Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Tepat Untuk Pemula

8 min read

Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Tepat Untuk Pemula
0
()

Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Tepat Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kacang Hijau.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Tepat Untuk Pemula


Kacang hijau( Vigna radiata) merupakan sejenis palawija yang diketahui luas di wilayah tropika.

Tanaman yang tercantum suku kacang- kacangan( Fabaceae) ini mempunyai banyak khasiat dalam kehidupan tiap hari bagaikan sumber bahan pangan berprotein nabati besar.

Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terutama sebagai tumbuhan pangan legum, sehabis kedelai serta kacang tanah.

Bagian sangat bernilai ekonomi merupakan bijinya. Biji kacang hijau direbus sampai lunak serta dimakan bagaikan bubur ataupun dimakan langsung. Biji matang yang digerus serta dijadikan isi onde- onde, bakpau, ataupun gandas turi.

Kecambah kacang hijau jadi sayur- mayur yang universal dimakan di kawasan Asia Timur serta Asia Tenggara serta diketahui sebagai tauge.

Kacang hijau apabila direbus lumayan lama rusak serta pati yang tercantum dalam bijinya keluar serta mengental, jadi semacam bubur.

Tepung biji kacang hijau, diucap di pasaran tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue- kue serta cenderung membentuk gel. Tepung ini pula bisa diolah jadi mi yang diketahui soun.

Kacang hijau ialah sumber pangan yang mempunyai isi protein besar. Bagian biji kacang hijau memanglah dapat direbus sampai lunak kemudian disantap manusia.


Syarat Tumbuh Kacang Hijau

Kacang hijau berkembang maksimal pada struktur tanah yang gembur dengan pH 5, 8- 7, 0 maksimal 6, 7.Udara  yang baik  mempunyai curah hujan maksimal ialah 50- 200 milimeter/ bulan.

Temperatur 25- 27 0C serta kelembaban hawa antara 50- 80% dan memperoleh cahaya matahari yang cukup.Seluruh varietas kacang hijau yang sudah dilepas sesuai ditanam di lahan sawah ataupun tegalan.

Varietas terkini tahan penyakit semacam Sriti, Kutilang, Perkutut, serta Mural. Tipe bibit ini diajarkan buat ditanam pada wilayah yang mempunyai endemik penyakit Embun Tepung serta Bintik Daun.

Kebutuhan benih dekat 20 kilogram/ ha dengan energi berkembang 90%.Kacang kacangan mempunyai khasiat yang sangat besar buat kesehatan paling utama dalam pemenuhan nutrisi.


Metode Tanam Kacang Hijau


Pemilihan Bibit Yang Baik

Berikut merupakan uraian lebih lengkap menimpa metode memilah bibit kacang hijau yang baik:

  • Ambil bibit langsung dari tumbuhan kacang hijau

Buat memperoleh bibit tumbuhan kacang hijau yang baik, hendaknya Kamu ambil bibit tersebut langsung dari tumbuhan kacang hijau. Memilih tumbuhan yang baik serta sehat buat diambil bagian bijinya bagaikan bibit.

Nantinya, biji kacang hijau ini hendak dikeringkan, kemudian diproses dengan metode tertentu supaya dapat berkembang kecambahnya.

  • Seleksi bibit dengan masa perkembangan bibit seragam

Biar tumbuhan kacang hijau bisa berkembang dengan bertepatan serta bersama mempunyai mutu yang baik, piluh bibit dengan masa perkembangan bibit yang seragam.

Perihal ini dapat Kamu capai dengan metode mengambil bibit dari tumbuhan yang sama.

Bila perihal ini masih kurang, Kamu dapat mengambil bibit dari tumbuhan kacang hijau yang berbeda- beda tetapi mempunyai masa perkembangan bibit yang seragam.

  • Seleksi bibit kacang hijau yang bermutu serta dari tumbuhan dengan banyak akar

Supaya tumbuhan kacang hijau dapat berkembang dengan baik serta sehat, seleksi bibit kacang hijau yang bermutu serta dari tumbuhan kacang hijau dengan banyak pangkal.

Perihal ini berarti sebab tumbuhan yang mempunyai banyak pangkal berarti tumbuhan kacang hijau tersebut sehat serta bisa berkembang dengan baik.

Baca Juga :  Inilah Panduan Budidaya Lebah Madu Untuk Pemula Panen Sukses

Tumbuhan yang baik pasti mungkin besar hendak menciptakan bibit yang dapat berkembang dengan baik pula.

  • Seleksi bibit dari tumbuhan yang bisa menyesuaikan diri dengan gampang di area baru

Kamu pasti menginginkan bibit kacang hijau yang dapat menciptakan tumbuhan yang bisa menyesuaikan diri dengan gampang di area baru ataupun di bermacam tipe area.

