Cara Menanam Kelengkeng Agar Cepat berbuah dan Panen Memuaskan(Berhasil)

3 min read

Cara Menanam Kelengkeng Agar Cepat berbuah dan Panen Memuaskan(Berhasil)
0
()

Cara Menanam Kelengkeng Agar Cepat berbuah dan Panen Memuaskan(Berhasil) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kelengkeng.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Kelengkeng Agar Cepat berbuah dan Panen Memuaskan(Berhasil)


Lengkeng, Dimocarpus Logan, diketahui pula dengan nama Kelengkeng, Logan, ataupun Mata Kucing dibeberapa tempat mempunyai tumbuhan yang tingginya dapat menggapai 40 meter.

Meski semacam itu, saat ini lengkeng telah dapat ditanam didalam pot dengan tehnik- tehnik spesial.

Di dataran besar varietas lengkeng yang banyak dibesarkan adalah Kopyor serta Batu sebaliknya di dataran rendah yang dibesarkan adalah Pingpong, Diamond River serta Itoh.

Kelebihan varietas ini merupakan energi menyesuaikan diri yang luas serta usianya yang genjah, dari cangkokan ataupun sambung pucuk bisa berbuah pada usia 8- 12 bulan sebaliknya dari biji bisa berbuah pada usia 2- 3 tahun.

Lengkeng mempunyai sebagian khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan badan. Tetapi meski semacam itu, tidak banyak orang yang mengenali khasiat dari lengkeng ini. Sebagian khasiat dari buah lengkeng tersebut merupakan:

  • Penangkal radikal leluasa. Orang yang komsumsi lengkeng secara teratur diyakini hendak bebas dari kanker.
  • Vit C. Vit C yang dipunyai lengkeng lumayan banyak sehingga bila kamu komsumsi lengkeng secara teratur, vit C tersebut sanggup menaikkan energi tahan badan terhadap bermacam berbagai penyakit.
  • Sanggup melancarkan peredaran serta perputaran darah dalam badan,
  • Sanggup merelaksasi saraf sehingga bila kamu komsumsi secara teratur kamu hendak bebas dari tekanan mental.
Baca Juga :  Inilah Daun Tespong : Lalapan Kaya Nutrisi Kesehatan, Salah Satunya Penetral Racun

Menanam kelengkeng tidak wajib di lahan yang luas, Kamu bisa memakai pot. Bila Kamu tidak mempunyai pekarangan rumah yang luas, pakai pot saja buat menanam tumbuhan kelengkeng.

Tetapi semacam yang Kamu tahu, tumbuhan kelengkeng mempunyai wujud yang lumayan besar. Hingga Kamu pula wajib sediakan pot yang lumayan besar.


Langkah- Langkah Metode Menanam Kelengkeng

Langsung saja, berikut merupakan langkah- langkah metode menanam tumbuhan kelengkeng supaya kilat berbuah di dalam pot

  • Pemilihan bibit

Metode menanam kelengkeng wajib dicoba dengan benar, begitu pula buat pemilihan bibitnya. Memilih bibit yang berasal dari biji ataupun berasal dari hasil okulasi, Kamu bisa memilah sebagian tipe yang cocok kemauan Kamu.

Terdapat sebagian tipe kelengkeng semacam kelengkeng pingpong, kelengkeng diamond river serta lain sebagainya. Seleksi saja tipe yang Kamu mau, tetapi yakinkan memilah bibit yang berasal dari hasil okulasi.

  • Pemilihan pot

Tidak hanya mencermati bibit, perhatikan pula pemilihan pot yang hendak Kamu pakai. Pakai pot yang berasal dari drum supaya cocok dengan tumbuhan kelengkeng yang terus menjadi hari terus menjadi membengkak.

Bila Kamu mau memakai pot dari plastik maupun semen cor, pakai yang wujudnya besar.Terus menjadi besar bibit yang Kamu pakai, hingga Kamu wajib sediakan pot yang lumayan besar.

