Cara Menanam Kemiri : Panduan Tanam dan Perawatan Yang Benar (Panen Sukses)

3 min read

Cara Menanam Kemiri : Panduan Tanam dan Perawatan Yang Benar (Panen Sukses)
0
()

Cara Menanam Kemiri : Panduan Tanam dan Perawatan Yang Benar (Panen Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kemiri .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Kemiri : Panduan Tanam dan Perawatan Yang Benar (Panen Sukses)


Aleurites Moluccana ataupun umum diketahui dengan nama kemiri merupakan nama tanaman yang kabarnya masih berkerabat dengan singkong sebab bersama dikelompokkan dalam suku euphorbiaceae.

Tumbuhan ini mempunyai buah dengan biji yang pula diketahui dengan nama Kemiri. Di Indonesia, kemiri sendiri lumayan terkenal karena ialah bagian dari budaya kuliner kita.

Tumbuhan kemiri bisa ditemukan nyaris sebagian besar Indonesia, tumbuhan ini bisa berkembang pada ketinggian 0- 800 meter diatas permukaan laut.

Pada wilayah yang beriklim kering semacam di Sulawesi Selatan, ataupun pada wilayah yang beriklim basah semacam di Jawa Barat.


Morfologi Kemiri

Tumbuhan kemiri merupakan salah satu tumbuhan besar yang ketinggiannya terletak pada kisaran 25 hingga 40 m dengan diameter menggapai 90 centimeter serta gemang sampai 1, 5 m.

Batangnya tebal dengan kulit bercorak abu- abu serta kecokelatan. Ada tekstur halus dengan garis- garis vertikal pada kulit batang.

Percabangan tumbuhan kemiri berkembang secara abstrak ataupun tidak tertib serta membentang lebar.

Cuma saja pada lahan kecil percabangan tumbuhan kemiri tidak sangat banyak, sehingga pertumbuhannya fokus keatas. Tumbuhan ini memiliki tunas yang tertutup oleh bulu- bulu halus dari batang tumbuhan.

Daun kemiri gampang buat di identifikasi dengan memandang dimensi serta wujudnya. Panjang daun kurang lebih 30 centimeter serta memiliki 3 hingga 7 lekukan pada tiap daun.

Baca Juga :  Cara Sukses Budidaya Ketumbar Lengkap Dan Mudah

Sistem daunnya merupakan tunggal serta berkembang silih menyilang dengan gelombang di pinggir daun. Rupanya putih serta berganti jadi hijau kala kemiri sudah tua.

Bunga tumbuhan kemiri ialah kalangan monoceious, ialah bunga jantan serta bunga betina berkembang di tumbuhan yang sama.

Sistem perkembangan bunganya ialah bunga jantan berkembang di bagian ujung dengan dimensi lebih kecil, kemudian di kelilingi oleh bunga betina.

Umumnya bunga jantan berkembang dalam jumlah banyak serta lebih kilat mekar.

Dimensi bunga jantan antara 6 hingga 7 milimeter, sebaliknya bunga betina ukurannya 9 hingga 10 milimeter. Corak bunga lumayan bermacam- macam mulai dari putih kehijauan hingga dengan krem.

Bunga kemiri membentuk gugusan serta memiliki bau yang khas dan biasanya berkembang lebih dari sekali dalam satu tahun.

Wujud buah kemiri semacam bundar terlur agak kepeng dengan dimensi 5- 6 centimeter x 5, 7 centimeter, bercorak hijau zaitun serta tertutupi rambut beledu.

Daging buah bercorak keputihan, tidak memecah serta berisi 1 ataupun 2 biji. Biji kemiri bertempurung tebal serta keras, berdimensi 3 centimeter x 3 centimeter agak gepeng dengan corak biji keputihan serta memiliki minyak.

Harga kemiri yang lumayan besar di pasaran jadi salah satu alibi kenapa tumbuhan ini berpotensi buat dibudidayakan. Berikut merupakan metode budidaya tumbuhan kemiri mulai dari pembibitan sampai panen.


Ketentuan Tumbuh Tanaman Kemiri

Perkebunan kemiri yang sempurna memerlukan kesesuaian lahan ataupun ketentuan berkembang yang baik. Tumbuhan kemiri berkembang maksimal pada tipe tanah kapur, dan berpasir tepi laut.

Supaya hasil produksinya melimpah, hendaknya ditanam pada ketinggian 0 sampai 800 mdpl meliputi lahan datar, bergelombang ataupun bertebing curam.

Curah hujan yang dibutuhkan dekat 15000 hingga 24000 milimeter per tahun dengan temperatur kisaran 20° sampai 27°C.


Metode Menanam Kemiri


  • Pengadaan Bibit

Buat memperoleh hasil budidaya kemiri yang sukses, hingga diperlukan bibit bermutu baik. Perbanyakan tumbuhan kemiri bisa dicoba secara generatif ataupun lewat biji, dan lewat metode vegetatif ataupun lewat sambungan.

