Cara Menanam Kaktus : Morfologi, Syarat Tumbuh Serta Penanganan Hama dan Penyakitnya

7 min read

Cara Menanam Kaktus : Morfologi, Syarat Tumbuh Serta Penanganan Hama dan Penyakitnya
0
()

Cara Menanam Kaktus : Morfologi, Syarat Tumbuh Serta Penanganan Hama dan Penyakitnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kaktus.

Dan menerangkan tentang morfologinya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Kaktus : Morfologi, Syarat Tumbuh Serta Penanganan Hama dan Penyakitnya


Tumbuhan kaktus ialah nama yang diberikan buat anggota tanaman berbunga famili Cactaceae.

Kaktus merupakan tumbuhan yang mempunyai jarum serta buah yang unik. Nama kaktus berasal dari bahasa Yunani Κακτος ataupun kaktos. Kata tersebut dalam bahasa Yunani klasik berarti tumbuhan liar berduri.

Total spesies kaktus yang hidup di wilayah gurun cuma seperempat dari totalitas seluruhnya. Sisanya tumbuhan kaktus hidup di wilayah semi gurun, padang rumput kering, hutan meranggas, serta padang rumput.

Biasanya tumbuhan kaktus hidup di wilayah beriklim tropis serta subtropis.Tumbuhan kaktus sanggup menyesuaikan diri di area yang kekurangan air.

Perihal ini sesungguhnya tidak terlepas dari morfologi tumbuhan kaktus. Tumbuhan kaktus membiasakan wujud badannya buat menyesuaikan diri di area yang kering.

Kenapa tumbuhan kaktus sanggup hidup di area yang kekurangan air, jawabannya ialah:

  • Akarnya yang panjang serta sanggup meresap air dengan sangat baik

Tumbuhan kaktus berakar tunggang, bercabang, serta mempunyai serabut. Terdapat sebagian tipe tumbuhan kaktus yang akarnya melekat dari tumbuhan satu ke tumbuhan yang lain. Perihal ini diucap epifit.

Pangkal tumbuhan kaktus bisa mempunyai panjang 6– 10 m ataupun lebih. Akarnya bisa meresap luas biar tumbuhan bisa meresap air yang terdapat disekitarnya ataupun di dalam tanah.

Perihal inilah yang menimbulkan kaktus bisa bertahan hidup di area kekurangan air.

  • Batangnya bertabiat sukulen serta mempunyai susunan lilin

Batang tumbuhan kaktus biasanya bercorak hijau muda sampai tua serta abu- abu. Batang kaktus berlapis parafin serta berupa bundar silindris. Ukurannya sangat bermacam- macam yang bisa menggapai 20 m ataupun apalagi lebih.

Sehabis air diserap oleh pangkal, air tersebut hendak ditaruh dalam ruang di batangnya. Batang kaktus memiliki air yang banyak, sehingga diucap dengan sukulen.

Air ditaruh dalam wujud lendir. Keberadaan susunan parafin menimbulkan air tidak bisa menguap. Batang kaktus bisa menaruh air dalam jumlah yang besar serta bermacam- macam.

  • Daunnya berupa jarum sehingga kurangi penguapan

Tumbuhan kaktus mempunyai daun yang bermodifikasi jadi jarum. Perihal ini berperan buat kurangi penguapan.

Tidak hanya itu pada malam hari, jarum kaktus sanggup meresap embun yang bermanfaat buat sumber air untuk kaktus. Perihal inilah yang menimbulkan kaktus sanggup hidup di area yang kekurangan air.


Morfologi Tanaman Kaktus

Tumbuhan kaktus mempunyai bunga yang unik berupa cororng. Bunga kaktus sangat bermacam- macam serta tergantung pada varietasnya.

Mahkota bunganya umumnya bercorak merah, kuning, serta pula oranye. Bunganya hendak bermekaran pada siang serta malam hari serta menghasilkan bau khasnya.

Tumbuhan kaktus pula berbuah. Buahnya berupa bundar memanjang ataupun lonjong. Buah tumbuhan kaktus mempunyai daging buah yang tebal.

Buah tumbuhan kaktus umumnya bergerombol di bagian pangkal ujung batang yang ditutup duri- duri tajam. Buah yang dihasilkan bisa menggapai 100- 200 buah per tumbuhan kaktus.

Baca Juga :  Buah Belimbing : Klasifikasi, Morfologi dan Khasiatnya

Biji yang dihasilkan dari buah berupa kecil. Bijinya berkulit tipis serta keras. Tidak hanya itu, biji buah kaktus mempunyai permukaan yang mengkilap bercorak kecoklatan sampai kehitaman.

