Cara Menanam Nanas Madu : Teknik Sukses Tanam di Pekarangan Rumah dan Pot

3 min read

Cara Menanam Nanas Madu : Teknis Sukses Tanam di Pekarangan Rumah dan Pot
0
()

Cara Menanam Nanas Madu : Teknik Sukses Tanam di Pekarangan Rumah dan Pot – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Nanas Madu .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Nanas Madu : Teknik Sukses Tanam di Pekarangan Rumah dan Pot


Nanas madu merupakan salah satu tumbuhan tropis yang eksotis. Disukai sebab rasa asam manisnya yang fresh. Tekstur dagingnya pula renyah.

Tidak hanya itu, isi nutrisinya sangat lengkap. Meliputi vit A, B1, B6, C, mangan, enzim proteolitik bromelain, serat, asam folat, asam pantotenik, glukosa, serta antioksidan.

Tidak hanya nanas yang telah biasa kita temui, terdapat varian nanas unggulan yang diucap nanas madu( Ananas comosus).

Varian nanas ini mempunyai dimensi buah yang lebih besar, daging buah lebih tebal, serta rasanya lebih manis. Dibudidayakan awal mulanya di Subang.

Dikala matang, corak kulit buahnya jingga kekuningan sangat mencolok. Buah ini tidak cuma menarik serta menguntungkan bagaikan komoditas.

Rupanya yang menawan, di samping wujud buah nanas serta tumbuhan nanas sendiri yang memanglah unik. Membuat tumbuhan ini pula apik dijadikan penghias halaman di rumah Kamu.

Tumbuhan ini tidak membutuhkan tempat yang luas buat berkembang. Apalagi Kamu bisa pula menanamnya di dalam pot ataupun planter bag.

Berikut langkah-langkah simpel yang bisa Kamu jalani dalam menjaga serta memelihara nanas madu di lahan yang terbatas. Tetapi cepat menciptakan buah dengan mutu baik.


Ketentuan Tumbuh Nanas Madu

Pada dasarnya, nanas merupakan tumbuhan yang bisa berkembang di manapun serta di ketinggian berapapun.

Baca Juga :  Pengertian Hidroponik : Manfaat, Kelebihan, Media tanam dan Metode Tanam

Berkembang sama baiknya di hawa basah ataupun kering dengan temperatur antara 23– 32 derajat Celcius. Apalagi masih bisa berkembang di temperatur rendah hingga 10 derajat Celsius.

Toleran terhadap kekeringan, walaupun membutuhkan curah hujan antara 1000– 1500 milimeter per tahun unutk perkembangan optimalnya.

Namun, tidak toleran terhadap salju serta temperatur yang sangat rendah( di dasar 10 derajat Celsius).

Ketinggian sempurna buat posisi penanamannya antara 100– 700 mdpl, tetapi masih bisa berkembang baik sampai ketinggian 1200 mdpl. Kebutuhan hendak cahaya matahari rata- rata 33– 71% ataupun 2000 jam per tahun.

Menggemari tipe tanah berpasir, produktif, besar isi bahan organiknya, dengan kandungan kapur yang rendah. Tingkatan keasaman( pH) 4, 5– 6, 5.

Tumbuhan ini memerlukan air buat menolong penyerapan nutrisi. Namun tidak boleh sangat banyak sampai becek. Pangkal tumbuhan ini sangat rentan kebusukan apabila terendam air.

Oleh sebab itu, dalam penanamannya, drainase wajib sangat dicermati. Tanah yang sedikit miring lebih baik untuk nanas madu sebab dengan demikian tanah kilat kering sehabis disirami.

Kebutuhan hendak drainase yang baik ini bisa diakali dengan membuat bedengan bagaikan tempat berkembang nanas madu.


Tahapan Cara Menanam Nanas Madu


  • Pemilihan bibit

Bibit tumbuhan nanas madu diperoleh secara generatif serta vegetatif. Karna tumbuhan nanas sulit dalam penyerbukan sendiri acapkali tidak menciptakan biji, pembibitan secara generatif tidak sering dilakukan.

Buat metode vegetatif beragam, tiap- tiap mempunyai keunggulan serta kesusahan tertentu. Bila Kamu menghendaki tumbuhan nanas madu yang kilat berbuah, memilih bibit yang dibiakkan dari tunas pangkal.

Bibit yang berasal dari tunas pangkal berbuah pada usia 12 bulan sehabis penanaman.

Yakinkan bibit yang Kamu seleksi sehat, bebas hama serta penyakit, tidak cacat, daunnya tebal-tebal berisi, layak tanam serta bermutu. Berasal dari indukan yang telah menciptakan buah dengan mutu yang baik.

  • Penanaman Nanas Madu di Pekarangan Rumah

Buat penanaman nanas madu, langkah awal yang wajib dicoba merupakan mensterilkan posisi dari limbah, kerikil, serta tumbuhan liar.

