Cara Menanam Pinus Dengan Biji Mudah dan Tepat Bagi Pemula

3 min read

Cara Menanam Pinus Dengan Biji Mudah dan Tepat Bagi Pemula
0
()

Cara Menanam Pinus Dengan Biji Mudah dan Tepat Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Pinus.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Pinus Dengan Biji Mudah dan Tepat Bagi Pemula


Tusam ataupun pinus yakni istilah dari sekelompok tanaman yang seluruhnya tergabung di marga Pinus. Di Indonesia penyebutan tusam ataupun pinus umumnya diucap ialah tusam Sumatera

Pinus memiliki watak berumah satu( monoecious), ialah dalam satu tanaman terdiri atas organ jantan serta betina namun terpisah, meski sebagian tipe spesies bertabiat separuh berumah 2( sub- dioecious).

Pinus serta cemara ialah tumbuhan dalam satu tipe yang sama, ialah tipe coniferous evergreen.

Coniferous evergreen merupakan tipe tumbuhan yang berkembang membentuk kerucut serta mempunyai daun bercorak hijau sejauh tahun( tidak berganti corak menjajaki masa).

Tetapi sesungguhnya, pinus serta cemara bukanlah sama, sebab berasal dari genus serta familia yang berbeda.

Perbandingan tipe tumbuhan coniferous evergreen susah dibayangkan, apabila kita tidak membandingkannya secara langsung.

Biasanya, tipe tumbuhan yang dijadikan tumbuhan natal pada novel serta film merupakan tipe tumbuhan fir ataupun tumbuhan spruce.

Keduanya ialah tumbuhan dari familia Pinaceae, tetapi berasal dari genus yang berbeda, ialah genus Cedar( tumbuhan fir) serta genus Picea( tumbuhan spruce).

Tumbuhan fir serta spruce mempunyai ciri berbentuk ranting serta daun yang berkembang sejauh batang tumbuhan.

Ranting serta daun yang berkembang di batang bagian bawan cirinya lebih tebal serta panjang, setelah itu terus menjadi memendek serta menguncup pada puncak pohonnya.

Sedangkan itu, tumbuhan cemara merupakan tumbuhan yang berasal dari genus Cupressus dari familia Cupressaceae.

Baca Juga :  Budidaya Kacang Hijau : Panduan Tepat Pembibitan, Perawatan dan Panen Memuaskan

Cemara mempunyai ciri daun yang beruas serta nampak semacam duri pendek yang berkembang secara terpisah.

Ruas daun cemara membentuk semacam silinder dengan ujung bundar, berbeda dengan tumbuhan fir ataupun tumbuhan spruce yang mempunyai daun beruas yang terbuka lebar serta pipih.

Tumbuhan ini berasal dari famili yang sama dengan tumbuhan fir serta tumbuhan spruce, ialah famili Pinaceaedengan genus pinus.

Pinus ataupun tusam sesuai berkembang di wilayah dataran besar. Tusam mempunyai ciri batang yang retak- retak serta daun yang menyatu membentuk kumpulan duri panjang.

Daun pinus yang berkembang terletak pada dahan ataupun ranting pada batang bagian tengah. Nama- nama universal di sebagian negeri merupakan:


Syarat Tumbuh Tumbuhan Pinus

Tumbuhan pinus bisa berkembang dengan baik walaupun pada tanah yang kurang produktif, berpasir, sampai tanah berbatu.

Biasanya habitat tumbuhan pinus terletak pada ketinggian tanah 200- 1800 mdpl. Namun pinus sesungguhnya dapat berkembang dengan sempurna pada lahan ketinggian 400- 1500mdpl.

Lahan berkembang yang baik untuk tipe pinus ini dengan curah hujan 1200- 3000 milimeter/ tahun serta jumlah bulan kering 0- 3 bulan.Keasaman maksimal buat pinus yakni pH 6- 7


Metode Budidaya Tumbuhan Pinus

Pinus ialah tumbuhan yang memiliki keahlian berkembang dengan gampang. Budidaya dapat dicoba lewat 2 tata cara, ialah dari bibit pinus serta beningnya.

Berikut merupakan metode penanaman pinus dengan memakai 2 tata cara tersebut, ialah:

  • Menanam Bibit Pinus

Memilah bibit yang pas dari tipe pinus yang disesuaikan dengan hawa serta ketinggian tanam.Memilah tempat serta waktu yang pas. Memikirkan apakah bibit langsung ditanam pada tanah, ataupun memakai wadah.

Butuh diingat, diawal perkembangan pinus memerlukan naungan serta air yang lumayan supaya senantiasa ion tetap dikelilingi dengan molekul serta tidak rusak akibat panas matahari.

