Cara Menanam Kecipir : Morfologi, Syarat Tumbuh dan Kandungan Gizinya

3 min read

Cara Menanam Kecipir : Morfologi, Syarat Tumbuh dan Kandungan Gizinya
0
()

Cara Menanam Kecipir : Morfologi, Syarat Tumbuh dan Kandungan Gizinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kecipir .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Kecipir : Morfologi, Syarat Tumbuh dan Kandungan Gizinya


Kecipir( Psophocarpus tetragonolobus( L.) D. C.) merupakan tanaman merambat anggota suku Fabaceae( Leguminosae). Pucuk serta polong mudanya dimanfaatkan untuk sayur- mayur.

Di Sumatra diketahui dengan nama kacang botol ataupun kacang belingbing( tepi laut barat Sumatra, serta Mnk, serta kacang embing( Palembang).

Nama- nama yang lain merupakan jaat( Sd.);cipir, cicipir, kēcipir( Jw.); kēlongkang( Bl.), dan biraro( Manado, Ternate);kacang botor, k. botol, serta k. kumbotor( Ptk.).

Dalam bahasa Inggris diucap bagaikan Winged bean, Winged pea, Four- angled bean( mengacu pada wujud buahnya); tetapi pula dinamai Goa bean serta Asparagus pea.


Morfologi Kecipir

Tumbuhannya merambat, memanjat ataupun membelit, membentuk perdu,ataupun semak yang menahun. Dalam budidaya umumnya diberi penyangga, namun bila dibiarkan hendak menutupi permukaan tanah.

Batangnya silindris, beruas- ruas, tidak sering mengayu, sampai 4 meter panjangnya.

Berakar banyak, dengan pangkal samping yang panjang, menjalar datar dekat permukaan tanah, sebagian di antara lain menebal, membentuk umbi.

Daun- daun majemuk dengan 3 anak daun, duduk daun berselang- seling; daun penumpu wujud bulat telur- lanset, panjang lk. 1 centimeter, tidak rontok; tangkai daun 3–12 centimeter, rakis 1, 5–5, 5 centimeter.

Baca Juga :  Cara Menanam Temulawak Yang Tepat dan Berhasil Untuk Pemula

Kanak- kanak daun berupa bulat telur sampai segitiga, 4–15 centimeter× 3. 5–12 centimeter, membundar ataupun terpangkas di pangkalnya, meruncing di ujungnya; pertulangan menyirip, corak hijau.

Bunga jenis kupu- kupu, dalam karangan berisi 2–10 kuntum yang berkembang dari ketiak daun, tangkai karangan bunga 5–15 centimeter, rakisnya 1–10 centimeter, agak berbulu.

Bunga berkelamin 2, bertangkai sampai 5 milimeter; kelopaknya dengan tabung sejauh 4–6 milimeter, bertaju tidak seragam, sampai 2 milimeter, hijau sampai merah- ungu hitam; mahkota biru, biru pucat, krem, ataupun kemerahan.

dengan bendera nyaris bulat ataupun lonjong- lebar, sampai 4 centimeter× 3. 5 centimeter, sayap- sayap serta lunasnya sedikit lebih pendek; benang sari 10, dalam 2 tukal( 9+ 1); bakal buah menumpang.

Buah polong wujud garis ataupun lonjong memanjang, berupa segiempat dengan sudut bersayap yang beringgit, 6–40 centimeter× 2–3, 5 centimeter, bercorak hijau sewaktu muda serta jadi gelap serta kering apabila tua, berbiji 5–21 butir.

Sebab wujudnya yang bersayap mirip ataupun apalagi menyamai sedikit dengan belimbing, di Sumatra tanaman ini diketahui dengan nama kacang bělingbing( Mink.).

Bijinya bundar dengan diameter 5–10 milimeter, bercorak kuning, cokelat sampai gelap, kadang- kadang putih, kadang- kadang berbintik.


Kandungan Gizi Buah Kecipir

Sebagian isi gizi buah kecipir antara lain:

Buah kecipir sumber protein tinggi, protein pada bunga 2, 8- 5, 6; daun 5- 7, 6; polong muda 1, 9- 4, 3; biji fresh 4, 6- 10, 7; biji kering 29, 8- 39 serta umbi 3- 15, masing- masing dihitung bagaikan gr per 100 gr bobot fresh.