Baca Juga :  Cara Menanam Binahong Merah Dengan Stek Mudah Dan Praktis Untuk Pemula

Yakinkan posisi yang Kamu seleksi menemukan pencahayaan matahari penuh sejauh hari. Gemburkan tanah memakai cangkul.

Apabila pH tanah kurang dari sempurna, tingkatkan kandungan keasamannya lewat proses pengapuran. Campur kapur dengan tanah, dosis disesuaikan dengan luas lahan.

Tambahkan nutrisi berbentuk kombinasi pupuk kandang serta sedikit sekam dengan perbandingan 3: 2: 1( tanah: pupuk kandang: sekam).

Buat gundukan supaya tanah tidak gampang terkikis kala disirami. Buat lubang tanam berdimensi 30 x 30 x 30 centimeter pada gundukan yang telah disiapkan.

Apabila Kamu hendak menanam lebih dari satu bibit, gundukan terbuat memanjang membentuk bedengan. Jarak antarlubang tanam 1– 1, 5 meter.

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam, timbun dengan tanah yang sudah diberi kombinasi pupuk serta sekam. Padatkan sedikit supaya bibit bisa berdiri tegak serta kuat sehingga nantinya hendak berkembang dengan baik.

  • Penanaman Nanas Madu Di dalam Pot.

Apabila lahan sangat terbatas ataupun Kamu hendak menanam nanas madu dengan tujuan bagaikan tumbuhan hias. Kamu bisa menggunakan pot ataupun planter bag bagaikan tempat penanaman nanas madu.

Memilih pot ataupun planter bag yang berdiameter 50– 65 centimeter. Media tanamnya berbentuk kombinasi tanah, sekam, serta pupuk kandang kering dengan perbandingan balance( 1: 1: 1).

Buat tahapan penanaman bibit ke dalam pot ataupun planter bag kurang lebih sama dengan penanaman bibit di taman/ pekarangan.

Perihal yang butuh dicermati merupakan buat tidak kurang ingat meletakkan pecahan genting ataupun batu bata di dalam pot saat sebelum diberi media tanam biar air siraman bisa mengalir keluar dengan baik, tidak menggenang di dalam pot.


Perawatan Nanas Madu

Nanas madu cuma butuh disirami 1– 2 kali satu hari ataupun bergantung keadaan tanah. Walaupun nanas madu tidak suka tanah yang sangat basah, jauhi pula keadaan tanah yang sangat kering.

Tanah yang sangat kering berdampak tumbuhan kerdil serta buahnya kecil- kecil. Jaga kebersihan dekat lahan ataupun pot dengan giat melaksanakan penyiangan.

Baca Juga :  Budidaya Nanas : Teknik Pembibitan Hingga Panen Sukses (Pemula)

Banyaknya gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain berisiko datangnya hama serta penyakit yang bisa mengusik perkembangan nanas madu.

Bila terdapat bibit yang mati sebab terserang hama ataupun penyakit, maupun mati sebab layu, jalani penyulaman. Ubah dengan bibit yang baru.

Perihal ini buat menjauhi tumbuhan yang lain tertular. Sehabis tumbuhan berumur 2– 3 bulan dari masa penanaman, bagikan pupuk bonus berbentuk pupuk kandang ataupun kompos.

Frekuensi pemberian merupakan 1– 3 bulan sekali dengan dosis yang disesuaikan, bergantung pada luas tempat penanaman. Metode pemberiannya dengan menaburkan pupuk di dekat tumbuhan.

Cara Menanam Nanas Madu : Teknis Sukses Tanam di Pekarangan Rumah dan Pot

Pemanenan

Nanas madu bisa dipanen pada umur antara 12– 24 bulan, bergantung tipe bibit yang digunakan. Sangat kilat berbuah merupakan tumbuhan yang bibitnya berasal dari tunas pangkal.

Menjelang panen, nanas madu masih menghendaki pengairan yang lumayan serta fertilisasi yang maksimal buat memicu proses pembungaan.

Buah yang telah siap panen mempunyai identitas: mahkotanya terbuka; tangkai buah mengerut; mata buah lebih besar, bundar, serta mendatar; bagian dasar buah bercorak kuning; buah menghasilkan aroma harum yang khas.

Pemetikan buah yang telah matang dengan metode memotong pangkal tangkai buah secara mendatar/ miring dengan pisau yang tajam serta steril.

Hati- hatilah jangan hingga buah rusak ataupun memar. Jangan tunggu sangat lama buat memanen buah sebab hendak mengganggu isi nutrisinya.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Nanas Madu Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Daftar Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Beserta Manfaatnya

0 () Daftar Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Beserta Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Yang Bisa...
Admin1
2 min read

Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula

0 () Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Aquascape. Contents 1 Jenis...
Admin1
2 min read

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read