Cara Menanam Pakcoy Hasil Melimpah Untuk Pemula (Sukses)

3 min read

Cara Menanam Pakcoy Hasil Melimpah Untuk Pemula (Sukses)
0
()

Cara Menanam Pakcoy Hasil Melimpah Untuk Pemula (Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Pakcoy.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Pakcoy Hasil Melimpah Untuk Pemula (Sukses)


Pakcoy ataupun bok choy(Kelompok Chinensis; suku sawi- sawian ataupun Brassicaceae) ialah tipe sayur- mayur yang cukup terkenal.

Sayur- mayur yang diketahui pula bagaikan sawi sendok ini gampang dibudidayakan serta bisa dimakan fresh( umumnya dilayukan dengan air panas) ataupun diolah jadi asinan.

Kadang- kadang sawi ini pula diucap sawi hijau sebab gunanya mirip, walaupun sawi sendok lebih kaku teksturnya dan ukurannya cenderung lebih kecil serta meroset.

Tipe sayur- mayur ini gampang berkembang di dataran rendah ataupun dataran tinggi Apabila ditanam pada temperatur sejuk tanaman ini cepat berbunga.

Sebab umumnya dipanen segala bagian badannya( kecuali akarnya), watak ini kurang disukai. Pemuliaan sawi diperuntukan salah satunya buat kurangi kepekaan hendak temperatur ini.

Sayur- mayur ini umumnya digunakan dalam bahan sup ataupun penghias santapan.

Awal mulanya, sayur- mayur ini sangat terkenal di kawasan Cina tetapi setelah itu menyebar ke bermacam negeri salah satunya Indonesia bagaikan bahan buat membuat masakan yang lezat.

Dikala ini masakan yang berasal dari sayur- mayur ini tidak cuma didominasi oleh masyarakat yang berasal dari Cina tetapi orang Indonesia serta negeri yang lain pula mulai menyukainya mengingat lezat serta bermanfaatnya sayur- mayur ini.


Syarat Tumbuh Pakcoy

Pakcoy( Brassica sinensis L.) ialah tumbuhan sayur- mayur berusia pendek(+45 hari), tercantum dalam famili Brassicaceae.

Baca Juga :  Cara Menanam Lamtoro : Panduan Lengkap Sukses Untuk Pemula

Pakcoy tidak sering dimakan mentah, biasanya digunakan buat bahan sup ataupun bagaikan hiasan( garnish).

Pakcoy umumnya ditanam di dataran rendah serta dataran besar, namun yang baik di dataran besar, lumayan cahaya matahari, aerasi sempurna( tidak tergenang air) serta pH tanah5, 5- 6.

Berikut tahapan metode budidaya sayur- mayur pakcoy yang baik serta benar supaya memperoleh keuntungan yang optimal,

Daerah penanaman yang cocok mulai dari ketinggian 5 meter sampai dengan 1200 mdpl.sebaiknya dipilih wilayah yang mempunyai temperatur 15- 30° celcius.

serta mempunyai curah hujan lebih dari 200milimeter/ bulan, Pakcoy ditanam dengan kerapatan tinggi yaitu sekitar 20- 25 tumbuhan/ meter².

Pakcoy mempunyai usia panen pendek, namun mutu produk bisa dipertahankanselama 10 hari pada temperatur 0ºC serta RH 95%( Rubatzky serta Yamaguchi, 1998cit. Yogiandreet angkatan laut(AL)., 2011.

Metode Menanam Pakcoy

Untuk Kamu yang mau menanam pakcoy namun ini baru awal kali serta belum mengenali triknya hingga metode ini merupakan metode yang sangat sesuai buat Kamu sebab prakteknya yang sangat gampang.

  • Mempersiapkan Lahan

Saat sebelum memilah bibit, perihal awal yang wajib Kamu jalani merupakan memilah lahan yang hendak Kamu pakai buat menanam pakcoy.

Awal buatlah bedeng terlebih dulu, bedeng di buat berdimensi lebar 2 m dengan panjang membiasakan dimensi lahan.

Sehabis itu Kamu lanjutkan membuat saluran air dengan lebar yang berdimensi 50 centimeter, saluran air ini nantinya bermanfaat buat menyirami tumbuhan Kamu.

Berikutnya ratakan permukaan bedengan serta bagikan pupuk kompos dengan dosis 7 sampai 10 ton/ Ha.

Sebaliknya buat sesi persiapan lahan terakhir merupakan jalani penyiraman lahan dengan tujuan memadatkan kompos.

  • Proses Pembibitan

Metode menanam pak coy buat pembibitan, Kamu bisa memakai bedengan yang berbeda ataupun bila tidak Kamu bisa memakai poly bag.

Proses penanaman bibit di jalani dengan metode menabur benih pada permukaan tanah ataupun polybag kemudian tutup kembali dengan tanah dengan tebal kurang lebih 2 centimeter.