Buat itu, Kamu butuh seleksi bibit kacang hijau dari tumbuhan yang bisa menyesuaikan diri dengan gampang di area baru.

  • Tahan terhadap serbuan hama serta penyakit

Serbuan hama serta penyakit dapat mengganggu serta membatasi perkembangan tumbuhan kacang hijau.

Buat itu, memilih bibit kacang hijau dari tumbuhan yang sudah teruji tahan terhadap serbuan hama serta penyakit.


Media Tanam Kacang Hijau

Dalam membudidaya ataupun menanam kacang hijau, kita pula butuh mencermati keasaman tanah yang kita pakai bagaikan media tanam kacang hijau.

Tanah yang baik buat menanam kacang hijau merupakan tanah yang mempunyai keasaman dengan kandungan 5, 8 hingga 7 pH. Tetapi, tingkatan keasaman tanah yang sangat baik merupakan 6, 7 pH.

Tidak hanya memiliki zat organik serta tingkatan keasaman yang baik, tanah pula wajib berdrainase yang baik. Perihal ini sangat dibutuhkan bagaikan media pengairan.

Sehingga air dalam tanah bisa berjalan dengan mudah serta menolong perkembangan tumbuhan kacang hijau dengan baik.

Aliran air yang mudah sangat dibutuhkan untuk tumbuhan kacang hijau. Sebab, bila tumbuhan yang terserang air sangat banyak sampai menggenang, hingga perihal ini bisa mengganggu tumbuhan sebab membusuk terserang air.

Bila disimpulkan dari uraian di atas, hingga bisa disimpulkan kalau tanah yang sesuai sebagai media tanam kacang hijau merupakan bagaikan berikut:

  • Tanah yang memiliki banyak zat organik,
  • Tanah yang mempunyai tingkatan keasaman 6, 7 pH, dan
  • Tanah yang berdrainase.

Metode Mengelola Benih Kacang Hijau

Memilah benih kacang hijau yang baik ialah faktor terutama dalam membudidaya ataupun menanam kacang hijau. Supaya memperoleh hasil panen yang memuaskan, hingga kita butuh memakai benih yang baik.

Di samping hasil panen yang memuaskan, kita jadi dipermudah dalam menanamnya sebab benih bisa bertahan hidup lebih lama dibanding dengan benih kacang hijau yang kurang baik.

Benih kacang hijau juga mempunyai keragaman yang cukup banyak. Terserah kalian ingin seleksi yang mana. Sebagian varietas benih kacang hijau yang terkenal ini di antara lain merupakan benih kacang hijau varietas merak, nuri, wallet, gelatik, serta yang lain.

Nah, kita juga pula butuh mencermati tanah yang kita pakai bagaikan media tanam dalam memilah benih kacang hijau yang sesuai. Jadi, kalian tidak dapat sembarang memilah benih kacang hijau mana yang hendak kalian pakai.

Dalam memakai benih juga pula butuh dicermati media tanam semacam tanah yang hendak digunakan bagaikan media tanam.

Bila tanah belum sempat digunakan buat menanam kacang hijau tadinya, hendaknya benih kacang hijau diinokulasi dulu. Kalian dapat menginokulasi benih kacang hijau dengan memakai bibit kuman rhizobium.

Inokulasi benih kacang hijau ini dicoba supaya benih kacang hijau bisa menyesuaikan diri di tanah yang belum sempat disinggahi oleh tumbuhan sejenisnya.


Penanaman Kacang Hijau

Sehabis melaksanakan sesi pemilihan benih, saatnya kita lanjut ke sesi penanaman kacang hijau. Semacam yang telah disebutkan di atas kalau masa yang terbaik dalam menanam kacang hijau merupakan masa kemarau.

jadi, kalian wajib menunggu masa kemarau buat mengawali menanam kacang hijau, bila mengiginkan hasil panen yang memuaskan nantinya.

Terdapat 2 tipe tumbuhan kacang hijau dalam ilmu pertanian, ialah tumbuhan kacang hijau yang bercabang serta tumbuhan kacang hijau yang tidak bercabang.

Dalam menanam juga pula dibedakan jarak tanamnya dari tipe kedua tumbuhan kacang hijau tersebut.

Buat tumbuhan kacang hijau yang bercabang, jarak tanamnya merupakan 40 x 20 centimeter, serta sebaliknya buat tumbuhan kacang hijau yang tidak bercabang, jarak tanamnya merupakan 30 x 10 centimeter.

Intinya, buatlah lubang buat menanam ataupun menyimpan benih di lubang dengan jarak cocok dengan jarak yang telah dipaparkan di atas. Biasanya, tiap lubang diisi oleh 2 hingga 3 biji kacang hijau.

Baca Juga :  Cara Menanam Kacang Tanah : Metode, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

Jangan lupa pula buat membagikan bubuk di tiap lubangnya supaya biji kacang hijau bisa berkecambah dengan kilat serta baik.

