Panduan Mudah Cara Menanam Daun Katuk Sukses Berhasil

2 min read

Panduan Mudah Cara Menanam Daun Katuk Sukses Berhasil
0
()

Panduan Mudah Cara Menanam Daun Katuk Sukses Berhasil – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Daun Katuk.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Mudah Cara Menanam Daun Katuk Sukses Berhasil


Katuk merupakan salah satu tipe tumbuhan yang dimanfaatkan bagaikan bahan masakan, contohnya saja semacam sayur- mayur. katuk dimanfaatkan sebagian orang buat  masakan. Paling utama pada bagian daunnya.

Tidak hanya rasanya yang pastinya lezat, daun katuk pula mempunyai bermacam berbagai zat gizi. Oleh sebab seperti itu banyak yang memakainya bagaikan olahan masakan.

Katuk ataupun dalam bahasa ilmiahnya Sauropus Androgynus ialah tanaman sayur- mayur yang banyak ada di Asia Tenggara.

Tanaman ini dalam sebagian bahasa pula dikenali bagaikan sperma cai, cekur manis( bahasa Melayu) serta rau ngót( bahasa Vietnam).

Daun katuk ini ialah salah satu sayur- mayur minor yang diketahui mempunyai manfaat memperlancar aliran air susu ibu ( ASI).

Daun katuk yang berupa bundar telur bercorak hijau serta berjajar pada satu tangkai serta kala berusia tanaman katuk yang hendak menghasilkan bunga serta buah pada ketiak daun.

Daun katuk ini bisa terbuat sayur- mayur berbentuk sup ataupun sayur bening, perona natural santapan ataupun bisa pula bagaikan lalapan.

Akarnya pula bisa dijadikan salah satu bahan kombinasi racikan herbal. Bunga serta buahnya ini bisa dijadikan sayur bersama dengan daunnya.

Baca Juga :  Buah Belimbing : Klasifikasi, Morfologi dan Khasiatnya

Tidak hanya itu daun katuk ini pula banyak memiliki bermacam khasiat semacam bisa perbanyak penciptaan ASI, bisa menyembuhkan exsim, gatal, cedera bakar dan memar serta pula masih banyak yang yang lain.


Syarat Tumbuh Daun Katuk

Tumbuhan Katuk ini bisa berkembang pada seluruh tipe tanah baik itu di dataran rendah ataupun dataran besar dengan sesuatu ketinggian dekat 100 sampai 1400 mdpl.

Temperatur yang baik buat bididaya merupakan dekat 18°C sampai 36°C dengan curah hujan dekat 800 milimeter/ th, kelembapan hawa dekat 80%, pH tanah dekat 5, 5 sampai 6, 7 serta kebutuhan sinar mataharinya diperlukan secara penuh.


Metode Menanam Daun Katuk


  • Pemilihan Bibit

Bibit/ tunas katuk diseleksi dari tumbuhan katuk yang tidak cacat, fresh, leluasa hama, serta sehat. Usia induk bibit/ tunas katuk kira- kira 6- 12 bulan.

Siapkanlah polybag. Gabungkan pupuk kompos/ pupuk kandang serta tanah dengan proporsi 1: 1 buat media tanam.Media tanam dimasukkan ke dalam polybag. Sesuaikan dengan kebutuhan.

1– 2 batang bibit/ tunas kantuk ditancapkan pada media tanam di polybag.Bibit itu disiram 2 kali satu hari( pagi serta siang hari) hingga media tanam nampak lembab( lumayan air).

  • Penanaman

Siapkanlah lahan, bilas lahan dari rumput/ gulma yang lain serta gemburkan dengan mengenakan cangkul.Buatlah lubang persegi berdimensi 30 x 30 x 30 centimeter.

Lubang itu diberi pupuk kandang kering sampai sepertiga lubang tanam.Bibit tumbuhan katuk dimasukkan pada lubang serta tutup dengan tanah.

Tumbuhan disiram dengan teratur sepanjang 2 bulan. Penyiraman pada tumbuhan katuk mulai dikurangi semenjak tumbuhan katuk berusia lebih dari 2 bulan karena tumbuhan katuk bisa berkembang dimana saja asalkan faktor haranya terpenuhi.

  • Penyulaman

Jalani penyulaman dikala tumbuhan katuk berusia 3- 4 minggu sehabis tanam, gantilah tumbuhan katuk yang tumbuhnya tidak cocok harapan dengan bibit katuk yang baru.

  • Penyiangan

Penyiangan mesti dicoba dikala nampak ada gulma berkembang di sekitar tumbuhan ataupun

Baca Juga :  5 Manfaat Daun Kayu Manis Bagi Kesehatan dan Mengenal Kandungan Kimianya

di bagian lahan.

  • Penggemburan Tanah

Penggemburan dicoba di bagian sekitar pangkal, tetapi hati- hati biar tidak menimpa pangkal tumbuhan katuk.

Penggemburan tanah dicoba guna memudahkan sistem aerasi serta sirkulassi oksigen di dalam tanah sehingga tumbuhan jadi lebih sehat.

  • Penyiraman

Penyiraman dicoba dengan metode tertib mempergunakan air yang bersih.

  • Pemupukan

Pemupukan mempergunakan 2 tipe pupuk, ialah pupuk cair serta pupuk padat. Pupuk cair yang digunakan merupakan dari hasil fermentasi air berkemih/ kotoran ternak.

Triknya dengan menyemprotkan pada akar- akar kantuk biar bertambah mutu panennya. S

edangkan itu pupuk padat yang digunakan boleh dari pupuk kandang, semacam kotoran entok/ ayam/ itik, karena berisi faktor hara kalium( K) serta nitrogen( N) yang besar sehingga menjadikan tumbuhan lebih rimbun serta hijau.

  • Pengendalian Hama serta Penyakit

Umumnya hama serta penyakit yang kerap mengusik tumbuhan katuk merupakan wereng gelap, jamur, serta ulat hijau.

Apabila yang melanda tumbuhan katuk tersebut berbentuk ulat hijau hingga Kamu bisa mengatasinya dengan metode mengambil serta mematikannya secara manual dengan memakai tangan.

Panduan Mudah Cara Menanam Daun Katuk Sukses Berhasil

  • Pemanenan

Panen daun katuk dapat dicoba setelah berusia 8- 15 bulan sehabis tanam, bergantung mutu bibit, pH tanah, temperatur serta cahaya matahari.

Demikian Uraian kami tentang  Cara Menanam Daun Katuk Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5