Cara Menanam Kapulaga Agar Berbuah Lebat Dan Sehat

3 min read

Cara Menanam Kapulaga Agar Berbuah Lebat Dan Sehat
0
()

Cara Menanam Kapulaga Agar Berbuah Lebat Dan Sehat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kapulaga.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Kapulaga Agar Berbuah Lebat Dan Sehat


Kapulaga merupakan sejenis rempah yang dihasilkan dari biji sebagian tumbuhan dari genera Elettaria serta Amomum dalam keluarga Zingiberaceae( keluarga jahe- jahean).

Kedua genera ini merupakan tumbuhan asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, serta Pakistan.

Biji kapulaga bisa dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, serta berupa gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, serta biji gelap yang kecil.

Kapulaga kerap digunakan bagaikan rempah( bumbu) buat masakan tertentu serta pula buat kombinasi jamu ataupun obat- obatan herbal tradisional.

Kapulaga bisa dijadikan anti- depresan, triknya dengan mencampurkannya di air dalam gelas, tunggu sampai mengendap( dekat 30 menit); saat sebelum serta dikala diminum, bisa diselang dengan menghisap aromanya.


Varian Kapulaga

Terdapat 2 berbagai kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, ialah kapulaga jawa( Amomum compactum) serta kapulaga seberang ataupun kapulaga india( Elettaria cardamomum) keduanya tercantum ke dalam suku jahe- jahean ataupun Zingiberaceae.

Kapulaga India diperkenalkan ke Guatemala oleh pengusaha perkebunan kopi asal Jerman, Oscar Majus Kloeffer, saat sebelum Perang Dunia I.Saat ini Guatemala jadi penghasil kapulaga terbanyak di dunia, diiringi oleh India.

sebagian negeri semacam Sri Lanka serta Indonesia pula membudidayakannya. Polong biji Elettaria bercorak hijau cerah, sedangkan polong biji Amomum lebih besar serta bercorak cokelat tua.

Baca Juga :  Cara Menanam Binahong Merah Dengan Stek Mudah Dan Praktis Untuk Pemula

Saat ini kapulaga merupakan rempah termahal ketiga di dunia, sehabis saffron serta vanilla.

Di Indonesia, terdapat 2 tipe kapulaga yang pula kerap digunakan ialah Amomum compactum ataupun diucap pula kapulaga jawa serta Elettaria cardamomum ataupun kapulaga India ataupun yang diucap dengan kapulaga sabrang.


Perbedaan Kapulaga Lokal Dan Seberang


  • Kapulaga Lokal

    • Tersusun rapat berupa bulir kerucut.
    • Tangkai bunga berbuku rapat.
    • Pelindung tersusun semacam sisik.
    • Bunga diujung umumnya tidak jadi buah.
    • Tersusun rapat berbentuk tandan yang terdiri 5- 18 buah tiap tandan.
    • Bundar beruang 3– tiap buah ada 14- 16 biji– corak kulit buah berbeda bagi jenisnya– kapulaga merah kulit buah bercorak putih kemerahan– kapulaga putih buahnya berbulu halus.

  • Kapulaga Seberang

    • Bercorak putih bergaris coklat.
    • Daun pelindung bercorak kumal.
    • Ada pada tiap ruang tangkai buah.
    • Buahnya duduk– menyebar pada percabangan malai serta tangkai panjang.
    • Bundar panjang hingga agak lonjong– corak kulit buah hijau ataupun hijau muda.

Syarat Tumbuh Kapulaga

Penanaman kapulaga pula memerlukan hawa yang lembab serta curah hujan dengan kisaran dekat 2. 500- 4. 000 milimeter pertahun.

Keseriusan hujan yang sangat besar hendak menyebabkan tangkainya jadi pendek serta bunga yang membusuk.

Sebaliknya bila cuaca sangat hangat bisa kurangi perkembangan tumbuhan ini. Temperatur yang dibutuhkan oleh tumbuhan kapulaga buat berkembang berkisar dekat 20- 30 derajat celcius.

Tipe tanah yang perlukan buat suatu budidaya tumbuhan kapulaga merupakan tanah liat ataupun berlempung.

Tetapi pada pemakaian tanah lempung bagaikan media tanam wajib lewat pengolahan terlebih dulu supaya memperoleh hasil optimal.

Buat posisi penanaman, upayakan jangan hingga tergenang air, yang memiliki drainase yang baik serta upayakan tanah organic wajib penuhi derajat keasaman dengan pH dekat 5, 6- 6, 8.

