Cara Menanam Mawar Agar Berbunga Lebat (Panduan Pemula)

3 min read

Cara Menanam Mawar Agar Berbunga Lebat (Panduan Pemula)
0
()

Cara Menanam Mawar Agar Berbunga Lebat (Panduan Pemula) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Mawar .

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Mawar Agar Berbunga Lebat (Panduan Pemula)


Mawar ialah tumbuhan bunga hias berbentuk herba dengan batang berduri. Mawar yang diketahui nama bunga ros ataupun” Ratu Bunga” ialah simbol ataupun lambang kehidupan religi dalam peradaban manusia.

Mawar berasal dari dataran Tiongkok, Timur Tengah serta Eropa Timur. Dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah- daerah beriklim dingin( sub- tropis) serta panas( tropis).

Wilayah pusat tumbuhan mawar terkonsentrasi di kawasan Alaska ataupun Siberia, India, Afrika Utara serta Indonesia.

Sentra penanaman bunga potong, tabur serta tumbuhan pot di Indonesia dihasilkan dari wilayah Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Jakarta.

Dalam sistematika tanaman( taksonomi), mawar diklasifasikan bagaikan berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Spermatophyta
  • Sub- Divisi: Angiospermae
  • Kelas: Dicotyledonae
  • Ordo: Rosanales
  • Famili: Rosaceae
  • Genus: Rosa
  • Species: Rosa damascena Mill., R. multiflora Thunb., R. hybrida Hort., serta lain- lain.

Di Indonesia tumbuh aneka tipe mawar hibrida yang berasal dari Holand( Belanda). Mawar yang banyak peminatnya merupakan jenis Hybrid Tea serta Medium.

Keduanya mempunyai alterasi corak bunga yang banyak, mulai putih hingga merah padam serta tingkatan produktivitas besar: 120- 280 kuntum bunga/ m2/ tahun.

Baca Juga :  Panduan Budidaya Pohon Bungur Yang Baik Dan Benar Untuk Tanaman Herbal

Varietas- varietas mawar hibrida( Hybrid Tea) adalah: Coctail, Diplomat, Idole, Jacaranda, Laminuette, Osiana, Pareo, Samorai, Sonate de Meilland, Sonia, Sweet Sonia, Tineke, Vivaldi, White Success serta Yonina.

Sebaliknya mawar jenis Medium antara lain merupakan Golden Times, Jaguar, Sissel, Laser, serta Kiss.

Kelebihan varietas mawar hibrida merupakan tahan lama serta warna- warninya menarik. Mawar jenis Hybrid Tea bertangkai bunga 80- 120 centimeter, jenis Medium 40- 60 centimeter.

Sebagian varietas mawar introduksi yang diajarkan didataran rendah: Cemelot, Frad Winds, Mr. Lincoln, serta Golden Lustee sebagai mawar bunga potong.

Sebaliknya varietas Folk Song, Khatherina Zeimet, Woborn Abbey serta Cimacan Salem buat tumbuhan halaman.


Ketentuan Tumbuh Mawar

Angin tidak pengaruhi dalam perkembangan bunga mawar.Curah hujan untuk perkembangan bunga mawar yang baik merupakan 1500- 3000 milimeter/ tahun. Membutuhkan cahaya matahari 5- 6 jam per hari.

Di wilayah lumayan cahaya matahari, mawar hendak giat serta lebih kilat berbunga dan berbatang kuat. Cahaya matahari pagi lebih baik dari pada cahaya matahari sore, yang menimbulkan pengeringan tumbuhan.

Tumbuhan mawar memiliki energi menyesuaikan diri sangat luas terhadap area berkembang, bisa ditanam di wilayah beriklim dingin/ sub- tropis ataupun di wilayah panas/ tropis.

Temperatur hawa sejuk 18- 26 derajat C serta kelembaban 70- 80%.Penanaman dicoba secara langsung pada tanah secara permanen di kebun ataupun di dalam pot.

Tumbuhan mawar sesuai pada tanah liat berpasir( isi liat 20- 30%), produktif, gembur, banyak bahan organik, aerasi serta drainase baik.

Pada tanah latosol, andosol yang mempunyai watak raga serta kesuburan tanah yang lumayan baik.

