Cara Menanam Mahkota Dewa Mudah dan Hasil Sukses Untuk Pemula

3 min read

Cara Menanam Mahkota Dewa Mudah dan Hasil Sukses Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Mahkota Dewa Mudah dan Hasil Sukses Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Mahkota Dewa.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Mahkota Dewa Mudah dan Hasil Sukses Untuk Pemula


Tumbuhan mahkota dewa mempunyai nama latin phaleria papuana. Dari nama tersebut diperkirakan tumbuhan mahkota dewa berasal dari Papua.

Berawal dari Papua, tumbuhan ini setelah itu menyebar ke wilayah Jawa, Sumatera apalagi ke Tiongkok.

Tumbuhan mahkota dewa umumnya digunakan bagaikan tumbuhan hias ataupun juga ditanam di pekarangan bagaikan tumbuhan peneduh.

Morfologi Tanaman Mahkota Dewa

Pangkal atau akar tumbuhan mahkota dewa tercantum pada pangkal tunggang dengan panjang pangkal menggapai 100 centimeter serta menyebar ke samping.

Sebaliknya batang tumbuhan mahkota dewa berupa bundar dengan permukaan yang agresif. Kulit batang tumbuhan mahkota dewa mempunyai corak cokelat kehijauan dengan kayu bercorak putih.

Diameter batang dari tumbuhan mahkota dewa bisa menggapai 15 centimeter serta pada batang akan keluar getah dikala batang tumbuhan dipotong.

Pada bagian daun, daun tumbuhan mahkota dewa terkategori pada daun tunggal dengan wujud lonjong memanjang serta mempunyai ujung yang lancip.

Daun dari tumbuhan mahkota dewa mempunyai corak hijau dengan corak hijau muda pada daun yang masih muda serta hijau hitam pada daun yang telah tua.

Baca Juga :  Budidaya Nilam : Jenis, Syarat Tumbuh,Tips Perawatan dan Panen Melimpah

Permukaan atas daun terasa licin apabila diraba serta mempunyai panjang 7- 10 centimeter dengan lebar 3- 5 centimeter.

Bunga dari tumbuhan mahkota dewa mempunyai dimensi yang kecil dengan corak putih serta mempunyai bau yang harum. Bunga ini tercantum dalam bunga majemuk serta berkembang di dekat batang ataupun ketiak daun.

Bunga dari tumbuhan mahkota dewa bisa berbunga sejauh tahun serta lebih kerap timbul dikala masa hujan. Bagian buah tumbuhan mahkota dewa terdiri dari kulit buah, daging buah, cangkang serta biji.

Buah ini mempunyai wujud bundar dengan dimensi diameter dekat 3- 5 centimeter.Buah yang masih muda mempunyai corak hijau sedangkan yang telah masak mempunyai corak merah.

Corak merah yang cerah ini ialah karakteristik dari tumbuhan mahkota dewa. Sebaliknya bagian daging buah tumbuhan mahkota dewa mempunyai corak putih serta berserat dan berair.Daging buah ini terasa sepat manis dikala telah masak.

Buah dari tumbuhan mahkota dewa beresiko apabila disantap dalam kondisi mentah sebab toksin yang di milikinya, sehingga apabila mau komsumsi buah tumbuhan mahkota dewa hendaknya direbus ataupun dikeringkan terlebih dulu.

Sama semacam buah, cangkang buah tumbuhan mahkota dewa pula beracun apabila dimakan langsung, cangkang ini wajib direbus terlebih dulu.

Cangkang dari buah tumbuhan mahkota dewa membungkus biji yang terdapat dalam buah. Biji dari tumbuhan mahkota dewa mempunyai wujud bundar dengan corak cokelat serta bagian dalam bercorak putih.


Syarat Tumbuh Mahkota Dewa

Tumbuhan mahkota dewa ialah tumbuhan wilayah tropis. Tumbuhan ini bisa berkembang pada tempat dengan curah hujan 1000- 2500 milimeter per tahun.

Temperatur yang dibutuhkan supaya tumbuhan mahkota dewa berkembang berkisar antara 20- 33°C dengan kelembapan hawa menggapai 70- 90%.