Jalani penyiraman supaya tanah disekitar tempat berkembang lembab. Jangan membagikan air kelewatan, apabila pangkal pinus terendam hingga pinus hendak mati.

Baca Juga :  Kaya Antioksidan, 28 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Ini Perlu Kamu Tahu

Tanam pinus di sisi barat, di tempat yang jauh dari matahari, bersuhu dingin, terlindung, serta pada zona yang luas.

Perhatikan cuaca kala melaksanakan penanaman, ialah tidak ditanam pada keadaan berangin, kering, dengan temperatur≥ 30⁰ celcius. Tetapi pula tidak sangat dingin, misalnya kala ada isi es didalam tanah.

Penanaman dicoba dengan menggali lubang yang lebih besar serta dalam dari pangkal. Bagian dalam lubang wajib diisi dengan tanah galian sangat atas.

Lepaskan polybag pada bibit pinus supaya sistem pangkal pinus bisa berkembang dengan baik serta tidak terhalang.

  • Menanam Biji Pinus

Memilih biji pinus yang sudah matang, diisyarati benih bercorak coklat ataupun keunguan.

Simpan benih sepanjang 30- 60 hari saat sebelum memindahkannya wadah tanam ataupun pot.

Pindahkan bibit pinus yang telah berkembang ke zona tanah luar serta luas. Rata- rata memerlukan waktu dekat setahun ataupun lebih.

Bila tidak mau membeli benih, kita bisa mengumpulkan biji pinus yang berjatuhan dari tumbuhan pinus berusia ataupun memetiknya langsung dari ranting. Seleksi biji pinus betina yang berdimensi lebih besar sebab memiliki benih pinus.

Metode pengambilan benih pada biji dicoba dengan metode meletakkan biji di tempat yang terpapar cahaya matahari, supaya biji jadi kering serta terbuka sehingga benih bisa diambil.

Benih yang diperoleh setelah itu setelah itu direndam air sepanjang 24 sampai 48 jam. Air rendaman wajib ditukar tiap 12 jam sekali.

Sehabis 48 jam, biji yang tenggelam ialah biji yang bisa digunakan bagaikan benih.Simpan benih pada kain lembab serta cek secara berkala apakah tunas sudah berkembang.

Letakkan benih yang bertunas pada pipa plastik spesial buat menanam pinus, setelah itu isi dengan kombinasi 80% kulit tumbuhan pinus serta 20% gambut.

Cara Menanam Pinus Dengan Biji Mudah dan Tepat Bagi Pemula


Pemeliharaan Pohon Pinus

Sehabis melaksanakan penanaman, langkah berikutnya merupakan melaksanakan perawatan serta pemeliharaan. Pinus umur muda membutuhkan atensi serta proteksi ekstra sepanjang sebagian tahun awal pertumbuhannya.

Baca Juga :  Bunga Dandelion : Morfologi, Kandungan Kimia, Manfaat, Makna dan Cara Tanamnya

Sehabis itu, tumbuhan pinus bisa berkembang secara mandiri. Perawatan yang dicoba pada pinus muda, antara lain:

Meletakkan mulsa( pasak kayu yang ditancapkan di dekat bibit ataupun benih) yang melingkari tanah dekat pinus supaya bebas dari rumput liar.

Perhatikan kelembaban tanah tempat berkembang pinus. Pemberian air cuma dicoba bila tanah nampak retak serta menunjukkan kalau tanah mengering.

Pemasangan pipa plastik ataupun pagar kawat di lahan berkembang pinus terkadang dibutuhkan supaya bebas dari serbuan hewan herbivora.

Giat memantau keadaan tumbuhan pinus. Jalani pemangkasan pada ranting yang bermasalah, semacam terserang penyakit jamur ataupun ranting mati.

Walaupun penanaman tumbuhan pinus terbilang lumayan gampang. Tetapi, hendaknya menjauhi pemberian pupuk. Karena, pemberian pupuk bisa menimbulkan dampak“ dibakar” pada pinus.

Tidak hanya itu, serasah daun pinus yang kering serta batangnya yang memiliki getah mempunyai watak sangat gampang dibakar.

Dibutuhkan kewaspadaan buat menghindari serta mengatur bila tumbuhan pinus terbakar, ialah:

  • Membuat jalan sekat bakar serta jalan hijau secara jelas serta tegas buat membatasi rambatan api
  • Mempersiapkan satuan tugas pengendali kebakaran hutan dan aktivitas penangkalan berbentuk patroli rutin
  • Membangun jaringan komunikasi yang mencakup segala daerah hutan pinus
  • Tindak kilat serta pas buat evakuasi serta pemadaman bila terjadi kebakaran

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Pinus Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read