Awal mulanya, kaktus ini terletak di Daratan Amerika, setelah itu tersebar sampai ke Amerika Utara serta Amerika Selatan, mulai dari dataran besar sampai dataran rendah.

Biasanya, tumbuhan kaktus itu sendiri sangat gampang ditemui di wilayah Texas, Arizona, Argentina, Mexico, Brazil, Peru, sampai Bolivia.


Metode Menanam Kaktus

Karna tumbuhan yang tebilang lumayan unik, banyak orang mulai membudidayakannya. Tidak hanya wujudnya unik, nyatanya perawatan buat kaktus tersebut tidak terbilang lumayan susah.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang bisa digunakan buat menanam kaktus bisa dikombinasikan dengan bahan- bahan yang ada. Media tanam alternatif serta komposisi campurannya, antara lain:

  • Pasir, humus, pakis halus dengan perbandingan( 2: 1: 1)
  • Pupuk kandang, sekam padi serta pasir dengan perbandingan( 3: 2: 1)
  • Tanah, pupuk organik, pasir dengan perbandingan( 4: 1: 1)
  • Kompos serta pasir( 1: 1)
  • Tanah, pupuk kandang ataupun kompos serta pasir( 1: 1: 1)

Menanam Kaktus Secara Generatif

Kaktus merupakan tumbuhan yang bisa di kembangbiakkan secara generatif, ialah dengan memakai biji yang sudah diseleksi serta dipilih terlebih dulu saat sebelum digunakan.

Buat perihal ini, biji kaktus bisa diperoleh dengan memakai tumbuhan yang sudah dimiki dan bisa pula memakai tumbuhan import dari nusery yang terletak di luar negeri


Menanam Kaktus Secara Vegetatif

Tidak hanya Generatif, metode pengembangbiakkan secara vegetatif bisa dicoba sebagian metode, ialah:

  • Stek Batang ataupun Cabang

Pengembangan memakai stek batang umumnya dicoba pada tipe kaktus yang mempunyai batang induk yang panjang/ besar.

Tujuan utama dari melaksanakan stek batang ini merupakan buat mempersiapkan dan buat memproduksi bibit yang ada pada bagian dasar batang pada dikala penyambungan.

Berikut tata cara yang dibutuhkan dan dipersiapkan buat bibit kaktus yang hendak melaksanakan stek batang:

Memilih batang kaktus yang terbilang lumayan tua( umumnya berusia kurang lebih 1 tahun), perihal ini bisa dicermati pula pada potongan kulit kaktus yang mempunyai corak kelabu.

Potonglah cabang ataupun batang dari kaktus tersebut dengan panjang minimun 5 centimeter, ataupun sebanyak 1 sirip, bergantung dari tipe kaktus yang setelah itu hendak digunakan buat stek.

Gunakanlah pisau yang steril( sudah dibersihkan) dan tajam.

Potongan kaktus setelah itu ditaruh pada ruangan yang kering dan terlindungi, tunggulah sepanjang kurang lebih 14 hari sampai sisa potongan pada tumbuhan tersebut jadi bercorak kuning serta berkalus.

Setelah itu, siapkan pot yang tercantum dalam jenis kecil dengan dimensi diameter kurang lebih 5 centimeter.

Setelah itu, isilah pot tersebut dengan kombinasi pupuk kompos dan pasir dengan dimensi perbandingan( 1: 1) ataupun bisa pula cuma memakai pasir saja.

Tanamkanlah potongan kaktus yang tadinya sudah didiamkan ke dalam pot yang sudah dipersiapkan.

Tanamkan potongan kaktus tersebut sedalam kurang lebih 2 sampai 3 centimeter ataupun⅓ dari panjang tumbuhan yang dipotong.

Pot yang mempunyai kaktus tersebut setelah itu ditaruh di tempat yang teduh.

Siramlah tumbuhan kaktus yang melaksanakan stek masing- masing 1 sampai 2 minggu sekali.

Tidak hanya itu, pembibitan kaktus dari stek batang ini bisa pula dicoba pada pot ataupun wadah yang lebih besar lagi. Namun, metode ini hendak diatur jaraknya dekat 5 centimeter antar tumbuhan kaktus.

Apabila stek sudah mempunyai pangkal yang lumayan kokoh, kita bisa memindahkan kaktus tersebut ke dalam pot kecil kurang lebih 5 centimeter serta setelah itu diisi dengan komposisi media tanam yang sama, ialah perbandingan 1: 1 antara pupuk kompos dan pasir, ataupun cuma pasir saja.

