Cara Menanam Lengkuas dalam Pot dan Polybag Untuk Pemula(Berhasil)

3 min read

Cara Menanam Lengkuas dalam Pot dan Polybag Untuk Pemula(Berhasil)
0
()

Cara Menanam Lengkuas dalam Pot dan Polybag Untuk Pemula(Berhasil) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Lengkuas.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Lengkuas dalam Pot dan Polybag Untuk Pemula(Berhasil)


Lengkuas, laos ataupun kelawas( Alpinia galanga) ialah tipe tumbuhan yang tercantum kedalam keluarga umbi- umbian yang dapat berkembang dengan baik didaerah dataran besar ataupun dataran rendah.

Biasanya warga Indonesia menggunakan lengkuas bagaikan bumbu masak serta bahan buat penyembuhan tradisional. Ibu- ibu tentu tahu dengan tumbuhan ini sebab lengkuas diperlukan buat bumbu masakan.

Lengkuas tercantum rempah berarti bagaikan bumbu masakan yang tidak dapat tergantikan. Tetapi, ketersediaan- nya kadangkala sangat jarang di pasaran sebab minimnya petani yang spesial membudidayakan lengkuas.

Tidak hanya bunga, tumbuhan lengkuas pula menciptakan buah yang berupa bundar serta keras. Corak buahnya yang semula hijau dikala masih muda hendak berganti jadi coklat dikala telah tua.

Buat nama lengkuas sendiri, ialah nama yang diperuntukan buat rimpangnya. Ciri- cirinya merupakan beraroma khas dengan kulit yang bercorak mengkilap, tekstur keras, berserat serta berdaging.

Terdapat 2 tipe lengkuas yang dibudidayakan di Indonesia, ialah lengkuas putih serta lengkuas merah.

Lengkuas putih dimanfaatkan bagaikan bumbu masakan, sebaliknya yang merah cenderung dimanfaatkan buat penyembuhan tradisional.

Baca Juga :  Cara Menanam Tomat : Persiapan, Pembibitan Perawatan Dan Pemanenan

Lengkuas sanggup berikan citarasa yang kokoh serta aroma yang khas pada tiap masakan. Tidak hanya itu lengkuas pula dapat dimanfaatkan bagaikan obat serta berguna untuk kesehatan badan.


Ketentuan Berkembang Tumbuhan Lengkuas

Saat sebelum mengawali metode menanam lengkuas, terdapat baiknya bila Kamu telah mengenali tentang ketentuan berkembang dari tumbuhan ini, ialah:

  • Ketinggian: 1– 1200 mdpl
  • Curah hujan: 2500– 4000 milimeter/ tahun
  • Temperatur hawa: 25– 29 derajat celcius
  • Daerah yang terserang paparan cahaya matahari dengan keseriusan yang tinggi
  • Kelembapan daerah terkategori sedang
  • Mempunyai tingkatan kesuburan yang lagi sampai tinggi
  • Tipe tanah yang dianjurkan merupakan latosol merah coklat, andosol, ataupun aluvial
  • Tekstur tanah lempung berpasir, lempung merah, lempung berliat, ataupun lateristik

Tahapan Poses Menanam Lengkuas dalam Pot atau Polybag

Metode menanam lengkuas di dalam pot ataupun polybag tidak sangat susah, sebab tumbuhan rimpang yang satu ini sangat gampang berkembang serta tumbuh.

Berikut ialah sebagian tahapan yang wajib kamu lakukan saat menanam lengkuas dalam pot ataupun polybag:

  • Pemilihan bibit

Pemilihan bibit wajib penuhi sebagian ketentuan antara lain bibit berasal dari tumbuhan induk yang lumayan tua dan terbebas dari serbuan hama penyakit.

Hendaknya memilah bibit langsung dari kebun serta memilih benih dari tumbuhan induk yang telah berumur 9 hingga 10 bulan kemudian yakinkan permukaan bibit lengkuas tidak cedera ataupun baret.

