Cara Menanam Kedondong Di Polybag Mudah Untuk Pemula

3 min read

Cara Menanam Kedondong Di Polybag Mudah Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Kedondong Di Polybag Mudah Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kedondong.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Kedondong Di Polybag Mudah Untuk Pemula


Kedondong ialah salah satu tumbuhan buah yang terkategori ke dalam suku mangga- manggaan( Anacardiaceae).

Kedondong ini pula ialah suatu tumbuhan buah yang pada biasanya banyak sekali ada di segala wilayah tropis serta tercantum kedalam angiospermae.

Kedondong( Spondias dulcis Parkinson) ialah sesuatu tumbuhan buah berbentuk tumbuhan serta mempunyai daging buahnya dengan rasa yang manis, sedikit asam, daging buah yang tebal, renyah, berbiji kecil serta jugatidak memiliki banyak serat.

Kedondong ialah tumbuhan buah berbentuk tumbuhan yang dalam bahasa inggris diucap ambarella, otaheite apple, ataupun great hog plum.

Lagi di Asia Tenggara diucap: kedondong( Indonesia& Malaysia), hevi( Filipina), gway( Myanmar), mokah( Kamboja), kook kvaan( Laos), makak farang( Thailand), serta coc( Vietnam).

Kedondong berasal dari Asia Selatan serta Asia Tenggara. Tumbuhan ini sudah tersebar ke segala wilayah tropik.

Tumbuhan kedondong banyak ditanam di negara- negara Asia Tenggara. Salah satu negeri yang jadi sentra penanaman kedondong yakni Filipina yang mempunyai satu tipe kedondong unggul ialah tipe Spondias purpurea L.

Di Indonesia wilayah penghasil kedondong salah satu antara lain merupakan Karimunjawa( Jepara, Jawa Tengah).

Baca Juga :  Budidaya Jamur Tiram : Pengertian, Jenis Dan Manfaat

Buah kedondong ini bisa disantap langsung dalam keadaan fresh serta bisa diolah jadi rujak, asinan, manisan serta bisa dijadikan selai.

Tanaman ini pula bisa memenuhi kebutuhan vit C serta mineral. Isi vit C pada buah kedondong kira- kira 30 miligram. Daun kedondong pula memiliki senyawa flavonoid, saponin, alkaloid, serta tannin yang berfungsi bagaikan antioksidan.


Syarat Tumbuh Kedondong

Menanam kedondong sangatlah gampang, sebab kedondong bsa berkembang di seluruh tempat dengan tanah mulai lempung sampai berpasir asalkan mempunyai faktor hara yang memadai, mempunyai curah hujan lagi, cahaya matahario 80%, serta mempunyai temperatur hawa dekat 20°C- 32°C.

Tumbuhan ini senantiasa bisa berkembang di tanah di wilayah batu kapur ataupun tanah berpasir yang asam asalkan sistem pengairannya baik serta mudah.

Tanah yang sesuai buat ditanami tumbuhan kedondong merupakan tanah yang porous, gembur, serta kaya hendak humus. Derajat keasaman( pH) tanah yang cocok dengan ciri tumbuhan kedondong berkisar antara 5, 5- 6, 2.

Tanah dengan isi air tanah sepanjang 50- 200 centimeter lebih disukai oleh tumbuhan kedondong supaya hasil panennya dapat melimpah.

Tumbuhan kedondong bisa berkembang dengan baik di wilayah tropis. Curah hujan yang diperlukan oleh tumbuhan kedondong berkisar antara 1. 000- 1. 500 milimeter per tahun.

Tumbuhan ini memiliki cabang yang rapuh serta gampang patah sehingga kecepatan rata- rata anginnya tidak boleh sangat kokoh.

Tumbuhan kedondong bisa berkembang dengan baik di wilayah dataran rendah dengan ketinggian 0- 650 mdpl.

Dareah ini hendak berikan keleluasaan untuk tumbuhan kedondong buat menerima keseriusan penyinaran matahari sebanyak 40 persen karena tumbuhan ini memerlukan sinar matahari sepanjang masa pertumbuhannya.

