Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Panjang Yang Tepat Untuk Pemula

5 min read

Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Panjang Yang Tepat Untuk Pemula
0
()

Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Panjang Yang Tepat Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kacang Panjang.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Panjang Yang Tepat Untuk Pemula


Kacang panjang ataupun nama latinnya Vigna Sinensis ialah tumbuhan berjenis sayur- mayur yang masuk dalam kalangan famili leguminosa.

Butuh dikenal kalau tumbuhan yang terkategori dalam famili leguminosa ialah tumbuhan sayur- mayur yang bisa memulihkan nitrogen yang terdapat pada tanah.

Kacang panjang ini dijadikan tumbuhan sela alias di sela- sela tumbuhan yang lain. Hingga tidak heran bila Kamu kerap memandang sebagian tumbuhan kacang panjang berkembang di sela- sela tumbuhan yang lain.

Tumbuhan kacang panjang bisa berkembang di wilayah mana saja ataupun udara apapun. Sehingga menanam kacang panjang bisa dicoba oleh siapapun dengan gampang, asalkan dicoba dengan benar.

Tidak butuh melaksanakannya dengan baik, yang berarti benar dalam tahap- tahapnya.Terdapat 3 keuntungan dalam menanam kacang panjang yang di antara lain:

  • Bisa memulihkan isi nitrogen dalam tanah,
  • Membagikan keuntungan dalam segi ekonomi, dan
  • Gampang menyesuaikan diri dengan hawa apapun, sehingga sesuai ditanam kapanpun.

Sesungguhnya bukan cuma ketiga keuntungan tersebut menanam kacang panjang, masih banyak lagi keuntungan yang lain bila Kamu berupaya menanam kacang panjang.


Syarat Tumbuh Kacang Panjang

Meski kacang panjang ialah tipe tumbuhan yang bisa ditanam kapanpun, tetapi kacang panjang lebih menggemari dengan udara yang panas.

Kacang panjang bisa berkembang secara maksimal bila ditanam di wilayah yang mempunyai temperatur 15– 25°C dengan kecurahan hujan dekat 600– 1500 milimeter per tahunnya.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Viga unguiculata sesquipedalis ini dapat berkembang dengan metode memanjat ataupun meilit di tiang ataupun dahan tumbuhan yang lain.

Bagian yang dijadikan sayur- mayur ialah bagian buahnya yang masih lumayan muda serta masih lunak seratnya. Tumbuhan ini banyak ditemukan di wilayah tropis sepeti di Asia, paling utama di Indonesia.

Daun tumbuhan kacang panjang diucap dengan nama lembayung, serta pula dapat dijadikan hidangan sayur- mayur hijau.


Langkah Penanaman Kacang Panjang


Pemilihan Benih

Memilah benih kacang panjang yang baik pula sangat berarti sebab dapat pengaruhi perkembangan tumbuhan. Metode menanam kacang panjang pula memanglah lumayan gampang buat diiringi.

Baca Juga :  Inilah Cara Membuat Bibit Brokoli, Proses Penanaman dan Perawatannya

Tetapi memanglah pasti hendak berbeda dengan metode menanam kacang merah. Berikut merupakan uraian menimpa metode memilah benih kacang panjang yang baik supaya dapat berkembang produktif.

  • Seleksi benih dari tumbuhan kacang panjang unggulan

Buat mengambil benih kacang panjang, seleksi benih yang berasal dari tumbuhan kacang panjang unggulan. Perihal ini berarti supaya kacang panjang yang ditanam menciptakan tumbuhan yang pula bermutu bagus.

Tumbuhan unggulan memanglah umumnya aka menciptakan benih yang pula unggulan. Ikuti tipe benih melon terbaik serta tahan penyakit di mari.

  • Seleksi benih yang tidak rusak

Sehabis mengambil benih dari tumbuhan kacang panjang unggulan, seleksi benih yang tidak rusak. Perihal ini berarti sebab benih yang rusak tidak hendak dapat berkembang dengan baik.

Memilih benih yang tidak kopong, ataupun memanglah berisi biji- biji tumbuhan kacang panjang. Metode menanam kacang panjang supaya hasilnya maksimal pula dapat Kamu simak.