Tingginya isi protein pada semua bagian tumbuhan kecipir bisa jadi berhubungan dengan keahlian pangkal tumbuhan ini buat mengikat nitrogen dari hawa leluasa.

Baca Juga :  Tanaman Buncis : Klasifikasi, Morfologi, Gizi dan Manfaatnya

Tidak hanya protein yang besar, pucuk muda( daun muda) yang dimanfaatkan bagaikan sayur- mayur daun juga memiliki isi vit A sebesar 20. 000 international units per 100 gr bagian.

Memandang isi protein serta vit A yang besar tersebut, tumbuhan kecipir sangat sesuai untukdibesarkan lebih sungguh- sungguh di negara- negara tumbuh semacam Indonesia, buat penuhi konsumsi nutrisi lewat penganekaragaman santapan, baik bahan ataupun penyajiannya.


Syarat Tumbuh Kecipir.

Ketentuan berkembang untuk tumbuhan kecipir merupakan bagaikan berikut.Kecipir bisa berkembang di wilayah mana saja, baik itu wilayah dataran rendah ataupun wilayah dataran tinggi.

Wilayah yang berketinggian 1- 1500 m di atas permukaan laut ialah wilayah yang sesuai digunakan buat budidaya kecipir.Bisa berkembang pada tipe tanah apa saja.

pH tanah yang sesuai merupakan 4, 4- 5, 4.Serta temperatur hawa yang sesuai buat membudidayakan kecipir merupakan 19- 31 derajat celcius.


Metode Tanam Kecipir

  • Kecipir dikembangbiakkan dengan bijinya.
  • Biji tersebut langsung ditanam di kebun yang sudah disiapkan.
  • Buat penanaman seluas 1 ha dibutuhkan 30 kilogram biji.
  • Saat sebelum ditanami, lahan diolah dengan pencangkulan serta pemberian pupuk kandang ataupun pupuk organik, spesialnya buat lahan- lahan tandus.
  • Sehabis dicangkul, tanah diratakan serta terbuat lubang tanam dengan tugal yang jaraknya 20- 30 centimeter serta jarak antar baris 75 centimeter.
  • Berikutnya tiap lubang ditanami 1- 2 biji, kemudian ditutup tipis- tipis dengan tanah. Biji kecipir bisa berkembang sehabis 5 hari setelah itu.
  • Sehabis besar tumbuhan menggapai 10 centimeter ataupun berusia 2 minggu( hst), dipasang ajir dari bambu yang tingginya 1, 5- 2 meter.
  • Bila ditanam di pekarangan, kecipir bisa dirambatkan pada tumbuhan, pagar, ataupun tembok.
  • Tidak hanya pemberian ajir, tumbuhan kecipir butuh diberi pupuk buatan berbentuk urea serta TSP( SP- 36) dengan perbandingan 1: 2 sebanyak 6 gram masing- masing tumbuhan.
Baca Juga :  15 Manfaat Sarang Semut Bagi Kesehatan, dari Obati Rematik Hingga Kanker

Cara Menanam Kecipir : Morfologi, Syarat Tumbuh dan Kandungan Gizinya


Metode Panen Kecipir

  • Buah bisa dipetik awal kali dikala tumbuhan berusia 3, 5 bulan( hst).
  • Tumbuhan yang terpelihara dengan baik serta sehat bisa menciptakan lebih dari 2, 5 ton buah muda masing- masing hektar lahan.
  • Pemetikan buah jangan hingga terlambat sebab rusuk- rusuk buah hendak berserat.
  • Perihal ini hendak menimbulkan buah jadi liat, kurang lezat, serta mutunya hendak menyusut. Buah kecipir yang muda bisa disayur serta dilalap masak.
  • Tidak hanya itu, biji kecipir pula bisa diolah jadi susu( sari biji kecipir).
  • Sedangkan biji yang sudah tua( botor) bisa digoreng serta dimakan semacam kacang tanah.
  • Rasa botor lezat, gurih, serta agak pahit( kelat).
  • Botor yang digoreng berguna buat mensterilkan darah kotor.
  • Tidak hanya itu, biji kecipir pula bisa digunakan bagaikan bahan baku pembuatan tempe.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kecipir Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5