Cara Menanam Labu Air Untuk Pemula Serta Memahami Klasifikasi dan Morfologinya

3 min read

Cara Menanam Labu Air Untuk Pemula Serta Memahami Klasifikasi dan Morfologinya
0
()

Cara Menanam Labu Air Untuk Pemula Serta Memahami Klasifikasi dan Morfologinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Labu Air.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Labu Air Untuk Pemula Serta Memahami Klasifikasi dan Morfologinya


Labu air yang berupa bundar besar kerap di juluki dengan labu kendi sebaliknya yang berbetuk lonjong panjang disebut dengan nama labu belonceng.

Tidak sangat susah buat memasarkan labu, sebab masih banyak peminatnya. Labu ini pula bagus buat penuhi kebutuhan sayur- mayur satu hari– hari serta apalagi buat di jual di pasaran.

Sebab buah labu air ini kaya hendak isi vit B ataupun C, hingga banyak warga yang menjadikan labu bahan obat, tidak hanya dari menjadikannya buat sayur setiap hari.

Banyak penyembuhan yang acapkali memakai peranan labu air semacam penyakit tifus serta pula demam. Tumbuhan labu air pula tercantum tumbuhan yang gampang berkembang di bermacam keadaan ataupun di bermacam tempat.

Labu air bisa berkembang produktif di dataran rendah, dataran tinggi, pada masa kemarau ataupun masa hujan. Banyak pula para petani yang menanam labu di sawah, serta di perkenankan menjalar di pematang sawah.

Labu Air mempunyai sebagian persamaan kata(sinonim) ialah Lagenaria leucantha, R, Cucurbita lagenaria, L, Lagenaria vulgaris, S.

Pada sebagian wilayah labu air mempunyai nama- nama yang khas semacam frangi( melayu), tabu( sumatera utara), kukuk( sunda), Waluh kenti( jawa), labu lente( madura), serta sambiki( manado).

Baca Juga :  Cara Menanam Terong Hijau Mudah dan Tepat Hasil Maksimal

Labu air ialah tumbuhan herbal yang sudah lama diketahui, sehingga dikatakan kalau labu air ini ialah salah satu tumbuhan tertua,Pemanfaatannya kerap untuk tambahan pada pembuatan saus tomat, sayur labu air, serta pula terbuat manisan kering.


Morfologi dan Klasifikasi Labu Air

Labu air ialah tumbuhan herba semusim yang berkembang menjalar, mempunyai batang yang berupa persegi, dengan perlengkapan pembelit. Daunnya tunggal bertangkai silindris, permukaan agresif serta bercorak hijau.

Bunga berumah satu diketiak daun, bercorak kuning kehijauan, mempunyai 5 mahkota, 5 benang sari, serta 3 putik. Buah bundar memanjang serta bercorak hijau kekuningan, dengan kulit yang bertekstur keras.

Biji buah banyak, pipih, lonjong, serta bercorak putih serta berakar tunggang.

Secara sistematika taksonomi merupakan bagaikan berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta( tanaman berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida( berkeping 2)
  • Famili :Cucurbitaceae( labu- labuan)
  • Genus: Lagenaria
  • Spesies: Lagenaria Siceraria

Labu ialah tanaman yang relatif gampang ditanam sebab sanggup menyesuaikan diri terhadap area baik pada dataran besar berhawa dingin ataupun dataran rendah berhawa panas.

Tidak hanya itu tanaman ini pula sanggup menyesuaikan diri pada minimnya air pada masa kemarau serta kelebihan air pada musin hujan.

Tanaman ini dibudidayakan dengan biji. Kebutuhan biji ialah 4- 5 biji/ ha, dengan pencangkulan 2 kali satu hari biar gembur serta diberi pupuk kandang.

Dengan masa panen yang terkategori kilat ialah 70- 90 hari bergantung pada tingkatan pertumbuhan buah yang di idamkan.

Pada dikala panen buah labu air wajib dipotong tangkainya dengan pisau namun jangan hingga jatuh. Pada pemotongan, tinggalkan tangkai buah dekat 5 centimeter, jadi tidak dipotong utuh.


Metode Menanam Labu Air


  • Persiapan Lahan Tanam

Meskipun kamu bisa jadi tidak mempunyai lahan yang luas ataupun hadapi keterbatasan lahan, kamu senantiasa dapat berupaya menanam labu air memakai pot atau wadah yang lain yang pastinya tidak memerlukan tempat yang luas.