Metode menanam kelengkeng sangat berarti buat Kamu perhatikan serta jalani. Jangan hingga sebab salah memilah pot, tumbuhan buah kelengkeng Kamu tidak bisa hidup serta bertahan dengan baik.

  • Pemilihan media tanam

Pakai media tanam yang baik, serta Kamu bisa memakai tanah, pasir, pupuk kandang serta sekam. Perbandingan buat media tanam tersebut ialah 1: 1: 2: 1.

Dengan perbandingan begitu tumbuhan kelengkeng bisa berkembang dengan baik.Pupuk kandang yang bagus buat digunakan merupakan pupuk kandang dari hewan kambing maupun domba.

Baca Juga :  Cara Menanam Kangkung : Khasiat, Metode, Menanam, Merawat Dan Memanen

Pupuk kandang tersebut memiliki fosfor yang lumayan banyak. Metode menanam kelengkeng ini berarti buat Kamu jalani, kesuburan media tanam sangat mempengaruhi pada kelangsungan hidup tumbuhan kelengkeng.

Tidak hanya itu, pakai genting maupun sterofom bagaikan alas pot, tujuannya buat menjauhi media yang basah.


Perawatan Tanaman Kelengkeng


  • Penyiraman kelengkeng

Penanaman tumbuhan kelengkeng memanglah lumayan simpel, Kamu bisa memindahkan bibit ke dalam pot. Bila bibit kelengkeng Kamu telah dipindahkan ke pot yang Kamu persiapkan, jalani penyiraman dengan pas.

Rawatlah tumbuhan kelengkeng Kamu tersebut secara teratur, siram di pagi serta pula sore hari.

  • Pemupukan kelengkeng

Jangan cuma menyiramnya saja, beri pula pupuk buat tumbuhan kelengkeng Kamu. Pupuk tumbuhan tersebut sebulan sekali memakai pupuk kandang.

Tidak hanya itu, jalani pemangkasan dengan pola 1: 3: 9. Terus menjadi banyak tempat buat calo bunga hingga terus menjadi banyak pula calon buah yang hendak dipanen.

Supaya tumbuhan kelengkeng Kamu bisa berkembang produktif dengan buah yang berlimpah, rawatlah dengan baik.

Yakinkan pula kalau Kamu meletakkan pot berisi tumbuhan kelengkeng tersebut di tempat yang pas. Tempat yang pas buat penanaman tumbuhan kelengkeng ialah tempat yang tidak sangat panas.

Cara Menanam Kelengkeng Agar Cepat berbuah dan Panen Memuaskan(Berhasil)

Panen Kelengkeng

Buah kelengkeng dapat mulai dipanen pada umur 2 tahun sehabis tanam serta buat yang dicangkok dapat lebih kilat lagi.

Dari masa bunga sampai buah matang umumnya membutuhkn waktu dekat 2 bulan. Metode memanennya dipetik memakai tangan ataupun galah bila sangat besar.

Yakinkan buat memetik buah kelengkeh yang telah matang ialah dengan karakteristik– karakteristik berikut:

  • Corak buah jadi kuning kecoklatan
  • Aroma buahnya telah tercium harum
  • Tektur buah telah empuk bila ditekan
  • Telah tidak angkatan darat(AD) bungan yang berkembang pada tandan
  • Buah serta tandang mulai merunduk kearah bawah
Baca Juga :  Daun Sintrong : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Penting Untuk Kesehatannya

Kamu pula dapat memetik satu kemudian mencicipi buahnya dari tandan. Bila telah terasa manis serta berbau harum hingga segala tandan bisa dipetik.

Supaya tumbuhan kelengkeng senantiasa produktif, hingga jangan kurang ingat buat melaksanakan perawatan susulan sehabis tumbuhan dipanen.

Yang butuh dicoba nyaris sama dengan perawatan ialah dengan berikan Pupuk Susulan, cuma saja kali ini kadarnya agak ditingkatkan.

Pupuk dasar pula butuh di tambahkan supaya suplai nutrisi tumbuhan senantiasa terpelihara sampai masa panen yang berikutnya.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kelengkeng Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5