  • Seleksi benih dari tumbuhan yang leluasa hama serta penyakit

Supaya tumbuhan kacang panjang Kamu betul- betul tahan terhadap hama serta penyakit, seleksi benih dari tanamna yang memanglah teruji leluasa dari hama serta penyakit.

Yakinkan tumbuhan tersebut memanglah sehat serta dapat berkembang dengan baik. Perihal ini berarti sebab benih yang sehat pula umumnya hendak menciptakan tumbuhan yang sehat.

  • Seleksi benih dari kacang yang telah lumayan tua

Buat dapat berkembang dengan baik serta kilat, seleksi benih dari tumbuhan kacang yang telah lumayan tua. Kacang yang telah tua hendak mempunyai biji serta tidak kopong.

Perihal ini berarti supaya tumbuhan dapat berkembang. Benih yang kopong pasti tidak hendak dapat menciptakan perkembangan tumbuhan kacang panjang. Kamu dapat cek metode menanam benih padi mapan 02.

  • Jemur biji serta sortir benih yang baik

Saat sebelum menanam benih, jemur benih- benih tersebut sampai kering serta persiapkan supaya dapat lekas ditanam. Dari benih- benih tersebut, Kamu butuh buat sortir mana benih yang betul- betul baik.

Memilah benih yang baik serta menyortirnya dapat memakai metode simpel dengan bahan air. Masukkan benih ke dalam wadah yang berisi air. Ketentuan biasanya ialah benih yang tenggelam dalam air baik digunakan buat ditanam.


Persiapan Lahan

Bila kamu mempunyai bedengan sisa tumbuhan cabe ataupun terong ataupun melon hingga kamu tidak butuh membongkarnya kembali, walaupun lebih bagus hasilnya bila tanah kembali digemburkan.

Kamu dapat langsung menanami lubang tanam sisa tumbuhan yang lain tersebut tanpa membuka plastic mulsa.

Bila kamu mengawali dari dini hingga hendaknya kamu melaksanakan penggemburan ulang dengan traktor ataupun cangkul kemudian terbuat galuran calon bedengan.

Baca Juga :  Ini Dia Masa Panen Kacang Panjang, Perlakuan Pasca Panen Serta Pengendalian Hama dan Penyakitnya

Pemberian Pupuk Dasar

Untuk bedengan sisa hingga tidak butuh diberi pupuk dasar dengan harapan tumbuhan hendak meresap sisa pupuk dari masa tanam tadinya.

Tetapi untuk yang awal membuat hingga buat pupuk dasar gunakanlah kotoran hewan paling utama kotoran ayam kemudian ditambahkan taburan pupuk Phonska yang dicampur dengan calcium bubuk dan insektisida tabor.

Perihal ini hendak menghindari serbuan hama larva uret dalam tanah bedengan. Sehabis itu tanah ditutup serta dibangun bedengan semacam biasa.

Tutup bedengan dengan plastik mulsa supaya kurangi perkembangan gulma pada bedengan.


Penanaman Benih

Bedengan yang telah jadi setelah itu terbuat lubang tanam dengan kedalaman cuma dekat 5 centimeter saja buat menanam benih kacang panjang nantinya.

Benih kacang oanjang hendaknya kamu beli di toko pertanian supaya mendapatkan benih hibrida unggulan.

Nantinya benih ini tidak butuh disemai serta kamu dapat merendamnya selama 6 jam dalam 1 liter air yang telah dicampur dengan 10 tetes zpt auxin guna memacu pertumbuhannya.

Benih yang telah direndam setelah itu bisa ditanam dalam lubang yang telah disiapkan serta ditutup dengan tanah. Perlu dekat 2- 4 hari sampai benih berkembang.


Pemasangan Ajir

Terdapat baiknya supaya ajir lekas dipasang sehabis benih berkembang. Perihal ini ertujuan buat menghindari perlukaan pada zona pangkal sebab tusukan ajir.

Guna ajir ini nantinya bagaikan tempat merambat untuk kacang panjang sehingga buahnya hendak nampak menggantung.

Bahan pembuatan ajir dapat berbentuk kayu ataupun bambu yang terutama kokoh buat menahan terpaan angin dn hujan.

