Cara Menanam Murbei Agar Cepat Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)

2 min read

Cara Menanam Murbei Agar Cepat Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)
0
()

Cara Menanam Murbei Agar Cepat Berbuah Lebat (Panduan Lengkap) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Murbei.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Murbei Agar Cepat Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)


Murbei ataupun mulberry( Morus sp) merupakan tipe tumbuhan semak yang dapat berkembang sampai ketinggian mencapai 10- 15 m serta hidup di zona subtropik di Afrika, Asia serta pula Amerika.

Tumbuhan murbei berasal dari tipe keluarga Moraceae yang berjenis Morus.

Sebagian tipe Mulberry ialah Morus alba di wilayah Asia Timur, Morus mesozygia di Afrika Selatan serta Tengah, Morus rubra di Amerika Utara, serta Morus insignis di Amerika Selatan.

Buah murbei timbul dengan bergerombol dengan dimensi dekat 2- 3 centimeter. Buah murbei ini memiliki rasa yang fresh ialah kombinasi manis serta asam pada dikala telah matang.

Buah murbei bercorak hijau muda sampai merah kala masih muda serta hendak bercorak ungu tua sampai gelap kala matang serta rasanya manis.

Murbei banyak di budidayakan buat di ambil buahnya yang hendak diolah jadi selai, minuman serta bahan membuat kue.

Sebaliknya daunnya di pakai bagaikan pakan ulat sutra dan kayunya terdapat yang di manfaatkan bagaikan mebel. Buah murbei memiliki isi anthocyanin yang banyak berguna untuk kesehatan bagaikan antioxidant.


Habitat dan Syarat Tumbuh Murbei

Tanaman murbei sesuai berkembang di habitat dengan cuaca dingin. Oleh karena itu, sebaran murbei di Indonesia cuma terdapat di kawasan pegunungan.

Baca Juga :  Penangkal Asam Urat dan Kolesterol, Inilah Morfologi Daun Kepel dan Manfaat Untuk Kesehatannya

Supaya bisa berkembang dengan baik, murbei wajib ditanam pada ketinggian diatas 700 mdpl.Temperatur area yang diperlukan antara 21 sampai 25 derajat celcius.

Tetapi pada sebagian tipe tumbuhan murbei yang mempunyai keahlian menyesuaikan diri baik, bisa pula ditanam di wilayah dengan ketinggian 100 mdpl asalkan keadaan lingkungannya sejuk serta membutuhkan pasokan air yang lumayan besar.

Oleh karena itu, para pembudidaya murbei biasanya menanamnya di dekat sungai ataupun sumber air buat mengestimasi kelangkaan air di masa kemarau.

Tidak hanya itu, keadaan dekat lahan pula hendaknya tidak telalu banyak tutupan sebab murbei memerlukan banyak cahaya matahari.


Metode Menanam Murbei


  • Persiapan Lahan Tanam

Buatlah lubang dengan dimensi 30 centimeter x 30 centimeter x 30 centimeter.Gemburkan tanah sisa galian dengan metode dicampur dengan pupuk kandang kering serta sekam dengan perbandingan 1: 1: 1.

Bilas zona di dekat galian dari gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain.Buat saluran di sekitar zona tanam sehingga air hujan ataupun siraman tidak hendak menggenang.

Diamkan lubang galian serta kombinasi media tersebut kurang lebih 3 hari. Pendiaman ini berguna buat mematikan organisme- organisme yang mengusik di tanah galian.

  • Persiapan Bibit Murbei

Memperoleh bibit tumbuhan murbei dapat dicoba lewat stek batang ataupun dengan metode persemaian.

Dianjurkan bibit diambil dari tumbuhan induk yang berusia lebih dari satu tahun, fresh serta pula terbebas dari hama serta penyakit. Langkah tata cara stek:

Batang stek didapat dari cabang yang fresh, mempunyai diameter 1- 2 centimeter, panjang 20- 25 centimeter serta paling tidak memiliki 4 ruas.

Potong batang stek miring serta jangan hingga terkelupas kulitnya ataupun rusak bagian kayunya.Pemotongan cabang wajib memakai parang ataupun pisau yang tajam.

Baca Juga :  Mengenal Daun Ashitaba, Seledri Jepang Banyak Manfaat dan Nutrisi Bagi Kesehatan

Hilangkan daun yang terdapat buat kurangi penguapan air.

  • Proses Persemaian Bibit Murbei

Siapkan polybag dengan dimensi panjang 25- 30 centimeter serta lebar 15 centimeter.Kantong plastik sebaiknya diberi lubang pada sudut dasar kiri, sudut dasar kanan serta bagian tengahnya.

Kantong plastik diisi tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang sampai menggapai 1- 2 centimeter, dari ujung atas kantong.Sehabis bibit berumur 2- 3 bulan, bibit telah jadi serta bisa digunakan buat menanam murbei.

  • Proses Penanaman Murbei

Masukkan sebagian tanah galian ke dalam lubang.Sehabis itu memilih batang tumbuhan induk murbei yang mempunyai diameter 3 centimeter panjang dekat 30 centimeter.

Kemudian potonglah batang tersebut secara melintang sampai berupa tajam serta yakinkan batangnya jangan hingga retak.

Buanglah seluruh buah serta daun yang ada pada potongan batang tersebut.Celupkan potongan batang tumbuhan tersebut ke dalam larutan zat pengatur berkembang ialah dengan larutan air bawang merah.

Perendaman batang pada larutan- larutan tersebut berperan buat menolong percepatan berkembang pangkal. Rendam batang yang dipotong±5 jam.

Buat lubang dengan dengan kayu ataupun barang yang lain di tengah- tengah lubang galian. Metode ini berguna supaya batang murbei yang hendak kita tanam tidak hadapi kehancuran dikala ditancapkan.

Tutup lubang galian dengan sisa tanah yang terdapat.Padatkan tanah di atasnya supaya tumbuhan tidak gampang roboh terserang air ataupun angin.

Berilah ajir buat menopang tumbuhan apabila butuh.Ajir bisa terbuat dari potongan bambu dengan panjang 60cm.

Cara Menanam Murbei Agar Cepat Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)

  • Perawatan Murbei

Perawatan tumbuhan murbei tercantum sangat gampang, perawatan yang diperlukan antara lain semacam pemupukan serta penyiraman.

Jalani pemupukan tiap 2 bulan sekali memakai pupuk NPK serta pupuk guano dengan dosis tiap- tiap dekat 2 sendok makan.

Baca Juga :  14 Manfaat Daun Labu Siam Yang Penting Untuk Kamu Ketahui

Jalani pula penyiraman sebanyak 2 kali satu hari ialah pagi serta sore ataupun disesuaikan dengan keadaan media tanam.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Murbei  Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah

0 () Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat...
Admin1
1 min read

Cara Mudah Menanam Bonsai Murbei

0 () Cara Mudah Menanam Bonsai Murbei – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Mudah Menanam Bonsai Murbei. Cara Mudah...
Admin1
1 min read

Nama Nama Bunga Yang Sangat Mudah Untuk Ditanam dan…

0 () Nama Nama Bunga Yang Sangat Mudah Untuk Ditanam dan Dirawat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama...
Admin1
2 min read