Cara Menanam Kangkung : Khasiat, Metode, Menanam, Merawat Dan Memanen

3 min read

Cara Menanam Kangkung : Khasiat, Metode, Menanam, Merawat Dan Memanen
0
()

Cara Menanam Kangkung : Khasiat, Metode, Menanam, Merawat Dan Memanen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kangkung.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Kangkung : Khasiat, Metode, Menanam, Merawat Dan Memanen


Kangkung yang mempunyai nama latin Ipomoea aquatic sp ini ialah tipe sayur – mayur yang sangat bergizi serta umumnya diolah jadi tumis kangkung.

Tumbuhan ini sangat banyak ditemui di Indonesia serta dapat berkembang dimana saja. Terdapat 2 jenis kangkung yang biasa kita temui ialah kangkung sawah serta kangkung darat.

Namun saat ini kalian tidak perlu bimbang buat menanam kangkung. Kamu tidak memerlukan lahan yang luas, cuma dengan memakai pot ataupun polybag juga Kamu dapat menanam kangkung sendiri di rumah.

Dengan kata lain, menanam kangkung di pot ataupun polybag dapat jadi alternative yang pas buat Kamu yang tidak memiliki lahan yang luas.

Khasiat Kangkung Buat Kesehatan

Saat sebelum mangulas mengenai metode menanam kangkung dengan memakai polybag ataupun pot, Mungkin kalian wajib mengenali apa saja khasiat kangkung buat kesehatan.

Kangkung dipercaya bisa menanggulangi wasir dengan baik. perihal ini disebabkan kangkung memiliki serat yang sangat besar, sehingga membuat sistem pencernaan mudah.

  • Di dalam kangkung memiliki zinc serta selenium yang besar. zat ini bisa menimbulkan rasa mengantuk. Sehingga membuat kangkung bisa digunakan buat menanggulangi tidak bisa tidur.
  • Kangkung bisa berperan buat melindungi kesehatan mata serta daya tahan tubuh. Perihal ini disebabkan kangkung memiliki vit A serta vit C yang besar,
  • Kangkung berperan buat menghindari anemia sebab memiliki zat besi yang dapat menaikkan isi hemoglobin di dalam badan.
Baca Juga :  16 Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh dan Daftar Kandungan Gizinya

Metode Menanam Kangkung Sangat Mudah

Pilih Posisi Penanaman Kangkung

Pertama – tama saat sebelum kamu hendak buat menanam tumbuhan kangkung ini, kamu perlu mencermati posisi tempat penanaman supaya perkembangan kangkung jadi optimal.

Kangkung sangat sesuai ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi, yang sangat penting posisi tempat penanaman kangkung mempunyai isi air yang cukup.

Apabila ditanam di posisi yang mempunyai isi air yang kurang, maka perkembangan kangkung jadi tidak optimal serta dapat jadi kangkung jadi mati.

Olah Media Tanam Kangkung

Setelah memastikan posisi tempat penanaman media tanam, maka langkah berikutnya yakni kamu siap buat mengelola lahan yang sudah didetetapkan.

Hampir kurang lebih 3 minggu saat sebelum kamu mengawali penanaman, olah lahan dengan mengombinasikan tanah serta 10 ton pupuk kompos/pupuk kandang buat tiap 1 hektar lahan.

Sehabis itu kamu beri pengairan sampai terisi air setinggi kurang lebih 5 centimeter serta perkenankan tergenang. Kala air tergenang, kamu beri pupuk urea sebanyak 1 kuintal buat 1 hektar lahan.

Berikutnya, persiapkan diri untuk membuat bedengan ataupun gundukan tanah dengan panjang 3 sampai 5 m, serta lebar 0,8 sampai 1,2 m. Sehabis itu kamu buat lubang dengan ukuran kurang lebih 15 sampai 20 centimeter, serta beri jarak antar gundukan tanah yang terbuat semacam selokan sejauh 50 centimeter.

Tujuan dibuatnya gundukan tanah yakni buat membantu proses kelancaran keluar masuknya air serta mempermudah pemeliharaan dan aktivitas yang lain buat memesatkan proses perkembangan.

Cara Menanam Kangkung : Khasiat, Metode, Menanam, Merawat Dan Memanen


Memilih Bibit Kangkung

Hal Pertama yang wajib dicermati kala hendak menanam kangkung darat ialah pemilihan bibit kangkung yang hendak ditanam.

Kala bibit yang digunakan ialah bibit sendiri, pastikan calon bibit tersebut bertekstur kokoh serta tidak bolong dan dalam kondisi fresh.

Tetapi, bila bibit dibeli dalam wujud kemasan, pastikan bibit tersebut tersertifikasi oleh lembaga yang bersangkutan.