Baca Juga :  13 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Yang Penting, Salah Satunya Penyakit Jantung

Tipe tanah yang sangat baik buat membudidayakan kapulaga yakni dengan metode mediteran, andosol, alluvial, dsb.


Metode Menanam Kapulaga


  • Persiapan Bibit Kapulaga

Perbanyakan dengan biji ialah seleksi buah kapulaga yang telah lumayan tua. Setelah itu biji disemai ini terlebih dulu, bibit kapulaga telah dapat dipindah tanam bila besar bibit telah menvapai dekat 40– 50 centimeter.

Perbanyakan tunas ataupun anakan ialah seleksi tunas ataupun anakan yang sehat serta mempunyai perkembangan yang baik.

Tunas ataupun anakan yang baik buat dibudidayakan merupakan tunas yang tingginya dibawah 50 centimeter.

Perbanyakan pangkal ataupun rhizoma yakni memilih pangkal dari tumbuhan yang umurnya tidak sangat muda serta tidak sangat tua.

  • Pengolahan Lahan

Kapulaga menghendaki tekstur tanah yang gembur, oleh karena itu tanah ataupun lahan wajib dicangkul ataupun dibajak terlebih dulu. Lahan buat budidaya kapulaga dicangkul sedalam dekat 30 ataupun 40 centimeter.

Sehabis penggemburan berakhir, taburkan kapur pertanian ataupun dolomit bila pH tanah dibawah 5, 6. Buat lubang tanam dengan jarak dekat 1 x 1, 5 m ataupun 1 x 2 m.

Setelah itu taburkan pupuk dasar berbentuk kotoran ternak ataupun pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Sehabis pupuk dasar tersebut ditabur pada lubang tanam, setelah itu diaduk secara menyeluruh.

Dosis pupuk dasar pula bergantung dari keadaan lahan ataupun tanah, terus menjadi banyak pupuk dasar hingga perkembangan kapulaga hendak terus menjadi baik.

  • Penanaman Kapulaga

Proses penanaman bibit kapulaga pula butuh dicermati. Penanaman yang sangat baik wajib mencermati aspek efek semacam bersinggungan baik itu pangkal ataupun pada tumbuhannya.

Jarak penanaman yang baik merupakan 1m x 1, 5m hingga dengan 1m x 2m.

  • Panen Kapulaga

Tumbuhan kapulaga baru dapat dipanen sehabis 3 tahun. Proses pemanenan pula tidak pasti, sebab pada tiap dikala kapulaga dapat dipanen.

Baca Juga :  Cara Menanam Pare Belut Yang Tepat Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat

Usia kapulaga dapat menggapai dekat 10 sampai 15 tahun, serta dalam sekali panen perhektar, bila diakumulasikan dapat menggapai 2 sampai 3 ton pertahun.

Identitas buah kapulaga bisa di panen ialah antara lain:

    • Corak Buah telah merah keunguan.
    • Kulit buah sedikit mengkerut ataupun telah keriput.
    • Apabila buah dipijat telah terasa keras.

Cara Menanam Kapulaga Agar Berbuah Lebat Dan Sehat


Pemeliharaan serta Perawatan Kapulaga

Pemeliharaan serta perawatan dalam metode budidaya kapulaga meliputi suatu penyulaman, penyiangan, penggemburan serta pemupukan susulan.

Penyulaman pula dicoba lekas bila ada bibit yang mati ataupun berkembang tidak wajar.

Setelah itu jalani penyiangan bila berkembang rumput ataupun gulma di dekat zona tumbuhan.

Penyiangan pada tumbuhan kapulaga mempunyai kedudukan berarti pada pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan, gulma ataupun rumput liar hendak jadi pesaing dalam memperoleh nutrisi serta mengusik perkembangan tumbuhan.

Berikutnya merupakan penggemburan tanah disekitar tumbuhan. Supaya tumbuhan kapulaga ini mempunyai pangkal serta buah yang banyak, jalani penggemburan tiap 3– 4 bulan sekali.

Sehabis penggemburan pula dicoba, kemudian pemberian pupuk susulan memakai pupuk organik semacam kotoran ternak ataupun kompos.

Pupuk ditaburkan menyeluruh pada sekitar tumbuhan. Pemupukan ini dapat dicoba pada tiap 4– 6 bulan sekali bergantung dengan keadaan kesuburan tumbuhan kapulaga.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kapulaga Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read