Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula

4 min read

Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula


Menanam bayam serta kangkung hidroponik saat ini telah jadi trend teruma untuk golongan warga yang hidup di daerah perkotaan.

Hidroponik memberikan pemecahan untuk mereka yang senantiasa mau bercocok tanam tetapi dengan lahan yang kecil.

Hidroponik ialah suatu tata cara budidaya tanaman tanpa media tanah, tetapi hanya memakai air maupun larutan mineral bernutrisi yang sangat diperlukan oleh tanaman.

Sealain larutan nutrisi merupakan bahan yang lain yang banyak mempunyai aspek hara bagaikan pengganti tanah.

Terdapat pula bahan yang bisa kita gunakan antara lain sabut kelapa, serat mineral, pecahan genteng, pasir dan yang lain.

Tata cara Hidroponik sangat cocok buat yang tidak mempunyai lahan yang luas dan pula dapat mengirit dibanding dengan menanam secara konvensional.

Ini sebab tidak perlu menyiram air secara terus menerus sebab terdapat laruran maupun nutrisi maupun media larutan mineral yang sudah tertampung didalam wadah yang digunakan.

Metode hidroponik sendiri ialah metode budidaya yang tidak memerlukan tanah, sehingga pastinya untuk ansa yang tinggal di daerah padat penduduk serta pula apartemen senantiasa bisa melaksanakan budidaya dengan gampang.

Terlebih lagi produk hasil budidaya hidroponik diketahui bagaikan salaj satu komoditas organik yang menyehatkan semacam pada metode menanam pakcoy di botol.

Bersamaan dengan terus menjadi tingkatkan kepedulian hendak style hidup sehat produk organik jadi opsi utama serta sangat diminati. Terlebih lagi hasil budidaya hidroponik cenderung menciptakan produk yang higenis.

Pastinya perihal ini terus menjadi membuat budidaya hidroponik sayur- mayur spesialnya bayam serta kangkung jadi amat diminati serta banyak diseleksi.

Terlebih kedua tipe sayur- mayur ini ialah sayur- mayur yang sangat banyak di cari serta disukai oleh warga Indonesia.

Baca Juga :  10 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan, Bukan Sekedar Penurun Berat Badan

Secara metode budidaya, baik tumbuhan bayam ataupun kangkung sama sama ialah tipe sayur- mayur hijau berumur pendek.

Pastinya metode penanamannya pula relatif sama serta tidak jauh berbeda. Sehingga bila kamu tertarik buat membudidayakannya, hingga kamu bisa membudidayakan keduanya secara bersama sama.


Kelebihan Menanam Bayam Dan Kangkung Secara Hidroponik

Sebagian keuntungan yang bisa di miliki dari tanaman hidroponik misalnya semacam:

  • Hasil tanaman lebih besar apabila di bandingkan dengan tata metode tanam dengan tanah.
  • Tanaman dapat terbebas dari penyakit dan pula hama.
  • Mengkonsumsi pupuk lebih hemat dan tumbuh tanaman lebih kilat.
  • Dapat mengganti tanaman dengan mudah.
  • Mempermudah pekerjaan maupun perawatan tanaman.
  • Tanaman hendak memberikan hasil secara berkelanjutan.

Metode Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik

Untuk kamu yang belum sangat memahami menimpa metode budidaya hidroponik bisa berupaya mengawali lewat 5 metode menanam bayam serta kangkung hidroponik untuk pendatang baru berikut ini:

  • Persiapan Benih

Tahapan dini dalam menanam bayam serta kangkung merupakan mempersiapkan benih. Dalam perihal ini benih yang digunakan haruslah ialah benih yang bermutu baik serta unggul.

Sehingga produktivitas hasil panen yang dihasilkan bisa baik.Oleh karena itu hingga pasti sangat berarti buat memperoleh benih dengan mutu yang baik.

Dalam perihal ini hingga terdapat sebagian perihal yang harus doperhatikan sebgaimana pula pada metode menanam jagung di gelas plastik supaya kamu memperoleh benih dengan mutu yang unggul antara lain bagaikan berikut:

Yakinkan kalau kamu membeli benih di toki benih yang sudah mempunyai reputasi yang baik serta diketahui secara luas.Jangan kurang ingat pula buat mencermati bertepatan pada serta masa kadaluwarsa benih.

Seleksi benih dengan masa kadaluwarsa yang masih jauh dan pula seleksi benih yang telah tersertifikasi.Pakai benih dengan energi kecambah serta energi berkembang 80- 90%.

Simpan benih di tempat yang sejuk jangan terserang sinat matahari langsunh karena hendak bisa mengganggu mutu benih.

  • Mempersiapkan Media Tanam

Dalam budidaya hidroponik butuh ditekankan kalau media tanam yang digunakan merupakan bukan berbentuk tanah. Sehingga kamu wajib memakai media tidak hanya tanam, semacam arang sekam, pasir ataupun pula air.

Sebab media bukan ialah media tanah hingga pasti nutrisi hara yang diperlukan tumbuhan wajib dipadati melalu pemberian larutan nutrisi semacam pula pada metode menanam pare hidroponik. ]

Dalam menanam bayam serta kangkung media yang direkomendasikan buat digunakan merupakan media pasir. Karena media ini relatif tidak mengikat air tetapi sanggup menahan perakaran dengan baik.