  • Penyemaian

Saat sebelum ditanam di lahan tanam, bibit lengkuas wajib lewat proses penyemaian. Penyemaian padap dicoba dalam peti kayu ataupun karung, triknya bagaikan berikut:

    • Jemur bibit lengkuas dibawah cahaya matahari, tetapi upayakan jangan sangat kering, setelah itu simpan sepanjang kurang lebih 1 samapai 1, 5 bulan.
    • Setelah itu patahkan bibit lengkuas jadi sebagian bagian, dengan tiap- tiap potongan mempunyai 3- 4 ruas mata tunas, kemudian jemur kembali sepanjang 1 hari.
    • Masukan bibit yang sudah siap kedalam larutan fungsida sepanjang 1 menit, setelah itu keringkan.
    • Sehabis bibit kering, masukan kedalam peti kayu ataupun karung. Bibit diletakan pada susunan sangat dasar, berikutnya abu sekam serta seterusnya, diamkan sepanjang kurang lebih 2- 4 minggu.
  • Persiapan Media Tanam

Proses berikutnya dalam metode menanam lengkuas merupakan persiapan media tanam, sebab kita hendak mengenakan pot ataupun polybag bagaikan media tanam.

Baca Juga :  Budidaya Pepaya California : Metode, Pembibitan, Pemeliharaan Dan Pemanenan

Yang wajib disiapkan antara lain pot ataupun polybag, tanah, pupuk kompos serta pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1: 1. Kemudian campur seluruh bahan tersebut sampai tercampur sempurna.

Setelah itu masukan media tanam tersebut kedalam pot ataupun polybag hingga 3/ 4 bagian.

Simpan pot ataupun polybag tersebut dilokasi yang teduh naum terserang cahaya matahari, diamkan sepanjang kurang lebih 1 minggu supaya media tanam tercampur sempurna.

Sehabis bibit lengkuas mulai berkembang tunas dan media tanam sudah siap, proses berikutnya merupakan menanam lengkuas pada media tanam.

Lubangi media tanam dalam polybag dengan kedalaman dekat 10- 15 centimeter. Setelah itu masukan 2- 3 rimpang lengkuas per polybag, upayakan tunah menghadap keatas.

Kemudian tutup kembali dengan tanah hingga penuh, siram seperlunya serta perhatikan jangan hingga terdapat air yang menggenang buat menjauhi pembusukan.

Perawatan Lengkuas

Menjaga tumbuhan lengkuas terbilang sangat gampang. Buat menemukan hasil panen melimpah, kamu lumayan melaksanakan perawatan simpel, ialah penyiraman serta pemupukan secara teratur.

Pemberian pupuk susulan bisa diberikan kala umur tanam merambah usia 1 bulan semenjak masa tanam.

Tidak hanya itu, supaya perkembangan lengkuas tidak tersendat, jalani pula penyiangan gulma ataupun rumput liar yang mengusik tumbuhan.

Cara Menanam Lengkuas dalam Pot dan Polybag Untuk Pemula(Berhasil)

Proses Panen Lengkuas

Biasanya tumbuhan lengkuas telah dapat dipanen sehabis berumur 10- 11 bulan masa penanamanSehabis melaksanakan metode menanam lengkuas, saat ini waktunya panen.

Saat sebelum memanen lengkuas, hendaknya Kamu kenali dahulu ciri tumbuhan lengkuas yang siap panen. Terdapat 2 identitas yang menampilkan kalau tumbuhan lengkuas telah siap panen, ialah:

  • Umur tumbuhan menggapai 10– 12 bulan
  • Daun mulai layu
  • Metode memanen lengkuas merupakan bagaikan berikut.
  • Bongkarlah rimpang dengan memakai garpu ataupun cetok
  • Yakinkan supaya tidak terserang rimpang supaya tidak rusak ataupun lecet
  • Angkat tumbuhan lengkuas dengan perlahan
  • Bersikanlah tanah yang melekat pada lengkuas dengan menepuknya secara perlahan
  • Pangkaslah batang, daun, serta akarnya
  • Cucilah lengkuas dengan merendamnya pada bak berisi air sepanjang 2– 3 jam
  • Tiriskan sepanjang satu hari
  • Simpanlah rimpang lengkuas di tempat yang tidak terserang cahaya matahari
Baca Juga :  Cara Menanam Cabe Hidroponik Untuk Pemula (Panduan Sukses)

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Lengkuas Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5