Cara Menanam Pete Agar Cepat Berbuah Lebat Untuk Pemula

3 min read

Cara Menanam Pete Agar Cepat Berbuah Lebat Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Pete Agar Cepat Berbuah Lebat Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Pete.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Pete Agar Cepat Berbuah Lebat Untuk Pemula


Petai atau pete, ataupun mlanding( Parkia speciosa) ialah tumbuhan tahunan tropika dari suku kacang- kacangan( Fabaceae), anak- suku petai- petaian( Mimosoidae).

Tanaman ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang diucap” petai” pula, disantap kala masih muda, baik fresh ataupun direbus.

Petai( Parkia speciosa) ialah tumbuhan asli Indonesia, Malaysia, Thailand, serta Philipina, yang sangat terkenal di warga.

Petai ini pula banyak diminati warga, perihal ini diisyarati dengan permintaan pasar yang masih besar, sehingga budidaya tumbuhan petai mempunyai prospek yang bagus.

Sebab perihal seperti itu, hingga tidak salah bila dikala ini banyak orang yang mulai menjadikan buah petai sebagai tumbuhan budidaya.

Biji petai umumnya dijual dengan menyertakan polongnya. Tetapi, pengemasan modern pula dicoba dengan mengemasnya dalam plastik ataupun dalam stirofoam yang dibungkus plastik kedap udara.


Morfologi Petai

Tumbuhan ini berupa tumbuhan dengan tingginya menccapai 5- 25 m serta bercabang banyak, kulit batang bercorak coklat kemerahan- merahan, daunnya menyirip ganda, bunganya ditumbuhi benang- benang sari serta putik bercorak kuning serta berupa bongkol.

Terdapat 2 Tipe Petai :

  • Tumbuhan petai tipe gajah, ialah tumbuhan petai yang tiap buahnya bisa berisi petai sebanyak 15- 18 biji serta panjang buahnya menggapai 25- 30 centimeter.
  • Tumbuhan petai tipe kacang, ialah tumbuhan petai yang tiap buahnya memiliki 10- 12 biji serta panjang buahnya cuma dekat 20 centimeter.
Baca Juga :  Mengenal Jenis Kambing di Indonesia, Ciri dan Pembahasannya

Tumbuhan petai menahun, besar bisa menggapai 20m serta kurang bercabang. Daunnya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol( khas Mimosoidae).

Bunga timbul umumnya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol bisa ditemui hingga belasan buah.

Dalam satu buah ada sampai 20 biji, yang bercorak hijau kala muda serta terbalut oleh selaput agak tebal bercorak coklat cerah. Buah petai hendak mengering bila masak serta membebaskan biji- bijinya.

Biji petai, yang berbau khas serta agak mirip dengan jengkol, disantap fresh ataupun dijadikan bahan kombinasi beberapa menu. Sambal goreng hati tidak lengkap tanpa petai. Sambal petai pula ialah menu dengan petai.

Syarat Berkembang Tumbuhan Buah Petai

Tumbuhan budidaya pete terdapat yang mempunyai ketinggian tumbuhan 5 apalagi hingga dengan 25 m. Perihal ini bergantung dari pemilihan bibit serta pula metode perawatannya.

Berikut ini merupakan keadaan terbaik buat budidaya tumbuhan pete:

Tumbuhan pete berkembang dengan baik di dataran rendah sampai pegunungan. Tumbuhan ini dapat pula berkembang pada posisi dengan ketinggian 800 m di atas permukaan laut.

Zona pananaman ini wajib bersih dari gulma serta rumput liar.Budidaya tumbuhan ini wajib dicoba di tanah yang mempunyai tekstur yang halus. Memilih posisi lahan dengan pH antara 5, 5 serta 6, 5.

Indonesia merupakan posisi yang sesuai buat budidaya tumbuhan buah pete. Idealnya, tumbuhan ini berkembang di wilayah ataupun area lembab dengan cuaca yang sedikit basah.

Tumbuhan ini dapat berkembang dengan baik di tempat terbuka. Buat pemilihan lahan, yakinkan tidak terdapat tumbuhan ataupun gedung yang menaunginya.

Perihal ini sebab tumbuhan ini perlu sinar matahari buat dapat berkembang dengan maksimal. Tumbuhan buah petai memerlukan cahaya matahari sejauh hari.

Dengan ketentuan serta area berkembang yang maksimal di atas, hingga hendak dihasilkan buah pete dengan kemampuan yang baik.

Baca Juga :  Budidaya Sirsak : Jenis, Manfaat serta Tips Perawatan agar Berbuah Lebat dan Sehat

Idealnya, tumbuhan ini dapat menciptakan buah pada umur tumbuhan 4- 5 tahun. Keadaan ini spesial buat tumbuhan pete dari hasil pembibitan metode vegetatif baik okulasi ataupun cangkok.