Temperatur hawa yang sesuai buat area tumbuhan kedondong berkisar antara 30- 400C, sebaliknya kelembaban hawa yang sesuai buat area tumbuhan kedondong berkisar antara 14- 20 persen.

Baca Juga :  Mengenal Kandungan Gizi Buah Bidara dan 8 Manfaat Bagi Kesehatannya

Ini hendak menolong tumbuhan kedondong buat senantiasa berdiri dengan tegak.


Metode Menanam Kedondong


  • Persiapan Tempat serta Media Tanam

Tempat tanam yang digunakan buat menanam kedondong bisa berbentuk polybag ataupun pot tanam berdimensi besar dengan diameter dekat 50 centimeter serta besar dekat 50 centimeter.

Bahan media tanam yang butuh disiapkan merupakan tanah serta bokashi dengan perbandingan dekat 1: 1.

Berikutnya gabungkan kedua bahan media tanam tersebut dicampur dengan Furadan 3g ialah insektisida buat menghindari hama tanah kemudian gabungkan seluruhnya sampai tercampur menyeluruh.

  • Persiapan Bibit Kedondong

Menanam kedondong bisa lewat biji( generatif) ataupun lewat stek, cangkok, serta sambung pucuk( vegetatif).

Tetapi dianjurkan memakai bibit dondong lewat stek, cangkok ataupun sambung pucuk sebab lebih kilat berbuah serta lebih identik dengan tumbuhan induk. Memilih bibit yanh sehat ataupun terbebas dari hama penyakit.

  • Penanaman Kedondong Dalam Pot/ Polybag

Sehabis seluruhnya siap, lekas jalani penanaman. Masukkan media tanam kedalam pot/ polybag tanam setinggi 25 centimeter kemudian siram sampai basah menyeluruh, sehabis itu masukkan bibit kedondong serta atur akarnya sampai menyebar rata.

Setelah itu, masukkan kembali media tanam kemudian jalani penyiraman secara menyeluruh. Bila telah, pasang tajuk serta ikat dengan memakai tali supaya tumbuhan tidak bergerak.


Perawatan Tumbuhan Kedondong


    • Penyiraman

Jalani penyiraman secara teratur pada pagi serta sore hari pada tumbuhan kedondong yang baru ditaman. Bila tumbuhan kedondong telah berkembang dengan baik, penyiraman bisa dicoba 2 hari sekali serta bila telah mulai besar dapat dicoba penyiraman tiap 4- 6 hari sekali dengan memandang keadaan tanah.

    • Penyulaman

Bila terdapat tumbuhan yang mati ataupun pertumbuhannya kurang baik hingga lekas jalani penyulaman dengan mengubahnya dengan bibit yang baru supaya tumbuhan berkembang serempak.

    • Penyiangan
Baca Juga :  Cara Membuat Semangka Kotak Mudah Dan Efektif Untuk Pemula

Jalani penyianagna pada gulma yang berkembang disekitar tumbuhan kedondong dalam pot. Penyiangan ini bisa dicoba tiap 2 minggu sekali.

    • Pemupukan

Jalani pemupukan awal pada tumbuhan kedondong dikala tumbuhan kedondong berusia 2 minggu dengan memakai pupuk dengan isi nitrogen besar semacam urea serta NPK ataupun pupuk cair dengan dosis dekat 20 gr ataupun 1 sendok makan.

Pupuk tersebut disebar disekitar batang tumbuhan kedondong kemudian jalani penyiraman sampai pupuk larut.

Pemupukan selanjutnya dicoba dikala tumbuhan kedondong berusia 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, 8 bulan serta seterusnya.

Pemupukan tersebut ditambah dengan pupuk bokashi tiap kali pemupukan dicoba dengan dosis disesuaikan dengan umuer tumbuhan kedondong serta jangan kurang ingat tiap sehabis pemupukan jalani penyiraman sampai pupuk larut serta menyerap dalam tanah.

Cara Menanam Kedondong Di Polybag Mudah Untuk Pemula

  • Pemanenan Kedondong

Kedondong bisa dipanen sehabis berusia 1- 1, 5 tahun sehabis tanam. Karakteristik buah kedondong yang siap panen ialah corak kulit buahnya telah hijau tua serta telah beraroma harum.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kedondong Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5