Baca Juga :  Cara Menanam Arugula Dan Perawatannya Yang Paling Tepat Untuk Pemula

Sehabis benih ditanam hingga jalani perawatan dengan metode menyiram benih memakai sprayer. Sehabis itu tunggu sepanjang 3 hingga 4 hari sampai benih berkembang.

Kala benih telah mempunyai 3 hingga 5 helai daun hingga benih siap di pindahkan ke bedengan utama.

  • Proses Penanaman Pakcoy

Sehabis proses pembibitan hingga proses berikutnya merupakan penanaman tumbuhan.

Memilih bibit yang sehat dengan identitas batang yang berkembang dengan tegak, mempunyai daun yang bercorak hijau fresh, serta bibit yang tidak terkena penyakit gulma serta hama.

Bibit ini nantinya hendak di pindah ke bedengan utama. Buat metode penanamannya harus Kamu perhatikan kala memindah bibit ke bedengan utama.

Awal buatlah lubang tanam dengan dimensi 4 x 6 centimeter. Bila bibit telah mempunyai dimensi lumayan besar hingga buat lubang tanam yang berdimensi 8 x 10 centimeter.

Kemudian pindahkan bibit dari polybag ataupun bedengan cadangan secara hati- hati. Yakinkan tanah yang menempel ke pangkal tidak rusak serta tutuplah lubang tanam yang telah berisi bibit dengan tanah sampai apik.

  • Perawatan Tumbuhan Pakcoy

Setelah melewati proses pemilihan bibit serta penanaman pakcoy hingga kita lanjutkan ke perawatan pakcoy. Perihal ini bertujuan supaya tumbuhan pakcoy senantiasa terpelihara pertumbuhannya sampai masa panen.

Perawatan tumbuhan pakcoy sangat berbeda dengan metode menjaga tumbuhan anggrek. Perawatan tumbuhan pakcoy bisa di jalani dengan sebagian metode ini:

Penyiraman, tumbuhan pakcoy merupakan tumbuhan yang sangat tergantung dengan air. Oleh sebab itu upayakan secara teratur buat proses penyiraman ini.

Sebaliknya jika di masa kemarau jalani penyiraman 2 kali lebih banyak daripada dikala masa hujan.

Penyiangan tumbuhan bisa di jalani 2 hingga 4 kali sepanjang masa tanam pakcoy.Jalani penjarangan tumbuhan sehabis tumbuhan pakcoy merambah 2 minggu masa tanam.

Proses pemupukan merupakan proses yang sangat berarti untuk tumbuhan. Sebab pupuk merupakan vit yang menolong perkembangan tumbuhan secara baik.

Buat tumbuhan pakcoy jalani pemupukan dengan memakai pupuk NPK dengan dosis 300 kilogram/ Ha. Tidak hanya pupuk NPK, Kamu bisa memakai tipe pupuk lain ialah pupuk Urea dengan dosis 50 kilogram/ Ha.

Baca Juga :  Cara Budidaya Jali dan Perawatannya Untuk Pemula (Berhasil)

Pemberian pupuk buat pakcoy bisa di jalani dengan metode di tabur ataupun dengan metode otomatis lewat larutan air yang di siramkan ke tumbuhan.

Proses berikutnya merupakan penangkalan hama ataupun gulma tumbuhan. Hama ataupun gulma ini bisa sangat mengusik proses perkembangan tumbuhan pakcoy.

Hama yang umumnya ada di tumbuhan pakcoy semacam siput, ulat, tritip, serta cacing bulu. Sedangkan buat tipe penyakit yang bisa melanda tumbuhan ini merupakan kuman serta jamur.

Proses pemberantasan hama ataupun gulma serta penyakit bisa di jalani dengan metode penyemprotan pestisida ke tumbuhan serta senantiasa melindungi kebersihan lahan tumbuhan secara berkala.

Cara Menanam Pakcoy Hasil Melimpah Untuk Pemula (Sukses)

  • Masa Panen

Pakcoy ialah tumbuhan yang mempunyai masa hidup ataupun masa panen yang sangat pendek, ialah sepanjang 30- 45 hari ataupun dekat 2 bulan sehabis masa semai.

Buat metode memanen Pakcoy bisa kita jalani dengan metode mencabut segala tumbuhan ataupun mencabut batangnya satu persatu.

Metode panen dengan memotong batang pakcoy umumnya di pakai buat tata cara panen kesekian kali tumbuhan pakcoy cocok kebutuhan yang menanam.

Buat Kamu yang menggemari tumbuhan hijau yang memiliki banyak khasiat ini Kamu bisa menanamnya secara banyak baik di lahan yang luas ataupun di dalam pot ataupun polybag.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Pakcoy Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5