Baca Juga :  Tanaman Bayam : Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Cara Budidaya

Media pasir pula relatif lebih gampang didapatkan serta ditemui dan pula memiliakai harga yang relatif murah. Dalam langkah langkah mempersiapkan media tanam bisa di jalani dengan metode berikut ini:

Persiapkan polibag dengan kapasitas 5 kilo gr.Setelah itu ayak media pasir serta ambil cuma bagian yang halusnya saja.

Masukkan media kedalam polibag isi sampai 2/ 3 bagian saja.Setelah itu letakkan media di tempat yang sejuk serta tidak terserang cahaya matahati lanngsung.

Sangat tidak wajib ada naungan,supaya nantinya sayur- mayur tidak layu bila terserang panas matahari yang sangat terik.

Yakinkan posisi pula meeupakan posisi yang bersih serta tidak lembab, supaya efek penularan hama serta penyakit bisa diminimalisir.

  • Penanaman Bayam serta Kangkung

Sehabis media serta benih siap, hingga tahapan berikutnya merupakan langsunh melaksanakan penanaman benih bayam serta kangkung kedalam media.

Karena baik kangkung serta bayam bisa langsung ditanam tanpa wajib melewati proses penyemaian benih sebgaimana metode menanam bawang batak.

Tetapi, sebekum ditanam terdapat sebagian tahapn yang wajib dicoba antara lain merupakan:

Benih di rendam memakai air dingin sepanjang 15- 30 menit.Setelah itu benih yang mengambang di buang, serta cuma pakai benih yang tenggelam.

Sehabis itu, setelah itu diamkan sepanjang 1×24 jam baru keesokan hatinya bisa mulai ditanam.Buat penanaman bisa dicoba pada pagi maupun sore hari.

Terlebih dulu media terbuat lubang tanam sedalam 0, 5- 1 cm.Dalam satu apolibag bisa terbuat 10- 15 lubanh tanam, terus menjadi lebar permukaan polibag hingga bisa terus menjadi banyak ditanami benih.

Tetapi jangan sangat padat serta rapat nantinya hendak menyulitkan perawatan serta pemeliharaan.

Masukkan 1- 2 benih kedalam lubang tanam, kemudian setelah itu tutup kembali memakai tanah, jangan hingga terlihat serta nampak supaya tidak dimakan hewan semacam ayam ataupun burung.

Sehabis 5- 7 hari benih umumnya hendak kulai berkecambah, jangan kurang ingat buat melaksanakan perawatan serta pemeliharaan dengan melaksanakan penyiraman.

Dan pula menaburkan Furadan 3G buat mengusir bekicot serta jangkrik yabg umumnya memakan tumbuhan muda.

  • Masa Panen

Bayam serta kangkung ialah tipe sayur- mayur daun yang berusia pendek, dimana cuma memerlukan waktu dekat 21- 25 hari sampai panen datang.

Kriteria panen tidak hanya dilihat dari usia pula bisa dilihat dari besar tumbuhan, dimana kala sudah menggapai tinngi 20- 30 centimeter hingga telah lumayan sempurna buat dipanen.

Baca Juga :  Daun Cabe : Mengenal Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Kesehatannya Yang Jarang Di Ketahui

Hendaknya sehabis dipanen langsung dijual supaya mutu serta kesegaran bisa senantiasa terpelihara.


Perawatan serta Pemeliharaan Kangkung Dan Bayam Hidroponik

Dalam menanam bayam serta kangkunh hidroponik, poin poin diatas bukan perihal utama yang memastikan keberhasilan dalam budidaya.

Tetapi elemen sangat berarti merupakan perawatan serta pemeliharaan yang pula memastikan keberhasilan dalam budidaya.Oleh karena itu, perihal ini pasti tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Malah dalam budidaya sayur- mayur hidroponik pemeliharaan serta perawatan wajib dicoba secara intensif dalam metode menanam sayur- mayur hidroponik organik.

Ada pula pemeliharaan serta perawatan yang harus dicoba antara lain merupakan:

  • Penyiraman

Penyiraman ialah perihal yang berarti dalam menanam bayam serta kangkung secara hidroponik.

Karena keberadaan air mejadi faktor yang amat berarti paling utama dalam menunjang pertumbuhsn serta pertumbuhan tumbuhan yang dibudidayakan.

Oleh karena itu, hingga pastinya sangat berarti buat senantiasa melaksanakan penyiraman minimun 2 kali dalam satu hari dikala pagi serta sore hari.

Terlebih bila kamu melaksanakan penanaman bertepatan dengan masa kemarau, hingga keseriusan panen wajib ditingkatkan.

  • Pemberian Larutan Nutrisi

Larutan nutrisi wajib diberikan buat penuhi kebutuhan nutrisi tumbuhan sehingga nantinya tumbuhan hendak bisa berkembang serta menciptakan hasil panen yang maksimal.

Larutan nutrisi ini bisa kamu miliki dengan gampang umumnya yang digunakan merupakan tipe AB Mix daun. Waktu pemberian larutan nutrisi bisa dicoba bertepatan dengan penyiraman.

Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula

  • Pengendalian Hama serta Penyakit

Pengendalian hama serta penyakit dicoba secara preventif, ialah dengan membuang tumbuhan yang mengelami indikasi serbuan hama serta penyakit jauh jauh dari posisi.

Perihal ini dicoba supaya nantinya tidak hadapi penularan. Tidak hanya itu pula ini erupakan upaya buat melindungi supaya komoditas masih senantiasa ialah sayur- mayur organik..

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik  – Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5