Cara Menanam Fumak : Teknik Hasil Maksimal Pembibitan, Perawatan hingga Panen

2 min read

Cara Menanam Fumak : Teknik Hasil Maksimal Pembibitan, Perawatan hingga Panen
0
()

Cara Menanam Fumak : Teknik Hasil Maksimal Pembibitan, Perawatan hingga Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Fumak.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Fumak : Teknik Hasil Maksimal Pembibitan, Perawatan hingga Panen


Fumak ataupun kumak merupakan tanaman sayur yang biasa ditanam di wilayah yang beriklim tropis. Fumak pula biasa diucap selada wangi sebab memiliki wujud yang mirip semacam selada, namun aromanya wangi pandan.

Daun fumak berupa tipis, strukturnya bergelombang, rupanya hijau hitam, dan batangnya kecil serta mempunyai tekstur yang lumayan lunak.

Daun tersebut berkembang secara penuh di tangkai daun nyaris memegang pangkal batang.

Fumak merupakan salah satu tipe sayur- mayur mirip dengan selada yang menghasilkan aroma khas mirip aroma daun pandan.

Di Jepang, sayur- mayur fumak ini populer. Sayur- mayur fumak ini umumnya disajikan bagaikan salad, direbus, ditumis serta lain sebagainya.

Biasanya, sayur fumak mempunyai daun bercorak hijau dengan warna merah. Tumbuhan sayur fumak ini mempunyai isi zat besi, vit, protein nabati, asam amino essensial serta mineral yang besar.

Ada pula khasiat fumak, antara lain ialah memasok asam lemak ke dalam tubuh, melenyapkan selulit, merendahkan berat badan, menyegarkan kulit.

Selain itu juga membuat tulang jadi kokoh, menghindari gigi keropos, menaikkan HB, menolong penciptaan sel darah serta lain sebagainya.

Baca Juga :  23 Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan Serta Mengenal Asal Dan Kandungan Gizinya

Tahapan Proses Menanam Fumak


  • Penyediaan Benih

Fumak ditanam dari benih berbentuk biji. Biji fumak sangat kecil sebagaimana benih tumbuhan sawi.Siapkan tempat spesial buat keperluan penyemaian benih.

Hendaknya Kamu menyemai benih fumak di kotak kayu supaya lebih nyaman serta pertumbuhannya nanti tidak tersendat. Masukkan kombinasi tanah serta pupuk kandang ke dalam kotak ini bagaikan media tanam.

Rawatlah media penyemaian sepanjang 2- 3 hari dengan menyiraminya tiap pagi. Kemudian Kamu dapat menyemai benih fumak dengan menebarkannya secara acak di lahan penyemaian,penyemaian hingga mempunyai 3- 4 daun sejati.

  • Pengolahan Lahan

Siapkan lahan yang hendak ditanami bibit fumak. Secara garis besar, kondisinya sama semacam lahan buat budidaya selada. Lahan tersebut wajib bertabiat produktif serta gembur.

Kamu dapat mencernanya terlebih dulu dengan melaksanakan pembajakan. Setelah itu tambahkan pupuk kandang bagaikan pupuk utama.

Lahan tersebut lalu dicangkul serta dibolak- balikkan tanahnya. Setelah itu Kamu dapat membiarkan lahan sepanjang 3- 5 hari supaya kondisinya kembali wajar.

  • Penanaman Bibit

Proses penanaman bibit fumak hendaknya dicoba di pagi hari saat sebelum jam 9 pagi. Bibit ini dipindahkan dari lahan penyemaian ke lahan penanaman secara hati- hati. Angkatlah bibit fumak dari media tanamnya.

Upayakan bagian akarnya tidak hadapi kehancuran. Setelah itu tanamkan bibit tersebut di lubang tanam yang berdimensi 5 x 5 centimeter hingga 8 x 8 centimeter.

Tanamkan bibit fumak dengan jarak tanam antara 30 x 30 centimeter sampai 50 x 50 centimeter.


Pemeliharaan Tanaman

Tumbuhan fumak memerlukan air dalam jumlah yang banyak. Namun tumbuhan ini rentan hadapi pembusukan apabila lahan tempatnya hidup tergenangi air. Kamu butuh mengelola sistem pengairan di lahan dengan baik.

Pekerjaan lain yang butuh dicermati dalam menjaga tumbuhan fumak merupakan pemupukan. Jalani pemupukan susulan tiap 10 hari sekali dengan pupuk NPK buat menunjang perkembangan tumbuhan fumak.

Baca Juga :  Inilah Kandungan Gizi Terasi Dan Manfaat Bagi Kesehatannya

Cara Menanam Fumak : Teknik Hasil Maksimal Pembibitan, Perawatan hingga Panen

Pemanenan Fumak

Tumbuhan fumak dapat dipanen sehabis umurnya menggapai 40- 60 hari. Proses pemanenan fumak dicoba dengan mencabut tumbuhan ini dari tanah beserta akarnya.

Setelah itu bagian pangkal tumbuhan dibersihkan dari kotoran. Sebagian pasar terdapat pula yang menghendaki fumak yang masih memiliki akarnya.

Buat tingkatkan energi tahan fumak sehingga tidak gampang membusuk dikala ditaruh, Kamu dapat mengangin- anginkannya di tempat yang teduh.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Fumak Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5