Baca Juga :  Cara Menanam Tomat : Persiapan, Pembibitan Perawatan Dan Pemanenan

Setelah itu, masing- masing dari pot tersebut cuma ditanami dengan satu buah bibit kaktus.

  • Menanam Kaktus Dengan Anakan

Umumnya, kaktus yang miliki wujud kecil, bundar, dan pendek hendak mempunyai tunas kaktus yang terletak di sekitar tumbuhan induk.

Dalam pengembangbiakan kaktus dengan tata cara ini bisa puula dicoba dengan memakai organ dari tunas tersebut. Berikut merupakan perihal yang butuh dicermati dalam meningkatkan tumbuhan kaktus dengan memakai tunas:

Memilih tipe kaktus yang hendak ditanam, bagaikan contoh merupakan kaktuss yang bundar.

Setelah itu ambil suatu kertas ataupun busa dengan dimensi yang bisa menutupi tunas dan balutlah tunas tersebut secara merata.

Tumbuhan yang sudah diberikan balutan tersebut setelah itu dipisahkan tunas tersebut secara lama- lama dari tumbuhan dengan metode dipotong memakai pisau yang tajam, ataupun bisa pula dipetik dengan memakai tangan

Siapkanlah pot dengan dimensi yang cocok dengan dimensi tunas yang sudah dipetik ataupun dipotong tersebut.

Setelah itu, isilah pot tersebut dengan kombinasi pupuk kompos dan pasir dengan dimensi perbandingan( 1: 1) ataupun bisa pula cuma memakai pasir saja.

Tanamlah tunas kaktus yang sudah dipersiapkan.

Simpan pot- pot tersebut pada posisi yang teduh dan terlindungi.

  • Menanam dengan Metode Penyambungan

Metode ini merupakan metode mencampurkan 2 tipe kaktus yang hendak digunakan buat mendapatkan tipe kaktus yang baru dan bermutu baik dan mempunyai harga jual yang besar.

Tidak hanya itu, metode ini dipercaya buat bisa melipat gandakan tumbuhan kaktus dalam jumlah banyak dan mempunyai suatu tipe kaktus dengan pangkal yang kokoh.

berpenampilan menarik, dan tahan dengan bermacam berbagai penyakit, dan bisa berkembang dengan membiasakan area yang terletak disekitarnya.

Dalam melaksanakan penyambungan, terdapat baiknya kita mempersiapkan perihal berikut:

      • Bibit pada bagian dasar batang.
      • Tumbuhan kaktus indukan yang mempunyai penampilan eksklusif( mempunyai banyak sirip ataupun bercabang).
      • Perlengkapan pemotong( pisau ataupun cutter) yang sudah disterilkan.
      • Alkohol 70% buat mensterilkan perlengkapan pemotong.
      • Dibutuhkan pula kuas buat mensterilkan kotoran pada batang kaktus.
      • Sarung tangan buat melindungi diri dari jarum kaktus.
      • Karet gelang buat mempererat sambungan dari kaktus tersebut.
      • Pinset ataupun penjepit buat menyimpan batang pada bagian atas batang pada bagian dasar batang.

Berikut, merupakan sebagian tata cara dan metode yang bisa dicoba buat menyambungkan kaktus:

    • Tata cara Sambungan Rata( Flat Grafiting)

Berikut ini merupakan metode menanam kaktus dengan metode sambungan rata:

      • Ambil batang dasar kaktus yang sudah dipotkan, bilas dari kotoran yang masih melekat.
      • Sayat mendatar( rata) pada pucuk batang dasar, serta bagian sisi- sisinya disayat miring 45 derajat supaya bidang sayatan lebih kecil.
      • Sayat mendatar( rata) pangkal batang atas sehingga nampak bagian kambiumnya.
      • Tempel batang atas pada bidang
      • sayatan batang dasar hinggah serius terpaut erat kambium kedua batang yang disambungkan.
      • Kuatkan bidang tempelan tadi memakai lidi ataupun karet gelang supaya tidak gampang dilepas.
    • Tata cara Sambungan Serong( Side Grafting)

Berikut ini merupakan metode menanam kaktus dengan metode Sambungan Serong ;