Pupuk yang sangat baik buat tumbuhan kacang hijau merupakan pupuk organik. Jadi, pupuk yang natural sangatlah baik gunanya buat tumbuhan kacang hijau bila mau hasil panennya memuaskan.

Tetapi, kalian pula dapat memakai pupuk Urea serta PPC bila mau menolong perkembangan tumbuhan kacang hijau. Sebab pupuk tersebut bisa menolong perkembangan tumbuhan kacang hiau dengan baik serta kilat.

Sehabis lubang diisi biji serta pupuk, saatnya kalian menutup lubang dengan metode merapatkan tanah dengan tanah.

Upayakan lubang tanah jadi padat supaya tanah tidak dengan gampang dimasuki hama tumbuhan yang bisa memakan biji tumbuhan kacang hijau.

Bila disimpulkan dari uraian di atas, hingga tahap- tahap dalam menanam kacang hijau ini sebagai berikut:

  • Melubangi tanah dengan jarak yang cocok dengan tipe tumbuhan kacang hijau,
  • Tiap lubang diisi 2 hingga 3 biji tumbuhan kacang hijau,
  • Tiap lubang diberi pupuk organik serta Urea ataupun PPC bagaikan pupuk bonus, dan
  • Memadatkan lubang dengan tanah.
  • Ingat, jalani perihal ini di masa kemarau, bila menginginkan hasil panen yang memuaskan.

Pemupukan

Sesi dalam membagikan pupuk tumbuhan kacang hijau, bukan cuma kala menanam biji tumbuhan kacang hijau. Melainkan dikala tumbuhan kacang hijau telah berumur 2

minggu juga, mereka pula membutuhkan pupuk bagaikan nutrisi pertumbuhannya. Kalian dapat membagikan pupuk POC NASA setiam 2 minggu sekali serta jalani perihal ini secara teratur.

Bila Kamu melaksanakan pemupukan ini secara teratur, hingga perkembangan tumbuhan kacang hijau bisa berkembang serta tumbuh dengan baik.

Tetapi, butuh dikenal kalau tata cara pemupukan pada masa perkembangan berbeda dengan tata cara pemupukan pada masa berbunga.

Jadi, kala tumbuhan kacang hijau kalian telah mulai nampak berbunga, hingga hendaknya jangan memakai tata cara pemupukan semacam dikala masa perkembangan tumbuhan kacang hijau.

Yang mana awal mulanya memakai tata cara semprot, hingga ubah tata cara semprot jadi tata cara siram.

Jadi, jangan jalani penyemprotan pada tumbuhan kacang hijau, dikala kacang hijau mulai menampakan bunganya. Perihal ini hendak bisa mengganggu bunga pada tumbuhan kacang hijau.

Butuh dikenal, jika kalian mengganggu bunga tumbuhan kacang hijau, hingga kalian saja membatasi berkembangnya tumbuhan kacang hijau.

Sebab pernyerbukan kacang hijau ini hendak tersendat dengan terdapatnya semprotan air ataupun pupuk yang kalian semprotkan kepada tumbuhan hijau.


Pengairan

Pada sesi berikutnya dalam metode menanam kacang hijau merupakan sesi pengairan yang dapat dicoba dikala masa perkembangan biji.

Kalian pula dapat mengawali sesi pengairan pada dikala biji tumbuhan kacang hijau mulai berkecambah ataupun menampakan dahan serta rantingnya.

Bila dalam seminggu tidak terjalin hujan, hingga hendaknya kalian penyiraman pada tumbuhan kacang hijau kalian.

Perihal ini butuh dicoba supaya tumbuhan kacang hijau milikmu tidak hadapi kekeringan serta membuat buah kacang hijau jadi tidak bermutu nantinya.

Lakukan penyiraman bila tidak terjadi hujan dalam seminggu. Tetapi, bila terjalin hujan dalam skala waktu kurang dari seminggu, hendaknya tidak butuh melaksanakan penyiraman pada tumbuhan kacang hijau.

Karna kalau air yang berlebih di zona tanam hendak membuat tumbuhan kacang hijau jadi busuk serta rusak,air tergenang di zona tanam, hingga bisa membatasi perkembangan serta mengganggu tumbuhan kacang hijau


Penyiangan

Tidak cuma tumbuhan kacang hijau, tumbuhan lain juga pula memerlukan proses penyiangan.

Sebab proses penyiangan ini ialah sesi yang sangat berarti dalam membudidaya ataupun menanam tumbuhan tercantum tumbuhan kacang hijau.

Perihal ini sangat berarti dicoba sebab pada sesi penyiangan ini mempunyai tujuan ialah mengusir gulma ataupun hama- hama yang melanda tumbuhan kacang hijau.

