Cara Menanam Jeruk di Pot Pekarangan Rumah Mudah dan Lebat(Berhasil)

3 min read

Cara Menanam Jeruk di Pot Pekarangan Rumah Mudah dan Lebat(Berhasil)
0
()

Cara Menanam Jeruk di Pot Pekarangan Rumah Mudah dan Lebat(Berhasil) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Jeruk.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Jeruk di Pot Pekarangan Rumah Mudah dan Lebat(Berhasil)


Jeruk ialah salah satu buah tropis yang sangat digemari oleh masyarakat. Jeruk sendiri berasal dari Asia Timur serta Asia Tenggara.

Jeruk manis serta lemon berasal dari daerah Asia Timur, sebaliknya jeruk bali, jeruk nipis, ataupun jeruk purut berasal dari wilyah Asia Tenggara.

Jeruk memanglah diketahui hendak isi vit C nya yang lumayan besar, tetapi tidak cuma vit C yang tercantum dalam buah jeruk.

Namun ada pula nutrisi lain sepeti protein, kalori, kadungan serat yang sangat besar buat kelancaran pencernaan, serta pula mineral yang berarti buat pertumbuhan gizi anak serta pula pertumbuhan gizi orang berusia.

Menurut Pusat Informasi serta Sistem Data Pertanian, rata- rata nilai impor jeruk sepanjang periode tahun 2007- 2014 bertambah sampai 93, 33% per tahun.

Jadi, daripada membeli jeruk impor, tidak terdapat salahnya buat berupaya menanam jeruk sendiri.


Tahapan Proses Tanam Jeruk di Dalam Pot

Bisa jadi menanam jeruk di dalam pot terdengar asing. Tetapi, bila Kamu mengenali cara- caranya, tanam jeruk di dalam pot tidaklah suatu yang mustahil. Kemudian, apa saja tahap- tahap yang wajib dicoba? Ini ia ulasannya.

  • Persiapan Media Tanam

Media tanam utama yang diperlukan buat menanam jeruk di dalam pot ialah kombinasi tanah, pupuk, serta pasir. Masukkan media ke dalam pot.

Baca Juga :  Budidaya Sawi Hijau : Tips Tanam Sukses dan Mengenal Morfologinya

Sehabis itu, lubangi bagian tengah media tanam, kemudian tambahkan pupuk kandang ataupun pupuk KCL dengan perbandingan 2: 2: 1.

Yakinkan pula media tanam terletak dalam keadaan lembab saat sebelum bibit dimasukkan. Supaya bibit jeruk bisa berkembang maksimal, hendaknya pakai pot berbahan kayu, plastik, maupun porselen.

  • Pemilihan Bibit Jeruk

Sehabis media tanam siap, langkah berikutnya ialah pemilihan bibit jeruk bermutu. Bibit yang sesuai digunakan buat aktivitas tanam jeruk di dalam pot merupakan bibit hasil okulasi.

Tidak butuh bimbang, Kamu dapat memperoleh bibit jeruk okulasi di toko tumbuhan. Bibit hasil okulasi mempunyai mutu yang bagus, sehingga tumbuhan jeruk nantinya bisa berkembang produktif serta tidak mudah mati.

  • Penanaman Bibit

Supaya bibit jeruk bisa berkembang produktif, Kamu tidak dapat asal menancapkan bibit begitu saja. Terdapat sebagian metode yang wajib dicermati, paling utama kala menanam jeruk di dalam pot. Apa saja itu?

Cek keadaan pot terlebih dulu, bila bagian dasarnya mempunyai lubang yang sangat besar hingga tutupi dengan pecahan batubata ataupun genting.

Gunanya supaya pupuk serta air yang diberikan nantinya tidak luruh keluar dari pot.Sehabis ditutupi dengan pecahan genting ataupun batu bata, isi sepertiga bagian pot dengan media tanam yang sudah disiapkan.

Pangkas bagian pangkal bibit jeruk okulasi saat sebelum ditanam buat memesatkan perkembangan pangkal baruLubangi bagian tengah media tanam, serta masukkan bibit kedalam lubang media tanam.

Tutup kembali lubang media sampai segala bagiannya tertutupi.Siram bibit dengan air seperlunya sampai tanah lembab. Jauhi menyiram bibit secara kelewatan sebab mungkin bibit hendak membusuk serta setelah itu mati.

  • Pemupukan Jeruk

Tumbuhan jeruk sendiri memerlukan 3 kali pemupukan di tahun awal ialah pada umur 6 bulan, 9 bulan, serta 12 bulan. Kamu dapat memakai pupuk organik ataupun non organik.

Baca Juga :  Cara Menanam Pisang Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Metode pemupukan yang pas ialah dengan menaburi pupuk di dekat tumbuhan kemudian menutupnya dengan tanah setebal 10 centimeter.

Meski Kamu lebih diajarkan memakai pupuk organik, tetapi pemberian pupuk non- organik semacam urea, TSP, serta KCL pula diperbolehkan asal dicoba cocok dengan dosis yang diajarkan.

  • Pengairan Bibit Jeruk

Tidak hanya pemupukan, proses pengairan pula jangan hingga dibiarkan. Tetapi, supaya perkembangannya maksimal, proses pengairan pula tidak dapat sembarang dicoba.

Sebagian perihal yang wajib dicoba sepanjang proses pengairan antara lain:

Pada masa dini penanaman, pengairan dicoba sebanyak2 kali satu hari ialah pagi hari dikala matahari belum sangat terik serta pula sore hari dikala hawa telah tidak sangat panas.

Bila merambah masa kemarau dimana hawa sangat panas, hingga pengairan bisa dicoba sesering bisa jadi supaya tumbuhan tidak mati sebab kekeringan.

  • Penyiangan Gulma

Gulma ialah tumbuhan liar penggangu. Bila tidak dibersihkan, gulma pasti bisa membatasi perkembangan tumbuhan jeruk.

Proses penyiangan gulma bisa dicoba sepanjang 3 minggu sekali. Tetapi, Kamu butuh melaksanakan penyiangan dengan hati- hati pangkal tidak mengganggu perakaran jeruk.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Serbuan hama serta penyakit pula memerlukan atensi yang berarti. Buat menghindari serbuan hama, baik yang meluas maupun tidak, Kamu dapat melaksanakan penginfusan dengan teramycin.

Tidak hanya itu, jalani pula pemangkasan daun serta ranting secepat bisa jadi buat menghindari meluasnya serbuan hama.

Cara Menanam Jeruk di Pot Pekarangan Rumah Mudah dan Lebat(Berhasil)

Pemanenan Buah Jeruk

Sehabis mengenali metode menanam jeruk di pot, saat ini waktunya panen,Dikala panen, kita bisa lihat buah yang telah siap buat dipanen ialah memiiliki identitas 8 bulan dari dikala bunga mekar.

Bila sang tekan buah tidak sangat keras, bagian pada dasar buah bila ditekan hendak terasa lunak, bila dijentik dengan jari tidak berbunyi nyaring, serta bercorak kuning.

Baca Juga :  Panduan Sukses Cara Menanam Buah Bit Dengan Mudah Hasil Melimpah

Jangan memanen sampai melewati masa panen sebab bila buah sangat lama di tumbuhan hingga hendak menyebabkan sari buah menurun.

Serta tenaga pula banyak dikuras dari tumbuhan, sehingga bisa mengusik mutu buah pada masa panen berikutnya.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Jeruk – Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5