Baca Juga :  Budidaya Rumput Odot : Peluang Usaha Pakan Ternak Yang Menjanjikan

Cahaya matahari pula jadi perihal berarti yang pantas dicermati dalam perkembangan tumbuhan mahkota dewa sehingga wajib ditentukan kalau penyinaran cahaya matahari yang didapatkan oleh tumbuhan mahkota dewa lumayan buat mendukung pertumbuhannya.

Tumbuhan mahkota dewa berkembang baik di lahan produktif serta gembur yang kaya hendak isi organik. pH tanah yang diperlukan supaya tumbuhan mahkota dewa berkembang menggapai 5, 5- 7, 2.

Posisi penanaman tumbuhan mahkota dewa hendaknya terletak pada tempat yang jauh dari polusi supaya tumbuhan tidak tercemar polutan.

Tumbuhan mahkota dewa ialah tumbuhan yang bisa berkembang baik kala ditanam di dataran rendah ataupun dataran besar.

Ketinggian tempat yang cocok buat tumbuhan mahkota dewa merupakan dekat 10- 1200 mdpl tetapi tumbuhan ini hendak berkembang dengan baik apabila ditanam pada tempat dengan ketinggian 10- 1000 mdpl.


Metode Tanam Budidaya Mahkota Dewa

Metode menanam buah ini dengan baik merupakan bagaikan berikut:

  • Pengolahan Tanah

Tanah lebih dahulu digemburkan dan diberi pupuk dasar yang berbentuk pupuk kandang. Takaran pupuk kandangyang diberikan merupakan 20ton/ ha. Bagaikan tumbuhan keras, mahkota dewa memerlukan memerlukan lubangtanam. Lubang tanam digali( 30x 30×30) centimeter. Tanahgalian ditumpuk terpisah antara tanah susunan atas dantanah susunan dasar. Lubang tanam dibiarkan terbukaselama minimun seminggu supaya terserang hawa luar, cahaya matahari, serta hujan

  • Pengadaan Bibit

Salah satu aspek berarti dalam budidaya mahkota dewaadalah penyiapan bibit. Bibit yang baik hendak memberikanhasil yang baik pula tidak hanya didukung oleh aspek lain. Dalam budidaya mahkota dewa, terdapat 2 tipe bibit yangdapat digunakan, ialah bibit dari fase generatif( biji) danbibit dari fase vegetative( stek batang ataupun cangkok).

  • Penanaman

Penanaman mahkota dewa tidak bergantung masa, walaupun demikian, perawatan tumbuhan merupakankegiatan yang wajib dicoba tiap petani, terlebih bilausaha budidaya tersebut berorientasi pada hasil yangbaik

  • Penyulaman

Penyulaman dicoba apabila terdapat tumbuhan yang mati ataupertumbuhannya tidak wajar untukdigantikan dengan tumbuhan yang baik

  • Pemupukan

Pada prinsipnya pupuk yang diberikan pada tanamanobat diajarkan berasal dari bahan natural ataupun pupukorganik semacam pupuk bokasi. Pemakaian pupuk kimiaatau anorganik tidak diajarkan sebab menimbulkanresidu kimia yang bisa timbul pada buah. Padahalbuah mahkota dewa dimanfaatkan bagaikan bahan obat. Pasti saja perihal ini hendak sangat mempengaruhi padakesehatan penggunaannya.

  • Penyiraman

Penyiraman butuh dicoba pada dikala tanam dansesudah tanam dikala tumbuhan masih kecil. Cuma sajabila hari hujan, penyiraman tidak butuh dicoba. Setelahtanaman berusia 6 bulan setelah tanam, penyiramanrelatif tidak dibutuhkan sebab jangkauan perakarannya telah dalam.

Baca Juga :  Budidaya Alpukat : Tahapan, Ketentuan, Persiapan, Proses Dan Pemanenan

Cara Menanam Mahkota Dewa Mudah dan Hasil Sukses Untuk Pemula

  • Penyiangan

Penyiangan wajib dicoba secara berkala sepanjangtahun sebab mahkota dewa termasuktanaman tahunan. Penyiangan dicoba memandang gulmayang berkembang di dekat tumbuhan. Biasanya penyianganpada mahkota dewa dicoba 3- 4 kali

  • Pemanenan

Pemanenan buah mahkota dewa bisa dicoba pada dikala tanaman telah berusia dekat 2 bulan. Buah mahkota dewa yang siap panen biasanya bercorak merah cerah ataupun maroon dan mempunyai bau manis.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Mahkota Dewa Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5