Morfologi dan Cara Menanam Daun Suji Yang Baik dan Benar

2 min read

Morfologi dan Cara Menanam Daun Suji Yang Baik dan Benar
0
()

Morfologi dan Cara Menanam Daun Suji Yang Baik dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Daun Suji.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Morfologi dan Cara Menanam Daun Suji Yang Baik dan Benar


Suji yakni salah satu tipe perdu tegak ataupun tumbuhan kecil dengan besar 6– 8 meter,Bercabang banyak; daun memita- melanset, menyempit di dasar dasar pelepah, serta lancip/ meruncing

Pembungaan merumbai, bercabang, panjang lebih dari 75 centimeter, bunga bercorak kekuning- kuningan– putih.Buah membulat dengan 3 cuping, diameter 1, 5- 2, 5 centimeter, jingga cerah, 1- 3 biji.

Suji berkembang tersebar dari India, Birma( Myanmar), Indo- Cina, Tiongkok bagian selatan, Thailand, Jawa, Filipina, Sulawesi, Maluku, New Guinea serta Australia bagian utara.

Suji berkembang produktif sampai ketinggian 1000 meter dpl., serta menggemari wilayah pegunungan ataupun dekat aliran air( sumur, sungai kecil).

Daun suji ini telah banyak ditanam di taman rumah penduduk dengan potongan rimpangnya ataupun ditanam bagaikan pagar hidup.

Tumbuhan daun suji ataupun mempunyai nama latin Dracaena angustifolia ,ialah tumbuhan berkayu ataupun perdu tahunan. Ada 2 varietas pada daun suji, ialah varietas Minor serta Typica.


Morfologi Tumbuhan Daun Suji

Tumbuhan ini dikatakan mirip dengan daun pandan tetapi pada hakikatnya keduanya berbeda. Daun tumbuhan ini bercorak hijau pekat, tidak mempunyai tulang, dan pada tepinya tidak bergerigi semacam daun pandan.

Baca Juga :  Cara Menanam Sereh Yang Baik Dan Tepat Di Rumah Hasil Memuaskan

Bunga tumbuhan daun suji mempunyai aroma wangi yang hendak semerbak pada sore serta malam hari. Mahkota bunga tumbuhan ini mempunyai corak putih kekuningan.

Ketinggian batang tumbuhan daun suji dekat 6– 8 m dengan perakaran tunggang. Daun tumbuhan ini mempunyai panjang 10- 25 centimeter serta lebar 0, 9- 1, 5 centimeter.

Panjang bunga menggapai 8- 30 centimeter. Kelopak bunga dekat 1- 4, tangkai bunga berdimensi 2, 5- 2, 7 centimeter. Buahnya kala matang berdimensi 1- 2 centimeter bercorak jingga.

Pada jaringan tumbuhan, daun suji mempunyai isi senyawa klorofil yang besar. Kloroplas ialah istilah buat klorofil yang terletak dalam lamelia organel intraseluler.

Tipe klorofil pada tumbuhan ada 2 tipe, ialah klorofil a serta klorofil b. bagi Aryanti( 2016) dalam jurnalnya mengatakan isi klorofil pada daun suji fresh yang mempunyai kandungan air basah 73, 25% merupakan 3773, 9 ppm, dengan jumlah klorofil a 2524, 6 ppm serta klorofil b 1250, 3 ppm.

Klorofil inilah yang menimbulkan daun suji bercorak hijau pekat. Tidak hanya senyawa klorofil, isi lain yang ada pada daun suji merupakan senyawa flavonoid serta terpenoid.

Wana hijau pada daun suji lebih pekat dari daun yang lain oleh sebab itu tumbuhan ini populer dengan gunanya bagaikan perona santapan.


Syarat Berkembang Tumbuhan Daun Suji

Tumbuhan daun suji banyak ditemui di zona tropis, semacam Afrika serta Asia tercantum Indonesia.

Sebab kepribadian tumbuhan daun suji ini tercantum tumbuhan yang berkayu yang gampang meresap air, kebutuhan penyiraman dicoba teratur tetapi seperlunya.

Supaya bibit tumbuhan daun suji ini berkembang dengan baik, penyiraman tumbuhan ini dicoba pada wilayah pangkal tumbuhan.

Media tanam yang diperlukan tumbuhan daun suji merupakan kombinasi tanah serta pupuk kandang. Perbandingan tanah serta pupuk tersebut merupakan 1: 1.

Baca Juga :  Daun Karet Kebo : Kandungan, Morfologi dan 14 Manfaatnya Termasuk Obati Stroke serta Efek Sampingnya

Pemberian pupuk berikutnya bisa dicoba tiap 1- 2 bulan sekali secara berkala.Jarak antar bibit tumbuhan daun suji dekat 5- 10 centimeter.

Supaya senyawa klorofil bisa bekerja dengan baik, tumbuhan daun suji memerlukan pH dekat 7- 8. Kala pH berganti, hingga bisa menimbulkan pembuatan feofitin yang bisa mengganti mengganti corak hijau daun suji jadi coklat.

Daun suji bisa berkembang produktif hingga ketinggian 1. 000 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini sangat sesuai ditanam di zona pegunungan serta di zona yang dekat dengan aliran air semacam sungai kecil serta sumur.


Metode Menanam Daun Suji


  • Pembibitan Daun Suji

Perihal awal yang wajib dicoba pada budidaya daun suji yakni pembibitan. Pembibitan dapat dicoba dengan cara memisahkan tunas yang timbul dari pangkal induk ataupun dengan metode stek batang.

Bila Kamu mau proses penanaman yang lebih kilat, hendaknya kamu memilah metode awal. Ialah, pisahkan tunas anakan dari indukan, sertakan akarnya. Sehabis itu simpan sedangkan dalam ruangan basah serta lembab.

  • Penanaman Daun Suji

Saat sebelum mengawali budidaya daun suji, siapkan terlebih dulu media tanam berbentuk kombinasi tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1 yang berikutnya diaduk secara menyeluruh.

Sehabis itu, tanam bibit pada media tanam sedalam 5–10 centimeter, setelah itu padatkan zona dekat bibit biar kokoh. Siram zona dekat pangkal tumbuhan supaya bibit berkembang baik.

Morfologi dan Cara Menanam Daun Suji Yang Baik dan Benar

  • Metode Menjaga Tumbuhan Daun Suji

Semacam mayoritas tipe tumbuhan berkayu yang lain, tumbuhan suji juga dapat meresap air tanah dengan baik. Jadi penyiraman cuma butuh dicoba sesekali apabila dibutuhkan saja.

Apabila suji ditanam di pekarangan, hingga jangan kurang ingat jalani penyiangan terhadap gulma serta merampali dedaunan yang kering.

Baca Juga :  Inilah 10 Manfaat Ikan Belida Dan Kandungan Gizi Pentingnya

Tidak hanya itu, jalani pula pemberian nutrisi berbentuk pupuk baik pupuk organik ataupun pupuk buatan secara berkala tiap 1- 2 bulan sekali.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Daun Suji Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5