      • Sayat miring 45 derajat batang dasar, bidang bidang sayatan wajib rata.
      • Sayat miring 45 derajat batang atas sampai berdimensi sama dengan sayatan batang dasar.
      • Tempelkan batang atas pada batang dasar sampai sunguh- sungguh paduh.
      • Kuatkan bidang sambungan dengan lidi.
      • Siram medium dalam pot kaktus sambungan sampai lumayan basah.
      • Simpan pot kaktus sambungan ditempat yang teduh.
    • Tata cara Sambungan Samping ataupun Tusukan

Berikut ini merupakan metode menanam kaktus dengan metode sambungan samping :

      • Buatlah lubang dalam posisi miring ataupun serong ke bagian dalam batang kaktus ke arah dasar. Upayakan supaya kedalaman lubang tidak menembus bagian batang yang lain.
      • Sayatlah batang pada bagian atas buat kedua sisi pangkalnya, setelah itu iris dalam wujud baji.
      • Taruhlah potongan batang dari tumbuhan kaktuss ke dalam bidang lubang yang sudah terbuat sampai cocok.
Baca Juga :  Tanaman Kaktus : Mengenal Jenis Kaktus Hias dan Cara Budidayanya

Syarat Tumbuh Tanaman Kaktus

Buat kelangsungan perkembangan kaktus, ada syarat- syarat pokok yang dibutuhkan buat kaktus supaya berkembang. Berikut penjabarannya:

Tumbuhan kaktus hendaknya di tumbuhkan pada ketinggian 1200 meter dpl.

Supaya bisa berkembang dengan baik, temperatur hawa yang terletak di dekat kaktus terletak di antara 26 sampai 35 derajat celcius apabila meningkatkan kaktus dari bibit ataupun benih.

Serta buat kaktus berjenis lain semacam kaktus hibrida yang bisa berkembang di pegunungan dengn temperatur dekat 16 sampai 24 derajat celcius.

Tidak hanya itu bisa pula hidup di dataran rendeh yang bersuhu besar. Namun, hendak menimbulkan corak batang dari kaktus itu sendiri hendak jadi nampak kumal.

rH, ataupun biasa diucap dengan tingkatan kelembaman hawa yang dibutuhkan buat tumbuhan kaktus terbilang sangat rendah, berkisar dari 30 sampai 80%.

Curah hujan yang perlukan buat tumbuhan kaktus supaya bisa hidup pula terbilang sangat rendah, ialah 60mm/ bulan.Tidak hanya itu dibutuhkan pula keseriusan penyinaran dari cahaya matahari sebanyak 50 sampai 80%.


Panduan Pemberantasan Hama serta Penyakit


Kutu Batok

Pada kutu sisik, umumnya hendak melanda tumbuhan kaktus dengan metode menghirup cairan dan zat yang ada pada tumbuhan kaktus tersebut.

Sehingga, menimbulkan terbentuknya pergantian corak pada kaktus yang jadi bewarna kuning.

Buat mengobatinya, apabila masih dalam sesi kecil, jalani perendaman pada kaktus yang terserang kutu sisik keadalam larutan sabun sepanjang kurang lebih 15 menit.

Kutu Putih

Apabila kita memandang batang kaktus nampak kotor, hingga mungkin besar yang terjalin merupakan kalau kaktus tersebut terserang kutu putih. Perihal ini hendak mengundang semut buat menghadiri kaktus.

Metode yang digunakan buat mengusir kutu sisik merupakan dengan metode mensterilkan batang dengan memakai gosok dengan bahan yang halus.

Cara Menanam Kaktus : Morfologi, Syarat Tumbuh Serta Penanganan Hama dan Penyakitnya

Kutu Wol

Kutu wol hendak membuat kaktus jadi lebah dan meresap zat yang ada pada kaktus tersebut dengan serta hendak membuat rupanya jadi kuning.Cukup bersihkan saja batang kaktus dengan memakai kuas.

Penyakit tepung

Umumnya, kaktus yang terserang penyakit ini hendak ditutupi suatu susunan yang hendak bewarna putih dengan sedikit corak abu- abu. Apabila kita menyentuhnya, hingga susunan itu hendak nampak semacam tepung,

Perawatan yang wajib dicoba merupakan dengan metode menaburkan tebung belerang pada permukaan dari batang kaktus yang terserang penyakit tepung itu sendiri.

Kapang Jelaga

Apabila corak pada batang kaktus ada susunan bewarna gelap yang hendak menutupi batang kaktus tersebut. Lagi, apabila kita menyentuhnya, hingga kita hendak semacam memegang tepung.

Semacam perihal yang sama yang dicoba pada penyakit tepung. Kita hendak menaburkan tebung belerang pada permukaan batang kaktus yang terserang penyakit Kapang Jelaga.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kaktus Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5