Derajat keasaman tanah yang sempurna merupakan PH=5, 5- 7, 0. Pada tanah asam( pH 5, 0) butuh pengapuran kapur Dolomit, Calcit atupun Zeagro dosis 4- 5 ton/ hektar.

Baca Juga :  Budidaya Cacing Sutra : Peluang Bisnis Unik dan Menguntungkan Untuk Pemula

Pemberian kapur bertujuan buat menaikan pH tanah, menaikkan unsur- unsur Ca serta Miligram, membetulkan kehidupan mikroorganisme, membetulkan bintil- bintil pangkal.

Juga kurangi keracunan Fe, Mn, serta Angkatan laut(AL), dan menaikkan ketersediaan unsur- unsur P serta Mo. Tanah berpori- pori sangat diperlukan oleh pangkal mawar.

Mawar berkembang baik pada:

a) Ketinggian 560- 800 meter dpl, temperatur hawa minimum 16- 18 derajat C serta maksimum 28- 30 derajat C.

b) Ketinggian 1100 meter dpl, temperatur hawa minimum 14- 16 derajat C, maksimum 24- 27 derajat C.

c) Ketinggian 1400 meter dpl, temperatur hawa minimum 13, 7- 15, 6 derajat C serta maksimum 19, 5- 22, 6 derajat C.

Di wilayah tropis semacam Indonesia, tumbuhan mawar bisa berkembang serta produktif berbunga di dataran rendah hingga besar( pegunungan) rata- rata 1500 meter dpl.


Metode Menanam Bunga Mawar:

Pada peluang kali ini, kami hendak membagikan panduan metode menanam bunga mawar yang sudah teruji bisa membuat bunga mawar jadi rimbun. Metode menanam bunga mawar ini terdiri dari 5 langkah, ialah:

  • Pemilihan Bibit Bunga Mawar

Langkah dini dalam menanam bunga mawar ialah diawali dari pemilihan bibit bunga mawar. Bibit bunga mawar bisa berasal dari biji( generatif) ataupun dari stek( vegetatif).

Pemilihan bibit bunga mawar hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan serta tujuan budidaya, dan yang gampang penjagannya.

  • Pengolahan Media Tanam

Sebab tumbuhan mawar menghendaki media tanam yang produktif, gembur serta kaya bahan organik, buat skala besar( usaha tani bunga potong),tanah wajib diolah sedemikian rupa serta dibuat bedengan- bedengan.

Tambahkan bahan organik berbentuk kompos ataupun pupuk kandang 10– 20 ton/ hektar dan semprot dengan GDM Black Bio Organic Stimulant( dosis cocok anjuran) buat lebih menyuburkan tanah.

Baca Juga :  Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Mengenal Kandungan Senyawa Kimianya

Sebaliknya buat skala kecil( tumbuhan dalam pot) media terbaik merupakan kombinasi tanah, pasir serta pupuk kandang dengan perbandingan 4: 1: 2 yang disemprot dengan GDM Black BOS.

  • Metode Tanam

Bibit hasil stek batang direndam GDM Tumbuhan Hias dengan konsentrasi 1: 10 sepanjang 1 jam.

Setelah itu tanam dengan jarak 60 X 70 Centimeter( buat skala besar) ataupun di tengah- tengah pot tanah diameter lagi. Waktu penanaman hendaknya pada pagi hari.

  • Pemeliharaan

Pemeliharaan teratur meliputi penyiraman tiap pagi serta sore hari cocok keadaan. Tidak hanya itu pula butuh penyiangan dari gulma/ rumput liar.

Cara Menanam Mawar Agar Berbunga Lebat (Panduan Pemula)

  • Pemupukan Bunga Mawar

Pupuk bunga mawar yang digunakan merupakan NPK sebanyak 5 gr/ tumbuhan pada dikala tanam serta 7 hari sehabis tanam. Semprotkan GDM Tumbuhan Hias dengan konsentrasi 1: 10 tiap minggu sekali.

Buat usahatani bunga potong( skala besar) pula wajib ditambahkan pupuk Urea 200– 300 Kilogram/ hektar, TSP 840 Kilogram/ hektar, KCl 250 Kilogram/ hektar tiap 3 bulan sekali.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Mawar Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5