbuh Tanaman Jarak

Jarak bisa berproduksi optimal, pada lahan kering dataran rendah serta beriklim kering.Ketinggian tempat 0- 500 m diatas permukaan laut.

Curah hujan 300- 1. 100 milimeter per tahunnya.Temperatur serta temperatur wilayah merupakan lebih dari 20 derajat celcius.

Lahan tanah berpasir 60- 90% dengan pH 5. 5- 6. 5.Bisa berkembang di wilayah miskin hara, tetapi mempunyai drainase serta aerasi yang baik.


Metode Menanam Jarak


  • Persiapan Lahan

Persiapan lahan bisa dicoba dengan pembukaan lahan, pengajiran serta pembuatan lubang tanam. Lahan yang belum di tanami hendaknya dibersihkan dari gulma ataupun semak disekitar tempat tanam.

Pengajiran dicoba dengan memasang serta menancapkan ajir( bambu ataupun kayu) dengan jarak cocok yang di mau.

Penanaman jarak tumbuhan dekat 2 meter x 3 centimeter ataupun bergantung dengan lahan yang di hendak di tanami, lubang tanam dekat 40 centimeter x 40 centimeter x 40 centimeter.

serta apabila tumbuhan yan di tanam dari steks terbuat lubang tanam tunggal dengan diameter 3 centimeter dengan pengelolahan tanah terlebih dulu.

  • Pembibitan Tumbuhan Jarak Pagar

Tumbuhan jarak bisa diperbanyak lewat biji maupun stek batang. Biji serta batang stek hendaknya diambil dari tumbuhan yang sudah berusia telah lebih dari 5 tahun, pertumbuhannya baik, dan leluasa dari serbuan hama serta penyakit.

Serta pula tumbuhan induk mempunyai produktivitas biji kering di atas 2 kilogram/ tumbuhan ataupun setara dengan 5 ton biji kering per hektar per tahun.

Calon bibit yang berasal dari biji serta stek batang tersebut pula wajib lewat penyeleksian ialah semacam berikut:

    • Biji

Benih terbaik diambil dari penciptaan buah kala panen besar pada masa hujan.

Buah yang diseleksi wajib matang serta fresh, buah yang muda, buah matang yang telah kering serta buah yang telah jatuh ke tanah hendaknya tidak digunakan buat benih.

    • Stek

Stek diambil serta cabang tumbuhan yang berpucuk serta telah berkayu( berusia 1 tahun), diisyarati dengan corak batang yang hijau keabuan.

Baca Juga :  Manfaat Mangan, Sifat Kimia, Fakta dan Dampak Kesehatannya Yang Perlu Kamu Tahu

Seleksi batang yang berkayu, namun tidak sangat tua, diisyarati dengan masih ada empulur bercorak putih.Hendaknya tidak memilah batang muda, bercorak hijau. serta tidak berkayu sebab hendak gampang busuk.

Panjang setek 15—30 centimeter dengan wujud batang yang lurus.

Tidak hanya dengan melaksanakan pembibitan dari biji serta pula stek batang, kamu pula bisa perbanyak bibit dengan metode kultur jaringan serta pula setek pucuk.

  • Penanaman Tumbuhan Jarak Pagar

Bila kamu memakai plastik polybag bagaikan tempat pembibitan tumbuhan jarak, hingga potong polybag pada bagian dasar serta buat irisan sampai ke ujung.

Kemudian keluarkan bibit dari plastik polybag serta masukkan bibit ke dalam lubang tanam dengan kedalaman 20- 25 centimeter. Sehabis itu, timbun dengan tanah serta padatkan.


Pemeliharaan Tumbuhan Jarak Pagar


  • Pengendalian Gulma

Gulma wajib dikendalikan secara periodik hingga tumbuhan berusia 4 bulan. Pengendalian secara intensif hendaknya dicoba di dekat tumbuhan dengan jarak satu m dari batang tumbuhan. Pengendalian gulma dicoba dengan metode mencabut ataupun membersihkannya memakai cangkul.

  • Drainase serta Aerasi

Jarak pagar peka terhadap drainase kurang baik Sebab itu, dilahan penanaman jarak wajib terbuat saluran drainase( parit) yang bisa melalukan aliran permukaan.

Saluran drainase wajib bersih. Bila terdapat sampah( sisa tumbuhan ataupun plastik) yang menumpuk di dalam saluran drainase wajib lekas dibuang Apabila dibiarkan, pada masa hujan lahan hendak terendam air serta dapat mengusik perkembangan jarak.

  • Pemangkasan

Pemangkasan awal( pemangkasan pucuk) dicoba sehabis tumbuhan menggapai besar satu m ataupun tumbuhan telah berusia satu tahun.

Pemangkasan pucuk ini bertujuan buat memicu perkembangan cabang. Tiap tahun, cabang yang timbul di bagian pangkal batang wajib dipangkas.

Pemangkasan yang dicoba secara tertib hendak membentuk tajuk sempurna semacam payung perlakuan ini bisa tingkatkan produktivitas tumbuhan jarak.

Baca Juga :  Tanaman Timun : Morfologi, Jenis serta Hama dan Penyakitnya

Dengan tajuk tumbuhan yang sepert payung ini, cahaya matahari hendak menyebar menyeluruh serta proses pemanenan hendak lebih gampang sebab tumbuhan tidak sangat besar. Cabang hasil pangkasan bisa dipakai bagaikan bahan setek.

  • Pemupukan

Jatropha curcas hendaknya dipupuk dengan pupuk hara fosfat yang lebih besar daripada tipe pupuk yang lain( nitrogen serta kalium).

Dosis pupuk kimia buat tumbuhan jarak per hektar merupakan 150 kilogram SP- 36, 50 kilogram urea, serta 30 kilogram KCl. Dianjurkan buat meningkatkan 2, 5—5 ton pupuk kandang ataupun 1—2 kilogram per tumbuhan.

Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Jarak Dengan Stek Dan Biji


Masa Panen Tumbuhan Jarak

Tumbuhan jarak bisa dipanen kala telah mulai berbunga sehabis usia 3– 4 bulan, sebaliknya pembuatan buah mulai dari usia 4– 5 bulan.

Pemanenan tumbuhan jarak ini bisa dicoba dengan metode menguncang ataupun memukul dahan berulag kali sampai buah terlepas dari dahan serta berjatuhan.

Ada pula metode yang lebih efisien ialah dengan metode memetiknya langsung dengan baik serta pas sehingga tanpa mengganggu buah yang di hasilkan.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Pohon Jarak – Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5