Besar ajir sehabis ditancakan minimun 180 centimeter serta idalnya merupakan 2 m. Baca pula Metode Budidaya Cacing Sutra

Antara ajir 1 serta yang lain dapat kamu kaitkan buat menaikkan kekokohannya. Kamu dapat menggunakan batang bambu bonus buat menghubungkan masing- masing ajir dalam 1 bedengan.


Pemupukan Susulan

Bila kamu menanam di masa hujan hingga kandungan nitrogen leluasa di hawa serta tanah masi sangat tingi sehingga hendaknya kamu kurangi pengunaan pupuk dengan kandungan nitrogen besar semacam urea serta ZA.

Kemudian bila daun telah lumayan produktif hingga kamu tidak butuh meningkatkan penyemprotan pupuk daun.

Tidak hanya supaya lebih hemat bayaran perihal ini hendak menghindari serbuan jamur akibat berlebihnya kandungan nitrogen di areal tanam.

Bila kamu menanam di masa kemarau hingga kamu dapat memakai pemupukan kocor NPK 16- 16- 16.

tetapi pada masa penghujan hendaknya kamu memakai pupuk MKP yang tidak memiliki nitrogen dan kamu dapat menyemprotkan pupuk mikro tanpa nitrogen semacam Primarin- B.

Pemupukan model kocor diawali dikala tumbuhan telah merambat pada ajir dengan interval 10 hari sekali sebaliknya penyemprotan pupuk mikro ke daun dapat dicoba 7 hari sekali.

Baca Juga :  Bunga Dahlia : Morfologi, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

Penyiangan Rumput

Dimusim hujan rumput pula hendak berkembang produktif. Keberadaan rumput yang tebal disekitar areal tanam dapat jadi temat persembunyian untuk sebagian besar hama tumbuhan.

Oleh sebab itu berarti buat melaksanakan proses penyiangan. Bila kamu merasa keberatan hingga kamu dapat memakai herbrisida yang banyak dijual di toko pertanian.


Penanggulangan Hama Tumbuhan Kacang Panjang

Pada proses metode menanam kacang panjang tidak hendak lepas dari yang namanya serbuan hama. Hama tumbuhan kacang panjang mayoritas merupakan dari tipe serangga.

Tetapi yang sangat sering merupakan ulat. Ulat ini beragam jenisnya. Mereka lebih aktif kala sinar matahari belum terasa panas paling utama di malam hari serta lebih memilah sembunyi di rerumputan ketikan terik siang.

Pakai insektisida berbahan aktif metomil ataupun deltametrin serta dicoba penyemprotan pada sore hari( dibawah jam 4 sore).

Penyemprotan di pagi ataupun siang hari tidak hendak efisien menanggulangi hama ulat. Seperti itu metode menanam kacang panjang supaya hasilnya maksimal.

Hama serta penyakit ialah salah satu aspek yang bisa membuat produktivitas kacang panjang menurun serta tidak maksimal. Hama serta penyakit yang butuh Kamu tahu pada tumbuhan kacang panjang ini di antara lain:

  • Kutu gelap serta putih,
  • Kepik daun,
  • Penggerek polong,
  • Ulat grayak, serta juga
  • Penyakit karat serta bintik daun Cerospora.

Kamu tidak butuh takut dengan hama serta penyakit tumbuhan kacang panjang tersebut. Kamu bisa menanggulangi hama serta penyakit tersebut dengan metode organic ialah dengan dengan memakai pestisida biologi.

Sebab para petani mengaku kalau pestisida biologi ini ialah pestisida yang natural tanpa terdapatnya bahan kimia, sehingga sangat nyaman untuk tumbuhan.

Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Panjang Yang Tepat Untuk Pemula


Masa Panen Kacang Panjang

Kacang panjang bisa dipanen dikisaran usia 50- 60 hari. Panen dapat kamu lakukan tiap hari. Apalagi bila tumbuhan sangat produktif hingga panen dapat kamu lakukan pagi serta sore.

Buah kacang panjang yang dipanen yakni buah yang belum sangat tua sebagaimana halnya bila kita memanen timun.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kacang Panjang Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5