Alibi tersebutlah yang membuat proses penyiangan sangat dibutuhkan dalam budidaya ataupun menanam tumbuhan kacang hijau.

Proses penyiangan bisa kalian jalani bila kalian mulai memandang tanah mulai mongering.,bila kalian melaksanakan penyiangan pada dikala tanah basah, hingga perihal ini hendak bisa mengganggu struktur tanah.

Baca Juga :  Kandungan Gizi Cabai Merah Keriting dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dengan terdapatnya struktur tanah yang rusak, hingga hendak membuat tumbuhan kacang hijau terhambat perkembangan tumbuhan kacang hijau.

Nah, waktu yang pas buat melaksanakan proses penyiangan ini bukan cuma dikala tanah kering saja. Melainkan dikala tumbuhan kacang hijau saat sebelum mulai menampakan bunganya.

Serta kalian dapat melaksanakan penyiangan 2 hingga 3 kali saat sebelum tumbuhan kacang hijau mulai berbunga.

Jadi, akhirnya merupakan kalau proses penyiangan tumbuhan kacang hijau yang baik merupakan dikala tanah kering serta saat sebelum tumbuhan kacang hijau mulai berbunga.


Pemberantasan Hama serta Penyakit

Sesungguhnya buat melaksanakan pengusiran hama serta penyakit yang melanda tumbuhan kacang hijau ini terdapat sebagian metode serta apalagi banyak metode.

Apalagi terdapat pula pencegahannya supaya hama serta penyakit tidak melanda tumbuhan kacang hijau kalian.

Tetapi, satu di antara metode yang lain, kalian dapat memakai metode yang satu ini. Ialah menanam tumbuhan kacang hijau dengan metode selang seling dengan tumbuhan yang lain.

Jalani perihal tersebut secara serempak sepanjang 10 hari. Sehabis itu, tutup lubang tanam dengan jerami.

Perihal ini ialah metode yang sangat gampang dicoba supaya hama serta penyakit tidak melanda tumbuhan kacang hijau kalian nantinya.

baik dicoba dalam mengusir serta menghindari hama ataupun penyakit tumbuhan kacang hijau dengan melaksanakan penyiangan secara berkala serta membuat sanitasi yang baik buat tumbuhan kacang hijau.

Bila tadi merupakan metode menghindari terdapatnya penyakit ataupun hama pada tumbuhan kacang hijau, hingga ulasan berikutnya merupakan metode mengatasinya.

Lalat kacang serta bintik daun merupakan hama serta penyakit yang sangat universal ditemukan pada tumbuhan kacang hijau. Jadi, penyakit serta hama inilah yang jadi atensi sangat berarti buat kita bunuh serta basmi.

Kalian dapat memakai Azordin 15 WSC serta Agrothion 50 EC dalam membasmi lalat kacang. Lalat kacang sangat gampang dibasmi dengan memakai racikan tersebut.

Lumayan semprotkan pada tumbuhan kacang hijau kalian. Berbeda halnya dengan lalat kacang, kalau bintik daun bisa dibasmi dengan memakai Benlate T 20 WP. Jadi, kalian dapat membasmi keduanya

ataupun piluh salah satau denga nmelihat hama serta penyakit mana yang sangat dominan pada tumbuhan kacang hijau kalian.

Metode Memilih dan Cara Menanam Kacang Hijau Yang Tepat Untuk Pemula


Masa Panen Kacang Hijau

Berikut ini merupakan sebagian ciri kalau tumbuhan kacang hijau kalian siap buat dipanen.

  • Daun tumbuhan kacang hijau telah mulai menguning
  • Daun mulai gugur bukan sebab menguning, melainkan memanglah telah berusia,
  • Bagian polong pada kacang mulai bercorak hitam ataupun menghitam,
  • Polong mulai terlihat semacam retak- retak serta gundul.

Waktu yang pas buat panen tumbuhan kacang hijau merupakan 75 hingga 100 hari. Sebab, bagi ilmu pertanian, kalau waktu tersebut merupakan watu yang pas dalam memanen alias tumbuhan kacang hijau telah mulai matang serta siap buat dipanen.

Tetapi, bila kalian menginginkan kacang hijau yang lebih bermutu, hendaknya kalian menunggu benih hingga berusia 100 hingga 110 hari.

Perihal ini supaya biji kacang hijau di dalam polong bermutu serta bila dijual hingga hasilnya hendak lebih baik dibanding dengan polong umumnya.

Dengan terdapatnya biji dalam polong bermutu, hingga bisa dikatakan kalau panen kalian lebih dari kata‘ sukses’. Sebab kalian dapat menciptakan biji kacang hijau yang bermutu serta luar biasa.

Dengan terdapatnya proses menunggu benih, hingga biji di dalam polong juga memperoleh peluang buat tumbuh dengan baik serta menyeluruh.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kacang Hijau Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5