Baca Juga :  Pengertian Hidroponik : Manfaat, Kelebihan, Media tanam dan Metode Tanam

Tidak hanya itu, kita pula bisa memperoleh bibit kemiri unggul dari produsen ataupun orang dagang.Benih bisa diperoleh dari buah kemiri masak serta jatuh natural.

Saat sebelum disemai, biji direndam dengan air dingin sepanjang 15 hari. Sehabis itu biji hendak retak serta bisa dipecahkan dengan palu ataupun barang keras yang lain.

Benih kemiri yang disemai sepanjang 45 hari siap disapik serta dicoba pilih.

Seleksi hasil semai yang tegak lurus serta sehat, setelah itu cabut secara hati- hati supaya pangkal tidak rusak serta pindah ke dalam polybag yang berisi kombinasi tanah serta pasir( 1: 2).

  • Pengolahan Lahan

Lahan budidaya kemiri bisa diratakan serta dibersihkan dari tumbuhan semacam gulma serta semak belukar lewat pencangkulan ataupun pembajakan sawah.

Jarak tanam sempurna kemiri merupakan 9 x 9 meter ataupun 10 x 10. Sehabis itu diilanjutkan dengan pengajiran cocok jarak tanam. Pembuatan ajir wajib lurus muka, balik serta samping kanan kiri.

Pada tiap ajir terbuat lubang berdimensi 60 x 60 x 60 centimeter. Kala menggali, sebagian tanah pada bagian atas wajib dipisahkan.

Setelah itu tanah galian susunan dasar dicampur pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1 secara menyeluruh.

  • Penanaman

Dini masa hujan ataupun akhir masa kemarau merupakan waktu terbaik buat menanam bibit kemiri.

Sebelum bibit dimasukkan dalam lubang tanam, hendaknya 7 hari tadinya lubang tanam diberi pupuk kandang dekat 2 sampai kilogram per lubang supaya merendahkan derajat keasaman tanah.

Bibit setelah itu ditanam dengan metode melepas polybag secara hati- hati supaya pangkal kemiri tidak rusak. Tanam bibit dengan posisi tegak lurus kemudian timbun dengan tanah serta sedikit dipadatkan.


Perawatan Tanaman Kemiri


  • Penyiraman dan Pemupukan

Penyiraman teratur dibutuhkan paling utama pada 1 sampai 3 tahun awal. Supaya tumbuhan kilat berkembang serta tumbuh, hingga pemberian pupuk organik ataupun kimia sangat diajarkan.

Pemupukan tumbuhan kemiri bisa dicoba setahun sekali dengan takaran buat tumbuhan muda dekat 2 kilogram per tumbuhan.

Baca Juga :  Budidaya Kelinci : Jenis Kelinci, Pemilihan Indukan, Metode Perkembangbiakan dan Perawatannya

Sebaliknya pada tumbuhan kemiri yang sudah berproduksi, pupuk yang diberikan bertambah dekat 10 sampai 30 pupuk kandang buat tiap tumbuhan.

  • Pemangkasan

Pemangkasan pada budidaya kemiri bertujuan supaya tumbuhan berkembang tidak sangat besar serta memancing perkembangan cabang lebih banyak.

Keadaan tersebut dimaksudkan supaya memudahkan perawatan, pemanenan serta mempermuda bagian tumbuhan yang sudah tua.

Khasiat pemangkasan merupakan memicu tumbuhan kilat berbunga serta berbuah. Pemangkasan hendaknya dicoba pada dini masa hujan sebab perkembangan tunas baru memerlukan pasokan air yang lumayan banyak.

Bagian tumbuhan yang dipangkas tertama cabang- cabang lemah, rusak, mati, sakit, serta percabangan yang sangat rapat sehingga cahaya matahari serta hawa susah masuk ke bagian bawahnya.

Cara Menanam Kemiri : Panduan Tanam dan Perawatan Yang Benar (Panen Sukses)

  • Hama dan Penyakit

Supaya budidaya kemiri sukses, hingga tumbuhan wajib terbabas dari hama serta penyakit.

Hama yang melanda tumbuhan kemiri semacam tungau, moluska serta penggerak daun, penggerek batang, penggerek buah, dan larva Dacus sp.

Sebaliknya tipe penyakit pada tumbuhan kemiri merupakan daun cendawan, penyakit antraknosa, serta penyakit gugur buah muda.

Buat menghindari hama serta penyakit pada budidaya kemiri, kita bisa menyemprotkan pestisida ataupun herbisida cocok takaran.


Masa Panen Kemiri

Tumbuhan kemiri menggapai masa panen kala berusia 6 hingga 7 tahun sehabis penanaman.

Metode pengambilan buah kemiri dilakukan dengan memetik ataupun merontokan rangkaian buah dengan memakai galah bambu.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kemiri , Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5