Cara Menanam Kembang Kol Baik Dan Tepat Untuk Pemula

3 min read

Cara Menanam Kembang Kol Baik Dan Tepat Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Kembang Kol Baik Dan Tepat Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kembang Kol .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Kembang Kol Baik Dan Tepat Untuk Pemula


Kembang kol ataupun bunga kol ialah tipe sayur- mayur yang mempunyai wujud mirip dengan brokoli. Sayur- mayur ini pula diketahui bagaikan kubis bunga.

Kubis bunga walaupun mirip dengan brokoli tetapi pula ada perbandingan, ialah sayur- mayur ini memiliki kepala bunga yang banyak serta tertib secara padat.

Pada dasar kepala ada daun– daun hijau tebal dan tersusun rapat. Tetapi cuma bagian kepala bercorak putihnya saja yang biasa diolah serta disantap. Bunga kol ini pula berupa mirip semacam kubis romanesco.

Di dalam bunga kol ada sumber vit serta mineral yang umumnya disantap dengan dimasak terlebih dulu. Tetapi pula bisa dimakan secara mentah ataupun dijadikan acar.

Tidak hanya itu kembang kol memiliki sumber berarti protein, riboflamin, tiamin, kalsium, niasin, magnesium, besi, zink dan fosfor.

Di samping itu pula sangat bagus bagaikan sumber serat santapan asam folat, asam pantotenat, vit b6 pula kalium. Tanaman ini memiliki sedikit lemak jenuh serta sedikit kolesterol.

Walaupun memiliki banyak isi nutrisi yang baik untuk badan tetapi komsumsi kembang kol wajib terdapat batasnya. Karena di dalam sayur- mayur ini pula tercantum zat antigizi( goiterogen,“ pembangkit kembung”).

Baca Juga :  Budidaya Tomat : Petunjuk, Persiapan, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Siap Panen

Saat ini ini walaupun banyak rumah yang mempunyai taman kecil. Tetapi tidak butuh gelisah bila mau menanam veraneka sayur tercantum kembang kol.

Sebab tumbuhan ini pula sangat gampang ditanam di polybag/ pot yang pastinya mengirit tempat. Berikut merupakan metode menanam bunga kol di polybag:


Syarat Tumbuh Kembang Kol

  • Ketinggian tempat 1. 000– 2. 000 mdpl
  • Temperatur optimum 15– 18°C, optimal 24°C
  • Temperatur yang telalu besar sepanjang perkembangan berdampak tumbuhnya daun- daun kecil pada curd, memperlambat kemasakan serta fase vegetatif jadi lebih panjang.
  • Kelembaban hawa 80- 90%
  • Penyinaran penuh
  • Tanah yang baik buat perkembangan: tanah produktif, lembab, gembur, berdrainase baik, isi bahan organik besar, pH 6– 7, 5

Metode Menanam Kembang Kol di Polybag


  • Persiapan benih kembang kol

Saat sebelum mengawali metode menanam kembang kol di polybag, perihal berarti yang harus dikerjakan yakni memastikan benih bermutu unggul, sebab benih unggul tercantum dalam penunjang keberhasilan dalam budidayanya.

Benih dari kembang kol bermutu unggul saat ini amat mudah diperolehkan di toko- toko pertanian di dekat baik itu offline ataupun online.

  • Proses penyemaian kembang kol

Buat mendukung keberhasilan metode menanam kembang kol di polybag tidak hanya benih yang memiliki mutu di atas rata- rata pastinya butuh terdapatnya metode penyemaian buat menciptakan bibit tumbuhan baik, sehingga dikala ditanam, bibit tidak tekanan pikiran serta bisa berkembang maksimal.

Di samping itu dengan proses penyemaian tadinya hendak didapat keseragaman tumbuhan serta pertumbuhan tumbuhan kompak dan seragam.

Proses semai dimulai dengan penyiapan media semai berbentuk kombinasi tanah yang sudah diayak serta pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1, campur segala bahan hingga tercampur.

Masukkan media semai tersebut ke dalam wadah persemaian semacam baki persemaian, tray semai ataupun setipenya, taburkan sedikit garam inggris/ epsom salt secara menyeluruh di atas permukaan media semai.