Berarti pula buat dikenal kalau mulai dari penyerbukan buah petai hingga siap dipetik, dibutuhkan waktu kurang lebih antara 3 sampai 4 bulan.

Waktu ini merupakan yang sangat sempurna sampai dimensi buah siap buat dipanen serta dipasarkan buat disantap.

Bagaikan tumbuhan budidaya, kemampuan buah ini lumayan bagus serta untuk petani dapat menciptakan keuntungan yang menggiurkan.

Metode Menanam Petai

  • Proses Pembibitan

Bibit petai bisa dibuat secara generatif ataupun vegetatif. Secara generatif, perbanyakan dengan metode menyemai biji petai yang telah tua secara langsung( seedling).

Buat prosedur penyemaian bibit petai dari biji, dapat masuk ke panduan penciptaan benih sebar petai( generatif).

Tata cara pembiakan yang kedua yang lumayan terkenal digunakan dikala ini merupakan dengan metode okulasi ataupun tempel mata. Bibit petai okulasi mempunyai keunggulan ialah masa produktif yang lebih kilat.

Perbanyakan secara okulasi mempunyai proses yang lebih banyak dibanding seedling.

  • Persiapan Lahan Tanam

Lahan tanam wajib disiapkan dengan pas. Perihal ini berarti buat menunjang perkembangan serta produktivitas tumbuhan petai nantinya.

Posisi tempat menanam petai hendaknya di lahan yang produktif. Petai bisa berkembang di dataran rendah ataupun pegunungan. Lahan yang baik merupakan yang ber- pH antara 5, 5– 6, 5.

Bilas gulma serta semak biar penyerapan nutrisi ke tumbuhan petai lebih maksimal.

Buat lubang tumbuhan antara 40 x 40 x 40 centimeter. Ataupun disesuakan dengan dimensi bibit yang hendak ditanam.

Jarak antar lubang yang sempurna buat tumbuhan petai merupakan 8 x 8 centimeter. Dapat dengan pola persegi ataupun segitiga.

Bagikan pupuk kandang di dasar lubang bagaikan pupuk dasar.

Perkenankan lubang sepanjang 2– 3 hari tersinari penuh buat menewaskan kuman yang terdapat di lubang tanam.

  • Proses Penanaman

Berikutnya merupakan proses penanaman. Proses ini berarti dicoba dengan hati- hati buat sebab memastikan mutu tumbuhan nantinya.

Baca Juga :  Cara Menanam Ginseng : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Panen (Panduan Lengkap)

Penanaman hendaknya dicoba di masa penghujan. Perihal ini bertujuan biar tumbuhan memperoleh air yang lumayan buat perkembangan yang sempurna.

Ambil bibit petai serta buka polybag nya dengan hati- hati. Yakinkan dikala membuka polybag tanah tidak rusak serta tidak mengganggu pangkal tumbuhan.

Bila telah, hingga saatnya memasukkan bibit petai ke lubang tanam. Sehabis itu, bibit ditimbun dengan tanah. Yakinkan timbunan tanah tidak menutupi mata okulasi.

Sebab perihal itu hendak menimbulkan tumbuhnya jamur pada batang.Yang terakhir jangan lupa buat menyirami bibit yang baru ditanam buat merapatkan pori- pori tanah.

Cara Menanam Pete Agar Cepat Berbuah Lebat Untuk Pemula

  • Perawatan

Pada dasarnya, tumbuhan petai merupakan tipe tumbuhan yang tidak sangat membutuhkan perawatan spesial. Kamu cuma butuh membenarkan lahan leluasa gulma serta perairan yang lumayan.

Tidak hanya itu, kamu pula pula bisa melaksanakan proses penangkalan hama.

Ada pula langkah- langkah perawatan merupakan bagaikan berikut:

    • Penyiangan= Dibutuhkan buat melenyapkan gulma di zona dekat tumbuhan petai.
    • Pemupukan= Pemupukan bisa dicoba dikala tumbuhan berusia 4 bulan. Kamu bisa memakai pupuk organik buat memperoleh nutrisi natural.
    • Penyiraman= Berarti dicoba di masa kering ataupun kemarau.
  • Pemanenan

Tumbuhan Petai yang berkembang dengan baik hendak berproduksi dikala tumbuhan berumur antara 3 serta 4 tahun buat bibit okulasi serta dekat 7 tahun buat bibit petai seedling.

Berarti buat dikenal kalau mulai dari penyerbukan buah petai hingga siap dipetik, dibutuhkan waktu kurang lebih antara 3 sampai 4 bulan.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Pete Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5