Cara Menanam Jeruk Nipis yang Benar Hasil Panen Melimpah

2 min read

Cara Menanam Jeruk Nipis yang Benar Hasil Panen Melimpah
0
()

Cara Menanam Jeruk Nipis yang Benar Hasil Panen Melimpah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Jeruk Nipis.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Jeruk Nipis yang Benar Hasil Panen Melimpah


Jeruk nipis ialah salah satu tipe jeruk yang telah biasa digunakan di warga dalam perihal apapun. Misalnya buat melenyapkan bau amis pada masakan, buat menyembuhkan penyakit, dimanfaatkan buat alternatif kecantikan.

Begitu banyak khasiat yang bisa diperoleh dari jeruk nipis, sampai nyaris tiap hari begitu banyak permintaan jeruk nipis di pasaran.

Jeruk nipis jadi sangat terkenal dengan kemampuannya yang merangkap bagaikan tumbuhan bumbu dapur sekalian tumbuhan obat, terkenal dengan kemampuannya yang merangkap bumbu dapur sekalian obat tradisional.

Buat menanggulangi kebutuhan jeruk nipis di rumah, kamu bisa mengembangbiakkan sendiri buah jeruk nipis dengan menanamnya di pot secara generatif.

Secara generatif maksudnya kamu melaksanakan penanaman memakai biji jeruk nipis. Pada dasarnya, budidaya jeruk nipis bisa dicoba memakai 2 tata cara, ialah tata cara vegetatif serta tata cara generatif.

Tata cara vegetatif biasanya dicoba dengan metode stek ataupun cangkok batang serta tata cara generatif dengan memakai biji.


Tahapan Proses Budidaya Jeruk Nipis Berbuah Lebat

Berikut ini merupakan langkah- langkah buat melaksanakan budidaya jeruk nipis.

  • Siapkan Bibit Tanaman

Rahasia jeruk nipis kilat berbuah ialah terletak pada bibit jeruk nipis. Bibit jeruk nipis dibesarkan dengan metode vegetatif( tanpa pernikahan), dimana tumbuhan jeruk nipis di budidayakan dengan metode okulasi( cangkok), stek, sambung pucuk, serta yang lain.

Baca Juga :  10 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan dari Atasi Rematik Hingga Masalah Ginjal

Jeruk nipis yang di budidayakan dengan metode vegetatif hendak lebih kilat berbuah, dibandingkan dengan jeruk nipis yang dibudiayakan dengan metode generatif( dengan pernikahan) ialah memakai biji.

  • Penanaman

Tanam jeruk nipis pada lahan/ tanah yang produktif. Bila tanah kurang produktif tambahkan pupuk kandang/ kompos.Buat menetralkan Ph/ kesuburan tanah, dapat pula memakai kapur dolomit.

Setelah itu buat lobang tanam dengan jarak tanam tertentu. Jarak tanam jeruk nipis terbuat supaya tidak membatasi jeruk nipis tumbuh serta berbuah.

Jarak tanam pula berperan supaya tumbuhan jeruk nipis menyeluruh memperoleh cahaya matahari. Cahaya matahari sangat berperan dalam proses pembuatan buah jeruk nipis.

Jarak tanam antar tumbuhan jeruk nipis ialah 4 m x 3 m serta lobang di buat 2 minggu saat sebelum jeruk nipis hendak ditanam.


Perawatan

Perawatan pada tumbuhan jeruk nipis ialah pemangkasan, penyiraman, penjarangan buah, pembersihan gulma serta pemupukan.

Pemangkasan dicoba supaya penyakit pada sesuatu tumbuhan/ dahan tidak menyebar ke dahan/ tumbuhan yang lain. Pada dikala pemangkasan pakai perlengkapan semacam gunting serta pisau potong dalam kondisi bersih.

Penyiraman tumbuhan dicoba 2 kali satu hari. Pada dikala masa hujan penyiraman dihentikan, bertujuan supaya tidak terdapatnya genangan air disekitar tumbuhan jeruk.

Genangan air bisa menimbulkan pembusukan pada pangkal tumbuhan.

Perawatan tumbuhan jeruk nipis ini dicoba dengan menyiraminya minimun satu kali satu hari, bergantung keadaan tanah dalam pot.

Bila dengan melaksanakan penyiraman satu kali satu hari telah membuat tanah dalam pot lumayan lembab, jangan jalani penyiraman lebih dari satu kali satu hari.

Sebab sangat banyak penyiraman malah hendak membuat tanah serta tumbuhan jeruk nipis lebih kilat busuk.

Perawatan yang lain bisa pula dicoba dengan melaksanakan pemangkasan secara teratur, paling utama bila terdapat ranting yang terserang hama ataupun penyakit.

Baca Juga :  Inilah Rahasia Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Lebih Dari Sekedar Bumbu Dapur

Sehabis dipangkas ataupun dipotong, sisa pemotongan pada cabang ranting ditutup dengan cairan parafin supaya menghindari masuknya penyakit.

Jalani perawatan tersebut secara teratur bila menginginkan hasil panen jeruk nipis bisa berbuah rimbun serta sehat.

Kurang lebih dibutuhkan waktu sepanjang 8 bulan buat menjaga tumbuhan jeruk nipis sampai matang serta sudah siap buat dipanen.

Cara Menanam Jeruk Nipis yang Benar Hasil Panen Melimpah

Masa Panen

Pada dikala panen upayakan panen buah yang sudah bercorak kekuningan terlebih dulu, buah yang sangat matang,jatuh sendiri dari tumbuhan sebab ditiup angin ataupun sebab sudah berat serta banyak memiliki air.

Buah jeruk nipis dalam 1 tumbuhan bisa menggapai lebih dari 500 buah dalam setahun bergantung varietas jeruk nipis. Pada tumbuhan jeruk nipis hasil okulasi kurang lebih 3– 4 minggu sehabis tanam akan berbuah.

Demikian Uraian kami tentang  Cara Menanam Jeruk Nipis Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5