Baca Juga :  Cara Ternak Jangkrik Yang Tepat dan Metode Pemeliharaannya Untuk Pemula

Gabungkan dengan media semai sebelah atas biar menyeluruh, pemberian garam inggris jangan sangat banyak sebab dapat jadi faktor busuknya biji kembang kol yang disemai.

Akumulasi Garam Inggris buat kembang kol.Dalam metode menanam kembang kol di polybag hendaknya beri akumulasi garam Inggris. Garam inggris ini memiliki magnesium sulfat besar sangat dibutuhkan oleh tumbuhan.

Ialah berperan buat menolong proses pertumbuhan tumbuhan, menolong menyesuaikan diri pindah tumbuhan, melindungi tumbuhan dari hama, menyuburkan tumbuhan serta memesatkan pembuahan.

Taburkan benih kembang kol secara menyeluruh pada media semai cocok keperluan, jangan sangat padat, tutup mengenakan media semai sama biar benih yang disemaikan bisa menjauhi serbuan serangga semacam semut.

Siram persemaian benih seperlunya saja hingga lumayan cuma hingga media lembab, jangan sangat basah sebab dapat menimbulkan benih tersebut jadi busuk.

Letakkan persemaian pada tempat yang bisa menjauhi terik matahari langsung serta guyuran air hujan.Benih dalam persemaian biasanya dapat tumbuh dalam 5- 7 hari sejak penyemaian.

Sehabis benih berkembang letakkan di tempat terserang terik matahari pagi sebagian jam saja buat menolong proses fotosintesis. Sebab bibit yang baru berkembang belum tahan terhadap paparan matahari secara optimal tiap waktu.

Penyiraman persemaian dikerjakan cuma bila media semai terlihat kering saja, sebab bila kelewatan bisa merangsang busuknya pangkal ataupun pangkal batang bibit berkembang.

Bibit hasil persemaian bisa dipindah pada polybag sehabis memiliki 3- 4 daun ataupun berumur 30 hari sehabis penyemaian.

  • Penanaman kembang kol

Sambil menanti bibit siap pindah tanam, siapkan wadah buat media tanam berbentuk polybag. Dengan ketentuan polybag tersebut memiliki lubang- lubang kecil di bawahnya biar air siraman nantinya tidak menggenang di dalamnya.

Berikutnya siapkan media tanam berbentuk kombinasi tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1. Gabungkan segala bahan hingga tercampur, berikutnya masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Tulip Sukses Sampai Panen Untuk Pemula

Tanam bibit kembang kol pada polybag dengan menanam 1 bibit kembang kol pada tiap polybag, berikutnya siram sampai lembab.

  • Pemanenan kembang kol

Pada metode menanam bunga kol di pot bisa diunduh dikala telah berumur 50- 100 hari. Jalani pemanenan dikala pagi serta sore hari, buat mendapatkan hasil bagus. Jalani penyortiran serta penyimpanan sehabis proses panen berakhir.

Cara Menanam Kembang Kol Baik Dan Tepat Untuk Pemula


Perawatan Kembang Kol

Sehabis kembang kol ditanam juga memerlukan perawatan biar dapat berkembang serta berbuah secara maksimal, di antara perawatan tumbuhan kembang kol yang harus dikerjakan di antara lain yakni bagaikan berikut.

  • Penyiraman

Jalani penyiraman pada metode menanam kembang kol di polybag secara tertib ialah di pagi hari saat sebelum jam 8 ataupun di waktu sore hari di atas jam 5 sore.

  • Pemupukan

Selanjtnya dalam metode menanam bunga kol di pot ialah pemupukan. Pemupukan kembang kol ini dikerjakan mengenakan pupuk kandang. Pupuk kandang yang dipakai yakni pupuk kandang telah lewat proses fermentasi ataupun pupuk kandang telah matang diisyarati dengan karakteristik fisiknya gembur, tidak berbau serta bercorak gelap.

Supaya mendapatkan hasil optimal, semprotkan mengenakan larutan garam inggris ke seluruh bagian tumbuhan, penyemprotan ini dapat dikerjakan 5 hari sekali.

Tidak hanya buat menyuburkan tanaman kembang kol, garam inggris ini sanggup menghindari tumbuhan dari serbuan hama.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kembang Kol Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Hortikultura

Admin1
3 min read

Cara Pemangkasan Pohon Sawo

Admin1
2 min read

Caisim Hidroponik

Admin1
2 min read