Bila kamu memakai pot, hingga kamu wajib membuat tongkat ataupun penyangga, supaya tumbuhan labu air bisa berkembang dengan baik, sebab ini ialah tumbuhan yang merambat.

Baca Juga :  Budidaya Jambu Kristal Yang Baik Dan Tepat Bagi Pemula

Tetapi bila kamu merupakan owner pekarangan rumah yang cukup luas hingga jadikanlah taman kamu bagaikan lahan buat bercocok tanam labu air tersebut.

Buat persiapan lahan, hingga galilah lahan tersebut serta gemburkan tanahnya, gabungkan dengan pupuk kompos serta diamkan galian tanah tersebut sampai lebih kurang 6 hari.

  • Penanaman Bibit Labu Air

Tidak sangat susah memanglah buat mencari bubut labu air di pasaran. Saat ini sudah banyak bibit– bibit kemasan yang di jual dengan harga terjangkau.

Buat proses penanamannya sendiri kamu dapat langsung menanam bibit labu air ke dalam lahan yang sudah di siapkan tadinya, ataupun meningkatkan bibit tersebut terlebih dulu.

Buat tata cara penumbuhan bibit di media semai bukanlah membutuhkan perlakuan spesial. labu air tercantum tumbuhan yang gampang di semaikan.

Rendam saja terlebih dulu bibit labu air serta setelah itu letakkan di dalam tisu basah yang sudah ditutup rapat, supaya kelembabannya terpelihara, ataupun pakai media kombinasi tanah humus serta pupuk.

Tunggu sampai bibit mulai berkembang serta hadapi perkembangan daun.Sehabis di rasa lumayan hingga kamu dapat memindahkan bibit ke lahan tanam.

Sehabis lahan yang di siapkan sepanjang kurang lebih 6 hari tersebut di siapkan hingga tanamlah 2 bibit per lobang.Setelah itu taburi abu dapur ataupun sekam pada bagian susunan atas penanaman bibit.

Jalani perihal ini sampai bibit labu air berkembang sampai dekat 30 centimeter, ini di pakai buat mengindari serbuan hama semacam cacing serta pula bekicot.

  • Proses Perawatan Labu Air

Buatlah para– para dengan ketinggian kurang lebih 220 centimeter, serta pada bagian atas kamu dapat meletakkan anyaman bambu.

Para– para ini hendak sangat bermanfaat kala bibit labu air mulai tumbuh serta berkembang bagaikan media rambatannya.

Baca Juga :  Cara Menanam Kentang : Budidaya, Pembibitan, Perawatan, Pemupukan Dan Panen

Jalani penyemprotan dengan bermacam bahan organik ataupun bahan kimia pengusir hama bila tanaman labu air kamu terkena bermacam berbagai hama.

Bersihkanlah bagian dasar dari bermacam rumput liar yang bisa menggangu tingkatan kesuburan serta pertumbuhan dari bibit labu air kamu. Yakinkan kamu merawatnya dengan pemberian lumayan air per harinya.

  • Pemupukan

Tanaman labu air ini tidaklah tanaman yang terkategori“ rewel” dalam perihal pemupukan. Jadi kamu tidak butuh sangat takut hendak proses pemupukan di lahan kamu.

Kamu dapat saja memakai pupuk kandang, organik ataupun pupuk urea ataupun apalagi kombinasi dari sebagian tipe pupuk.

  • Proses Panen

Sehabis bibit labu air merambat serta berbuah, hingga kamu sudah dapat memanennya. Labu air tercantum tipe tumbuhan yang gampang serta kilat buat berbuah, jangan sangat lama dalam melaksanakan pengambilan buah.

Sebab buah labu air yang sangat masak hendak membeku kulitnya serta buah ataupun isinya juga hendak sangat berserat sampai tidak lezat lagi buat di olah serta di peruntukan bagaikan bahan santapan.

Tetapi buah labu air yang masih fresh sangat baik buat kesehatan serta pastinya sangat lezat apabila di olah. Labu air hendak kembali berbuah dalam kurun waktu yang realtif pendek.

Kamu cuma butuh memastikan tidak terdapat hama ataupun penyakit yang melanda tumbuhan labu air kamu.

Cara Menanam Labu Air Untuk Pemula Serta Memahami Klasifikasi dan Morfologinya

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Labu Air Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5