Lain halnya bila bibit yang digunakan dibeli di tempat penjualan bibit. Perkembangan bibit tumbuhan haruslah serupa.

Baca Juga :  Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula

Tidak hanya itu, pastikan bibit yang hendak dibeli mempunyai pangkal yang banyak dengan batang serta daun yang kuat supaya kangkung yang dipanen mempunyai mutu yang baik.

Bibit yang baik mempunyai energi berkembang lebih dari 95% serta berkembang tegak sampai tumbuhan berusia 8 minggu.

Varietas Bangkok serta Sutera yang diintroduksi dari kangkung Hawaii pada tahun 1980 oleh Kementerian Pertanian ialah bibit unggul yang bisa menciptakan kangkung mutu super.

Tetapi, bibit yang sangat banyak tersebar di pasaran dikala ini ialah bibit keluaran Panah Merah serta Bisi.

Pastikan bibit yang digunakan ialah bibit fresh yang tidak ditaruh lebih dari satu tahun sebab hendak pengaruhi produktivitasnya.

Menyemai Bibit Kangkung

Sehabis memperoleh bibit kangkung yang bermutu, langkah berikutnya yang wajib dicoba ialah penyemaian bibit kangkung.

Penyemaian bisa dicoba dengan memakai kombinasi tanah serta sekam yang sudah diatur kelembabannya.

Bila media sudah siap, bibit ditanam hampir 1 centimeter sampai timbul kecambah. Saat sebelum dipindahkan, tunggu kangkung sampai berumur 1 minggu.

Menanam Kangkung Darat Organik

Proses penanaman kangkung darat biasanya bisa dicoba dengan 2 metode, bergantung dengan tujuan budidaya kangkung darat itu sendiri.

Kamu bisa melakukan penanaman dengan metode ditebar ataupun dengan membuat jarak tanam.

Proses penanaman dengan metode ditebar mempunyai keuntungan dengan waktu pendek serta tenaga kerja yang tidak banyak.

Tetapi mempunyai kekurangan sebab kangkung yang berkembang tidak menyeluruh dengan kepadatan yang tidak sempurna dan pemakaian benih yang mubazir.

Sebaliknya penanaman dengan metode membuat jarak tanam memerlukan waktu yang lebih lama serta tenaga kerja yang lebih banyak, meski demikian akhir – akhir ini telah mulai dibesarkan mesin buat prosesi menanam.

Keuntungan yang didapatkan yakni kepadatan kangkung yang menyeluruh dan jumlah benih yang ditanam bisa diukur sebanyak 3 benih dalam satu lubang.

Perawatan

Perawatan kangkung darat organik bisa dicoba dengan metode pemberian pupuk kandang secara berkala serta tertib.

Baca Juga :  Budidaya Labu Siam : Panduan Tanam Cepat Berbuah dan Lebat(Berhasil)

Kangkung bisa diberikan pupuk kandang dengan mencampurkannya sekam serta arang. Perawatan yang lain yang dicoba yakni melakukan penyiangan terhadap gulma pada kangkung.

Gulma bisa membatasi perkembangan kangkung sehingga setidaknya dicoba selama seminggu sekali.

Berikutnya, apabila masa lagi tidak hujan sangat dianjurkan buat melakukan penyiraman pada kangkung darat organik, sebab kangkung darat sangat membutuhkan banyak air.


Panen Serta Pemasaran

Budidaya kangkung darat dari awal sebar sampai panen memakan waktu 30 – 45 hari. Pemanenan dapat dicoba dengan 2 metode dipotong serta dicabut.

Khusus buat kangkung organik, hendaknya pemanenan dicoba dengan dicabut. Sebab selera pasar kangkung organik, ialah pasar – pasar moderen, lebih memilih tumbuhan kangkung yang lengkap dengan akarnya.

Pemanenan dengan metode dicabut hendak menciptakan tumbuhan kangkung sebanyak 23 ton perhektar.

Saat sebelum di kemas serta dikirim ke pasar, sebaiknya kangkung yang sudah dicabut dibersihkan dahulu dari tanah.

Pencucian dicoba dengan air mengalir ataupun air bersih supaya bebas dari kontaminan – kontaminan beresiko. Tempatkan kangkung di tempat yang lembab serta jangan tersengat cahaya matahari langsung.

Berbeda dengan hasil budidaya konvensional, budidaya kangkung darat organik hendak menciptakan produk organik yang bersih dari kontaminan zat kimia beresiko.

Oleh sebab itu, produknya cenderung memiliki harga yang lebih besar. Hendaknya jangan dijual langsung kepada para pengepul yang umumnya telah siap mengambil langsung dari lahan.

Apabila strategi pemasarannya kita jalankan, bukan tidak mustahil keuntungan yang diperoleh pula lebih besar.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kangkung Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read